Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

Waralaba Adalah : Pengertian, Jenis dan Info Lengkapnya

3 min read

pengertian waralaba adalah

Bisniskuy.com – Waralaba adalah salah satu jenis bisnis yang semakin banyak peminatnya. Bisnis waralaba dianggap memiliki potensi keuntungan yang sangat besar dengan modal yang tergolong kecil. Di Indonesia sendiri, jenis waralaba yang banyak disukai adalah waralaba makanan serta minuman. Meski begitu, sebenarnya masih ada jenis waralaba lainnya yang juga banyak dilirik seperti waralaba pengiriman dan bisnis retail.

Pengertian Waralaba dari Para Ahli

Menurut Rooseno Harjowidigdo, waralaba adalah bentuk kerja sama yang dilakukan di bidang jasa maupun perdagangan yang berguna untuk mengembangkan bisnis di tempat yang lainnya.  Model bisnis ini sangat menguntungkan karena franchise dapat dikembangkan hingga ke berbagai tempat, sembari memperoleh biaya manajemen dari franchisee atau orang yang menjadi rekan pemilik waralaba.

Kewajiban dari pemilik waralaba adalah menyediakan produk, baik itu produk kering, produk bahan baku, hingga jasa yang sama ke cabang–cabang franchise. Oleh karena itu, kemampuan untuk menyebarkan produk hingga jasa ke tempat cabang franchise sangat penting.

Sementara itu, menurut peraturan pemerintah (PP) nomor 42 Tahun 2007, waralaba adalah hak khusus milik perorangan, badan usaha, ataupun suatu pihak terhadap sistem dari bisnis yang dijalankan. Ciri khas dari usaha ini adalah untuk memasarkan jasa ataupun barang ke pihak yang lain, yang telah terbukti menghasilkan secara ekonomi.

Pihak lain yang disebut franchisee dapat memanfaatkan barang atau jasa tersebut berdasarkan perjanjian waralaba yang tertera. Indonesia juga memiliki Asosiasi Franchise Indonesia yang memberikan definisi khusus terhadap kegiatan waralaba. Menurut Asosiasi Franchise Indonesia, waralaba adalah sistem distribusi barang dan jasa kepada konsumen akhir melalui perantara orang lain.

Franchisor atau pewaralaba akan memberikan hak kepada pihak lainnya baik itu berupa individu ataupun perusahaan untuk menggunakan merk, sistem, nama, prosedur, dan segala hal yang berkaitan dengan waralaba. Hal ini ditetapkan melalui perjanjian waralaba dan dilaksanakan dalam rentang waktu tertentu dan area tertentu.

Jenis Bisnis Waralaba

  1. Product Franchise

Jenis waralaba satu ini merupakan jenis waralaba yang paling lumrah dikenal di masyarakat. Pada jenis waralaba product franchise, si pemilik waralaba memiliki hak untuk kemudian mendistribusikan produk atau jasanya kepada pihak lain, sekaligus memiliki kontrol penuh akan detail di dalam bisnisnya.

Model perjanjian product franchise adalah franchisee akan memperoleh hak untuk memanfaatkan brand dan produk atau jasa di dalam waralaba, kemudian dijual langsung ke konsumen akhir. Model pembagian keuntungannya sendiri ada berbagai jenis. Agar franchisee atau pihak kedua dapat terus memanfaatkan brand waralaba tersebut, pihak tersebut harus menyetorkan sejumlah uang ke pemilik.

  1. Manufacturing Franchise

Model waralaba satu ini memungkinkan pihak kedua atau franchise untuk menggunakan merk dagang dari produk yang memang sudah cukup dikenal di bidang tersebut. Pihak kedua ini mendapatkan hak untuk kemudian melakukan manufaktur atau produksi dari barang yang dijadikan objek waralaba. Manufacturing franchise lebih lumrah ditemukan pada jenis waralaba makanan dan minuman.

Model waralaba adalah si pihak kedua meminta izin untuk melakukan pengolahan, pencampuran, hingga produksi bahan dari merk produk terkenal. Dalam perjanjian kerja sama akan diatur jumlah pembagian keuntungannya.

  1. Business Format Franchising

Model waralaba business format franchising memberikan hak kepada pihak kedua atau pihak yang bekerja sama untuk memanfaatkan nama atau merk yang dimiliki. Model bisnis satu ini termasuk sangat lumrah digunakan di bisnis waralaba. Pihak kedua akan diminta untuk membayar sejumlah uang kompensasi atau bisa dalam bentuk keharusan membeli produk yang dijual.

  1. Business Opportunity Ventures

Pada model bisnis waralaba business opportunity ventures, tugas dari pihak kedua atau pengguna yang melakukan kerja sama adalah penyebaran produk ke pihak yang telah ditetapkan pemilik waralaba. Dari usaha distribusi barang ini, pihak kedua akan memperoleh biaya kompensasi dari pekerjaannya yang diberikan oleh pemilik waralaba.

Daftar Waralaba Minuman Modal di Bawah 4 Jutaan Rupiah

  1. Pee Bee

Pee Bee merupakan salah satu jenis waralaba minuman yang sudah cukup terkenal hingga ke luar Pulau Jawa. Berasal dari Solo, waralaba ini menjual minuman segar yang terdiri dari minuman kekinian seperti bubble drink, thai tea, tropical drink, serta cemilan ringan.

Untuk bergabung dengan waralaba Pee Bee Anda cukup membayar biaya 3 juta rupiah saja. Di dalam paket 3 juta rupiah ini Anda bisa mendapatkan satu buah blender, roll banner, tiga buah tempat untuk topping, 6 tempat bubuk es, 150 cup es, serta 150 untuk bahan bubuk.

  1. Nyoklat Kress

Minuman kekinian ini dibuat dari coklat dengan adanya tambahan varian krispi di dalam cokelat. Ada sembilan rasa yang ditawarkan oleh menu Nyoklat Kress seperti chocolate banana, chocolate oreo, dan tak ketinggalan rasa original chocolate. Waralaba asal Wonogiri ini menawarkan paket murah mulai dari 2,9 juta rupiah namun belum termasuk tenda.

  1. Cappucino Cincau (Capcin) Tempo Doelo

Waralaba minuman asal Gresik satu ini hanya mengharuskan Anda membayar uang sebesar 2 juta rupiah saja untuk memulai bisnis. Untuk pembukaan bisnis bisa dilakukan hingga ke daerah lain di luar Gresik seperti Jakarta. Minuman ini dibuat dari gabungan antara cincau serta kopi cappuccino.

  1. Cokelat Nuguy Drink

Satu lagi waralaba asal Kota Gresik, Jawa Timur yakni minuman Cokelat Nuguy. Minuman ini ditawarkan dalam bentuk dingin dan juga panas. Ciri khas utama dari waralaba ini tentunya adalah minuman olahan dari coklat yang enak di lidah. Untuk harga paket hemat franchise Cokelat Nuguy dibanderol hanya 3,5 juta rupiah saja.

Rekomendasi Waralaba Makanan Modal di Bawah 25 Jutaan Rupiah

  1. Tahu Jeletot

Waralaba Tahu Jeletot sudah berdiri sejak tahun 2012 dengan menu utama berupa tahu pedas isian cabe rawit. Meski begitu, menu tahu jeletot sangat disukai oleh para penggemarnya. Paket waralaba Tahu Jeletot mulai dari 20 juta rupiah saja.

  1. Sabana

Waralaba Sabana sudah cukup lama melanglang buana di tanah air sejak tahun 2006. Menu utama dari Sabana adalah ayam goreng tepung. Kini Sabana juga mulai menyajikan menu tambahan yakni kentang goreng serta burger ayam. Anda sudah bisa bermitra dengan Sabana hanya dengan paket murah mulai dari 22,5 juta rupiah dan sudah termasuk gerobak.

  1. Bakso Benhil

Waralaba Bakso Benhil sudah berdiri sejak tahun 2011. Waralaba ini banyak disukai karena menu yang memang disukai masyarakat Indonesia. Jika ingin bermitra dengan Bakso Benhil, bisa dimulai dengan paket hemat 4 juta rupiah saja. Dengan paket ini, Anda sudah bisa memperoleh bahan baku untuk 500 porsi bakso.

Memahami apa itu waralaba beserta jenisnya akan dapat membantu Anda memutuskan apakah ingin memulai bisnis satu ini atau tidak. Bisnis waralaba terbukti sangat menguntungkan terutama apabila Anda memasarkannya di tempat dengan peluang bisnis besar. Sebagai contoh, untuk waralaba makanan dan minuman maka sebaiknya dibuka di daerah yang padat oleh pelajar ataupun pekerja kantoran.

Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *