Begini Nih Cara Jaga Cash Flow Selama Pandemi Corona

2 min read

cara jaga cash flow

Tuan, mau tanya dong…Gimana sih cara jaga cash flow supaya bisa gofood-in gebetan apalagi pas pandemi kayak gini???

Tuan Cuan Menjawab…

Bisniskuy.com – Baik – baik lu tong, kagak usah macem – macem dah pake nge-gofood-in gebetan. Emang makan udah gak pake sendok lagi?

Jadi kita mulai dari pandemi ini dulu. Pandemi Corona bikin banyak orang pusing tujuh keliling. Gimana enggak, gara-gara pandemi kita jadi gak bisa bergerak bebas karena dilarang buat beraktivitas secara normal.

Tujuannya jelas, supaya penyebaran virus bisa dicegah sambil menunggu vaksin atau obat virus yang satu ini siap dan bisa melindungi kita semua.

Selain soal kesehatan, pandemi Corona juga berdampak ke banyak hal, tak terkecuali ekonomi. Pelambatan ekonomi yang sudah terjadi sejak awal tahun jadi semakin parah karena pandemi corona.

Sudah banyak perusahaan gulung tikar, mulai memecat karyawan agar tetap bertahan sampai pandemi selesai atau memangkas gaji agar cash flow perusahaan tetap terjaga.

Ngomong-ngomong soal cash flow, bukan cuma perusahaan aja yang bingung gimana caranya supaya cash flownya gak berantakan, lho.

Masalah cash flow juga dialami setiap orang saat ini terutama yang terdampak PHK atau pemotongan gaji selama pandemi.

Nah, buat kamu yang mau tetap survive sampai pandemi berakhir, Tuan Cuan punya beberapa cara jaga cash flow kamu, nih. Ini dia beberapa caranya :

Buat atau Revisi Perencanaan Keuangan

Seberapa seringkah kamu buat perencanaan keuangan? Kalau Tuan Cuan sih selalu buat perencanaan keuangan tiap mau awal tahun, hehe.

Buat kamu yang pernah buat perencanaan keuangan sebelumnya, maka sekarang saatnya kamu membuat perencanaan baru ditengah pandemi ini.

Kamu perlu merevisi perencanaan keuangan selama 3-6 bulan kedepan biar cash flow kamu tetap aman.

Sedikit tips dari Tuan Cuan, perbanyaklah emergency fund selama pandemic dalam bentuk aset yang liquid (bisa berbentuk emas, reksadana pasar uang atau uang cash)

Beli yang Dibutuhkan Bukan Diinginkan

Gara-gara pandemi, banyak diantara kita yang terpaksa harus work from home dan melakukan segala sesuatunya dari rumah. Gak jarang karena bosan kita jadi jajan atau beli apapun secara impulsif meski sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan.

Nah, kalau kamu mau cash flow tetap terjaga, Tuan Cuan sih menyarankan buat mulai menahan diri buat jajan selama WFH.

Karena, pembelian secara impulsif secara gak sadar bisa mengganggu perencanaan keuangan yang udah kamu buat dan membuat kas kamu berkurang banyak.

Mulailah beli barang-barang yang kamu butuhkan bukan yang kamu inginkan apalagi jajan barang-barang yang cuma dipakai sekali seumur hidup (?)

Be Greedy When Others Are Fearful

Namanya juga Tuan Cuan, gak akan lengkap kalo gak ngasih saran-saran cuan buat kalian semua. Saat pandemi gini bukan berarti kamu harus bersedih dan meratapi krisis yang ada.

Kamu bisa memanfaatkan peluang yang ada saat cash flow kamu terjaga buat cari cuan saat kondisi pandemi kayak gini.

Seperti kata Opa Warren Buffet, “Be Greedy When Others are Fearful”, kamu bisa bersikap Greedy (rakus) saat ini.

Coba deh lihat seberapa dalam penurunan IHSG sekarang ini, kalau dipikir-pikir kamu bisa memanfaatkan peluang ini buat beli saham-saham unggulan dengan harga yang lebih murah.

Eits, tapi jangan gegabah dan rakus tanpa pertimbangan, ya. Pastiin dulu cash flow kamu terjaga dengan memastikan ketersediaan Emergency Fund yang cukup sebelum mulai berinvestasi.

Perhitungkan juga kapan waktu yang tepat buat beli saham dan emiten apa aja yang paling bagus performanya berdasarkan laporan keuangannya.

Setelah investasi di emiten yang tepat, lupakan dan tunggu selama beberapa tahun dan liat berapa besar cuan yang kamu dapat karena kondisi pandemi saat ini.

Itu dia 3 cara jaga cash flow yang bisa kamu terapkan selama pandemi Covid-19 ini. Jangan lupa buat jaga Kesehatan karena buat apa cuan kalau tubuh tidak sehat. Salam Irit dari Tuan Cuan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *