Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

30+ Peluang Usaha Bidang Jasa Terlaris Sepanjang Tahun

7 min read

usaha bidang jasa

Bisniskuy.com – Dunia bisnis terdapat dua macam produk yang dijual atau ditawarkan, yakni produk yang berbentuk barang dan produk yang berbentuk jasa. Bisnis di bidang jasa sering dijadikan pilihan masyarakat untuk memulai usahanya. Hal tersebut dikrenakan usaha bidang jasa tidak kalah dalam memberikan keuntungan jika dibandingkan dengan bisnis lain.

Usaha di bidang jasa merupakan salah satu jenis usaha yang menawarkan jasa seperti keahlian dalam suatu hal, ilmu, tenaga, dan lain sebagainya. Menjalankan bisnis di bidang jasa bisa dikatakan tidak sulit karena adanya kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi yang ada akan membuat Anda lebih mudah dalam memberikan pelayanan kepada klien hingga dapat memuaskan.

30 Usaha Bidang Jasa yang Banyak Diminati

Jika Anda perhatikan di sekitar Anda, ada banyak sekali jenis bisnis bidang jasa yang telah dijalankan oleh masyarakat. Oleh karena itu Anda harus selektif dalam menentukan usaha apa yang akan Anda jalani. Pertimbangkan berbagai hal yang dapat mempengaruhi seperti tempat, jumlah konsumen, dan lainnya. Berikut ada 30 contoh jasa yang dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum memulai berbisnis.

  1. Jasa Penerjemah

Bagi Anda yang memiliki kemampuan berbahasa asing bisa dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan. Cobalah membuka usaha bidang jasa sebagai penerjemah, hal ini dapat menjanjikan mengingat semua orang tidak memiliki kemampuan berbahasa asing. Selain itu, usaha ini mudah dilakukan karena Anda bisa mengerjakan di rumah tanpa harus bepergian.

  1. Jasa Penjahit

Terkadang ada beberapa orang yang sulit untuk menemukan ukuran pakaian saat ingin membelinya. Oleh karena itu tidak sedikit orang yang memilih untuk menjahitkan bajunya ke penjahit.

Orang lebih memilih menjahitkan pakiannya karena dapat menentukan model sesuai keinginan. Bagi Anda yang memiliki kemampuan menjahit cobalah untuk membuat usaha menjahit pakaian.

  1. Jasa Fotografi

Saat ini jasa fotografi banyak dibutuhkan oleh sebagian orang mengingat bahwa fot dapat menjadi tren. Fotografi tidak hanya sekedar memotret saja namun diperlukan keahlian khusus. Sedangkan tidak semua memiliki keahlian khusus tersebut sehingga usaha ini dapat menjanjikan.

Maka jika Anda memiliki kemampuan dan peralatan fotografi cobalah untuk memulai usaha ini.

  1. Jasa Les Privat

Les privat merupakan salah satu bisnis jasa terlaris dan sangat menggiurkan bagi banyak orang. Pasalnya pada pendidikan sekolah dasar hingga menengah atas sangat memerlukan jasa les untuk tambahan pelajaran. Tidak hanya les privat anak sekolah, les privat juga dapat diterapkan pada bidang ilmu lain seperti les privat musik, menari, dan lain sebagainya.

  1. Jasa Pengetikan

Usaha jasa pengetikan dapat dikatakan sebagai bisnis jasa yang unik, pasalnya Anda dapat membuka usaha ini tanpa mengeluarkan modal. Jika Anda perhatikan di sekitar masih banyak orang yang belum mahir mengoperasikan komputer. Sehingga jika Anda membuka jasa pengetikan akan sangat dibutuhkan oleh banyak orang terutama anak sekolah dan guru.

  1. Jasa Penulisan Artikel

Jika Anda memiliki hobi dalam menulis cobalah untuk membuka bisnis yang satu ini. Bisnis ini dapat dikatakan menjanjikan karena pada saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan tulisan untuk menawarkan produknya.

Usaha ini dapat dikatakan mudah karena Anda tidak perlu kemana-mana dan bisa dijadikan sebagai part time. Anda harus bersedia untuk menulis artikel dengan tema apapun sesuai permintaan kilen.

  1. Reseller Produk Online

Bisnis menjadi seorang reseller ini sangat menyenangkan, pasalnya Anda tidak akan membutuhkan modal. Reseller merupakan orang yang menghubungkan antara konsumen dengan produsen.

Saat ini banyak orang yang menjual produknya melalui online karena lebih efektif. Anda bisa memperoleh keuntungan dari hasil penjualan produk yang Anda tawarkan ke konsumen.

  1. Jasa Antar Jemput Anak Sekolah

Terkadanga ad orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak memiliki waktu luang untuk mengantar anaknya ke sekolah. Maka dari itu jasa antar jemput anak sekolah akan sangat dibutuhkan pada kondisi tersebut. Dalam melakukan usaha ini tidaklah sulit karena tidak membutuhkan keahlian khusus apapun dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

  1. Wedding Organizer

Setiap orang yang akan menggelar resepsi pernikahan pasti ingin acara pernikahannya bagus karena merupakan momen sekali seumur hidup. Namun pihak yang akan mengatdakan pernihakan tersebut tentunya akan sibuk dengan berbagai hal sehingga tidak sempat merancang pernikahannya.

Selain itu, tidak semua orang memiliki kemampuan merancang sebuah acara dengan baik. Oleh karena itu dalam sebuah pernikahan banyak yang membutuhkan wedding organizer. Wedding organizer merupakan profesi yang mengatur rangkaian atau jalannya acara pernikahan. Cobalah untuk memulai bisnis ini karena keuntungan yang didapatkan relatif besar.

  1. Jasa Rental Mobil

Tidak semua orang memiliki kendaraan berupa mobil, sedangakan banyak keluarga saat akan bepergian membutuhkan mobil. Sehingga bisnis jasa rental mobil dapat dijamin laku dan sangat menguntungkan karena biaya sewa mobil biasanya relatif mahal. Apalagi jika Anda tingga di daerah tempat wisata tentu akan lebih banyak yang menggunakan jasa rental mobil.

Biasanya wisatawan yang pergi berwisata menggunakan transportasi umum, sehingga akan membutuhkan mobil pada saat sampai di daerah wisata. Keadaan tersebut dapat Anda manfaatkan untuk mendapat keuntungan yang besar. Meskipun membuka rental mobil membutuhkan modal yang relatif besar namun keuntungan yang diperoleh pun sebanding.

  1. Jasa Titip

Semua kalangan terutama kalangan remaja sangat tergiur sekali dengan bisnis bidang jasa yang satu ini. Jika Anda merupakan orang yang sering berpergian ke luar kota cobalah untuk membuka jasa titip. Bisnis jasa titip ini akan sangat menjamin karena seringkali barang yang diinginkan oleh seseorang tidak terdapat atau dijual di daerahnya.

Barang yang biasa ditawarkan oleh jasa titip merupakan barang yang khas dari kota setempat dan memiliki kualitas bagus. Selain itu biasanya harganya murah sehingga banyak orang yang tergiur untuk membelinya melalui jasa titip. Cara kerja untuk menjadi seorang jasa titip ialah dengan cara mengunjungi sebuah toko dan memotret barangnya kemudian menawarkan melalui social media.

  1. Jasa Video Shooting

Tidak hanya fotografi, bagi Anda yang gemar dan memiliki keahlian dengan kamera atau alat perekam bisa dijadikan sebuah usaha. Maraknya pengguna media sosial menyebabkan jasa video shooting sangat dibutuhkan demi konten seseorang. Pasalnya tidak semua orang memiliki keahlian dalam menggunakan kamera. Sehingga bisnis ini dapat menjamin akan memberikan keuntungan yang relatif besar.

  1. Jasa Penitipan Anak

Membuka bisnis jasa penitipan anak merupakan pilihan bisnis yang mudah dan menyenangkan. Hal tersebut dikarenakan Anda tidak memerlukan keahlian khusus tertentu, akan tetapi Anda harus bertanggung jawab. Bisnis yang satu ini sangat unik dan menarik apalagi jika Anda gemar dengan anak-anak maka Anda akan menjalani bisnis dengan senang hati

Selain itu, membuka jasa penitipan anak akan sangat menjamin karena banyak orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya dan tidak sempat merawat anaknya. Hal yang perlu Anda lakukan ialah mengurus kebutuhan sehari-hari sang anak dan paling oenting menjaganya. Agar lebih berhasil cobalah untuk merenovasi tempat Anda agar menarik dan nyaman bagi anak-anak.

  1. Jasa Reparasi Laptop

Saat ini laptop merupakan salah satu peralatan yang penting untuk menunjang berbagai pekerjaan orang. Laptop harus selalu dalam keadaan baik agar dapat berfungsi dan apabila mengalami kendala maka akan sangat mengganggu pekerjaan. Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengatas masalah laptop sehingga sangat dibutuhkan jasa reparasi laptop.

  1. Jasa Pijat Bayi

Kebugaran tubuh tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa saja, namun bayi pun juga sangat membutuhkan. Jika Anda memiliki keahlian memijat cobalah untuk membuka usaha jasa pijat bayi karena tidak semua orang tau mengenai kebugaran bayi. Anda bisa membuka usaha ini dirumah tapi jika memiliki modal yang banyak Anda juga bisa membuka baby spa agar lebih menarik.

  1. Jasa Riset Pemasaran

Setiap bisnis diharapkan memiliki sebuah perencanaan yang baik dengan data yang akurat. Akan tetapi tidak semua orang yang melakukan bisnis bisa melakukan riset dengan baik dan benar. Hal tersebut bisa dikarenakan tidak adanya waktu luang dari seorang pebisnis. Oleh karena itu, banyak pebisnis yang membutuhkan jasa riset pemasaran untuk kelangsungan bisnisnya.

Bisnis jasa riset pemasaran merupakan bisnis jasa terlaris mengingat bahwa ada banyak sekali pebisnis di kehidupan sehari-hari. Anda harus melakukan bisnis ini karena dapat membantu klien mengawasi pasar bisnis yang mereka bangun. Contohnya ialah Anda harus meliput peluang penjualan pada bisnis jual beli suatu barang.

  1. Jasa Pembuatan Website

Jumlah website yang ada di seluruh dunia saat ini mencapai 2 miliar karena banyaknya kebutuhan website. Kebutuhan website tersebut digunakan untuk kebutuhan pribadi atau bisa juga bisnis. Akan tetapi tidak semua orang memiliki kemampuan coding untuk membuat website sendiri.

Oleh karena itu, bisnis jasa pembuatan website memiliki peluang yang besar dalam memperoleh keuntungan.

  1. Jasa Tambal Ban Keliling

Membuka usaha tambal ban merupakan pilihan yang tepat jika Anda tinggal di daerah yang banyak kendaraan lewat. Untuk membuka bisnis jasa tambal ban keliling Anda harus memiliki kemampuan yang baik. Modal yang Anda butuhkan relatif besar karena Anda harus membeli beberapa alat pendukung. Namun peluang dari bisnis ini sangat besar dan tentunya menjanjikan.

  1. Jasa Laundry

Jasa cuci baju atau laundry memanglah bukan usaha baru bahkan sudah ada sejak dahulu. Namun jasa ini memiliki peminat yang banyak dan memberikan keuntungan besar. Banyak orang yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak memiliki waktu luang untuk mencuci bajunya sendiri.

Oleh karena itu, mereka akan sangat membutuhkan jasa laundry yang memberikan hasil memuaskan.

  1. Jasa Potong Rambut

Memotong rambut bukan hanya sekedar merpaikan saja namun juga tentang style, bahkan tren gaya rambut selalu berubha-ubah. Tidak semua orang bisa memotong rambutnya sendiri karena hal ini membutuhkan keahlian khusus. Hal ini karena potong rambut merupakan kebutuhan penting, maka jika Anda membuka bisnis ini tentunya akan menjamin dan berpeluang besar.

  1. Jasa Fotocopy

Usaha jasa fotocopy memiliki peluang yang sangat besar meskipun Anda harus membutuhkan modal untuk membuka bisnis ini.

Pasalnya hampir semua anak sekolah, mahasiswa, dan pekerja kantoran selalu membutuhkan jasa fotocopy. Akan tetapi jarang sekali orang yang memiliki mesin fotocopy. Sehingga usaha yang satu ini mempunyai peluang yang besar dalam memperoleh keuntungan.

  1. Jasa Cuci Mobil dan Motor

Setiap orang pasti ingin memiliki kendaraan dalam kondisi selalu bersih namun banyak yang tidak sempat untuk mencucinya. Oleh karena itu usaha jasa cuci kendaraan akan sangat dibutuhkan oleh beberapa orang.

Apalagi jika Anda membuka jasa cuci mobil dengan menggunakan peralatan pendukung. Hasilnya akan lebih cepat sehingga pelanggan pun akan merasa puas dan nyaman.

  1. Jasa Cuci Sepatu

Seseorang tidak hanya membutuhkan jasa cuci pakaian atau laundry saja, namun juga cuci sepatu.

Hampir semua orang selalu menggunakan sepatu dalam menjalani kegiatan sehari-harinya seperti mahasiswa dan anak sekolah. Namun mencuci sepatu biasanya memakan waktu yang lama dan terkesan ribet. Sehingga banyak orang yang sangat membutuhkan jasa cuci sepatu.

  1. Jasa Rental Infokus

Usaha rental infokus merupakan pilihan yang tepat jika Anda bertempat tinggal di daerah dekat kampus. Sasaran dari usaha ini adalah mahasiswa karena biasanya mahasiswa memiliki berbagai kegiatan yang membutuhkan infokus seperti seminar. Oleh karena itu, jika Anda membuka bisnis ini akan dapat meraup keuntungan yang besar dan menjanjikan.

  1. Jasa Desain Grafis

Jika Anda memiliki keahlian pada bidang desain grafis, Anda bisa memanfaatkan keahlian Anda untuk memperoleh keuntungan. Berbagai macam perusahaan dan instansi sangat membutuhkan jasa desain grafis ini.

Desain grafis diperlukan dalam untuk kegiatan promosi dari sebuah produk. Oleh karena itu bisnis ini memiliki peluang dan keuntungan yang besar karena upahnya relatif mahal.

  1. Jasa Desain Interior

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk merancang sebuah desain interior sehingga jasa desain interior sangat dibutuhkan oleh beberapa orang. Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam menata ruangan maka hal tersebut jangan disia-siakan. Anda dapat memperoleh keuntungan yang besar karena seseorang yang mendesain interior memiliki upah yang relatif banyak.

  1. Jasa Sewa DVD Original

Hiburan berupa menonton DVD merupakan hal yang menyenangkan dan banyak dicari oleh banyak orang. Apalagi pada saat ini banyak film dengan rating tinggi dalam bentuk DVD. Oleh karena hiburan merupakan kebutuhan penting manusia, maka usaha jasa sewa DVD akan sangat menguntungkan.

  1. Jasa Bengkel Kendaraan

Hampir semua orang zaman sekarang memiliki kendaraan pribadi karena sudah menjadi kebutuhan penting. Tak jarang kendaraan yang sudah lama dipakai mengalami masalah atau kerusakan. Akan tetapi tidak semua orang memiliki keahlian dalam bidang otomotif. Sehingga jika Anda memiliki keahlian tersebut bisnis ini akan memberikan keuntungan besar untuk Anda.

  1. Jasa Servis Handphone

Sama seperti kendaraan pribadi, semua orang pasti memiliki HP untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. HP yang telah lama dipakai tentu akan mengalami berbagai masalah dan kerusakan. Oleh karena itu hampir semua orang pasti membutuhkan jasa servis HP.

  1. Jasa Sewa Komputer

Era modern ini komputer menjadi suatu alat yang sangat dibutuhkan oleh beberapa orang. Alat ini digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan kantor maupun anak sekolah. Usaha sewa komputer akan sangat menjanjikan dan memberi keuntungan yang banyak karena banyaknya orang yang membutuhkan.

Dari sekian banyaknya usaha bidang jasa yang telah dibahas tersebut, Anda tetap harus memilih dengan mempertimbangkan berbagai hal. Niat, kerja keras, dan cara Anda dalam mengelola suatu bisnis akan mempengaruhi keberhasilan bisnis. Seringkali bisnis di bidang jasa menjadi pilihan untuk memulai suatu usaha karena keuntungan yang diperoleh sangat menggiurkan.

Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *