25+ Usaha Sampingan Karyawan Tanpa Ganggu Kerjaan

7 min read

usaha sampingan karyawan

Bisniskuy.com – Usaha sampingan karyawan merupakan sesuatu hal yang lumrah dilakukan. Hal ini juga tidak dilarang oleh perusahaan asal tidak mengganggu waktu kerja di perusahaan utama. Bahkan tanpa terkecuali bagi karyawan pabrik. Dengan menjalankan usaha sampingan, tentu Anda akan mampu untuk menambah penghasilan.

Tidak melulu harus memiliki modal yang besar, Anda juga bisa menjalankan usaha nyambi kerja dengan modal yang kecil. Apabila Anda tertarik untuk menjalankan usaha sampingan dengan modal minim, maka ada baiknya untuk menyimak informasi terkait alternatif usaha sampingan berikut. Kiranya bisa memberikan Anda titik terang.

25 Opsi Usaha Sampingan Karyawan Paling Untung 2020

  1. Membuka online shop

Bekerja di kantoran atau pabrik secara full time membuat Anda tidak punya waktu untuk bekerja sampingan. Untuk itu, membuka toko online shop adalah pilihan yang cukup baik bagi Anda. Anda bisa membuka toko di dunia maya untuk mempromosikan produk jualan Anda.

Anda dapat membuka toko melalui situs marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia hingga Shopee. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan akun sosial media untuk membuka etalase online seperti facebook, instagram hingga line. Bagi Anda yang belum memiliki dana cukup untuk bekerja sampingan, maka alternatif online shop patut dicoba.

  1. Membuka bimbel online

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, membuka bimbel bukan hanya sekadar bisa dilakukan secara offline saja. Anda juga bisa membuka bimbel secara online. Di bimbel online anda bisa menuangkan ilmu yang dimiliki melalui buku elektronik, audio recorder hingga dalam bentuk audio video. Selain itu bisa juga menjual beragam mode pembelajaran tersebut dalam bimbel online.

Anda dapat membuat beberapa produk pembelajaran sebelum memasuki situs penyedia layanan sebagai tempat menjual produk tersebut. Di samping itu, Anda juga bisa menjual produk pembelajaran Anda di blog sendiri.

  1. Youtuber

Usaha sampingan karyawan lainnya yang bisa menjadi referensi Anda ialah youtuber. Dengan menjadi youtuber, maka Anda bisa memperoleh penghasilan yang berasal dari google adsense. Jika Anda mahir dalam membuat konten video yang berkualitas dan bermutu, maka langkah berikutnya adalah memonetize video Anda dengan periklanan google adsense.

Anda dapat membuat video youtube dengan isi konten kekinian atau kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan hobi. Misalnya, jika Anda gemar memasak maka Anda bisa mengisi konten youtube tersebut dengan video memasak. Jika Anda gemar ngegame, maka Anda bisa membuat konten youtube tentang kegiatan ngegame Anda.

  1. Menjadi penerjemah online

Bagi Anda yang memiliki latar belakang pendidikan bahasa asing, maka Anda bisa memiliki usaha sampingan sebagai penerjemah online. Pekerjaan ini tentu dapat dengan mudah Anda lakukan tanpa perlu mengganggu waktu bekerja full time.

Biasanya klien yang akan dapatkan dari jasa tersebut adalah para pengusaha. Seringkali mereka akan meminta Anda untuk menerjemahkan dokumen penting khususnya yang digunakan sebagai pengantar produk penjualan. Tidak jarang juga Anda akan menerima klien dari kalangan mahasiswa untuk menerjemahkan kata pengantar skrispi.

  1. Menjadi reseller jilbab

Menjadi reseller jilbab dapat menjadi pilihan usaha sampingan karyawan yang super sibuk seperti Anda. Reseller adalah salah satu jenis usaha sambilan tanpa modal yang bisa Anda lakukan. Tugas Anda sebagai reseller jilbab ialah menjual kembali jilbab dari distributor maupun produsen yang telah digandeng.

Reseller adalah alternatif pertama bagi Anda yang ingin terjun ke dunia bisnis online tanpa perlu menghasilkan produk sendiri. Adapun menjadi reseller dengan produk jilbab dapat dipilih karena jilbab merupakan salah satu produk yang banyak diminati kaum hawa. Untuk itu, menjual jilbab nampaknya bukan merupakan hal yang sulit.

  1. Berjualan pulsa elektronik

Usaha sampingan karyawan berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan berjualan pulsa elektronik. Usaha sampingan ini terbilang cukup simpel karena tidak membutuhkan tempat berjualan. Selain itu, berjualan pulsa elektronik bisa Anda mulai dengan modal berkisar ratusan ribu rupiah saja.

Pada mulanya, Anda bisa menjual pulsa elektronik kepada teman kerja, saudara maupun tetangga terdekat. Hal ini mengingat bahwa hampir setiap orang yang memiliki ponsel pasti memerlukan pulsa. Jika Anda serius dengan usaha ini, tentu keuntungan yang dapat Anda hasilkan terbilang tidak main-main.

  1. Selebgram

Usaha nyambi kerja sebagai selebgram bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Terlebih lagi jika Anda memiliki begitu banyak follower instagram. Anda perlu memanfaatkan hal tersebut dengan baik agar menghasilkan pundi-pundi uang tambahan.

Dengan menjadi selebgram maka Anda bisa menawarkan endorse kepada pemilik brand ternama. Apabila Anda berhasil mengendorse produk dari salah satu brand, maka Anda akan mendapatkan bayaran dari kegiatan tersebut. Tidak jarang Anda bisa menjadi brand ambassador dari produk tersebut.

  1. Menjual aneka jajanan pasar

Menjual aneka jajanan pasar adalah salah satu alternatif usaha sampingan karyawan pabrik seperti Anda. Terutama jika Anda tinggal di daerah dekat pasar atau memiliki kerabat yang mahir membuat aneka jajanan pasar. Anda bisa menitipkan jajanan pasar tersebut di kantin pabrik sebelum masuk kerja.

Biasanya aneka jajanan pasar yang kerap dijual di antaranya bolu kukus, pisang cokelat, lapis legit, klepon, apem, onde-onde hingga kue cucur. Dibandingkan dengan kue kering, maka jajanan pasar cenderung lebih banyak diminati. Salah satu alasannya adalah karena mengenyangkan.

  1. Menjual nasi uduk

Jika berstatus sebagai karyawan pabrik, maka sebelum memasuki jam kerja Anda bisa menjajakan nasi uduk kepada teman-teman kerja. Di samping itu, Anda juga bisa menitipkan nasi uduk di kantin pabrik. Biasanya menu makanan ini sangat cocok digunakan untuk sarapan.

Anda juga bisa menerima pesanan nasi uduk dari teman-teman kerja satu hari sebelumnya. Dengan demikian, maka Anda bisa membawa porsi yang cukup bagi mereka.

  1. Membuat barang kerajinan tangan

Tidak ada salahnya bagi Anda yang memiliki jiwa seni tinggi untuk coba membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Seperti halnya membuat aneka tas, dompet dan pounch dengan memanfaatkan kain batik lawas. Anda juga bisa membuat pot bunga dari berbagai macam botol bekas minuman.

Anda bisa mengupload foto produk kerajinan tangan yang sudah jadi dan menguploadnya ke sosial media Anda. Hal ini dapat dijadikan mode promosi praktis yang dapat Anda lakukan dengan mudah.

  1. Membuka usaha fotokopi

Bertempat tinggal di lingkungan sekolah maupun perkantoran tentu akan memberikan keuntungan berlebih bagi Anda. Di samping bekerja, Anda juga bisa membuka usaha fotokopian dengan merekrut karyawan untuk mengelolanya. Usaha ini tentu akan memberikan prospek yang cukup baik, mengingat banyak siswa, mahasiswa maupun pegawai kantoran yang memerlukan jasa fotokopi.

Anda hanya perlu mengatur konsep usaha yang harus dikerjakan oleh karyawan tersebut. Jangan lupa untuk sekali-kali mengontrol tempat usaha Anda.

  1. Berjualan bibit tanaman

Meskipun bekerja sebagai pegawai tetap yang sibuk dalam suatu kantor, akan tetapi tidak memungkiri bagi Anda untuk mencuri kesempatan guna mencari penghasilan tambahan. Salah satunya adalah dengan berjualan bibit tanaman. Terutama jika Anda yang memiliki pekarangan rumah yang luas, maka usaha ini tentu dapat memberikan prospek yang gemilang.

Usaha ini akan menyasar bagi para petani yang tidak mau repot untuk menanam tanaman. Maka dari itu, promosi bibit tanaman bisa dilakukan lewat mulut ke mulut. Namun, tidak memungkiri juga bahwa Anda bisa mempromosikan bibit tanaman melalui media sosial.

  1. Berjualan foto di internet

Pilihan usaha sampingan untuk karyawan berikutnya ialah berjualan foto di internet. Ini merupakan salah satu usaha sambilan yang bisa dilakukan oleh ahli fotografi. Anda bisa menjual foto-foto yang dihasilkan secara online melalui beberapa situs penjual foto populer.

Jangan lupa untuk membuat akun Paypal demi memudahkan transaksi keuangan Anda. Usaha ini patut segera Anda coba karena bebas modal uang.

  1. Jasa cuci motor

Jasa cuci motor adalah alternatif usaha sampingan yang bisa Anda lakukan. Anda hanya perlu membuka usaha tersebut di rumah dengan merekrut karyawan sebagai pengelolanya. Adapun modal lain yang dibutuhkan di antaranya shampoo motor, pompa air, kompressor, kain lap, perlengkapan semir jok dan ban motor. Untuk membeli peralatan tersebut, Anda hanya perlu menyiapkan uang sebesar 8 juta rupiah.

Usaha ini akan sangat potensial khususnya jika Anda tinggal di daerah padat penduduk. Misalnya, di lingkungan perumahan, sekolah maupun kos-kosan. Terlebih lagi Indonesia saat ini sedang berada di musim penghujan. Sudah bsia dipastikan bahwa usaha Anda akan berjalan dengan mulus.

  1. Membuka usaha jual beli motor bekas

Usaha sampingan yang bisa Anda kerjakan tanpa mengganggu aktivitas kerja kantor adalah membuka usaha jual beli motor bekas dengan merekrut karyawan sebagai pengelola. Mengingat bahwa belakangan ini motor bekas merupakan salah satu kendaraan yang sangat digemari. Terutama adanya trend ojek online yang membuat peminat motor bekas kian semarak.

Menjual motor bekas memiliki begitu banyak keuntungan. Salah satunya yakni adanya risiko yang minim serta menghasilkan untung banyak. Yang terpenting dari jual beli motor bekas adalah cermat dalam memilih motor bekas. Terutama dari sisi mesin. Jangan lupa juga untuk selalu merawat motor yang akan dijual.

  1. Makelar properti

Apakah Anda tinggal di lingkungan perumahan maupun apartemen baru? Jika, iya maka hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis sampingan yang cukup menghasilkan. Caranya yaitu dengan coba menjadi makelar properti. Usaha makelar properti ini dapat Anda jalankan tanpa perlu modal uang. Yang Anda perlukan hanyalah kepercayaan dari pemilik maupun bakal pembeli.

Anda bisa menawarkan properti tersebut dengan teman-teman kerja maupun secara online. Anda juga bisa memanfaatkan situs-situs gratisan seperti olx, berniaga, facebook dan lainnya. Jangan salah. Walaupun usaha ini terbilang tanpa modal, akan tetapi keuntungan yang bisa diperoleh bisa berkali-kali lipat.

  1. Jasa pengetikan

Salah satu usaha sampingan karyawan yang bisa Anda lakukan adalah jasa pengetikan. Terutama jika Anda tinggal di lingkungan kampus. Usaha sampingan tanpa modal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda.

Urusan tarif, Anda bisa menetapkan tarif ketik per halamannya senilai 2000 rupiah. Usaha sampingan ini tentu akan memberikan keuntungan yang banyak bagi Anda mengingat tidak sedikit mahasiswa yang malas untuk mengetik.

  1. Jasa jahit pakaian

Apakah Anda mahir dalam menjahit pakaian? Keterampilan tersebut tentu bisa Anda jadikan sebagai usaha sampingan. Anda bisa mengerjakan usaha tersebut pada akhir pekan maupun selepas pulang kantor. Yang Anda perlukan dalan menjalankan usaha ini adalah sejumlah uang untuk membeli mesin jahit, mesin obras maupun sejumlah perlengkapan menjahit lainnya.

Selain menjahitkan pakaian konsumen, Anda juga bisa menawarkan jasa desain kepada konsumen. Dengan demikian, konsumen tentu akan merasa puas dengan kinerja Anda.

  1. Menjadi mitra Bukalapak

Apabila Anda memiliki jiwa berdagang yang tinggi, akan tetapi terkendala urusan modal maka usaha sampingan yang bisa Anda jalankan adalah menjadi mitra Bukalapak. Mitra Bukalapak adalah salah satu usaha ecommerce tanpa modal yang bisa dengan mudah Anda lakukan.

Adapun tanggung jawab Anda semakin mitra Bukalapak yaitu melayani pelanggan yang memerlukan berbagai produk digital Bukalapak. Misalnya, pulsa listrik, pulsa, paket data, tiket KAI, tiket pesawat, voucher game, PDAM, BPJS Kesehatan hingga investasi emas.

  1. Jasa desain grafis

Jika Anda mempunyai jiwa seni dan krativitas yang tinggi, maka usaha sampingan dengan membuka jasa desain grafis adalah pilihan yang terbaik bagi Anda. Terlebih lagi saat ini semakin banyak peminat jasa tersebut. Anda bisa mengerjakan pesanan klien di luar shift atau pada hari libur.

Anda bisa menawarkan jasa tersebut melalui media cetak seperti koran hingga mendaftarkan diri di situs pencari kerja freelance. Misalnya, Upworks, Fiverr, Freelancer, Sribulancer dan masih banyak lainnya.

  1. Mitra investasi P2L

Ini adalah usaha sampingan karyawan pabrik yang sangat mudah Anda lakukan. Usaha ini tidak membutuhkan waktu banyak, namun senantiasa memberikan imbal hasil yang cukup baik. P2L atau Peer to Peer Lending adalah usaha yang menjadikan Anda sebagai peminjam dana segar kepada pebisnis lain. Pinjaman ini berbasis online yakni melalui platform website maupun aplikasi lainnya.

Anda hanya perlu menginvestasikan sebagian tabungan untuk memberikan pinjaman dana segar tersebut. Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 22% per tahun.

  1. Agen Laku Pandai

Kesibukkan pekerjaan full time tidak lantas membuat Anda sulit untuk memperoleh uang tambahan. Salah satu hal yang bisa Anda kerjakan ialah menjadi agen Laku Pandai. Usaha ini cukup menguntungkan mengingat tidak semua daerah memiliki ATM. Sebagai agen Laku Pandai Anda akan melayani nasabah yang diajak untuk menarik uang atau bertransaksi melalui Anda.

Sebagau agen Laku Pandai dari bank yang menjadi mitra Anda, maka Anda akan memperoleh komisi tertentu dari bank tersebut. Biasanya bank yang membuka sistem kemitraan ini adalah bank BUMN seperti BNI, BRI, Mandiri dan BTN.

  1. Produksi makanan ringan kemasan

Makanan ringan kemasan adalah salah satu produk camilan yang banuak digemari. Misalnya, makaroni, keripik, kerupuk, kue kering dan sebagainya. Usaha sampingan ini dapat Anda kerjakan dari rumah pada malam hari. Adapun untuk pemasarannya bisa Anda lakukan secara reseller. Selain cukup menguntungkan bagi Anda, sistem ini juga akan memberikan peluang kerja bagi orang lain.

Anda bisa memilih fokus makanan ringan apa yang ingin diproduksi. Jangan lupa untuk memberikan label pada makanan ringan kemasan hasil produksi Anda.

  1. Menyewakan sound system

Persewaan sound system dapat Anda jalankan sendiri tanpa mengganggu pekerjaan utama. Anda hanya perlu mempekerjakan sejumlah orang guna membantu Anda dalam mengantar serta menunggu sound system yang sedang disewa tersebut.

Peluang usaha sampingan ini cukup menguntungkan. Apabila harga sewa sound system per hari adalah 500 ribu, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 15 juta per bulan.

  1. Berjualan nugget ayam

Jenis makanan yang awet disimpan ini dapat menjadi peluang usaha sampingan bagi Anda. Terlebih lagi baik modal maupun bahan yang digunakan untuk membuat nugget ayam relatif mudah ditemukan. Anda bisa membuat nugget ayam sepulang kerja atau pada hari libur. Kemudian, Anda bisa memasarkannya secara reseller.

Usaha kuliner nugget ayam ini terbilang cukup menguntungkan bagi Anda. Misalnya, harga 1 buah nugget adalah 500 rupiah maka dengan memproduksi nugget sebanyak 500 buah maka Anda sudah dapat memiliki laba sebesar 250 ribu rupiah.

Alternatif 25 usaha sampingan karyawan tersebut kiranya dapat Anda manfaatkan. Kiranya jika Anda masih bingung mencari referensi usaha sampingan dengan jam kerja kantor yang sibuk serta modal yang tidak banyak. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *