Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

30+ Peluang Usaha Modal Kecil yang Beromzet Miliaran

10 min read

peluang usaha modal kecil

Bisniskuy.com – Berbicara soal dunia bisnis, sebenarnya Anda bisa menjumpai begitu banyak peluang usaha yang bisa Anda jalankan untuk menghadapi tahun baru 2020. Tidak melulu dengan modal yang besar, Anda juga bisa melihat peluang usaha modal kecil yang tentunya ramah kantung bagi Anda.

Jika Anda berencana ingin memulai bisnis dengan modal yang cukup minim, ada baiknya untuk menyimak informasi berikut. Kiranya Anda bisa menemukan peluang usaha 2020 modal kecil yang bisa memberikan Anda keuntungan cukup besar.

30 Peluang Usaha Modal Kecil Untuk Anda

  1. Penerjemah bahasa asing

Apabila Anda memiliki kemampuan berbahasa asing cukup baik, tidak ada salahnya jika Anda membuka jasa penerjemah bahasa asing. Tidak melulu harus bahasa Inggris. Anda bisa membuka jasa penerjemahan sesuai dengan latar belakang bahasa asing yang Anda kuasai. Misalnya, Anda memiliki kemampuan berbahasa Korea maka Anda bisa menjadi penerjemah bahasa Korea.

Tawarkan jasa penerjemah bahasa asing Anda melalui situs kerja freelance. Anda juga bisa bergabung dengan berbagai macam platform penerjemah bahasa asing berbasis online seperti halnya projects.co.id.

  1. Membuka kedai kopi kecil-kecilan

Apakah Anda seorang pecinta kopi? Mungkin sekali bagi Anda untuk menjadikan hobi tersebut sebagai sebuah usaha yang cukup menjanjikan. Tidak perlu mewah, Anda bisa memulai usaha kedai kopi secara kecil-kecilan. Dengan demikian, modal yang Anda butuhkan tidak akan mahal.

Anda bisa menyulap halaman rumah sebagai kedai kopi dengan menambahkan tenda, meja besar dan beberapa kursi. Biasanya usaha semacam ini akan dimulai ketika sore hari hingga malam datang. Jangan lupa untuk menyajikan menu pelengkap kopi seperti aneka gorengan, roti bakar, kentang goreng dan aneka camilan ringan lainnya.

  1. Jasa penjahitan baju

Jika Anda mempunyai keahlian di bidang menjahit, maka hal tersebut bisa memberikan penghasilan bagi Anda. Jangan ragu untuk membuka jasa penjahitan baju. Usaha satu ini bisa dipastikan tidak akan pernah mati. Terlebih lagi mode pakaian yang terus berganti membuat trend semakin berkembang. Dengan demikian, jasa penjahitan baju bisa menjadi peluang usaha modal kecil untung besar.

Agar omzet kian meningkat, maka Anda bisa menawarkan jasa penjahitan baju tersebut kepada lingkungan tetangga, teman-teman di dunia nyata maupun dunia maya. Bila perlu Anda juga dapat merekrut beberapa tenaga terampil guna membantu perluasan jejaring pelayanan.

  1. Membuka counter pulsa dan internet

Seiring perkembangan zaman membuat semakin banyak orang memiliki smartphone. Oleh karena itu, mereka akan membutuhkan pulsa maupun paket data internet. Demi memanfaatkan situasi ini, maka Anda bisa membuka counter pulsa dan internet.

Anda bisa membuat counter pulsa dan internet kecil-kecilan di rumah. Selain itu, untuk menaikkan omzet, Anda bisa menambahkan layanan berupa pulsa token listrik. Bila perlu Anda bisa menjual aksesoris dan casing ponsel.

  1. Membuka warung kebutuhan harian

Ini adalah salah satu jenis usaha yang tidak pernah sepi pembeli. Selain praktis, usaha ini juga terbilang memiliki modal awal yang kecil. Anda bisa membuka warung kebutuhan harian dari rumah. Untuk membuka usaha ini dari rumah, Anda hanya perlu menyulap salah satu bagian dari rumah Anda untuk membuka warung kebutuhan harian skala kecil.

Mulailah berjualan keperluan harian yang paling sering dibutuhkan oleh banyak orang. Misalnya, perlengkapan rumah tangga dan dapur seperti gula, garam, kecap, saus, penyedap rasa dan sebagainya. Sediakanlah barang kebutuhan harian kemasan karena akan meminimalisir kerugian Anda.

  1. Membuka laundry kiloan

Jangan anggap remeh usaha satu ini. Terlebih lagi jika Anda tinggal di daerah ramai khususnya kampus dan perkantoran. Dengan membuka laundry kiloan, maka hal tersebut dapat menambah pundi-pundi uang Anda. Tidak melulu harus memiliki modal besar, dengan modal minim saja Anda sudah bisa menjalankan usaha ini.

Setidaknya Anda harus memiliki minimal dua mesin cuci, perlengkapan menjemur serta seperangkat peralatan setrika. Anda dapat memasang banner di depan rumah yang berisi penawaran jasa laundry Anda. Jangan lupa berikan kata-kata pemanis agar banyak orang yang berminat dengan jasa Anda.

  1. Menawarkan jasa desain grafis

Apakah Anda mahir dalam mengoperasikan software foto editor? Ada baiknya untuk mencoba peluang usaha menjadi penyedia jasa desain grafis. Minimal Anda bisa mengoperasikan aplikasi corel draw, photoshop dan photoscape untuk menjalankan usaha ini.

Biasanya orang-orang membutuhkan jasa Anda untuk membuat desain kartu id. Tidak menutup kemungkinan juga bagi Anda untuk menerima permintaan klien guna mendesain media promosi kantor seperti mug, tumbler, kaos, block note dan sebagainya.

  1. Membuka les private

Peluang usaha modal kecil berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah membuka jasa les private. Tidak semua anak SD, SMP maupun SMA langsung paham dengan materi yang diajarkan di sekolah. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan kesempatan tersebut dengan membuka jasa les private. Terutama jika Anda menguasai satu atau beberapa mata pelajaran.

Untuk memulai usaha ini, Anda dapat menawarkan jasa tersebut kepada teman-teman, lingkungan rumah hingga menyebarkan brosur ke sekolah-sekolah. Jangan lupa untuk menyiapkan modul sendiri yang berisi rangkuman mata pelajaran pada jenjang pendidikan tertentu. Selain bisa menyiapkan kelas private di rumah, Anda juga bisa mengajar les ke rumah klien sesuai dengan permintaan.

  1. Menjadi penerjemah bahasa asing

Apabila Anda menguasai beberapa bahasa asing, sudah seharusnya Anda memanfaatkan kemampuan tersebut. Salah satunya adalah dengan menjadi penerjemah bahasa asing pemula. Anda dapat memulai bisnis tersebut dengan menawarkan jasa melalui selebaran brosur, teman-teman hingga pada akun sosial media.

Biasanya, Anda akan menerima pesanan klien berupa permintaan penerjemahan berbagai macam dokumen. Dokumen tersebut bisa berupa akta kelahiran, akta kematian, kata pengantar, ijazah dan sebagainya. Dikarenakan Anda masih berstatus pemula, maka jangan memasang tarif terlalu mahal. Usahakan tarif yang Anda pasang di bawah tarif penerjemah professional.

  1. Makelar properti

Properti merupakan salah satu aset yang senantiasa mengalami kenaikan harga. Banyak orang cenderung ingin menginvestasikan uang di bidang properti dibanding lainnya. Saat para investor ingin menjual properti, maka mereka akan membutuhkan jasa makelar. Situasi ini tentu akan menciptakan peluang bisnis bagi Anda.

Cermati lingkungan sekitar Anda, apakah terdapat proyek pembangunan rumah atau lainnya. Jangan lupa untuk menanyakan perihal sistem pembagian komisi beserta bonusnya. Peluang usaha ini dapat Anda lakukan terutama bagi Anda yang memiliki modal kecil. Jangan salah, dengan usaha makelar properti maka Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

  1. Membuka counter pulsa

Pada era serba online seperti sekarang ini membuat semua pemilik ponsel memerlukan pulsa dan paket data. Situasi semacam ini tentu dapat Anda manfaatkan sebagai lahan pencari uang. Caranya adalah dengan membuka counter pulsa skala kecil di rumah Anda. Anda bisa memulai usaha tersebut dengan membeli sebuah etalase dan mengisinya dengan berbagai macam kartu perdana.

Agar pelayanan counter Anda semakin lengkap, maka Anda bisa menyediakan kebutuhan perangkat ponsel lainnya. Misalnya, casing handphone, gantungan handphone, templer glass, earphone dan sebagainya. Guna semakin menambah penghasilan, ada baiknya untuk menyediakan layanan pembelian token listrik.

  1. Penulis artikel lepas

Daripada komputer atau laptop menganggur di rumah, lebih baik Anda menggunakannya sebagai modal untuk menjadi penulis artikel lepas. Peluang usaha modal kecil ini dapat dipertimbangkan khususnya jika Anda menggemari dunia tulis-menulis. Selain komputer dan laptop, modal lain yang Anda butuhkan untuk menjadi penulis artikel lepas adalah koneksi internet.

Untuk menjadi penulis artikel lepas yang sukses, maka Anda perlu senantiasa berpikir kreatif untuk menemukan tulisan-tulisan yang enak dibaca. Jangan salah, penghasilan seorang penulis artikel lepas juga cukup lumayan untuk membeli kebutuhan harian Anda.

  1. Ojek online

Apakah Anda memiliki motor yang nganggur? Manfaatkan saja sebagai media Anda untuk mendapatkan penghasilan sebagai ojek online. Tidak sedikit orang yang sukses dengan usaha satu ini. Bahkan tidak sedikit pula yang menjadikan profesi ini sebagai mata pencaharian pokok.

Biasanya pihak perusahaan ojek online juga akan memberikan uang tambahan bagi driver yang bekerja dengan kualitas baik. Bayangkan jika Anda bisa tampil prima dan berhasil mencapai target tertentu. Pasti Anda akan mendapatkan penghasilan penuh layaknya pekerja kantoran.

  1. Pembuat kerajinan tangan

Kabar baik bagi Anda yang memiliki keterampilan seni mumpuni. Anda bisa menggunakan keahlian tersebut dengan menjadi pembuat kerajinan tangan. Mulailah memanfaatkan keterampilan tersebut untuk membuat kerajinan dari barang bekas. Anda bisa membuat barang kerajinan seperti dompet, tas, pounch, asbak dan sebagainya.

Terlebih lagi saat ini Anda dapat dengan mudah untuk mempromosikan barang kerajinan tersebut. Selain promosi online dengan memanfaatkan jaringan internet, Anda juga bisa melakukan promosi melalui media massa. Misalnya, dengan mengikuti program acara televisi bertema industri kreatif, mempromosikan via koran hingga ikut serta dalam acara UMKM tertentu.

  1. Membuka katering rumahan

Peluang usaha kuliner ini memerlukan bakat dan kemampuan Anda dalam hal mengolah makanan. Karena itu, sebelum memulai usaha ini maka pastikan terlebih dahulu bahwa Anda bisa memasak berbagai macam makanan dan tentunya tidak sedikit orang yang menyukai makanan Anda.

Sebagai permulaan Anda bisa menawarkan jasa tersebut untuk acara hajatan, khitanan, aqiqah maupun acara lainnya di lingkungan tempat tinggal Anda. Jika Anda mempunyai akun media sosial, maka Anda bisa mempromosikan katering Anda melalui media tersebut. Cara ini terbilang cukup efektif dan efisien asalkan Anda pintar untuk mempromosikannya.

  1. Memproduksi aneka keripik

Produksi aneka keripik adalah salah satu peluang usaha kuliner yang bisa Anda lakukan dengan modal kecil. Anda bisa menentukan jenis keripik yang akan diproduksi dengan melihat bahan baku pembuatan keripik apa yang tersedia di lingkungan Anda. Misalnya, bayam, singkong, pisang dan labu.

Jika Anda mahir berkreasi dalam dunia kuliner, maka bisa saja untuk mencoba memproduksi keripik yang anti mainstream. Seperti keripik anggur yang berasal dari buah anggur. Manfaatkan sensasi keripik yang manis dan nikmat dari buah anggur dalam bentuk keripik. Atau Anda bisa coba memproduksi keripik nangka, salak, belut, talas, sukun, pare, jengkol dan sebagainya.

  1. Membuka jasa pencucian motor

Ingin memulai usaha tapi hanya bermodalkan 5 juta saja? Coba saja untuk membuka jasa pencucian motor. Peluang usaha ini terbilang cukup menggiurkan, terlebih lagi apabila Anda tinggal di tempat yang ramai dan cukup strategis. Bahkan Anda bisa membuka jasa tersebut di depan rumah.

Untuk membuka jasa pencucian motor ini, Anda perlu menyiapkan kompressor serta perlengkapan pencucian motor lain seperti kanebo, shampo, kain lap, semir ban dan sebagainya. Dengan membuka usaha ini Anda bisa memperoleh keuntungan hingga 3 juta rupiah setiap bulannya.

  1. Ternak lele

Peluang usaha modal kecil berikutnya yang bisa Anda coba ialah ternak lele. Khususnya jika Anda memiliki lahan yang terbilang cukup luas. Sayang rasanya jika tidak digunakan dengan baik, bukan? Ternak lele dapat menjadi opsi usaha modal kecil yang patut Anda pertimbangkan. Hal ini karena lele merupakan jenis ikan yang tahan terhadap segala macam cuaca serta dapat hidup walau di tempat yang sempit.

Dengan uang 5 juta rupiah saja, Anda sudah bisa membuka usaha satu ini. Uang tersebut bisa Anda gunakan untuk berbelanja kebutuhan peternakan lele seperti terpal, bambu, benih lele, pelet, cacing sutera, biaya pengobatan dan sebagainya. Dengan beternak lele, Anda bisa memperoleh keuntungan hingga 5,2 juta setiap panen.

  1. Membuka salon

Dengan berbekal pengalaman bekerja di salon, Anda tentu bisa membuka salon sendiri di rumah. Modalnya pun tidak lebih dari 5 juta rupiah saja. Tidak melulu harus dengan menggunakan peralatan salon yang canggih, Anda juga bisa membuka salon kecantikan sederhana menggunakan dua kursi sebagai tempat pangkas rambut dan creambath.

Peralatan yang Anda butuhkan untuk membuka salon kecantikan sederhana di antaranya meja rias, kursi, tempat cuci rambut, semir rambut, peralatan potong rambut, shampo dan lainnya. Adapun laba bersih yang bisa Anda dapatkan dari usaha ini bisa mencapai kisaran 3 juta rupiah per bulan. Namun, penghasilan tersebut bisa bertambah sesuai dengan banyaknya pelanggan dan jenis layanan salon Anda.

  1. Produksi donat

Siapa yang tidak menyukai donat? Donat adalah salah satu jenis makanan yang begitu banyak diminati dan populer di kalangan masyarakat luas. Baik anak-anak hingga orang dewasa semua menyukai makanan berbentuk bulat ini. Bagi Anda yang memiliki kemampuan untuk membuat donat, maka bisa langsung membuka usaha produksi donat sebagai penambah penghasilan Anda.

Selain mudah dibuat, modal untuk memproduksi donat juga terbilang minim. Anda bisa memulai usaha ini dengan modal sekitar 3 juta rupiah saja. Jika Anda ingin memulai usaha produksi donat tanpa memiliki tempat khusus untuk menjualnya, maka Anda dapat menitipkan donat-donat tersebut pada kantin sekolah, pasar, penjual sayur keliling dan sebagainya.

  1. Membuka jasa pembersih kasur dan karpet

Ini termasuk ke dalam peluang usaha yang anti mainstream. Hanya dengan modal tidak sampai 3 juta, Anda sudah bisa mendulang untung banyak. Dengan membuka jasa pembersih kasur dan karpet dari tungau tersebut rata-rata keuntungan bulanan yang bisa Anda peroleh adalah 4 juta rupiah. Keuntungan tersebut bisa Anda peroleh apabila mamasang tarif per jasa seharga maksimal 150 ribu rupiah.

Adapun modal yang harus Anda siapkan untuk memulai usaha ini ialah dengan menyiapkan vacum cleaner, ember plastik, lap, sarung tangan, masker dan aneka alat pembersih lainnya. Usaha ini terbilang cukup potensial karena tidak sedikit orang yang malas untuk membersihkan kasur busa mereka. Terutama masyarakat perkotaan yang cenderung menginginkan sesuatu serba praktis.

  1. Menjadi agen travel

Bisnis agen travel sekarang berbeda dengan bisnis travel konvensional. Untuk menjadi agen travel saat inu tidak memerlukan modal yang banyak. Anda mulai memulai usaha travel skala kecil dengan modal cukup hanya 5 jutaan saja. Modal tersebut bisa Anda belanjakan untuk beberapa keperluan seperti smartphone, laptop, printer dan perlengkapan lainnya.

Yang terpenting untuk menjadi agen travel adalah kemahiran Anda untuk mencari klien. Anda bisa menawarkan jasa travel tersebut kepada sekolah-sekolah. Biasanya sekolah akan memanfaatkan jasa travel sebagai jembatan kegiatan karya wisata atau study tour. Selain itu, Anda bisa menawarkan jasa tersebut kepada kampus-kampus maupun saat berlangsungnya suatu event tertentu.

  1. Membuka jasa event organizer

Event organizer adalah solusi jitu bagi orang-orang yang ingin mengadakan suatu acara tanpa mau ribet. Khususnya jika Anda memiliki pengalaman dan keahlian untuk mengorganisir sesuatu dengan baik, maka tidak ada salahnya untuk membuka jasa event organizer. Selain itu, sebagai sebuah usaha yang bergerak di bidang jasa, membuka jasa EO tidak memerlukan modal yang banyak.

Anda bisa membuka jasa EO tidak lebih dari 5 jutaan saja. Adapun perlengkapan yang Anda butuhkan untuk memulai usaha ini di antaranya laptop, printer, alat tulis kantor, perlengkapan promosi hingga biaya pendirian website. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa membuat website sendiri. Anda bisa membuat website sendiri secara gratis melalui wix.com.

  1. Produksi buket bunga

Tahukah Anda bahwa buket bunga adalah salah satu peluang usaha modal kecil yang dapat Anda lakukan. Bahkan hanya kurang dari 5 juta saja Anda suda bisa memulai usaha ini. Buket bunga adalah salah satu benda yang paling dicari dalam perayaan tertentu maupun sebagai sarana untuk mengekspresikan tanda kasih sayang. Tidak heran jika buket bunga merupakan salah satu benda yang paling banyak dicari.

Anda bisa menjual buket bunga pada momen-momen spesial seperti hari wisuda, hari ibu hingga hari kasih sayang. Jika Anda tertarik untuk memulai usaha ini, maka Anda bisa memproduksinya di rumah. Anda juga dapat menggunakan sistem pemesanan atau order terlebih dahulu sebelum membuat buket bunga.

  1. Produksi tas handmade

Jika membuat kerajinan adalah salah satu keahlian Anda, maka Anda bisa coba memproduksi tas handmade. Memproduksi tas handmade dengan bahan dasar kulit maupun kain dapat menjadi peluang usaha yang amat menjanjikan bagi Anda. Terlebih lagi pasar usaha tas handmade saat ini sedang bagus-bagusnya. Anda bisa meraup keuntungan yang sangat besar dengan memproduksi tas handmade tersebut.

Jika Anda ingin memproduksi tas handmade dengan bahan kain, maka Anda perlu menyiapkan modal sekitar 3 jutaan saja. Akan tetapi, jika Anda ingin membuat tas handmade dengan bahan kulit, maka Anda membutuhkan modal sekitar 5 jutaan ke atas. Bila perlu Anda bisa menjalin kerjasama dengan pengrajin penjahit tas untuk belajar terlebih dahulu terkait mekanisme manajemen produksi tas tersebut.

  1. Berjualan mainan edukatif

Orangtua zaman ini begitu banyak yang peduli terhadap tumbuh kembang anaknya. Salah satunya dari segi mainan. Para orangtua tentu ingin anaknya memiliki mainan yang mendorong perkembangan ke arah positif. Persoalan tersebut tentu bisa menciptakan peluang usaha yang cukup menjanjikan bagi Anda. Bahkan hanya dengan modal sedikit, Anda sudah bisa menjalan usaha tersebut.

Berjualan mainan edukatif dapat menjadi opsi yang pas bagi Anda. Mainan edukatif tentu sangat baik bagi pertumbuhan anak serta merupakan sarana bermain yang sehat dan positif. Anda bisa berjualan mainan edukatif dengan sistem dropship maupun reseller. Dengan menggunakan sistem tersebut, Anda bisa mengeluarkan modal cukup hanya 4 jutaan saja.

  1. Budidaya bibit tanaman

Peluang usaha 2020 modal kecil berikutnya adalah budidaya bibit tanaman. Layaknya budidaya ternak hewan, usaha ini senantiasa dapat Anda kembangkan dengan modal yang minim. Anda bisa membudidayakan bibit tanaman seperti cabai merah, cabai rawit, tomat, terong, gambas, kentang, wortel, ubi dan sebagainya.

Tahukah Anda bahwa melakukan usaha budidaya bibit tanaman ini tidak memerlukan modal yang besar. Bahkan Anda bisa memulai usaha tersebut dengan modal berkisar 1 jutaan saja. Sebagian besar dana dapat Anda gunakan untuk membeli bibit tanaman, pot dan pupuk. Sisanya bisa Anda belanjakan untuk biaya transportasi saat menerima pemesanan bibit tanaman.

  1. Membuka jasa penitipan anak

Jangan salah. Anda bisa mulai membuka jasa penitipan anak dengan modal kecil, lho! Usaha ini terbilang sangat potensial terutama jika Anda tinggal di daerah perkotaan. Dengan orangtua yang sibuk bekerja, tentu membuat mereka lebih suka menitipkan anak-anak mereka pada jasa penitipan anak. Maka dari itu, Anda bisa meraup untung banyak melalui jasa ini.

Anda dapat menggunakan rumah sendiri untuk memulai usaha ini. Pastikan rumah Anda senantiasa bersih dan terjaga sehingga para orangtua merasa nyaman untuk menitipkan anak mereka pada Anda. Kemudian, untuk membantu pekerjaan, Anda bisa merekrut karyawan hingga 2 orang saja. Dijamin usaha ini akan untung besar.

  1. Berjualan bubur ayam

Tidak ada yang lebih nikmat dan praktis dijadikan sarapan selain bubur ayam. Terutama jika Anda tinggal di perkotaa besar. Maka dengan berjualan bubur ayam Anda bisa memperoleh keuntungan yang luar biasa. Bahkan hanya dengan modal 1 jutaan saja, Anda bisa meraup keuntungan jutaan rupiah. Modal tersebut bisa Anda belanjakan untuk membeli gerobak dan perlengkapan memasak lainnya.

Tidak melulu harus serba baru, Anda bisa membeli gerobak bekas yang masih layak pakai. Berjualan bubur ayam dengan menggunakan gerobak dirasa cukup efektif karena bisa menjangkau begitu banyak pembeli. Selain itu, yang terpenting dalam berbisnis kuliner adalah mengutamakan sisi cita rasa dan kebersihan makanan yang dihasilkan.

  1. Membuka jasa reparasi smartphone

Saat ini hampir semua orang telah menggunakan smartphone. Bahkan hampir semua orang menjadikan smartphone sebagai salah satu kebutuhan primer. Dengan demikian, tentu penggunaan smartphone akan semakin meningkat setiap waktunya. Hal ini memungkinkan terjadinya kerusakan pada perangkat ponsel tersebut.

Jika Anda mempunyai kemampuan dan keahlian dalam merepasi smarphone, maka jasa reparasi tersebut dapat menciptakan peluang usaha yang cukup menguntungkan bagi Anda. Dengan kisaran modal hanya 1 jutaan saja, Anda sudah bisa membuka jasa reparasi smartphone di rumah. Usaha ini terbilang cukup potensial karena hampir setiap harinya tentu ada saja orang yang datang untuk memperbaiki ponselnya.

30 alternatif peluang usaha modal kecil tersebut kiranya dapat bermanfaat bagi Anda. Terutama bagi Anda yang tengah bingung menentukan pilihan usaha dengan modal terbatas. Sejatinya membuka usaha tidak mesti dengan modal yang besar. Dengan modal kecil saja, Anda sudah bisa memuka usaha yang tidak kalah menguntungkannya dengan jenis usaha modal besar. Selamat mencoba!

Admin
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *