Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

30+ Peluang Usaha Kreatif yang Unik dan Menarik

11 min read

peluang usaha kreatif

Bisniskuy.com – Bagi Anda yang memiliki sisi kreatif tinggi, tidak ada salahnya untuk menjadikan kemampuan tersebut sebagai ladang usaha yang menjanjikan. Terlebih lagi saat ini peluang usaha kreatif telah terbuka begitu lebar.

Tidak ada yang bisa membatasi sisi kreatif seseorang dalam menjalankan sebuah usaha. Hal tersebut terbukti dari mudahnya penemuan usaha seperti makanan dan minuman kekinian.

Selain dalam bidang kuliner, Anda juga bisa membuat berbagai kerajinan tangan yang artistik sekaligus memiliki nilai jual tinggi.

Jika Anda mulai tertarik untuk memulai usaha kreatif namun masih bingung untuk memilih bentuk usaha seperti apa, maka daftar ide usaha kreatif berikut kiranya dapat menjadi alternatif yang pas bagi Anda. Kiranya Anda bisa sukses menjalankan usaha tersebut.

30 Daftar Peluang Usaha Kreatif

  1. Persewaan perlengkapan bayi

Saat ini bisnis sewa perlengkapan bayi sedang banyak diminati. Para orangtua yang memiliki bayi merasa sangat terbantu dengan jasa satu ini.

Hal ini tentu saja karena perlengkapan bayi tidak bisa lama dipakai. Hanya kisaran bulan saja perlengkapan tersebut sudah tidak terpakai lagi. Maka dari itu, dibanding membeli lebih baik menyewa.

Jika Anda ingin memulai bisnis sewa perlengkapan bayi, maka mulailah bisnis tersebut dari rumah. Anda bia menyediakan berbagai keperluan bayi untuk disewakan seperti box bayi, freezer asi, pompa asi, kursi makan bayi, mainan dan sebagainya.

Peluang usaha satu ini terbilang cukup menjanjikan dan mudah dijalani. Terlebih lagi Anda bisa menggunakan media digital sebagai lahan promosi efektif.

  1. Percetakan 3D

Peluang usaha kreatif berikutnya yang bisa Anda coba ialah membuka jasa percetakan 3 dimensi. Adapun hasil percetakan 3D tersebut bisa diaplikasikan untuk souvenir, kaos, mug, tumbler dan sebagainya. Usaha percetakan 3D terbilang cukup menjanjikan. Hal ini mengingat bahwa kebutuhan beragam barang hasil percetakan 3D begitu banyak diminati.

Peminat percetakan 3D di Indonesia berasal dari berbagai macam kalangan. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja bahkan hingga orangtua pun tidak mau ketinggalan untuk menggemari percetakan 3D. Adapun modal yang perlu Anda siapkan guna memulai usaha percetakan ini ialah menyiapkan printer 3 dimensi.

  1. Produksi puding 3D

Bukan hanya kaos, mug maupun aneka souvenir lainnya yang bisa berbentuk 3D. Anda juga bisa memproduksi kuliner 3D seperti puding. Kuliner satu ini ternyata sedang laris-larisnya. Terdapat begitu banyak ragam kuliner puding 3D yang saat ini sedang laris manis seperti daun, bunga, batik, rumah, handphone dan sebagainya.

Dalam memulai bisnis produksi puding 3D ini, Anda tidak hanya memiliki kemampuan memasak saja. Akan tetapi, Anda juga mesti mahir dalam mendesain puding. Bisnis ini diprediksi akan laris manis bagi kalangan anak-anak. Hal ini karena anak-anak biasanya lebih gemar dengan kuliner yang unik khususnya dari segi tampilan.

  1. Jasa sketsa wajah

Bila Anda mahir dalam menggambar, membuat lukisan maupun membuat sketsa wajah maka ada baiknya Anda coba menekuni bisnis sketsa wajah. Akhir-akhir ini usaha sketsa wajah sedang marak diminati sehingga banyak orang yang mencari maupun menggunakan jasa tersebut. Sketsa wajah biasanya digunakan sebagai pemberian atau hadiah kepada orang terkasih pada momen-momen spesial.

Sketsa wajah dianggap sebagai hadiah yang unik dan akan memberikan kesan mendalam bagi penerimanya. Hadiah unik tersebut bisa diberikan pada momen seperti hari pernikahan, hari ulang tahun, anniversary, wisuda, sidang skripsi dan sebagainya. Untuk memulai usaha ini, Anda tidak perlu membutuhkan modal yang banyak. Minimal Anda membutuhkan kanvas dan alat gambar saja.

  1. Bisnis food truck

Bagi penggemar drama Korea tentu tidak asing dengan istilah food truck. Di Indonesia usaha semacam itu masih cukup jarang ditemukan keberadaannya. Tidak heran jika bisnis food truck akan memberikan keuntungan luar biasa apabila dilakoni di Indonesia. Yang terpenting dari usaha kuliner berjalan ini adalah persoalan cita rasa dan fokus kuliner yang disajikan.

Di samping itu, keunikan dan desain truck juga memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat luas. Semakin bagus desain suatu food truck maka semakin besar pula daya tarik truck tersebut bagi masyarakat luas. Anda bisa menjajakan bisnis tersebut di mall-mall, kompleks perumahan, sekolah-sekolah, kampus maupun alun-alun kota.

  1. Produksi pin dan bros

Mengingat jumlah penduduk muslim di Indonesia yang begitu banyak, tidak heran jika bisnis yang berbau muslim terbilang cukup menjanjikan untuk dilakukan. Misalnya, produksi pin dan bros. Sasaran utama bisnis adalah wanita berhijab yang tentunya menjadikan pin dan bros sebagai aksesoris andalan jilbab mereka.

Apabila Anda mahir dan kreatif falam membuat kerajinan berupa pin mau[un bros maka bisa segera memulai bisnis ini. Biasanya motif pin dan bros yang banyak digemari banyak kalangan di antaranya bunga, karikatur unik, buah-buahan dan motif lucu lainnya. Peluang usaha kreatif ini tidak memerlukan modal yang cukup banyak untuk direalisasikan. Jadi, untuk apa lagi Anda menunggu?

  1. Membuka persewaan kostum

Bisnis persewaan saat ini tengah begitu menjamur di Indonesia. Hal ini karena keuntungan yang diperoleh dari bisnis tersebut terbilang cukup bagus dan sebanding dengan modal yang dikeluarkan. Bisnis ini akan laris manis pada momen-momen tertentu seperti hari Kartini, halloween, hari natal, maupun acara-acara lain yang memerlukan kostum sebagai dresscode.

Pastikan Anda menyediakan kostum yang bisa digunakan bagi kalangan anak-anak hingga dewasa ketika memulai bisnis ini. Anda juga bisa bekerjasama dengan sejumlah penjahit untuk menjahit kostum sesuai desain yang Anda inginkan. Semakin beragam kostum yang Anda miliki, maka akan semakin laris pula bisnis yang Anda lakoni.

  1. Produksi barang kerajinan dari rotan

Jika Anda mahir dalam membuat kerajinan dari bahan rotan, tidak ada salahnya untuk coba melakoni bisnis sebagai pengrajin rotan. Terlebih lagi saat ini berbagai macam kerajinan berbahan rotan masih cukup banyak diminati karena bentuknya yang elastis. Seperti kursi, meja, tas, keranjang, tempat lampu dan sebagainya.

Tidak hanya konsumen dalam negeri saja, Anda juga bisa menjualnya dengan mudah kepada konsumen dari luar negeri. Anda dapat memasarkan produk kerajinan rotan Anda secara offline dan online. Khususnya pemasaran dengan media digital online, Anda harus lebih giat lagi menekuninya. Hal ini mengingat bahwa jangkauan promosi melalui media ini terbilang cukup luas.

  1. Jasa dengar curhat

Jasa dengar curhat merupakan salah satu ide bisnis kreatif di dunia. Tentu saja karena bisnis ini masih cukup jarang dijumpai keberadaannya. Meskipun demikian, ada seseorang yang berhasil mendirikan usaha ini dan berhasil sukses yakni Takanobi Nishimoto. Ia bisa meraup keuntungan hingga 10 dollar per jam dari bisnis mendengar ini.

Tidak melulu harus memberikan respon, lho. Biasanya klien hanya butuh didengar saja. Jadi, Anda tidak perlu pusing untuk memikirkan solusi apa yang tepat bagi klien Anda. Jika Anda berminat dengan usaha ini, maka mulai promosikan jasa tersebut melalui media sosial maupun website. Jadi, Anda bisa mulai mendengarkan curhatan klien secara online atau bertatap muka langsung bila diperlukan.

  1. Berjualan barang antik

Peminat barang antik di Indonesia masih terbilang cukup banyak. Hal tersebut tentu saja dikarenakan bahwa barang antik mempunyai nilai tersendiri dan bahkan bisa mencapai nilai jual yang fantastis. Nah, jika Anda memiliki kegemaran dalam bidang barang-barang antik tersebut, maka bisa saja memanfaatkan hobi tersebut sebagai pemantik pendapatan Anda.

Adapun barang antik yang banyak digemari di antaranya mobil kuno, pemutar piringan hitam, koin kuno sen, dakon jadul, uang kertas Indonesia langka dan sebagainya. Barang-barang antik tersebut begitu banyak diminati tidak lain karena memiliki nilai budaya di baliknya. Tidak jarang barang-barang antik tersebut juga mempunyai cerita dan kenangan tersendiri sehingga membuatnya begitu berharga.

  1. Animator

Mempunyai kemampuan dan ilmu di bidang teknologi informasi, tentu saat ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan. Salah satunya adalah dengan menjadi seorang animator. Tidak melulu harus di kantor, Anda bisa memulai usaha ini bahkan dari rumah. Tidak heran jika animator bisa menjadi salah satu ide usaha kreatif rumahan.

Untuk menjadi seorang animator yang handal, Anda perlu memiliki sejumlah modal yang terbilang tidak sedikit. Di samping membutuhkan komputer dengan spesifikasi tinggi, Anda juga perlu memiliki perangkat pendukung lainnya seperti pen tablet yang sama berspesifikasi tinggi. Meskipun modal yang diperlukan cukup lumayan, akan tetapi keuntungan yang diperoleh juga sebanding.

  1. Berjualan kaos kaki murah

Bagi Anda yang hobi mendatangai pasar dadakan, tentu akan dengan mudah menjumpai penjual kaos kaki yang menjajakan dagangannya seharga 10 ribu 3. Peluang usaha kreatif ini terbilang cukup brilian dan bisa Anda tiru dengan mudah. Adapun target market dari bisnis ini tidak hanya bagi siswa dan mahasiswa saja, melainkan pekerja kantoran pun juga hobi mencari kaos kaki serupa.

Usaha ini terbilang cukup menjanjikan karena kaos kaki bisa disebut sebagai salah satu barang kebutuhan primer. Kaos kaki penting dipakai ketika seseorang hendak memakai sepatu. Kaos kaki cocok dikenakan dalam segala musim. Misalnya, di musim penghujan sebagai penghangat kaki dan musim kemarau sebagai pelindung kaki agar tidak terbakar sinat UV.

  1. Produksi dan jual boneka

Tentu tidak ada yang bisa menolah barang imut dan menggemaskan satu ini. Khususnya bagi anak-anak dan remaja, boneka bisa menjadi mainan sekaligus pajangan dalam kamar pribadi. Tidak heran jika bisnis produksi dan jual boneka akan senantiasa hidup. Anda bisa memproduksi boneka sesuai dengan trend kekinian. Misalnya, dengan membuat boneka yang menyerupai serial kartun yang sedang tayang di TV.

Di samping dapat memberikan penghasilan bagi Anda, ide usaha kreatif rumahan ini juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Anda. Kemudian, untuk promosi boneka-boneka tersebut Anda bisa memanfaatkan media digital guna mendapatkan pembeli dengan jangkauan cukup luas.

  1. Jual sayur siap makan sistem pre order

Bagi Anda yang mempunyai kegemaran memasak, maka patut mencoba alternatif bisnis sayur siap makan. Namun, untuk menyiasati kerugian sekaligus memanfaatkan teknologi saat ini maka Anda bisa menjual sayur siap makan dengan sistem pre order. Anda hanya perlu memasakan makanan yang dipesan oleh pelanggan Anda saja.

Dengan menggunakan sistem pre order, tentu akan meminimalisir segala risiko yang terjadi seperti sayur basi dan tidak laku. Di samping promosi melalui sosial media, Anda juga bisa menawarkan jasa tersebut kepada pekerja kantoran maupun karyawan sekolah dan kampus. Biasanya bagi mereka yang sibuk, memesan sayur siap makan bisa menjadi solusi lapar yang pas.

  1. Jasa desain kartu undangan unik

Peluang usaha kreatif berikutnya yang patut Anda lakukan ialah mendesain kartu undangan anti mainstream. Ide bisnis ini terbilang cukup tokcer khususnya bagi Anda yang mempunyai kemampuan dalam mengoperasikan software foto editor. Undangan unik dan anti mainstream tentu lebih memikat para tamu undangan dan memberikan kesan tersendiri bagi mereka.

Anda dapat mendesain undangan pernikahan sesuai dengan trend terkini. Misalnya, dengan mengusung konsep sosial media, cover kartu perdana, desain ala anak gamers dan sebagainya. Anda bisa mulai merekrut teman-teman yang ahli di bidang serupa untuk memulai bisnis ini.  Jangan lupa untuk memaksimalkan promosi agar bisa memperoleh pelanggan yang banyak.

  1. Produksi stiker kulkas unik

Produksi stiker kulkas unik merupakan salah satu ide bisnis kreatif di dunia berikutnya yang bisa Anda coba. Hal ini karena stiker kulkas unik yang tak lazim akan memiliki daya tarik tersendiri untuk memilikinya. Jika biasanya stiker kulkas berbentuk beraneka macam magnet dengan berbagai macam ukuran, maka stiker kulkas unik memiliki bentuk yang sedang trend saat ini.

Anda bisa mendesain stiker kulkas berbentuk klub bola ternama, kotak telepon, ATM, TV, motor, mobil dan sebagainya. Dalam membuat stiker kulkas unik, penting juga dalam hal pewarnaan. Jadi, semakin baik pewarnaan Anda maka akan semakin menarik stiker kulkas tersebut di mata pembeli.

  1. Jasa desain mahar pernikahan dengan uang koin dan kertas

Peluang usaha kreatif mendesain mahar pernikahan saat ini masih cukup terbuka lebar. Apalagi jika Anda mahir dalam berkreasi, maka Anda bisa langsung saja memulai usaha ini di rumah. Mahar pernikahan yang unik saat ini masih sangat dicari oleh para calon pengantin. Mahar pernikahan tersebut biasanya akan dijadikan pajangan sebagai pengingat momen berharga dalam hidup mereka kelak.

Anda bisa mengkreasikan mahar pernikahan menjadi berbagai macam bentuk cantik seperti burung, ka’bah, karikatur calon pengantin, pemandangan, rumah dan lainnya. Adapun modal yang diperlukan untuk memulai usaha ini adalah kanvas serta uang mahar yang diberikan oleh calon pengantin. Untuk itu, segera tawarkan jasa Anda sekarang juga!

  1. Produksi cokelat unik

Jika Anda menaruh minat yang cukup besar dengan dunia kuliner, maka membuat cokelat unik bisa menjadi opsi usaha kreatif yang patut dicoba. Usaha kreatif berbahan dasar cokelat ini sedang banyak dicari. Hal ini karena cokelat seringkali digunakan sebagai hadiah kecil dalam momen tertentu. Misalnya, pada momen hari ibu, natal, tahun baru, peringatan anniversary, hari kasih sayang dan sebagainya.

Anda bisa mengkreasikan cokelat tersebut dengan berbagai bentuk yang unik. Misalnya, cokelat berbentuk boneka, bunga, motor, mobil, tas dan sebagainya. Semakin sulit kreasi cokelat yang Anda buat, maka akan semakin mahal harga yang Anda pasang. Anda juga bisa menerima pesanan bentuk cokelat dari pelanggan untuk menambah penghasilan.

  1. Produksi buku catatan berdesain unik

Meskipun saat ini banyak orang yang dapat dengan mudah menulis catatan pada smartphone, akan tetapi tidak jarang yang lebih menaruh minat untuk mencatat di buku catatan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memulai usaha produksi buku catatan dengan cover unik.

Khususnya jika Anda mahir dalam mengoperasikan berbagai macam software foto editor, maka usaha ini bisa memberikan keuntungan yang fantastis. Anda bisa mengkreasikan cover buku catatan tersebut dengan berbagai macam desain yang sedang trend saat ini. Misalnya, desain yang mengusung tema profesi, zodiak, shio, kota, pemandangan, artis bahkan foto pribadi.

  1. Jasa rental drone

Rental drone adalah opsi peluang usaha kreatif selanjutnya yang patut dicoba. Ide usaha ini terbilang cukup menjanjikan karena tergolong masih langka. Sasaran market jasa rental drone adalah orang-orang yang tengah menyelenggarakan event maupun acara tertentu. Drone tersebut digunakan untuk mengabadikan momen penting dalam acara tersebut.

Bila Anda mempunyai drone dengan kualitas kamera cukup baik, segeralah memulai usaha persewaan alat perekam tersebut. Terlebih lagi biasanya penyewa drone berasal dari kalangan besar yang ingin memaksimalkan acara mereka.

  1. Produksi kotak rokok unik

Jumlah perokok di Indonesia semakin mengalami peningkatan tiap tahunnya. Walaupun sudah mendapatkan cukup banyak peringatan, akan tetapi aktivitas tersebut tetap sulit dihindari.  Bagi Anda yang kreatif, tentu hal ini bisa menjadi lahan bisnis yang cukup menguntungkan. Salah satunya adalah memproduksi kotak rokok unik.

Kotak rokok ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan roko agar tidak tercecer kemana-mana. Anda hanya memerlukan sedikit kreatifitas untuk mendesain kotak rokok tersebut. Misalnya, dengan motif batik, otomotif, hobi, klub bola ternama dan lainnya.

  1. Produksi flip cover tablet dan smartphone

Mengingat bahwa tablet dan smartphone telah dianggap sebagai kebutuhan primer bagi banyak masyarakat, maka hal ini dapat membuka peluang usaha kreatif bagi Anda. Salah satunya yaitu produksi flip cover khusus tablet dan smartphone. Anda bisa mendesain flip cover tersebut sesuai dengan apa yang sedang menjadi trend saat ini.

Tidak menutup kemungkinan Anda juga bisa mendesain flip cover tersebut dengan motif batik. Hal ini karena masih jarang sekali ditemukan flip cover dengan motif tersebut. Anda bisa memproduksi flip cover dengan motif unik tersebut sesuai dengan permintaan pelanggan. Usaha ini terbilang cukup menggiurkan seiring banyaknya kebutuhan smartphone dan tablet dalam kegiatan sehari-hari.

  1. Buka loket pembayaran online

Loket pembayaran online merupakan salah satu jenis usaha kreatif yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah. Terutama bila Anda tinggal di lingkungan yang ramai seperti perumahan, instansi pendidikan hingga perkantoran. Bisnis loket pembayaran online akan menjadi kemudi keuangan yang pas bagi Anda. Tanpa perlu bersusah payah, pelanggan akan berdatangan sendiri kepada Anda.

Untuk memulai usaha loket pembayaran online, Anda bisa bekerjasama dengan slaah satu situs marketplace ternama Indonesia. Misalnya, Bukalapak atau Tokopedia.  Nantinya Anda akan membantu pelanggan untuk melakukan pembayaran seperti tagihan listrik, token listrik, PDAM, kredit motor, asuransi dan sebagainya.

  1. Lukis henna

Lukis henna juga bisa menjadi alternatif ide usaha kreatif bagi Anda. Apalagi jika Anda mempunyai kemampuan untuk melukis henna dengan baik. Sayang rasanya jika kemampuan tersebut tidak tersalur dengan semestinya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memulai usaha lukis henna. Anda bisa bergabung dengan tim tata rias untuk menawarkan jasa lukis henna tersebut.

Hal ini karena biasanya target market jasa lukis henna adalah para calon mempelai perempuan. Akan tetapi, tidak pelanggan yang datang bukan dari kalangan calon pengantin. Orang umum pun juga bisa memesan jasa Anda. Jadi selain menjadi bakat dan hobi, lukis henna juga bisa mendatangkan pundi-pundi uang yang banyak.

  1. Jasa pembuatan caption instagram

Peluang usaha kreatif membuat caption instagram nampaknya perlu Anda coba. Hal ini mengingat bahwa terdapat begitu banyak pengguna instagram yang memanfaatkan akun sosial media tersebut sebagai lahan bisnis seperti berjualan produk dan jasa lainnya. Instagram tidak semata-mata sebagai sosial media saja, melainkan juga dapat digunakan sebagai media bekerja online.

Agar barang maupun jasa yang ditawarkan melalui akun instagram dapat memiliki banyak peminat, maka Anda perlu membuat caption semenarik mungkin. Jangan lupa caption tersebut harus tetap informatif namun bernilai entertaining. Anda bisa membranding diri sebagai master caption dan meraup keuntungan yang cukup banyak. Untuk satu caption saja, Anda bisa memperoleh uang hingga ratusan ribu rupiah.

  1. Produksi kerajinan berbahan dasar bambu

Mengingat bahan baku bambu di Indonesia masih begitu melimpah, maka hal tersebut bisa menciptakan peluang usaha kreatif yang menjanjikan. Dengan memanfaatkan sisi kreativitas Anda dalam membuat kerajinan, maka Anda bisa memperoleh untung yang cukup banyak dari usaha tersebut. Anda bisa memproduksi aneka kerajinan bambu seperti gelas, mangkok, sendok sayur, nampan dan sebagainya.

Target pasar yang dituju dari bisnis ini adalah konsumen rumah tangga yakni ibu-ibu yang gemar mencari perlengkapan rumah. Di samping itu, jika Anda mahir membuat miniatur maupun pigura dari bambu maka hal tersebut juga bisa menambah penghasilan bisnis Anda.

  1. Produksi aksesoris perempuan berbahan kayu

Aksesoris memang sering diciptakan mengingat banyaknya permintaan terhadap salah satu kebutuhan wajib bagi perempuan ini. Salah satu varian aksesori yang bernilai seni tinggi yakni yang berbahan dasar kayu. Anda bisa membuat berbagai macam aksesoris perempuan yang unik dan indah seperti gelang tangan, kalung bermata lionting kayu, anting-anting, bros dan sebagainya.

Di samping unik dan indah, aksesoris perempuan dengan bahan dasar kayu juga terbilang awet dipakai. Anda bisa memanfaatkan berbagai macam jenis kayu yang ada di lingkungan tempat tinggal Anda untuk membuat aksesoris. Dengan modal yang tidak cukup banyak, Anda sudah bisa memperoleh keuntungan yang lumayan.

  1. Pertamini berjalan

Sejalan dengan namanya, Pertamini berjalan adalah salah satu usaha kreatif yakni memasarkan bensin secara berkeliling menggunakan truck dan semacamnya. Bisnis ini masih cukup langka di Indonesia, akan tetapi sudah teruji kesuksesannya di luar negeri. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis secara out of the box, maka coba saja untuk melakoni opsi usaha ini.

Anda bisa coba bekerjasama dengan pihak Pertamina untuk persoalan tarif harga bahan bakar. Hal tersebut agar harga jual bahan bakar yang Anda jual bisa setara dengan harga jual bahan bakar di SPBU. Selain itu, usaha ini juga terbilang cukup potensial untuk menjangkau desa-desa yang banyak masyarakatnya memiliki kendaraan tapi jauh dari SPBU.

  1. Produksi bunga kertas

Produksi bunga kertas dapat menjadi alternatif bisnis rumahan yang perlu dicoba. Terutama jika Anda terampil dan ahli dalam hal mendekor, maka produksi bunga kertas dapat memberikan penghasilan bagi Anda. Anda dapat menuangkan ide-ide unik dalam membuat berbagai macam bunga kerajinan yang diperuntukkan bagi acara-acara istimewa pelanggan.

Misalnya, bunga kertas untuk acara ulang tahun, lamaran, tasyakuran dan lainnya. Peluang usaha ini terbilang sangat menjanjikan mengingat bahwa terdapat begitu banyak permintaan terhadap salah satu produk kerajinan tangan ini.

  1. Produksi souvenir pernikahan

Anda bisa memulai usaha produksi souvenir pernikahan dari rumah dengan memanfaatkan media digital sebagai lahan promosi. Jenis souvenir pernikahan yang biasa diproduksi dan ramai peminat di antaranya dompet, tas saku, sendok, garpu, sapu tangan, pisau dan sebagainya. Anda bisa memberikan desain yang unik dan berbeda pada souvenir hasil karya Anda.

Buatlah souvenir dengan desain yang apik untuk menarik minat pembeli. Souvenir yang cantik tentu akan memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Jadi, selain bermanfaat untuk kebutuhan harian, souvenir juga memiliki nilai keindahan tersendiri.

Anda bisa mencoba salah satu dari 30 alternatif peluang usaha kreatif tersebut sebagai ide bisnis yang hendak dilakukan. Kiranya Anda bisa sukses dalam merintis usaha serta bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain yang membutuhkan. Selamat mencoba!

Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *