Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

30+ Ide Bisnis Bidang Otomotif yang Kreatif dan Menguntungkan

7 min read

bisnis bidang otomotif

Bisniskuy.com – Dunia otomotif semakin lama semakin berkembang. Munculnya merek dagang dan produk baru di dunia otomotif menjadikan bidang ini cukup diminati masyarakat. Bisnis bidang otomotif tidak hanya berkutat pada pendirian bengkel atau jual beli spare part, tetapi juga berbagai jasa yang berkaitan dengan kendaraan bermotor.

Bisnis bidang otomotif juga seakan tidak pernah sepi. Hal dapat disebabkan karena jumlah kendaraan bermotor di Indonesia yang semakin tahun semakin meningkat. Berbeda dengan berpuluh tahun yang lalu ketika kendaraan bermotor jarak ditemui di kota kecil bahkan di jalanan pusat kota. Cara menjadi pengusaha otomotif tidak berbeda jauh dengan bisnis pada umumnya yang memerlukan ketekunan.

Ide Bisnis Bidang Otomotif Menjanjikan

  1. Bengkel Servis Mesin

Bisnis ini adalah bisnis bidang otomotif yang paling sering dikembangkan. Keahlian dan peralatan yang Anda perlukan juga tergantung dari skala bisnis yang akan Anda kembangkan. Jika Anda hanya melayani sepeda motor dan dalam penanganan yang ringan seperti ganti oli atau pemasangan aki baru, maka peralatan yang Anda butuhkan juga sangat sederhana.

Anda tidak memerlukan pelatihan khusus untuk melakukan perbaikan yang ringan. Namun, jika Anda tertarik untuk mengembangkan bisnis dengan skala besar, khusus untuk mobil, dan perbaikan berat, maka Anda memerlukan peralatan dan keterampilan yang lebih.

  1. Montir Panggilan

Menjadi montir tidak hanya menunggu mobil atau motor yang rusak di bengkel, tetapi Anda bisa lebih kreatif dengan menggunakan teknologi. Anda bisa menjadi montir panggilan dengan sistem WhatsApp atau pesan singkat. Hal ini berguna untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak terutama yang mengalami kerusakan dan tidak dapat datang ke bengkel.

Anda bisa menyasar area di sekitar kampus yang penuh dengan mahasiswa atau di jalan raya yang tidak terlalu ramai. Hal ini karena pada area tersebut, umumnya masih sangat minim bengkel dan tidak banyak orang yang bisa membantu.

  1. Bengkel Perbaikan Badan Mobil

Jika Anda memiliki keterampilan khusus, maka Anda bisa mengembangkan bisnis bengkel perbaikan badan mobil. Bisnis ini diperlukan oleh masyarakat yang mengalami kerusakan akibat tergores atau kecelakaan. Perlu Anda pertimbangkan bahwa peralatan yang diperlukan tidak sedikit dan memerlukan modal yang cukup banyak.

  1. Bengkel Cat Mobil

Cat mobil adalah salah satu bentuk kebutuhan para pecinta otomotif. Anda bisa menawarkan jasa cat mobil yang sederhana dengan satu warna solid. Namun jika Anda memiliki jiwa seni, Anda dapat menawarkan jasa cat mobil dengan sentuhan seni berupa efek tertentu atau gambar karakter sesuai keinginan konsumen.

Meskipun kebutuhan akan jasa cat mobil tidak terlalu banyak, namun konsumen Anda bisa mengeluarkan biaya yang cukup besar dalam satu kali pengecatan. Terlebih jika Anda menawarkan cat mobil dengan dekorasi tertentu.

  1. Jasa Pengurusan Surat-surat Kendaraan

Terkadang orang tidak mempunyai waktu banyak untuk mengurus surat-surat kendaraan. Anda bisa memanfaatkannya sebagai ladang bisnis karena Anda bisa membantu orang-orang tersebut untuk mengurus surat-surat mulai dari pembuatan STNK atau pengambilan BPKB. Bahkan Anda juga bisa membuat bisnis jasa pajak kendaraan bermotor.

  1. Jasa Cuci Mobil dan Motor

Jasa cuci kendaraan bermotor adalah salah satu contoh ukm bidang otomotif yang paling sering dijumpai. Untuk skala kecil, Anda bisa membuat jasa cuci sepeda motor. Namun, jika Anda mempunyai modal dan peralatan yang lebih, maka Anda bisa mengembangkan jasa cuci motor sekaligus mobil.

Bisnis ini mungkin terdengar sederhana, tapi jika Anda menekuninya, maka bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan lokasi dan pengelolaan air sisa cucian. Hal ini perlu diperhitungkan karena berdampak pada jumlah konsumen dan kebersihan tempat usaha Anda.

  1. Bengkel Modifikasi

Bisnis bengkel modifikasi adalah bisnis hobi otomotif yang bisa Anda gabungkan dengan bisnis pengecatan body mobil. Hal tersebut dikarenakan modifikasi dan cat mobil adalah hal yang saling berkaitan. Biasanya orang penggemar modifikasi mobil juga akan melakukan pengecatan supaya tampilan mobil sesuai dengan modifikasi yang dilakukan.

Penggabungan kedua ide bisnis tersebut menjadi satu juga berguna untuk memudahkan konsumen sehingga bisa melakukan modifikasi body sekaligus pengecatan. Dari sudut pandang Anda sebagai pelaku bisnis, penggabungan ini juga berguna untuk menarik minat konsumen untuk mengeluarkan uang lebih banyak. Anda bisa memberikan potongan harga untuk semakin menarik minat konsumen.

  1. Jasa Pemasangan Sound System Mobil

Pengguna mobil terkadang kurang puas dengan sound dari pabrikan mobil. Selain itu, para penggemar mobil-mobil tua juga mengalami masalah dengan sound  system yang ada, sehingga banyak dari mereka yang memerlukan jasa pemasangan sound system mobil.

  1. Jasa Pemasangan Alat Pengaman Otomatis

Pemasangan alat pengaman seperti auto lock, GPS, atau alarm sangat diperlukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini dapat Anda manfaatkan sebagai usaha karena beberapa orang tidak mengetahui secara detail pemasangan alat pengaman pada mobil mereka.

  1. Jasa Rental Mobil dan Motor

Jasa persewaan mobil dan motor sudah tidak asing lagi. Bisnis ini juga akan lebih berkembang jika Anda terletak di kawasan wisata karena banyak wisatawan memerlukan sepeda motor dan mobil untuk berwisata. Anda bisa bekerjasama dengan agen tour atau memasang iklan di beberapa website untuk mempermudah konsumen menemukan jasa rental mobil dan motor Anda.

  1. Jasa Carter Mobil Bak Terbuka dan Truk

Mobil bak terbuka dan truk juga terkadang diperlukan untuk membantu pindahan rumah. Anda bisa menawarkan jasa persewaan mobil dan truk untuk hal ini. Agar semakin menarik, Anda dapat menawarkan jasa angkut sehingga konsumen Anda tidak perlu kelelahan ketika proses pemindahan barang.

  1. Jasa Bus Pariwisata

Jika Anda memiliki modal yang cukup banyak, maka usaha ini cocok untuk dikembangkan. Bisnis bus pariwisata adalah bisnis bidang otomotif yang sangat menguntungkan. Hal itu karena kebutuhan bus pariwisata hampir tidak pernah sepi. Anda bisa menawarkan wisata ke berbagai destinasi tergantung armada bus yang Anda miliki.

  1. Jasa Antar Jemput Anak Sekolah

Bisnis yang sudah cukup lama berkembang ini tidak boleh terlewatkan sebagai bisnis bidang otomotif. Meskipun saat ini platform ojek online semakin berkembang, tetapi jasa antar jemput anak sekolah masih dirasa sebagai pihak yang dapat dipercaya oleh orang tua.

Anda bisa menggunakan mobil keluarga dengan kapasitas besar untuk mengangkut anak sekolah. Bisnis ini juga cukup fleksibel karena hanya dilakukan pada jam berangkat dan pulang sekolah. Anda bisa menawarkan sarapan gratis sebagai penarik minat orang tua untuk menggunakan jasa Anda.

  1. Jasa Angkutan Umum

Jasa ojek online masih belum menyentuh beberapa tempat di Indonesia. Anda bisa mengembangkan bisnis angkutan umum di tempat-tempat tersebut. Terlebih pada daerah-daerah padat seperti pasar tradisional atau pusat grosir. Hal ini disebabkan karena konsumen akan lebih tertarik jika menggunakan transportasi umum seperti angkot atau minibus yang lebih murah.

  1. Jasa Taksi dan Ojek

Taksi dan ojek online saat ini sudah sangat berkembang. Anda juga bisa membuat platform sejenis untuk daerah-daerah yang belum tersentuh platform ojek online yang sudah ada saat ini. Akan tetapi, hal itu tentu membutuhkan usaha yang luar biasa, terlebih saat ini platform ojek online sudah menguasai pasar.

  1. Jasa Tambal Ban dan Isi Angin

Untuk Anda yang memiliki peralatan tambal ban dan isi angin, usaha ini tentu layak untuk dikembangkan. Meskipun beberapa SPBU sudah menyediakan alat penambah angin untuk ban, namun beberapa orang masih awam dan lebih memilih untuk menggunakan jasa isi angin. Hal ini dapat Anda gunakan sebagai peluang bisnis yang cukup menggiurkan.

  1. Jasa Ahli Kunci

Salah satu barang yang paling sering hilang adalah  kunci kendaraan. Jika Anda memiliki alat yang mendukung pembuatan kunci cadangan, maka usaha ini cocok untuk Anda. Agar semakin laris, Anda bisa menawarkan jasa pembuatan kunci panggilan, sehingga konsumen Anda tidak perlu datang ke tempat Anda tetapi Anda yang datang ke tempat konsumen.

  1. Jasa Penitipan Kendaraan

Penitipan kendaraan adalah bisnis yang cukup menguntungkan, terlebih jika Anda memiliki lahan yang luas dan terletak dekat dengan objek yang banyak dikunjungi orang. Anda bisa membuat lahan parkir dengan modal yang tidak terlalu besar. Hal yang terpenting adalah menjaga keamanan parkir sehingga konsumen tidak akan ragu untuk menitipkan barang di lahan parkir Anda.

  1. Jasa Gadai Kendaraan Bermotor

Sistem gadai kendaraan bermotor berarti Anda meminjamkan uang kepada seseorang dengan jaminan kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil. Jika Anda memiliki modal yang cukup, maka bisnis ini dapat dikembangkan. Tentu Anda harus pandai dalam menentukan nilai dari suatu kendaraan bermotor supaya Anda tidak tertipu.

  1. Jasa Travel

Jika Anda memiliki beberapa minibus dan karyawan yang dapat menyetir jarak jauh, maka jasa travel dapat Anda kembangkan. Travel banyak diminati masyarakat karena bisa mengantar hingga tempat tujuan tanpa harus repot mendatangi stasiun atau terminal. Agar konsumen semakin tertarik, Anda bisa menawarkan paket membership supaya konsumen tersebut semakin loyal.

  1. Jasa Event Organizer Otomotif

Mendirikan event organizer tidak hanya terbatas pada pernikahan atau ulang tahun. Anda bisa membuat event organizer khusus untuk event otomotif. Bisnis ini dapat sangat menguntungkan jika ditekuni. Untuk mengembangkan bisnis EO otomotif, Anda memerlukan berbagai perlengkapan event dan kru yang terdiri dari stage crew hingga SPG yang mengurusi masing-masing stand.

  1. Jasa Derek Mobil

Jasa derek mobil sangat cocok  bagi Anda yang terletak di daerah yang sering membuat mesin mogok. Anda memerlukan mobil dengan kapasitas mesin yang besar untuk mengembangkan bisnis ini. Hal yang terpenting adalah Anda harus selalu siap siaga jika sewaktu-waktu ada orang yang memerlukan bantuan Anda. Terlebih mesin mogok tidak mengenal waktu.

  1. Kursus Mengemudi

Mendirikan kursus mengemudi juga cukup menguntungkan karena tingkat permintaan konsumen cukup tinggi. Anda bisa menawarkan berbagai paket kursus untuk menarik minat calon konsumen. Modal yang Anda perlukan hanya mobil dengan transmisi manual maupun otomatis dan keterampilan untuk mengajarkan teknik mengemudi.

  1. Jual Beli Mobil dan Motor Bekas

Jika Anda memiliki modal dan jaringan sosial yang luas, maka bisnis jual beli kendaraan bermotor bekas sangat cocok. Bisnis ini sebenarnya sudah cukup banyak berkembang, tetapi konsumen yang membutuhkan kendaraan bermotor bekas juga terus meningkat. Anda bisa fokus pada satu jenis kendaraan seperti mobil atau motor bekas. Jika kalian ingin mencoba beli kendaraan bekas, kalian bisa kunjungi seva mobil bekas disini.

  1. Jasa Pengecekan Kendaraan

Terkadang jual beli kendaraan bekas dilakukan secara langsung tanpa perantara. Namun beberapa orang tidak memiliki pengetahuan tentang mesin kendaraan sehingga mereka membutuhkan pihak ketiga untuk memeriksa kondisi mesin kendaraan.

Anda dapat memanfaatkan ini sebagai peluang bisnis dengan menjadi pemeriksa mesin kendaraan. Anda bisa memberikan penilaian mengenai kondisi mesin dan membantu pembeli untuk menentukan apakah harga kendaraan bermotor yang ditawarkan sudah layak.

  1. Pelatihan di Bidang Otomotif

Bagi Anda yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni di bidang otomotif, maka Anda bisa memberikan pelatihan bagi para calon karyawan. Dengan pelatihan yang Anda berikan, seseorang dapat menjadi lebih terampil dalam bidang otomotif tertentu. Anda bisa bekerja sama dengan lembaga pelatihan untuk mendapatkan calon siswa.

  1. Jual Beli Spare Part

Jual beli suku cadang untuk motor, mobil, hingga bus dan truk adalah salah satu bisnis bidang otomotif yang cukup digemari. Hal ini karena kebutuhan sparepart akan selalu meningkat setiap saat. Selain itu, barang yang diperjualbelikan juga tahan lama dan tidak mudah rusak, sehingga risiko kerugian sangat minim.

  1. Penulis Artikel Otomotif

Kalau Anda tertarik dalam dunia jurnalisme dan otomotif, maka Anda bisa mencoba menjadi penulis artikel otomotif. Anda bisa menulis untuk majalah tertentu atau mengembangkan website Anda sendiri. Waktu kerja jika Anda memilih bisnis ini juga sangat fleksibel. Bahkan jika Anda masih memiliki pekerjaan penuh waktu, Anda masih bisa mengerjakannya di waktu luang.

  1. Fotografer Otomotif

Anda tentu pernah membaca majalah otomotif, tapi pernahkah Anda terpikirkan untuk menjadi fotografer otomotif? Bisnis ini cukup menguntungkan karena dalam sekali proyek, Anda bisa mendapatkan gaji dengan bayaran yang sangat tinggi. Tentu hal ini dipengaruhi oleh jam kerja dan kualitas foto yang bisa Anda hasilkan.

  1. Jasa Lukis Bak Belakang Truk

Mungkin bisnis ini adalah bisnis yang paling jarang ditemui, tapi hasil karyanya dapat dilihat di hampir setiap jalanan. Jika Anda berminat di bidang seni dan memiliki pengalaman melukis di bak belakang truk, maka bisnis bidang otomotif ini layak Anda kembangkan. Hal itu karena keuntungan yang diperoleh cukup menggiurkan dan waktu bekerja juga sangat fleksibel.

Keuntungan Bisnis Otomotif

Berikut adalah keuntungan dari bisnis otomotif yang dapat Anda rasakan. Hal ini menjadi daya tarik sekaligus potensi untuk pengembangan bisnis bagi para pelaku usaha di bidang otomotif.

  1. Dunia Otomotif Mencakup Berbagai Lapisan Masyarakat

Saat ini kendaraan bermotor sudah sangat bervariasi mulai dari kendaraan dengan harga mahal hingga murah. Sebagai contoh adalah sepeda motor yang terdiri atas sepeda motor matic, bebek, dan motor gede dengan kapasitas mesin masing-masing. Setiap jenis kendaraan memiliki segmen pasarnya tersendiri tetapi bisnis otomotif bisa mencakup berbagai lapisan masyarakat.

  1. Kebutuhan Masyarakat Selalu Mengikuti Tren Terbaru

Bidang otomotif terus berkembang setiap saat dan keinginan masyarakat juga terus berubah mengikuti tren. Sebagai contoh pada beberapa tahun yang lalu, mungkin sepeda motor matic sangat terkenal tapi sekarang tren berubah menjadi sepeda motor matic dengan kapasitas mesin yang besar.

  1. Produk Tidak Mudah Rusak

Barang-barang yang beredar di dunia otomotif adalah barang-barang dengan umur ekonomis yang tinggi. Artinya produk tidak mudah rusak dan tahan lama. Sebagai contoh adalah masa pakai ban mobil yang mencapai 6 tahun. Sehingga produk otomotif yang Anda jual dapat disimpan dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Kemudahan Mendapatkan Kendaraan Bermotor Baru

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini mendapatkan kendaraan bermotor sangat mudah. Banyak perusahaan penyedia kredit kendaraan bermotor dengan bunga ringan dan uang muka yang rendah. Hal ini berdampak pada kebutuhan masyarakat akan jasa otomotif yang akan semakin meningkat.

Berbagai ide bisnis bidang otomotif akan tetap menjadi ide jika tidak terealisasikan. Jika Anda memiliki pengalaman dan modal yang cukup, maka Anda bisa langsung memulainya. Namun jika Anda belum memiliki pengalaman, maka Anda harus mulai untuk belajar dengan sungguh-sungguh supaya bisnis yang Anda pilih bisa sangat menguntungkan.

Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

4 Replies to “30+ Ide Bisnis Bidang Otomotif yang Kreatif dan Menguntungkan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *