Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Begini Rahasia Sukses Bisnis Toko Kelontong di Era Digital

3 min read

toko kelontong

Bisniskuy.com – Keberadaan komoditi pokok masyarakat harus selalu terpenuhi untuk menunjang kesejahteraan hidup. Toko kelontong menjadi salah satu penyedia kebutuhan masyarakat yang paling lengkap dan mudah ditemukan. Anda bisa menjadi salah satu pemilik jenis toko tersebut jika mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen. Salah satunya adalah mengikuti perkembangan jaman.

Apa Itu Toko Kelontong?

Pada umumnya toko yang menjual berbagai kebutuhan masyarakat di Indonesia memang beragam. Toko kelontong adalah salah satu yang paling sering dijumpai, dan keberadaannya yang sangat banyak. Sebagian besar berlokasi di jalanan atau lokasi yang ramai. Anda bisa menemukan banyak kebutuhan pokok atau sekunder ketika berbelanja di banyak toko sejenis.

Tips Sukses Usaha Toko Kelontong

  1. Mengenal Konsumen

Keunggulan yang harus dimiliki oleh pemilik toko saat ini adalah mengenal konsumennya. Saat ini, bukan lagi zaman untuk menunggu konsumen datang tanpa melakukan apapun. Anda bisa mencari tahu apa yang disukai oleh para konsumen. Seperti pembelian dengan cara online atau mencari target konsumen lainnya seperti anak muda dan para pelajar.

  1. Lokasi Menentukan Kesuksesan

Meskipun zaman sekarang sudah serba digital, Anda tidak bisa mengandalkan cara online saja untuk berjualan. Penentuan lokasi tempat usaha masih menjanjikan untuk selalu diperhitungkan. Carilah lokasi yang menurut Anda sesuai dengan target konsumen yang telah Anda planning saat ini. Jangan lupa untuk memastikan jika perhitungan risiko sudah terpikirkan sejak awal.

  1. Pencatatan Stok dengan Cara Online

Hampir semua toko kelontong modern akan mencoba segala sesuatu dengan cara online. Seperti untuk melakukan pencatatan stok di toko. Saat ini terdapat banyak aplikasi yang menawarkan jasa tersebut bahkan dengan perhitungan yang ril. Bagi Anda yang saat ini sudah memiliki toko online maka sistem ini akan mempermudah setiap proses perhitungan yang dilakukan.

  1. Menerapkan Sistem Kasir Digital

Untuk transaksi ini ditemukan ketika Anda berbelanja ke toko yang sudah menerapkan sistem modern. Salah satunya adalah sistem kasir digital dengan segala kemudahan untuk melakukan transaksi. Segalanya dilakukan dengan scan barcode dan memunculkan harga dengan begitu mudah. Cara ini tentu membuat transaksi menjadi lebih cepat dan memberikan experience yang terbaik.

Sesuai dengan bukti, toko sembako yang menggunakan cara seperti ini banyak mendapatkan pelanggan. Memberikan user experience yang terlihat secara riil dan transparan bagi konsumennya dapat menarik konsumen untuk membeli.

  1. Memberikan Cashback atau Promo

Dunia dengan serba digital saat ini identik dengan customer centric, atau apapun yang berbasis keinginan pelanggan. Memberikan promo atau cashback akan menjadi keunggulan tersendiri untuk siapapun. Hal tersebut akan membuat konsumen semakin tertarik untuk berbelanja, terutama bagi siapapun yang menjalankan toko online.

  1. Menerapkan Sistem Real Time

Sistem real time adalah salah satu tips sukses usaha toko kelontong di era digital saat ini. Data yang diberikan sebagai pelaporan stok, pembelian, hingga pengeluaran toko bisa dipantau secara langsung. Data bisa dimasukan dalam kurun waktu perdetik dan diberikan secara valid. Anda juga bisa menggunakannya agar memiliki pemantauan yang lebih baik dan user experience yang nyaman.

  1. Pengaplikasian Pembayaran Digital

Keinginan konsumen di era digital adalah transaksi yang cepat, mudah, dan aman. Semua itu bisa dilakukan ketika Anda membuat toko kelontong dengan sistem online. Pembayaran digital bisa diaplikasikan dengan mudah dan membuat transaksi terkesan lebih simpel. Banyak toko saat ini yang memberikan layanan pembayaran digital seperti menggunakan barcode atau penggesekan kartu.

  1. Jadilah Salah Satu Warung Pintar

Beberapa waktu ke belakang, sistem online pada toko sejenis kelontong masih terkesan tabu. Saat ini, Anda harus mengubah pikiran karena warung sembako dengan sistem warung pintar menjamin segalanya. Seperti kepuasan pelanggan dan kerja sama dengan banyak perusahaan online ternama. Cara ini bisa memberikan lebih banyak profit bagi usaha sembako Anda.

  1. Bekerjasama dengan Platform Digital

Masih jarang orang yang mengetahui bahwa platform digital bisa sangat diandalkan pada jenis usaha apapun. Platform digital yang sudah besar dan memiliki nama sudah terkenal dan banyak digunakan oleh masyarakat. Anda bisa menjadi salah satu penjual dengan kepemilikan toko di dalam platform tersebut. Tentunya hal ini mampu mendatangkan banyak pelanggan yang berbelanja di toko Anda.

  1. Cari Supplier Terbaik

Kesempatan untuk meraih banyak keuntungan adalah memiliki supplier yang terpercaya. Tidak hanya terpercaya saja, namun seluruh kebutuhan toko harus selalu terpenuhi. Harga supply yang murah bisa memberikan Anda potongan modal untuk penjualan. Cara ini sangat efektif untuk dilakukan ketika Anda mencari tips yang terbaik untuk penjualan yang lebih menguntungkan.

  1. Menjual Saldo Elektronik

Era modern menghadirkan kebutuhan baru bagi masyarakat, termasuk untuk kebutuhan pengisian saldo elektronik. Sebagai pelaku bisnis toko kelontong, Anda harus mengikuti dan menyediakan apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen. Seperti menyediakan pengisian saldo elektronik sebagai kebutuhan pokok di era digital. Tentukan oleh Anda harga yang dapat bersaing dengan baik dipasaran.

  1. Selalu Melakukan Riset Pasar

Keberhasilan seseorang di era digital ditentukan oleh seberapa banyak data yang didapatkan. Hal ini bisa diaplikasikan pada usaha toko kelontong yang Anda lakukan. Riset mengenai pasar dan apa saja yang diinginkan oleh konsumen menjadi keuntungan yang sangat besar. Anda juga bisa mencari tahu supply mana yang lebih murah dan menguntungkan di pasar saat ini.

  1. Memberikan Review untuk Konsumen

Kesempatan untuk mengetahui kemajuan penjualan dan kepuasan pelanggan adalah dengan melakukan review. Banyak cara yang bisa dilakukan, seperti memberikan penilaian ketika pelanggan selesai melakukan pembelanjaan. Anda bisa menambahkan kolom saran serta komentar untuk pelanggan demi mengetahui riset pasar yang lebih lengkap dan riil terupdate saat ini.

  1. Sediakan Call Center

Meskipun kebanyakan toko kelontong tradisional tidak memberlakukan cara ini. Menyediakan call center bisa menjadi keunggulan bagi Anda baik yang memiliki toko secara fisik maupun online. Konsumen bisa dengan mudah menghubungi Anda untuk berbagai kebutuhan, termasuk komplain. Kebanyakan platform toko online akan memberlakukan cara ini meskipun penjual kelontongan.

  1. Pasang Iklan

Ketika memasang iklan, ada banyak platform yang bisa Anda gunakan. Seperti melalui website, video online, dan berbagai platform online lainnya. Hal ini bisa membuat toko online Anda menjadi lebih terkenal dan terlihat oleh masyarakat. Carilah desain toko kelontong yang terbaik untuk dipasangkan pada iklan. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar Anda bisa dengan mudah memikat pelanggan.

Setiap keunggulan yang dimiliki saat era digital seperti sekarang, tentu menjadi modal utama bagi siapapun. Pelaku bisnis seperti toko kelontong membutuhkan adaptasi dengan pengaplikasian online di setiap aktivitasnya. Anda bisa memanfaatkan online dan digital sistem untuk segala jenis transaksi pembelian, stok, hingga perhitungan hasil akhir lainnya yang akan diperhitungkan ke depannya.

Admin
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *