Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

50+ Peluang Usaha Untukmu yang Menjanjikan 2020

17 min read

peluang usaha

Bisniskuy.com – Jika Anda ingin menjalankan suatu bisnis atau usaha, maka perlu adanya suatu perencanaan yang tepat. Anda harus pintar-pintar dalam menilik usaha apa yang ingin dijalankan, baru kemudian melihat peluang usaha tersebut.

Terutama dalam rangka menyambut tahun baru nanti, Anda harus jeli untuk menentukan peluang usaha 2020 yang bisa menghasilkan keuntungan berlebih bagi Anda.

50 Peluang Usaha yang Menjanjikan

  1. Usaha kerajinan tangan

Usaha kerajinan tangan dapat menjadi rekomendasi peluang bisnis yang menjajikan bagi Anda. Terutama bagi Anda yang gemar membuat keterampilan dari suatu bahan menjadi bentuk kerajinan yang amat menarik dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Anda dapat memulai usaha ini dengan modal tidak sampai sepuluh juta.

Seperti Eni Anjayani. Pada 2010 akhir Eni mulai mengembangkan bisnis Wastraloka dengan memanfaatkan kain batik lawas untuk memproduksi aneka barang kerajinan tangan.

Dengan modal 5 juta ia bisa memproduksi barang kerajinan seperti dompet, tas hingga pounch. Berkat keuletannya sekarang Eni Anjayani berhasil meraup omzet hingga mencapai ratusan ribu rupiah per bulannya.

Baca juga : Peluang Usaha Kreatif yang Unik dan Menarik

  1. Usaha cukur rambut

Untuk memulai usaha tukang cukur rambut, Anda tidak membutuhkan modal yang besar. Seperti halnya kisah tukang cukur sukses yang kini berhasil menjadi milyarder yakni Ramesh Babu.

Ia adalah tukang cukur di Bangalore, India. Kekayaan yang tidak memihak Babu kecil membuatnya lantas mengabaikan pendidikan dan justru bekerja sebagai tukang cukur rambut meneruskan usaha mendiang ayahnya.

Keuntungan-keuntungan yang berhasil ia peroleh dari hasil usaha cukur rambut, ia putar untuk membeli mobil yang kembali disewakan. Lambat laun usaha tersebut sukses dan berhasil membuat Babu menjadi milyarder.

Meski demikian, Babu tetap meneruskan usaha cukur rambutnya dan berkata, “Saya akan tetap mencukur selama tangan masih sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya”.

  1. Tempat penitipan anak (daycare)

Bagi Anda yang menyukai dunia anak kecil, tentu usaha penitipan anak adalah salah satu jenis usaha yang patut Anda pertimbangkan. Salah satu contohnya adalah Novita Tandry yang merintis usaha tempat penitipan anak (daycare).

Kini ia berhasil mengembangkan usaha tersebut menjadi berbagai macam bisnis lain yang berkaitan dengan dunia anak seperti preschool, kindergarten dan playgroup.

Untuk permulaannya, Anda perlu menyiapkan sejumlah uang untuk merenovasi rumah, membeli beberapa peralatan bermain anak hingga mempromosikan bisnis Anda.

Berikutnya, Anda tinggal menentukan tarif penitipan anak. Jika berani, Anda bisa menerima anak yang memerlukan pengawasan khusus untuk mendapatkan pendapatan yang besar.

Baca juga : Ide Bisnis Unik Untukmu yang Anti Mainstream

  1. Usaha franchise atau waralaba

Bisnis franchise atau waralaba yakni jenis bisnis yang dijalankan dengan sistem modal kemitraan. Usaha seperti ini sekarang memang banyak diminati.

Hal tersebut tidak lain karena jenis usaha seperti ini lebih cepat memperoleh klien atau konsumen karena produk yang dihasilkan dari usaha waralaba sudah banyak dikenal.

Terdapat begitu banyak pilihan usaha waralaba yang bisa Anda pilih. Jika Anda ingin memulai usaha waralaba dengan modal kecil maka Anda bisa memilih usaha waralaba minuman.

Usaha ini bisa bermodalkan 1 juta hingga maksimal 5 juta. Usaha tersebut bisa berupa teh Tongji, Bubble Drink, Kopi Kenangan dan sebagainya.

Baca juga : Ide Bisnis Franchise Minuman Menjanjikan

  1. Penerjemahan

Jika Anda memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik, maka usaha penerjemahan bisa Anda pertimbangkan sebagai pilihan peluang usaha.

Salah satu isnpirasi usaha penerjemahan freelance bagi Anda ialah Andina Margaretha Rorimpandey yang saat ini suskes sebagai penerhemah bahasa Perancis. Lulusan UGM ini berhasil melanjurkan studi di Institut National des Langues et Civilisations Orientals Paris.

Andina sering mendapatkan klien dari berbagai negara yang memintanya untuk menerjemahkan beberapa dokumen berbahasa Perancis.

Ia berhasil memperoleh keuntungan minimal sebanyak 7,5 juta rupiah setiap bulannya. Luar biasa, bukan? Anda pun bisa seperti Andina. Yang terpenting adalah ketekunan, ketelitian dan keseriusan dalam mengerjakan usaha tersebut.

  1. Usaha katering

Apabila Anda menyukai dunia masak-memasak, maka usaha katering adalah opsi yang tepat bagi Anda. Khususnya bagi Anda yang bertempat tinggal di metropolitan maupun lingkungan perkantoran, maka usaha ini perlu Anda lakukan saat ini juga.

Jangan lupa untuk membuat variasi menu katering Anda sehingga klien tidak bosan. Jika perlu Anda bisa membuat menu khas dari usaha katering Anda.

Adapun contoh sukses pengusaha katering ialah Lynda Permatasari. Korban PHK pada krisis moneter tahun 1999 ini berhasil membuka usaha katering, yang pada mulanya menerima pesanan katering pernikahan dengan budget murah.

Strategi bisnis yang ia terapkan ialah menjemput bola yakni mencari klien dan mengudangnya pada event yang ia selenggarakan.

Baca juga : Peluang Usaha Makanan yang Terlaris

  1. Tata rias

Bagi Anda yang mempunyai keterampilan di bidang tata rias, maka hal tersebut bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis.

Untuk memulai usaha tersebut, maka Anda perlu menyiapkan modal berkisar mulai dari 10 hingga 20 juta rupiah.  Modal tersebut bisa lebih murah lagi bergantung biaya pembelian peralatan make up, busana pendukung hingga promosi jasa.

Peluang bisnis ini bisa balik modal hanya dalam waktu 3 hingga 4 bulan saja. Bahkan Anda dapat memperoleh omzet hingga kisaran belasan juta setiap bulan.

Seperti Tari Hartono, perias khusus pengantin tersebut berhasil meraup keuntungan hingga 15 juta rupiah setiap bulannya hanya dari usaha tersebut.

Baca juga : Ide Bisnis Bidang Kecantikan yang Sedang Trend

  1. Sewa kos

Jika Anda memiliki lahan atau rumah yang cukup besar, maka hal tersebut bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Terlebih lagi jika Anda tinggal di lingkungan perkantoran maupun sekolahan, maka usaha tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang luar biasa. Salah satu inspirasi pengusaha kos yang sukses ialah artis Naysilla Mirdad.

Meski sudah cukup populer sebagai ratu sinetron Indonesia, Naysilla Mirdad juga memiliki usaha properti di daerah Bandung yakni kamar kos. Pada mulanya, ia memiliki 23 kamar kos saja.

Berkat ketekunan dan kegigihan wanita cantik tersebut, maka sekarang ia berhasil mengembangkan kamar kosnya menjadi 50 unit. Ia bahkan bisa mendapatkan omzet hingga 75 juta rupiah setiap bulannya.

Baca juga : Cara Bisnis Properti : Modal Nol Hingga Pertimbangannya

  1. Usaha laundry

Jangan menganggap remeh bisnis cuci satu ini. Usaha laundry bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi Anda.  Seperti halnya mantan wartawan di salah satu media massa Jakarta, Andry Tri Kurniadi.

Ia sampai rela resign dari pekerjaanya demi tetap fokus pada usaha laundry yang dijalankan. Saat ini, ia bisa mendapatkan orderan 500 hingga 800 kilogram.

Dengan banderol one day service sebesar 7500 rupiah, Andry bisa meraup omzet mencapai 6 juta setiap harinya. Mungkin Anda akan berpikir bahwa usaha jual baju jauh lebih baik dibanding usaha laundry.

Akan tetapi, Anda harus tahu bahwa tidak setiap hari seseorang perlu membeli baju. Intensitas cuci baju jauh lebih sering dibanding beli baju. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mulai melakoni bisnis ini.

Baca juga : Ide Bisnis yang Menjanjikan Untuk Masa Depan

  1. Jual minuman herbal sehat

Gaya hidup sehat adalah tren yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat luas. Bukan hanya sekadar tentang jenis olahraga saja yang mendapatkan perhatian khusus.

Melainkan juga makanan dan minuman herbal menyehatkan yang dikonsumsi. Salah satunya adalah usaha jual minuman herbat sehat berupa jamu yang dilakukan oleh Nova Budi Setiabudi.

Usaha jamu herbal yang juga ia promosikan secara online tersebut berhasil mendatangkan omzet hingga 990 juta per bulan.

Bagi Anda yang memiliki skill meracik minuman herbal seperti jamu, maka usaha jual minuman herbal sehat bisa menjadi peluang usaha terbaru dan terlaris bagi Anda.

  1. Usaha jahit baju

Jangan biarkan skill menjahit baju Anda terbuang sia-sia. Anda bisa menjadikan skill tersebut sebagai ide usaha yang amat menjanjikan.

Terlebih lagi usaha fashion di Indonesia bisa dikatakan tidak ada matinya. Hal ini tentu akan menciptakan peluang yang tidak ada habisnya bagi Anda. Anda hanya perlu memfokuskan kriteria fashion yang akan dijahit.

Misalnya, produksi jilbab seperti Atina Maulina. Ia berhasil membangun bisnis penjahitan jilbab bahkan tanpa mengeluarkan modal sepeserpun.

Hal ini dikarenakan ia menerapkan sistem pre order baik secara online maupun offline. Hingga saat ini, ia berhasil memperoleh omzet hingga 500 juta per bulan. Omzet yang begitu menakjubkan untuk usaha tanpa modal tersebut.

Baca juga : Ide Bisnis Bidang Fashion yang Selalu Trend dan Laku

  1. Persewaan perlengkapan pendakian

Fenomena hiking atau pendakian begitu meroket di tanah air. Selain dapat dijadikan sebagai acara kumpul teman yang tidak biasa, mendaki juga bisa melepaskan penat akibar padatnya rutinitas harian Anda.

Kegiatan tersebut bisa menjadi ide bisnis yang lumayan menguntungkan bagi Anda. Seperti halnya kisah sukses pebisnis persewaan perlengkapan mendaki yakni Dwi Widyastuti.

Bisnis persewaan yang bernama Avaya Outdoor berhasil memberikan keuntungan bagi Dwi hingga 6 juta rupiah setiap bulannya.

Jika Anda ingin mengikuti jejak sukses Dwi, maka Anda hanya perlu fokus terhadap perlengkapan mendaki yang hendak Anda sewakan. Apakah Anda ingin fokus pada perlengkapan umum atau khusus. Hal ini juga akan berpengaruh dengan modal usaha yang harus dipersiapkan.

  1. Usaha cuci sepatu

Usaha cuci sepatu adalah salah satu usaha rumahan yang bisa mendatangkan keuntungan berlimpah bagi Anda setiap bulannya. Modalnya yang kecil, tentu tidak akan memusingkan Anda.

Seperti halnya kisah sukses pengusaha cuci sepatu yang hanya memerlukan modal 100 ribu rupiah saja yakni Refaldy Fauzi. Sosok di balik Sneaklin tersebut berhasil mendapatkan omzet hingga 500 juta rupiah per bulannya.

Untuk memulai usaha bermodal kecil ini, Anda juga perlu aktif mempromosikan usaha tersebut baik secara offline maupun online.

Terlebih lagi jika Anda ingin menemukan konsumen di banyak wilayah Indonesia, maka Anda bisa melakukan promosi secara online. Anda bisa mempromosikan usaha Anda baik melalui facebook, instagram, twitter dan laman website sekalipun.

Baca juga : Peluang Usaha Modal Kecil yang Beromzet Miliaran

  1. Persewaan perlengkapan bayi

Tiap-tiap orangtua tentu ingin yang terbaik bagi anak mereka. Salah satunya dengan menyediakan perlengkapan bayi bagi buah hati mereka.

Akan tetapi, masa pakai yang singkat membuat beberapa orangtua cenderung menyewanya dibanding dengan membeli. Persoalan tersebut tentu dapat dijadikan sebagai ide bisnis.

Anda bisa membuka tempat persewaan perlengkapan bayi sebagai peluang usaha yang mumpuni tahun 2020. Seperti halnya kisah Meilisa Nurindah yang cukup bermodalkan uang 10 juta rupiah saja demi membuka usaha tersebut.

Sekarang ia berhasil mendapatkan omzet sebesar 7 juta rupiah setiap bulannya dari usaha yang ia jalankan tersebut.

  1. Persewaan pakaian

Tidak jarang beberapa even yang diselenggarakan oleh suatu instansi tertentu mewajibkan dresscode untuk memeriahkan acara tersebut. Dresscode tersebut bisa berupa pakaian adat maupun busana lainnya yang sesuai dengan tema acara.

Tahukah Anda bahwa hal tersebut bisa menciptakan peluang bisnis bagi Anda. Anda bisa membuka tempat persewaan pakaian baik secara offline maupun online.

Anda harus ingat bahwa potensi peluang bisnis ini bisa mendatangkan omzet yang cukup besar seperti halnya bisnis yang telah dijalankan oleh Sewaajah.com.

Tiap bulannya bisnis tersebut bisa mendatangkan omzet mulai dari puluhan juta hingga ratusan juta rupiah terutama pada even besar tertentu.

  1. Pet shop

Jika Anda merupakan pecinta hewan tertentu, maka membukan usaha pet shop adalah hal yang cukup menjanjikan. Seperti halnya yang sudah dilakukan oleh Lely H Musar.

Ia memulai usaha tersebut dengan modal hanya 10 juta rupiah saja. Sekarang ia mampu memperoleh keuntungan mencapai ratusan juta rupiah setiap bulannya.

Anda dapat mengikuti jejak bisnis pet shop seperti Lely H Musar dengan membeli berbagai macam barang perlengkapan hewan peliharaan seperti makanan dan aksesoris.

Jika berhasil, maka Anda perlu mengembangkan bisnis tersebut seperti halnya dengan membuka jasa perawatan hewan peliharaan. Potensi bisnis ini terbilang cukup besar terutama karena banyaknya komunitas pecinta hewan peliharaan,

  1. Berjualan buku elektronik (e-Book)

Buku merupakan sumber informasi. Seiring perkembangan zaman, buku elektronik atau ebook mulai menggeser keberadaan buku konvensional sebagai tempat pencarian informasi.

Jika jeli tentu hal semacam ini dapat Anda jadikan sebagai peluang usaha. Terlebih lagi, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk memulai bisnis rumahan ini.

Misalnya, Anda menguasai bidang sastra. Anda bisa merangkum pengetahuan tersebut dalam lembar kerja word dan mengganti formatnya dengan bentuk digital pdf.

Selanjutnya, Anda tinggal memasarkan file tersebut secara online baik melalui website maupun melalui sosial media Anda. Seperti yang sudah dibuktikan oleh Darren Rowse yang berhasil menuai keuntungan hingga 756 juta rupiah dalam seminggu.

  1. Penulis online

Kegemaran Anda dalam bidang tulis menulis nampaknya bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yang cukup menggiurkan. Anda bisa menjadi penulis online yang dapat dengan mudah dikerjakan di rumah dan dimana saja.

Anda juga bisa memilih ingin bekerja secara full time atay part time. Terlebih lagi saat ini terdapat begitu banyak platform yang dapat menampung tulisan Anda seperti UC News dan Idn Times.

Anda juga bisa belajar menulis terlebih dahulu melalui Wattpad. Seperti halnya kisah Wulan Fuadi yang berhasil menulis novel A: Aku, Benci, Cinta.

Bahkan tulisan tersebut sudah diangkat ke layar lebar dengan pemerannya seperti Jefri Nichole, Indah Permatasari dan Amanda Rawless.

  1. Usaha tour wisata

Jika Anda mahir berbahasa asing dan gemar melakukan travelling, maka usaha tour wisata dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Tri Wahyudi, pemilik Khatulistiwa Tour & Travel yang berpusat di Semarang. Ia berhasil merintis dan mengembangkan usaha tour wisata edukasi.

Dengan usaha tersebut, Tri berhasil meraup omzet hingga mencapai 1 milyar rupiah setiap tahunnya. Yang perlu Anda tahu bahwa usaha tour wisata tidak melulu bermodalkan uang saja.

Melainkan juga memerlukan kecakapan berbicara, pengetahuan luas serta sifat ramah dan humble kepada semua orang.

Baca juga : Ide Bisnis Bidang Wisata Potensial di Indonesia

  1. Usaha food truck

Jika Anda berjiwa K-pop tentu tidak asing dengan istilah food truck. Tentu Anda tahu bagaimana ekspresi Sehun EXO yang pada suatu hari dikirimi food truck oleh Sengri Bigbang saat sedang syuting drama Dokgo Rewind.

Berangkat dari hal tersebut, Anda bisa menciptakan peluang usaha yang cukup menggiurkan. Hal ini karena usaha tersebut belum begitu banyak digeluti oleh orang-orang.

Seperti yang sudah dijalankan oleh Heri Poerjanto Noegroho yang mengaku bisa mengantongi uang hingga 7 juta per bulan dari usaha food truck yang ia buka di Semarang.

Anda bisa memulai usaha food truck dengan gencar mempromosikannya di media online maupun offline. Anda juga bisa bergabung ke dalam komunitas AFTI atau Asosiasi Food Truck Indonesia untuk memperbanyak relasi.

Baca juga : Ide Bisnis Pinggir Jalan Banyak Pembelinya

  1. Usaha rental mobil

Rental mobil nampaknya masih menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan di tahun 2020. Mengingat bahwa semakin berjalannya waktu, semakin banyak orang yang menginginkan kenyamanan saat berkendara.

Salah satunya adalah dengan menggunakan mobil. Anda bisa membuka usaha rental mobil sebagai bisnis yang menggiurkan di tahun depan.

Seperti halnya kisah suskses pengusaha rental mobil asal Lampung, Supriyadi. Pendiri PT. Aditya Putra Supriyadi tersebut kini bisa meraup omzet hingga ratusan juta rupiah per bulannya.

Jika Anda ingin memulai usaha ini, ada baiknya jika Anda mulai menyiapkan modal terlebih dahulu. Hal ini karena modal yang digunakan untuk menjalankan usaha ini terbilang tidak sedikit.

Baca juga : Ide Bisnis Bidang Otomotif yang Kreatif dan Menguntungkan

  1. Jual seblak

Siapa tidak mengenal camilan khas Bandung ini? Camilan pedas satu ini adalah camilan yang banyak dicari oleh orang-orang Bandung.

Lantas, bagaimana jika orang yang berada di luar Bandung ingin mencicipi seblak? Dengan persoalan demikian, Anda tentu bisa menciptakan peluang bisnis yang lumayan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Syafrudin penjual seblak sukses dari Lampung.

Yang membuat Syafudin sukses berjualan seblak adalah adanya variasi dan kombinasi cita rasa seblak buatannya. Syahfrydin menciptakan kuah seblak dengan ramuan kuah cuko alias cuka.

Hal ini tentu lain daripada seblak khas Bandung pada umumnya. Hal ini patut ditiru oleh Anda yang ingin berkecimpung dalam dunia kuliner khususnya seblak. Inovasi penting untuk meraih simpati.

Baca juga : Bisnis Bidang Kuliner Paling Laris dan Prospek Bagus

  1. Membuka toko online

Di era serba digital seperti sekarang ini, semua hal bisa Anda lakukan dengan mudah. Salah satunya dalam membuka usaha toko online.

Seperti kisah sukses Rumah Barbie yang berhasil membuka toko online dengan menyediakan berbagai macam barang unik dan mini furniture serba Barbie lainnya. Usaha tersebut berhasil menciptakan omzet hingga 50 juta rupiah setiap bulannya.

Usaha yang dirintis oleh Solihin tersebut hanya bermodalkan 5 juta rupiah saja. Jika Anda berminat dengan usaha tersebut, maka Anda tidak perlu banyak-banyak merogoh kocek.

Anda bisa membuka toko online sesuai dengan kemauan Anda. Misalnya, toko online yang menjual baju, boneka, buku atau barang-barang unik nan antik lainnya.

Baca juga : Peluang Bisnis Online Untukmu Beromzet Miliaran

  1. Jual snack kiloan

Siapa tidak suka ngemil? Terutama bagi Anda yang tinggal di lingkungan perumahan, sekolah maupun perkantoran, maka selain bisnis sewa kos Anda juga bisa membuka usaha jual snack kiloan.

Usaha ini terbilang tidak ada matinya karena semua orang menyukai kuliner. Sepert bisnis Lidi Geli yang didirikan oleh Famela Nurul Islami yang memproduksi makanan ringan mi lidi.

Usaha yang bermodal 1 juta rupiah saja ini, sekarang bisa mendatangkan omzet lebih dari dua kali lipatnya per bulan.

Anda bisa membuka usaha jual snack kiloan tersebut di rumah dan melakukan promosi baik secara offline maupun online. Bila perlu, Anda bisa mengadakan promo tertentu demi menarik minat pembeli.

  1. Membuka toko kebutuhan sehari-hari

Tidak semua orang mau untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari di pasar. Sebagian besar dari mereka justru ingin mendapatkan barang keperluan harian dengan cepat dan mudah.

Persoalan ini tentu bisa memunculkan ide bisnis bagi Anda seperti yang sudah dilakukan pebisnis toko kebutuhan sehar-hari asal Tulang Bawang Erwan.

Bisnis yang bermula dari modal 30 juta rupiah tersebut, kini sudah memiliki pelanggan hingga 100 toko. Bagi Anda yang ingin memulai usaha ini, maka bisa terlebih dahulu membuka warung kecil-kecilan di rumah. Kembangkan usaha tersebut secara perlahan agar bisa meniru kesuksesan Erwan.

Baca juga : Begini Rahasia Sukses Bisnis Toko Kelontong di Era Digital

  1. Bisnis kue

Selain aneka kripik, kue juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha 2020  bagi Anda. Misalnya, brownies kukus Amkamu yang didirikan oleh sepasang suami istri Bapak Sjukur dan Ibu Sumiwiludjeng. Hingga saat ini usaha tersebut telah memiliki banyak cabang di berbagai kota Indonesia.

Anda bisa membuka bisnis kue dengan skala kecil terlebih dahulu. Jika Anda tidak menyukai brownies, maka Anda bisa memilih kue lainnya seperti cupcake, bolu, tiramisu dan sebagainya.

Kue kering juga bisa dijadikan peluang usaha yang cukup menjanjikan bagi Anda. Yang terpenting Anda harus menciptakan karakteristik yang khas dari kue Anda.

  1. Bisnis martabak

Siapa tidak suka martabak? Alih-alih menjadi pelanggan makanan super enak tersebut, Anda justru bisa menjadikannya sebagai lahan bisnis. Khususnya jika Anda tinggal di lingkungan yang padat penduduk.

Tentu masyarakat yang berdomisili di lingkungan tersebut sangat suka jajan. Martabak adalah salah alternatif jajanan yang digemari oleh banyak orang.

Anda bisa memulai usaha martabak seperti halnya Martabak San Fransisco yang didirikan oleh Pak Buyung. Bahkan saat ini usaha martabak tersebut sudah dikembangkan olehnya menjadi konsep waralaba.

Jika Anda tertarik untuk bisnis martabak, maka Anda harus berani membuat resep yang berbeda dari resep martabak lainnya.

Baca juga : Usaha Sampingan Karyawan Tanpa Ganggu Kerjaan

  1. Warung kopi

Hampir semua orang menggemari kopi. Barangkali Anda adalah salah satunya. Untu itu, tidak ada salahnya jika Anda membuka usaha warung kopi.

Terutama bagi Anda yang tinggal di lingkungan ramai atau tempat yang bersuhu rendah. Hal tersebut bisa memicu potensi bisnis yang luar biasa bagi Anda.

Seperti halnya pebisnis warung kopi yang cukup sukses di Bandung yaitu Lily Josana pemilik Warung Kopi Purnama.

Dalam menjalankan bisnis warung kopi, Anda harus mengikuti jejak Lily Josana yang menggunakan resep khusus dalam menyeduh kopi. Hal ini dapat menyebabkan penikmat kopi akan ketagihan dengan kopi racikan Anda.

  1. Jual dan desain kaos

Bagi Anda yang menggemari desain, cetak dan sablon kaos maka hal tersebut bisa menjadi lahan bisnis yang menjanjikan bagi Anda.

Seperti yang bisa Anda contoh dari Yasa Paramita Singgih yang menekuni usaha tersebut dalam skala UKM  dengan strategi pemasaran secara online. Pebisnis yang fokus pada kaos pria ini bisa mencetak omzet hingga 200 juta per bulan.

Jika Anda berminat menekuni bisnis tersebut tentu yang diperlukan bukan hanya persoalan modal uang saja. Akan tetapi, Anda juga perlu keuletan dan keseriusan dalam menjalankan usaha tersebut. Selain itu, Anda perlu fokus pada satu produk saja terlebih dahulu.

  1. Desain batik

Barangkali Anda merasa bosan dengan desain batik yang itu-itu saja. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mendesain sendiri batik sesuai keinginan Anda. Tahukah Anda bahwa hal tersebut bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Seperti halnya yang telah dilakukan oleh Dea Valencia. Pengusaha UKM muda tersebut kini berhasil meraup omzet hingga 300 juta per bulan.

Jika Anda pandai dalam hal mendesain batik, maka ide usaha tersebut bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menggiurkan. Terlebih lagi jika Anda pintar menjahit. Usaha tersebut tentu sayang sekali untuk dilewatkan.

  1. Jual sabun organik

Kepedulian masyarakat luas terhadap kesehatan saat ini terus merangkak naik. Salah satunya pada hal perawatan tubuh.

Anda bisa mengambil inspirasi bisnis dari segudang perlengkapan perawatan tubuh yang ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan Anda. Seperti halnya sabun organik yang dirintis oleh Nina Widjaja.

Pendiri usaha sabun organik ArteSana tersebut kini sukses meraup omzet hingga puluhan juta rupiah per bulannya. Anda bisa mencontoh usaha Nina tersebut dengan membuat resep sabun organik sendiri.

Lalu bisa juga mencoba membuat sabun secara alami tanpa adanya bahan kimia. Anda juga bisa memasarkan produk sabun organik Anda secara offline maupun online.

  1. Membuka kedai susu

Jika kedai kopi terlalu mainstream, maka Anda bisa membuka usaha kedai susu. Kedai susu tidak ada menyasar target remaja atau orang-orang dewasa saja melainkan juga bisa dikonsumsi untuk anak-anak. Sebagai contoh adalah kedai susu Kalimilk yang ada di Yogyakarta.

Kedai susu yang dirintis sejak tahun 2011 oleh Fauzan Racmansyah tersebut kini rata-rata bisa meraup omzet sebesar 13 juta rupiah per hari.

Yang terpenting dari pembukaan usaha ini adalah Anda bisa memberikan sesuatu yang beda daripada kedai susu lainnya. Misalnya, desain kedai susu yang cozy dan kekinian, varian rasa susu yang beragam hingga urusan branding susu yang gaul dan unik.

  1. Bimbingan belajar

Bimbingan belajar adalah salah satu jenis usaha yang tidak ada matinya. Anda bisa memulai peluang usaha satu ini dari rumah. Seperti halnya kisah suskes pengusaha bimbingan belajar dari Purwodadi yakni Siswadi.

Pebisnis tersebut sempat pasang surut membangun usahanya. Hingga kini pebisnis yang mengusung konsep waralaba ini telah membuka begitu banyak cabang di Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, kini Siswadi bisa merekrut hingga 500 karyawan dan meraup omzet sebesar 400 juta rupiah per bulannya.

Jika Anda ingin meniru usaha Siswadi, maka ada baiknya untuk merintis usaha tersebut dari rumah terlebih dahulu. Anda juga bisa menerapkan motto hidup Siswadi yang berbunyi, “Hadapi rintangan yang ada dan yakin bahwa semuanya dapat diatasi”.

Baca juga : Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Tanpa Modal

  1. Bisnis kerupuk singkong

Bukan keripik singkong, Anda bisa coba memulai bisnis kerupuk singkong. Usaha anti mainstream ini dapat Anda tiru seperti halnya kisah suskes Ishak Abdul Aziz.

Dari harga jual sebesar 4500 rupiah, sekarang Ishak sudah bisa meraup omzet hingga 45 juta rupiah per bulan. Jika Anda ingin memulai bisnis seperti ini, maka Anda perlu menarik respon pembeli dengan cita rasa kerupuk singkong yang dihasilkan tersebut.

Terlebih lagi jika Anda tinggal di lingkungan desa yang banyak ditumbuhi tanaman singkong. Hal tersebut tentu bisa menjadi ide bisnis yang cukup menjanjikan.

  1. Bisnis keripik ikan

Jika jual ikan di pasar adalah ide bisnis yang terlalu umum, maka keripik ikan bisa menjadi ide bisnis yang cukup menguntungkan. Terutama jika Anda tinggal di sekitaran pantai atau sungai.

Anda bisa mengolah ikan hasil tangkapan menjadi makanan yang lezat. Seperti halnya kisah sukses Aang Permana, pemilik Crispy Ikan Sipetek.

Dengan harga jual sekitar 20 ribu rupiah, Aang bisa mengambil keuntungan hingga 500 juta rupiah per bulannya. Anda bisa meniru usaha Aang tersebut dengan kreasi sendiri. Jangan lupa meningkatkan strategi pemasaran baik secara offline maupun online.

  1. Budidaya jamur tiram

Budidaya jamur tiram adalah jenis usaha yang diprediksi dapat memberikan keuntungan yang luar biasa bagi Anda. Bisnis ini terbilang mudah dan murah karena hanya memerlukan modal senilai 1 juta rupiah saja.

Seperti kisah sukses Mardiana yakni pemilik Celebes Mushrooms Farm. Dengan modal awal patungan bersama teman-temannya sebesar 1 juta rupiah, kini ia berhasil meraup omzet hingga 60 juta per bulan.

Yang perlu Anda ingat dalam memulai usaha ini adalah senantiasa tekun dan sabar. Jangan lupa untuk memperluas promosi Anda layaknya kisah Mardiana. Mardiana bahkan sukses menarik pelanggan hingga ke luar negeri.

  1. Bisnis ikan hias

Ikan hias merupakan salah satu ide usaha yang cukup menggiurkan bagi Anda. Hal ini karena masih banyak masyarakat luas yang menggemari ikan hias sebagai hiasan interior alami hunian.

Contoh pengusaha ikan hias yang sukses di Indonesia ialah Nicholas Kurniawan. Ia memulai bisnis tersebut dengan modal tidak sampai 1 juta rupiah dan justru sekarang berhasil memperoleh profit minimal 10 juta per bulan.

Anda bisa mengikuti jejak usaha Nicholas dengan berjualan ikan hias. Yang terpenting adalah ketekunan dan kesabaran Anda dalam mengelola bisnis tersebut.

  1. Ternak lele

Ternak lele masih mendominasi usaha populer yang bisa Anda rintis di tahun 2020. Bisnis ini terbilang tidak ada matinya karena konsumen lele selalu meningkat setiap tahunnya.

Salah satu contoh suskes pebisnis ternak lele di daerah Sumenep ialah Abullah Muhammad Husein yang kini menjadi pengusaha ternak lele ternama di Jawa Timur.

Anda bisa merintis bisnis ternak lele tersebut dengan memanfaatkan lahan yang ada. Sederhananya, Anda juga bisa menggunakan kolam terpal terlebih dahulu sebagai awal permulaan usaha tersebut.

  1. Bisnis sambal tuna

Mayoritas orang Indonesia adalah penggemar sambal. Khususnya daerah barat Indonesia. Jika jeli maka Anda dapat menjadikan kesempatan tersebut sebagai ide bisnis yang menjanjikan. Salah satunya adalah bisnis sambal tuna yang dilakukan oleh Muhammad Yamin Rachman, pemilik Sambal BaBa.

Anda bisa mencontoh ide usaha tersebut dengan kreasi sendiri. Buat sambal yang praktis dikonsumsi oleh siapapun. Jangan lupa untuk memperlebar sayap promosi produk Anda ke berbagai tempat baik secara offline maupun online.

  1. Bisnis olahan ikan asin

Makanan praktis dan siap dikonsumsi adalah salah satu ide bisnis yang menguntungkan. Anda bisa menjajal olahan ikan asin sebagai ide bisnis Anda.

Terutama jika Anda tinggal di daerah pantai. Seperti halnya kisah bisnis olahan ikan asin dari Suroto. Ia berhasil menarik minat konsumen dari olahan ikan asin rebus dan rebus.

Bisnis olahan ikan asin ini terbilang cukup anti mainstream yang tentunya diprediksi bisa menjadi usaha yang mumpuni bagi Anda. Jangan lupa untuk selalu mengoptimalkan strategi marketing bisnis Anda.

  1. Pertanian hidroponik

Salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan di tahun 2020 ialah pertanian hidroponik. Bagi Anda yang kreatif di dunia pertanian, maka usaha satu ini dapat menjadi ladang uang bagi Anda.

Seperti kisah Fariz Nugraha yang berhasil berbisnis tanaman hidroponik dengan menyasar masyarakat yang kurang lahan. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mengikuti jejak Fariz tersebut.

Khususnya jika Anda tinggal di kota besar seperti Jakarta dan Bandung, maka usaha tersebut tentu akan laris manis. Di samping itu, modal yang Anda keluarkan untuk memulai bisnis ini juga tidak terlalu banyak.

  1. Keripik rumput laut

Bagi Anda yang tinggal di daerah pantai, maka usaha keripik rumput laut adalah ide bisnis yang cukup menjanjikan bagi Anda. Makanan ringan satu ini tentu sangat diminati oleh masyarakat kekinian. Seperti halnya produk keripik rumput laut yang dirintis oleh Top Itiphat.

Tentu Anda pernah melihat produk keripik rumput laut yang bernama Ta Kae Noi di minimakrket terdekat. Yang terpenting bagi Anda dalam memulai bisnis ini adalah kesabaran, keuletan dan sifat pantang menyerah.

  1. Keripik jamur

Bukan hanya bisnis budidaya jamur saja yang bisa memberikan keuntungan berlebih bagi Anda. Akan tetapi, Anda juga bisa membuka bisnis keripik jamur.

Anda bisa menyimak kisah sukses pebisnis keripik jamur yakni Tandri Kurniawan. Dengan penjualan produk harian mencapai 100 bungkus, ia berhasil meraup untung hingga 4 juta rupiah per bulan.

Dalam memulai bisnis ini, yang terpenting bagi Anda adalah variasi rasa. Jangan lupa untuk giat mempromosikan produk Anda baik secara online maupun offline.

  1. Bisnis kue cubit

Masih di bisnis kuliner, Anda bisa membuka usaha kue cubit. Siapa tidak menyukai kue mungil dengan rasa yang menggugah selera ini? Anda bisa mencontoh bisnis kuliner tersebut dari kisah sukses Edi Hartono. Dalam merintis usaha kue cubit, Anda harus bisa mengkreasikan kue yang Anda buat.

Jangan lupa tambahkan variasi rasa agar menarik minat banyak pembeli. Seperti halnya yang dilakukan oleh Edi Hartono. Berkat keberaniannya membuat inovasi, maka ia bisa memiliki 53 gerai franchise.

  1. Membuka lapak e-commerce

Bagi Anda yang mahir di dunia digital, maka ada baiknya untuk mengikuti jejak Ahmad Zaky ex CEO Bukalapak atau Wiliam Tanuwijaya CEO Tokopedia.

Anda bisa membuka lapak e-commerce dengan modal website. Selain itu Anda bisa juga menjalin kerjasama dengan berbagai penjual untuk bermain di lapak e-commerce Anda.

Anda bisa memulai gebrakan baru untuk menyaingi lapak e-commerce lain yang sedang berjaya di Indonesia saat ini. Jangan lupa untuk memberikan terobosan baru dari usaha tersebut.

  1. Pembuatan boneka

Boneka adalah barang mainan yang selalu tidak pernah ketinggalan untuk dimainkan oleh anak-anak. Bahkan remaja putri dan dewasa pun masih memiliki boneka sebagai pajangan dan teman tidur di kamarnya.

Bagi Anda yang kreatif di bidang seni kerajinan, tentu dapat melihat persoalan ini sebagai ide bisnis yang cukup menguntungkan.

Anda bisa mengikuti jejak sukses Hannifa yang memulai bisnis boneka bermerk Kiwari dengan modal nyaris 0 rupiah. Kerja keras dan keuletan menjadi dominasi dalam kesuksesan bisnis pembuatan boneka tersebut.

  1. Bisnis parfum

Parfum adalah solusi bau badan paling ampuh dan praktis. Asal wangi, tanpa mandi sekalipun Anda sudah bisa tampil percaya diri. Hal tersebut tentu bisa menginspirasi Anda untuk membuka bisnis parfum.

Seperti halnya kisah sukses pengusaha parfum ternama Indonesia yakni Tebe alias R. Tubagus Wijaya. Ia menciptakan parfum dengan karakteristik unik berdasarkan golongan darah, nama hingga gender.

Jika Anda ingin sukses seperti Tebe dalam berbisnis parfum, maka ada baiknya untuk memulai usaha parfum dengan variasi aroma yang istimewa. Buat parfum Anda lain daripada yang lain, ya!

  1. Jual telur ayam

Salah satu peluang usaha terbaru dan terlaris tahun 2020 ialah jual telur ayam. Usaha ini terbilang praktis dan mudah dilakukan khususnya bagi ibu rumah tangga seperti Anda.

Anda bisa mencontoh usaha jual telur ayam seperti Melati. Usaha tersebut bahkan bisa memberikan omzet kepadanya hingga 4,3 milyar.

Bagi Anda yang memiliki cukup lahan, maka Anda bisa memulai bisnis tersebut dengan beternak ayam petelur sendiri. Jangan lupa untuk memperlebar sayap promosi jualan Anda ke berbagai daerah.

  1. Bisnis camilan siomay

Bisnis kuliner memang tidak ada matinya. Selama bertahun-tahun bisnis kuliner diprediksi senantiasa mengalami kenaikan yang signifikan. Salah satu rekomendasi bisnis kuliner yang mudah bagi Anda adalah siomay.

Seperti halnya kisah sukses pebinsis siomay yang bermodalkan 250 ribu rupiah saja yaitu Pak Nana. Berkat keuletannya tersebut kini Pak Nana berhasil memiliki banyak cabang siomay di Indonesia.

Bisnis siomay memang cukup banyak di pasaran. Akan tetapi, tidak semua pebisnis siomay digemari oleh konsumen.

Cita rasa yang khas dan pas di lidah konsumen adalah kunci kesuksesan bisnis kuliner tersebut. Maka dari itu, Anda harus memiliki resep khusus untuk menghasilkan cita rasa siomay yang enak.

  1. Jual rempeyek

Bisnis camilan masih menjadi primadona bagi banyak masyarakat. Salah satu jenis camilan yang bisa Anda jadikan peluang usaha adalah rempeyek. Anda bisa mencontoh kisah sukses pebisnis rempeyek asal Malang yaitu Ibu Hastuti.

Pada mulanya ia hanya memiliki modal sebesar 200 ribu rupiah saja. Akan tetapi, berkat kegigihannya saat ini ia berhasil meraup ozmet hingga 300 juta per bulan.

Untuk memulai usaha tersebut, Anda harus konsisten mempertahankan rasa dan kualitas produk rempeyek. Jangan lupa untuk aktif memasarkan produk Anda baik secara offline maupun online.

50 peluang bisnis tersebut kiranya dapat menjadi referensi usaha yang menarik bagi Anda. Jangan lupa dalam menentukan bisnis yang akan dijalani, Anda harus menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Hal ini agar bisnis yang Anda jalankan dapat berjalan dengan maksimal dan awet.

Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *