Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

50+ Peluang Usaha Rumahan Untukmu yang Beromzet Tinggi

14 min read

peluang usaha rumahan

Bisniskuy.com – Bekerja di kantor mungkin menjadi impian bagi sebagian orang. Akan tetapi, peluang usaha rumahan nampaknya lebih banyak memiliki peminat ketimbang bekerja secara kantoran.

Usaha rumahan yang berkembang tentu akan memperbanyak pundi-pundi uang Anda tanpa harus bekerja ke luar rumah. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi Anda yang berstatus sebagai ibu rumah tangga.

50 Peluang Usaha Rumahan dengan Omzet Tinggi

  1. Jasa menjahit

Jasa menjahit adalah salah satu peluang usaha di desa maupun di kota yang tidak akan pernah habis termakan zaman. Usaha ini bisa mendatangkan keuntungan berlimpah tanpa harus keluar rumah.

Usaha ini akan laris manis khususnya pada momen pendaftaran siswa baru, hari raya dan acara besar nasional.

Agar jasa menjahit Anda semakin dikenal luas, ada baiknya bagi Anda untuk mempromosikan jasa tersebut melalui media online. Manfaatkan sosial media Anda maupun blog yang telah dibuat untuk melebarkan sayap bisnis Anda.

  1. Membuka jasa bimbel privat

Ini adalah usaha rumahan yang bisa dikatakan nyaris tanpa modal. Anda hanya perlu membagikan ilmu yang dimiliki kepada orang lain.

Misalnya, Anda memiliki latar belakang pendidikan bahasa Inggris, maka Anda bisa membuka jasa bimbel privat bahasa Inggris.

Untuk mendapatkan semakin banyak pelanggan, tentu Anda harus memastikan bahwa pelayanan yang diberikan sudah memuaskan. Anda bisa mempromosikan usaha tersebut dari mulut ke mulut atau melalui media daring.

Baca juga : Peluang Usaha Bidang Jasa Terlaris Sepanjang Tahun

  1. Membuka Toko Kelontong

Peluang usaha satu ini memiliki prospek yang cukup bagus karena selalu dibutuhkan oleh banyak orang. Hal tersebut dikarenakan bahwa tidak semua orang berminat untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari di pasar maupun di supermarket tertentu.

Untuk itu, warung atau toko kelontong adalah solusi tepat penjawab kebutuhan rumah tangga.

Anda bisa membuka usaha tersebut di rumah dengan menyediakan barang-barang simple kebutuhan sehari-hari. Misalnya, sembako, gas LPG, galon, deterjen, makanan ringan dan sebagainya.

Baca juga : Begini Rahasia Sukses Bisnis Toko Kelontong di Era Digital

  1. Jasa cuci motor

Peluang usaha skala rumahan satu ini juga dapat mendatangkan profit yang lumayan bagi Anda. Terutama di musim penghujan seperti sekarang ini, jasa cuci motor tentu akan menjadi usaha yang laris manis.

Agar Anda mendapatkan klien yang banyak, maka sebaiknya Anda memperhatikan teknik pencucian kendaraan tersebut termasuk saat kendaraan dikeringkan.

Jika hasll pekerjaan sudah dapat dipastikan baik, maka klien pun akan puas. Anda tidak perlu lagi mempromosikan usaha Anda sendiri. Klien Anda juga bisa menjadi partner promosi yang baik bagi Anda.

Baca juga : Ide Bisnis Bidang Otomotif yang Kreatif dan Menguntungkan

  1. Usaha laundry

Tidak sedikit orang yang malas mencuci pakaiannya sendiri. Bisa jadi karena kesibukkan di kantor, kegiatan kampus yang padat maupun aneka kegiatan ekstrakulikuler yang banyak menyita waktu.

Jika Anda tinggal di lingkungan perkantoran, sekolah maupun kampus, maka usaha laundry adalah ide bisnis yang ampuh mendatangkan omzet yang berlimpah.

Umumnya usaha laundry akan panen besar di musim penghujan seperti sekarang ini. Jadi, Anda bisa memulai usaha tersebut sekarang juga.

  1. Ternak kambing

Peluang usaha rumahan di desa ini dapat Anda lakukan saat ini juga. Terlebih lagi untuk mendapatkan makanan kambing di desa bukan hal yang sulit untuk dilakukan.

Peluang bisnis ini dapat menghasilkan pendapatan yang cukup banyak bagi Anda tanpa perlu bekerja keras. Terutama saat hari raya tiba, maka kambing akan banyak dicari.

  1. Membuat kerajinan tangan dari barang bekas

Bagi Anda yang memiliki jiwa seni tinggi, maka usaha satu ini dapat memberikan profit yang luar biasa. Peluang usaha rumahan ibu rumah tangga ini bahkan bisa menciptakan lapangan kerja baru bagi ibu-ibu rumah tangga lainnya.

Anda bisa memanfaatkan barang bekas seperti kaleng dan botol-botol untuk dijadikan bahan kerajinan yang bernilai tinggi.

Baca juga : Peluang Usaha Kreatif yang Unik dan Menarik

  1. Berjualan baju online

Ini adalah salah satu ide bisnis yang paling simple dan mudah dilakukan oleh siapa saja termasuk ibu rumah tangga. Anda bisa membuat toko online dan mempromosikannya melalui sosial media, grup chat dan website.

Di samping itu, Anda juga dapat membuka toko online tersebut di situs marketplace populer Indonesia saat ini.

Dengan membuka toko online di situs marketplace ternama Indonesia, maka Anda akan terbantu dalam hal promosi. Alhasil, Anda tentu akan mendapatkan keuntungan yang berlimpah.

Baca juga : Peluang Bisnis Online Untukmu Beromzet Miliaran

  1. Membuka pertamini

Saat ini hampir semua orang memiliki kendaraan pribadi. Dengan demikian, tentu pemilik kendaraan tersebut memerlukan bahan bakar.

Jika Anda tinggal di kampung yang cukup jauh dari pom bensin, maka Anda bisa membuka usaha pertamini. Hal ini tentu mempunyai peluang yang bagus sebagai pemantik profit melimpah.

Jika Anda memiliki modal yang terbatas, maka Anda hanya perlu membeli bahan bakar dengan kapasitas sesuai dengan budget yang dimiliki. Ide bisnis ini pun sangat mudah dan murah meriah.

  1. Menerima pesanan kue kering

Peluang usaha rumahan satu ini sangat cocok bagi ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Terutama bagi Anda yang gemar membuat kue, maka usaha ini tentu akan menjadi hobi yang sangat menyenangkan.

Terlebih lagi saat ini persoalan cita rasa tidak cukup untuk menarik minat pembeli, melainkan juga tampilan kue yang menarik dan instagenic.

Anda bisa menerima pesanan kue kering seperti nastar, putri salju, lidah kucing dan lainnya. Mulailah tawarkan jasa pembuatan kue Anda kepada lingkungan sekitar rumah Anda. Promosikan juga usaha Anda di media sosial.

Baca juga : Bisnis Bidang Kuliner Paling Laris dan Prospek Bagus

  1. Sewa motor

Bagi Anda yang tinggal di lingkungan wisata seperti Yogyakarta dan Bali, maka bisnis sewa motor akan menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Misalnya, Anda mematok harga sewa seharinya 75 ribu rupiah maka dalam dua hari saja Anda bisa menerima uang bersih sebesar 150 ribu rupiah untuk satu unit motor. Bayangkan jika Anda bisa lebih banyak menyewakan motor.

Biasanya para wisatawan cenderung lebih suka mengenakan motor untuk berwisata ketimbang mobil. Hal ini karena mengendarai motor dianggap lebih praktis dan menyenangkan dibanding berlibur menggunakan kendaraan roda empat.

  1. Usaha katering makanan harian

Tahukah Anda bahwa usaha kuliner tidak akan pernah ada matinya. Semakin bertambahnya tahun, justru semakin bertambah banyak pula usaha kuliner yang berkembang di Indonesia.

Hal ini karena usaha katering makanan harian bisa dikerjakan di rumah dengan mudah. Ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis ini, maka sebaiknya Anda harus senantiasa menjaga cita rasa menu makanan Anda.

Di samping itu, penting juga bagi Anda agar senantiasa menjaga kebersihan semua peralatan memasak dan tentunya hasil masakan Anda. Jangan lupa untuk sekali-kali memberikan diskon keoda pelanggan setia Anda.

  1. Produksi camilan

Usaha produksi camilan atau snack bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Hal ini karena hampir semua orang menggemari camilan sebagai teman nonton TV, mengerjakan tugas hingga bersantai bersama keluarga.

Agar usaha produksi camilan Anda berjalan dengan baik, maka Anda harus pandai dalam membuat camilan bercita rasa tinggi.

Terlebih lagi modal yang mesti Anda gelontorkan tidak terlalu banyak. Tidak heran jika usaha ini dapat menjadi alternatif usaha yang cukup menjanjikan bagi Anda.

  1. Usaha desain grafis

Jika Anda mahir mengoperasikan aplikasi pendesain, maka hal tersebut bisa menjadi ide usaha yang cukup menghasilkan.

Terlebih lagi karena perkembangan teknologi yang modern membuat masyarakat senantiasa menginginkan segala hal yang praktis.

Anda bisa memulai usaha desain grafis dengan beberapa fokus desain. Misalnya, desain gambar kaos, desain web, desaina nimasi 3D, desain id card dan sebagainya.

  1. Jual pulsa

Peluang usaha rumahan yang simple dan mudah dilakukan oleh Anda selanjutnya adalah jual pulsa. Terlebih lagi sekarang ini penggunaan smartphone telah menjadi bagian gaya hidup utama bagi masyarakat luas.

Adapun modal untuk membuka usaha ini terbilang sangat minim yaitu sekitar 500 ribu saja, bahkan bisa kurang.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa menjual token listrik, kartu perdana dan aksesori ponsel. Jika Anda memiliki pengetahuan seputar ponsel, maka Anda juga bisa membuka service hp ringan.

  1. Penulis freelance

Salah satu saran usaha rumahan yang memilki modal kecil bagi Anda adalah penulis freelance. Anda bisa menulis konten secara online sesuai dengan permintaan klien.

Hal ini tentu bisa menjadi pekerjaan menarik bagi Anda yang gemar menulis. Bahkan Anda bisa dibayar mahal untuk kualitas tulisan yang sangat bagus.

  1. Youtuber

Jangan salah! Youtuber dapat menjadi ide usaha yang sangat menguntungkan bagi Anda. Anda bisa menyimak kesuksesan para youtuber yang ada di Indonesia seperti Bayu Skak, Tanboy Kun, Raffi Ahmad dan sebagainya.

Tidak melulu harus menampilkan konten jalan-jalan hitz, Anda bisa menayangkan konten berisi tutorial memasak atau segala kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas sehari-hari.

Apabila Anda memiliki hobi di bidang content creator, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk coba membuat channel youtube sendiri. Terlebih lagi usaha ini dapat Anda jalankan di rumah.

  1. Depot air minum isi ulang

Bagi Anda yang tinggal di lingkungan perumahan atau perkantoran, maka usaha depot air minum isi ulang termasuk ke dalam kategori bisnis yang menjanjikan.

Anda bisa menerapkan metode pesan antar maupun dititipkan kepada warung-warung tertentu. Jangan lupa untuk mempromosikan depot air minum tersebut di lingkungan tempat tinggal Anda.

  1. Usaha warung internet

Jika Anda tinggal di lingkungan sekolah, kampus maupun perkantoran tertentu, maka usaha warung internet adalah jenis usaha yang tepat untuk Anda realisasikan.

Hal ini mengingat bahwa kebutuhan akan internet dan percetakan tentu sangat dibutuhkan oleh siswa, mahasiswa hingga para pegawai perusahaan.

Akan lebih baik lagi jika Anda membuka usaha warung internet sekaligus dengan usaha fotokopian. Jangan lupa untuk melengkapi warung internet Anda dengan aneka kebutuhan kantor lainnya seperti pulpen, pensil, kertas HVS dan sebagainya.

  1. Affiliate market

Bagi ibu rumah tangga seperti Anda, maka bisnis satu ini dirasa cukup menguntungkan. Bisnis ini senantiasa akan memberikan pendapatan pasif bagi Anda.

Terlebih lagi dengan kecanggihan teknologi di era ini. Bisnis yang berbasis komisi ini memiliki mekanisme kerja yaitu Anda akan menerima komisi dari suplier apabila Anda berhasil menjual produk.

Tidak perlu modal yang besar, Anda sudah dapat menjalankan usaha ini. Modelnya sama seperti usaha dropshiper. Anda hanya memerlukan smartphone atau laptop dan koneksi internet.

  1. Usaha play station

Meskipun sebagian besar orang sudah bisa mengakses game melalui perangkat smartphone pribadi, akan tetapi game play station masih dirasa lebih mengasyikkan.

Bukan hanya bagi kalangan anak-anak dan remaja saja, game PS ini juga diminati oleh orang-orang dewasa. Maka dari itu, jika Anda memiliki budget yang lebih ada baiknya untuk membuka usaha satu ini.

Terutama jika Anda berada di lingkungan sekolah dan kampus, tentu usaha ini akan membuat Anda kebanjiran untung, Hal ini karena game PS adalah alternatif pelepas stres bagi kebanyakan siswa dan mahasiswa.

  1. Budidaya ikan hias

Tahukah Anda bahwa harga ikan hias bisa jauh dari logika. Seperti halnya ikan arwana, lohan dan gupy. Yang terpenting bagi Anda dalam memulai usaha budidaya ikan hias ini adalah harus senantiasa menguasai pangsa pasar.

Dengan mengetahui nama ikan yang memiliki harga jual mahal, maka Anda tentu akan mempunyai potensi besar untuk mendapatkan keuntungan berlipat ganda.

Jangan lupa untuk memahami tekni pembiakkan ikan hias tersebut agar usaha Anda senantiasa langgeng. Anda juga bisa ikut serta dalam komunitas pecinta ikan hias. Promosikan usaha Anda di internet agar usaha Anda semakin laris manis.

  1. Rental band

Jika Anda menyukai dan memahami betul seluk beluk dunia musik, maka Anda bisa membuka usaha rental band. Target market rental band biasanya adalah anak sekolahan dan kalangan remaja lainnya.

Untuk membuka usaha rental band ini, sebenarnya tidak terlalu memerlukan modal yang cukup besar. Hal ini dikarenakan Anda bisa membeli peralatan band yang second.

Bicara soal omzet, maka rental band bisa memberikan profit yang cukup besar bagi Anda. Jika Anda menyewakan peralatan band Anda dengan kisaran biaya per jam 45 ribu rupiah, maka dengan 10 jam masa rental Anda akan mendapatkan uang sewa sebesar 45 x 10 = 450 ribu rupiah.

  1. Jasa service peralatan elektronik

Peluang usaha rumahan ini tentu sangat menarik bagi Anda yang memahami seluk beluk dunia elektronik. Jangan salah, service peralatan elektronik sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Hal ini tentu saja dikarenakan banyaknya barang elektronik yang digunakan sebagai perabot rumah tangga.

Tidak perlu keluar rumah, Anda sudah bisa menghasilkan banyak uang dengan banyaknya pelanggan yang berdatangan ke rumah. Selain memberikan service yang baik, jangan lupa untuk senantiasa bersikap ramah, ya!

  1. Agen pembayaran online banking

Di zaman serba online seperti sekarang, tentu banyak sekali ragam usaha rumahan yang bisa Anda kerjakan tanpa perlu bersusah payah. Salah satunya adalah dengan menjadi agen resmi pembayaran online banking.

Dengan menjadi agen resmi PPOB tersebut, Anda akan melayani pembayaran seperti rekening listrik, tagihan PDAM, tagihan TV berlangganan, tagihan telepon hingga pembelian tiket KAI.

Semua proses pembayaran tersebut bisa Anda kerjakan dengan mudah di rumah. Anda hanya perlu mencermati persyaratan untuk menjadi agen pembayaran tersebut dengan baik sebelum memulai usaha praktis ini.

  1. Jasa pembuatan alamat website

Jika Anda mahir dalam dunia CSS html atau punya pengalaman untuk membangun website, maka hal tersebut bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang menarik bagi Anda.

Jasa pembuatan alamat website senantiasa dibutuhkan. Terlebih lagi karena trend dunia internet selalu terus tumbuh seiring berjalannya waktu.

Tahukah Anda bahwa pendapatan seorang web developer terbilang cukup fantastis. Terutama jika Anda memperoleh klien dengan proyek yang besar. Bukan hal mustahil bagi Anda untuk mendapatkan honor pembuatan alamat website hingga ratusan juta rupiah.

  1. Jasa manajemen media sosial

Seiring perkembangan zaman, berkembang pula penggunaan media sosial. Hal ini dikarenakan bahwa selain untuk bersosialisasi, media sosial juga bisa digunakan untuk kegiatan bisnis.

Anda tentu pernah melihat iklan digital maupun fanspage bisnis seperti di laman facebook. Anda perlu tahu bahwa kegiatan tersebut memerlukan manajemen yang baik agar promosi bisnis tersebut dapat tepat sasaran.

Jika Anda mahir dalam hal promosi seperti itu, maka hal tersebut dapat menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Anda hanya perlu bermodalkan laptop atau smartphone dan koneksi internet untuk bekerja.

  1. Membuka kedai bubur ayam

Membuka kedai bubur ayam adalah salah satu peluang usaha rumahan yang dapat memberikan keuntungan cukup banyak bagi Anda.

Terutama jika Anda tinggal di daerah yang padat penduduk seperti perumahan maupun daerah sekolah. Bubur ayam adalah menu sarapan yang praktis dan banyak diburu oleh orang-orang.

Ketika Anda memutuskan untuk membuka kedai bubur ayam di rumah, maka Anda harus mengoptimalkan kualitas rasa dan pelayanan. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan kedai agar pengunjung selalu bertangan ke kedai Anda,

  1. Berjualan roti bakar

Membicarakan usaha kuliner memang tidak ada habisnya. Salah satunya adalah dengan berjualan roti bakar. Usaha ini terbilang cukup menguntungkan karena minim pesaing.

Khususnya jika Anda tinggal di daerah perumahan dan tepi jalan raya, maka usaha satu ini akan memberikan keuntungan yang cukup berlimpah.

Apabila Anda mulai tertarik untuk membuka usaha ini, maka sebaiknya Anda mematenkan ciri khas dari menu roti bakar Anda. Jangan lupa untuk memvariasikan pilihan menu roti bakar Anda. Misalnya, dengan tambahan topping cokelat, green tea, bubble gum dan sebagainya.

  1. Membuka warung bakso

Masih di dunia kuliner, membuka warung bakso adalah opsi usaha yang pas bagi Anda. Terutama jika Anda tinggal di daerah yang padat atau di tempat yang ramai. Beum lagi karena bakso merupakan jenis makanan yang begitu banyak peminat.

Yang perlu Anda ingat dalam berjualan bakso ialah untuk menciptakan cita rasa istimewa dari menu bakso Anda. Jangan takut untuk memberikan inovasi rasa pada menu bakso Anda. Buat menu Anda semenarik mungkin di mata orang-orang untuk semakin banyak mendatangkan peminat.

  1. Berjualan sistem pre oder

Berjualan sistem pre order adalah salah satu jenis usaha nyaris tanpa modal yang bisa Anda lakukan. Adapun yang dimaksud dengan sistem pre order adalah barang atau produk yang dipesan terlebih dahulu. Kemudian, barulah barang yang dipesan tersebut akan didatangkan oleh suplier.

Agar bisnis berjualan sistem pre order tersebut dapat berjalan lancar, maka sebaiknya Anda memanfaatkan media internet sebagai tempat promosi Anda.

Anda bisa menggunakan media sosial untuk promosi seperti facebook, instagram, twitter maupun blog pribadi Anda untuk promosi barang.

  1. Jual baju bekas

Bagi Anda yang ingin memiliki usaha rumahan dengan berjualan, maka jual baju bekas adalah alternatif usaha yang patut Anda coba. Tidak usah malu, saat ini banyak sekali yang mencari baju bekas untuk dikenakan sebagai pakaian harian.

Anda bisa mempromosikan usaha tersebut baik dari mulut ke mulut maupun dengan memanfaatkan media sosial. Anda juga bisa memasarkan baju bekas yang Anda jual secara online dengan memanfaatkan kurir pesan antar. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan situs marketplace sebagai lapak jualan online kekinian.

  1. Membuka usaha minuman Thai Tea

Siapa yang tidak kenal dengan minuman kekinian Thai Tea? Belakangan ini teh Thailand sangat populer di kalangan masyarakat umum.

Kombinasi teh dan susu dari varian teh Thailand yang begitu khas membuat banyak orang tertarik untuk mengonsumsinya.

Jika Anda belum memiliki cukup modal, maka Anda bisa menggunakan sistem franchise atau waralaba. Dengan menggunakan sistem franchise, maka Anda hanya memerlukan modal sekitar 3 juta saja. Anda juga tidak perlu repot untuk mencari bahan dan resep.

  1. Berjualan sate taichan

Jenis sate yang cukup berbeda dengan jenis sate pada umumnya ini nampaknya telah mengambil minat masyarakat luas. Makanan hits kekinian ini tentu dapat membuka peluang ide usaha bagi Anda.

Anda dapat mulai membuka usaha sate taichan di depan rumah. Jangan lupa untuk menciptakan ciri khas yang lezat sebagai penarik minat pembeli.

Jika Anda mulai tertarik untuk membuka usaha sate taichan di rumah, jangan lupa untuk menambahkan menu lainnya. Anda bisa menambahkan menus serba daging lainnya yang simple maupun aneka minuman kekinian.

  1. Konsultan SEO

Konsultan SEO adalah salah satu jenis usaha rumahan yang bisa memberikan penghasilan lumayan. Hal ini tidak lain karena banyak perusahaan yang membutuhkan layanan konsultasi SEO.

Apabila Anda sudah memiliki pengalaman di bidang SEO tersebut, maka Anda bisa langsung mempromosikan jasa layanan Anda secara online.

Anda bisa mempromosikan melalui sosial media maupun blog pribadi. Jangan lupa untuk mencantumkan nomor telepon yang mudah dihubungi.

  1. Editor online

Apabila Anda mempunyai kemampuan yang baik dalam hal menyunting naskah, maka Anda bisa menggunakan kemampuan tersebut untuk menghasilkan banyak uang.

Pekerjaan ini bisa Anda lakukan dari rumah dengan sistem online. Peluang usaha satu ini bahkan tidak perlu mengeluarkan modal. Anda hanya memerlukan laptop dan koneksi internet untuk melakoni pekerjaan ini.

Anda bisa mencari pekerjaan satu ini dari berbagai macam situs atau aplikasi freelancer. Tidak jarang Anda bisa mendapatkan klien dari pengunjung sosial media.

  1. Membuat tanaman hias artifisial

Jika Anda memiliki relasi EO atau tinggal di lingkungan perkotaan, maka usaha membuat tanaman artifisial adalah alternatif peluang usaha yang tepat bagi Anda.

Untuk membuat tanaman hias artifisial ini, Anda harus memiliki jiwa seni yang tinggi serta kemampuan yang baik untuk senantiasa dapat berkreasi. Hal lainnya yang akan menjadi fokus Anda dalam menjalani bisnis ini adalah sisi unik dan orisinalitas.

Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada untuk membuat tanaman hias seperti plastik dan botol-botol bekas. Kemudian, Anda bisa memotret hasil tanaman hias kreasi tersebut dan menguploadnya di laman media sosial untuk dipromosikan.

  1. Jasa ketik

Jika Anda tinggal di lingkungan kampus, sekolahan maupun perkantoran maka membuka usaha jasa ketik nampaknya bisa memberikan penghasilan yang menguntungkan.

Seringkali para siswa, mahasiswa dan pekerja kantoran malas untuk mengetik. Maka dari itu, jasa ketik akan menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Anda bisa membuka layanan jasa ketik di rumah dengan memasang iklan melalui internet maupun pamflet (selebaran) tertentu. Jangan lupa untuk mencantumkan nomor kontak yang dapat dihubungi untuk memudahkan komunikasi Anda dan klien.

  1. Fotografer

Apabila Anda memiliki keahlian memotret, maka hal tersebut akan menciptakan peluang usaha yang cukup menguntungkan. Anda bisa memulai menjual jasa fotografi dengan membuka studio foto mungil di rumah.

Jika Anda sudah bisa mendapatkan klien yang cukup banyak, maka Anda bisa melebarkan sayap usaha Anda.

Saat ini tidak sedikit para fotografer yang mulai merintis karir sebagai fotografer professional. Biasanya jasa para fotografer tersebut akan sangat berguna di berbagai acara seperti pernikahan, proses persalinan, wisuda dan pertunangan.

  1. Jasa penitipan dan perawatan hewan peliharaan

Jika Anda merupakan seorang pecinta hewan dan memiliki lahan di rumah yang cukup luas, maka Anda bisa membuka usaha berupa pentipan perawatan hewan peliharaan.

Usaha rumahan satu ini bisa menjadi sumber penghasilan yang lumayan bagi Anda.

Biasanya orang-orang akan menitipkan kucing dan anjing kepada Anda ketika mereka mulai bekerja. Selain menerima jasa penitipan, Anda juga bisa menawarkan perawatan terhadap hewan peliharaan tersebut kepada klien. Dengan demikian, maka Anda akan mendapatkan penghasilan yang lebih banyak.

  1. Penerjemah

Punya kemampuan berbicara bahasa asing yang mumpuni? Sayang sekali jika Anda tidak memanfaatkan kemampuan yang dimiliki tersebut.

Peluang usaha rumahan satu ini dirasa cocok bagi kalian yang mahir bahasa asing. Caranya adalah dengan menjual jasa yang Anda miliki secara online, baik itu melalui sosial media, grup chat maupun portal pencari kerja.

Terutama jika Anda tinggal di lingkungan sekolah dan kampus, maka jasa tersebut tentu akan banyak dicari. Bayangkan jika Anda berhasil mendapatkan banyak keuntungan tanpa harus bekerja keras di luar rumah. Sungguh sangat menyenangkan, bukan?

  1. Membuka warung sayur

Apakah Anda tinggal di lingkungan perumahan atau kampus? Membuka warung sayur nampaknya bisa menjadi usaha yang cukup menguntungkan bagi Anda.

Hal tersebut mengingat bahwa tidak semua orang mau pergi ke pasar atau supermarket untuk membeli bahan masakan mereka.

Selain menyediakan berbagai macam jenis sayuran, Anda juga dapat melengkapi warung Anda dengan bahan makanan lain seperti daging-dagingan dan sosis. Anda bisa membuka warung sayur dengan memanfaatkan salah satu ruang dari rumah Anda. Selain praktis, Anda juga tidak perlu keluar menjajakan dagangan Anda.

  1. Membuka toko mainan anak-anak

Bisnis toko mainan anak-anak juga bisa menjadi peluang usaha ibu rumah tangga yang pas bagi Anda. Anda hanya menyulap salah satu ruangan dalam rumah Anda menjadi sebuah toko mainan mungil yang menjual mainan anak terkini. Terutama jika rumah Anda berdekatan dengan lokasi sekolah, tempat rekreasi maupun tepi jalan besar.

Bila memungkinkan, Anda bisa menambahkan kolam pemandian bola kecil untuk menarik minat anak-anak setempat. Dengan memberikan tarif per jam, tentu hal tersebut bisa memberikan pendapatan yang lumayan bagi Anda.

  1. Berjualan pecel sayur

Tidak melulu usaha kuliner berupa daging-dagingan saja, Anda juga bisa berjualan pecel sayur di depan rumah. Khususnya jika rumah Anda berlokasi di tempat strategis seperti tepi jalan. Hal tersebut tentu bisa menciptakan keuntungan yang luar biasa.

Selain pecel sayur, Anda juga bisa menambahkan menu makanan vegetarian lain seperti keredok dan gado-gado. Jika memungkinkan, Anda bisa menambahkan menu minuman seperti es dawet atau es cingcau sebagai pelengkap menu makanan tersebut.

  1. Laundry helm dan sepatu

Jika laundry baju terlalu umum, maka Anda bisa membuka usaha laundry helm dan sepatu. Jenis usaha ini masih minim pesaing. Maka dari itu, Anda bisa memperoleh keuntungan yang cukup menjanjikan.

Anda bisa memulai usaha laundry helm dan sepatu dari rumah dengan mempromosikan jasa tersebut secara online melalui sosial media Anda.

Yang terpenting dalam menjalani usaha ini adalah dengan mengutamakan kualitas laundry Anda. Berikan juga variasi parfum helm dan sepatu yang beragam sehingga konsumen Anda bisa bebas menentukan pilihan parfum mana yang sesuai dengan keinginan mereka.

  1. Membuat souvenir

Apabila Anda tinggal di lingkungan wisata, maka usaha pembuatan souvenir dapat menjadi peluang usaha rumahan yang sangat menjanjikan. Anda bisa mengkreasikan bahan-bahan yang ada untuk dijadikan souvenir bernilai rupiah.

Misalnya, Anda tinggal di daerah pantai maka Anda bisa menyulap kerang maupun bebatuan pantai sebagai souvenir seperti horden hingga gantungan kunci.

Anda hanya perlu membuka usaha tersebut di rumah. Sudah pasti pengunjung pantai akan mampir sendiri ke toko Anda untuk mencari buah tangan bagi keluarga mereka.

  1. Berjualan barang elektronik second

Siapa bilang barang elektronik second tidak bisa menghasilkan uang? Alih-alih menjual barang elektronik baru tapi takut mengeluarkan banyak modal, maka Anda bisa menjual barang elektronik second.

Jangan khawatir, masih banyak orang yang berminat dengan barang elektronik second. Misalnya, kulkas dan mesin cuci.

Tips untuk sukses berjualan barang elektronik second adalah Anda harus pintar-pintar untuk mencari supplier barang yang baik. Carilah barang elektronik second yang tetap memiliki kualitas bagus.

Dengan demikian, maka konsumen Anda akan merasa puas dengan barang yang Anda jual.

  1. Membuka tempat penitipan anak

Membuka tempat penitipan anak atau day care adalah salah satu jenis usaha rumahan yang bisa Anda kerjakan. Biasanya usaha satu ini akan laris di kota-kota besar.

Orang tua yang menitipkan anak di jasa day care bukan hanya sekadar ingin menitipkan anak mereka saja, melainkan agar anak mereka juga dapat belajar dengan baik.

Apabila Anda menggemari anak-anak dan memiliki pendidikan yang cukup baik tentang dunia anak, tidak ada salahnya untuk membuka usaha satu ini. Hal ini tidak lain karena day care dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan sekaligus menguntungkan.

  1. Membuka toko jus

Membuka toko jus adalah salah satu peluang usaha rumahan yang bisa memberikan keuntungan berlimpah bagi Anda. Anda bisa memulai usaha tersebut di depan rumah dengan modal hanya 500 ribu rupiah saja.

Terlebih lagi sekarang ini Indonesia sedang berada dalam kondisi cuaca yang tidak menentu. Tentu berjualan jus buah akan mendatangkan keuntungan yang begitu banyak.

Untuk memulai usaha ini, yang Anda butuhkan di antaranya blender, gelas jus, meja, kusi, etales atau gerobak. Bila perlu Anda bisa melengkapi etalase dagangan tersebut dengan aneka minuman lain seperti pop ice, es kopi dan sebagainya.

  1. Guru mengaji private

Tidak sedikit orangtua yang menginginkan anaknya agar mahir mengaji. Bukan hanya sekadar anak-anak saja, sebagian orangtua pun masih ingin belajar mengaji.

Untuk itu, jika Anda memiliki ilmu yang cukup dalam hal mengaji ada baiknya jika Anda memulai bisnis dengan memanfaatkan ilmu tersebut. Anda bisa menajdi guru mengaji private dengan membuka jasa tersebut di rumah.

Usaha ini dapat dipromosikan dari mulut ke mulut atau melalui selebaran dan brosur. Yang terpenting dalam menjalani usaha ini adalah senantiasa bersikap sabar dan ramah.

50 peluang usaha rumahan tersebut kiranya bisa memberikan manfaat bagi Anda, terutama yang tengah bingung menentukan rekomendasi peluang usaha yang pas. Pilihlah jenis usaha rumahan yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Jangan lupa untuk melihat potensi dan pesaing bisnis yang ada di lingkungan Anda.

Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *