Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

7 Ide Bisnis Bidang Kecantikan yang Sedang Trend di 2020

7 min read

bisnis bidang kecantikan

Bisniskuy.com – Bisnis kecantikan adalah bisnis yang tidak akan pernah ada matinya. Percaya atau tidak jika bisnis bidang kecantikan adalah satu di antara jenis bisnis yang mempunyai prospek sangat bagus untuk sekarang dan masa yang akan datang. Alasan dari bidang kecantikan sangat baik untuk dijadikan bisnis yaitu karena kosmetik dan wanita tidak dapat dipisahkan pada zaman sekarang.

Kosmetik sepertinya sudah menjadi bagian dari hidup seorang wanita dan masuk ke dalam kebutuhan pokoknya. Banyak wanita yang mau mengeluarkan uang yang jumlahnya tidak sedikit demi untuk menunjang penampilan mereka. Mereka semua rela untuk merogoh kocek untuk perawatan mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Bisnis ini adalah pilihan tepat untuk Anda.

Macam-macam Usaha di Bidang Kecantikan

Bagi sebagian besar wanita, pengeluaran dalam jumlah yang banyak untuk perawatannya bukan sebuah pemborosan. Hal itu dikarenakan hasil yang diperoleh akan sepadan dengan penampilannya yang lebih cantik lagi. Bahkan bisa dibilang banyak yang mulai adanya ketergantungan terhadap berbagai serangkaian produk kosmetik baik yang dijual bebas di pasaran atau resep dokter.

Sebuah peluang untuk membuka bisnis dapat Anda lakukan dengan melihat kondisi seperti yang disebutkan di atas. Bisnis bidang kecantikan bisa sangat menjanjikan untuk dibuat bisnis. Saat ini pun sudah banyak kita temui berbagai bisnis kecantikan. Anda sebagai pebisnis bisa melihat peluang ini untuk membuka usaha. Di bawah ini adalah jenis-jenis usaha kecantikan yang dapat Anda pilih.

  1. Menjadi Seller yang Menyediakan Produk Kecantikan

Menjual produk-produk kecantikan dapat Anda lakukan secara offline atau online. Anda bisa memilih keduanya atau salah satu saja. Anda dapat memulai berjualan secara offline dengan ditawarkan ke teman atau kerabat terdekat. Anda harus bisa memilih produk kecantikan yang sesuai dengan potensi di sekeliling Anda saat ini.

Jika Anda tidak menginginkan kerugian karena menyimpan stok dalam jumlah yang banyak, maka Anda dapat berjualan dengan sistem po (pre-order) terlebih dahulu. Hal itu dapat meminimalisasi kerugian atau perputaran uang modal yang lebih cepat dibandingkan dengan mempunyai stok namun tidak banyak orang yang membeli. Jika hal itu terjadi, maka pasaran online dapat Anda pilih.

Terkadang, beberapa produk tertentu penjualannya lebih banyak melalui pasar online dibandingkan dengan offline. Pasar online menjual sangat banyak produk, salah satunya yaitu menjual produk kosmetik. Transaksi untuk produk kosmetik dan sebagainya juga banyak dilakukan secara online. Internet bisa Anda manfaatkan untuk menjual produk-produk kecantikan Anda.

Hal itu karena dengan menggunakan internet target pemasaran dapat lebih banyak lagi jangkauannya di dunia maya. Berbagai marketplace dan media sosial dapat digunakan sebagai sarana menjual produk-produk kecantikan. Mempunyai modal yang terbatas bukan menjadi halangan untuk Anda tidak berjualan. Cara ini pun cocok untuk usaha kosmetik di kampung.

Perputaran produk yang dijual dan laba yang diperoleh bisa digunakan untuk menyediakan stok lebih banyak lagi atau menambah varian lainnya. Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan memilih bisnis ini. Bisnis bidang kecantikan dapat Anda pilih sebagai pekerjaan utama atau bisa juga sebagai bisnis sampingan yang dapat dikerjakan di rumah.

Bisnis kosmetik herbal atau kosmetik rumahan bisa saja di daerah lain, tetapi bisnis tersebut cocok dengan kondisi Anda pada saat ini. Anda perlu tahu bahwa bisnis kecantikan dan bisnis kosmetik bisa mendapatkan keuntungan di sepanjang tahun saat dijalankan. Meskipun harga layanan dan produk menjadi semakin mahal, semua wanita masih saja tetap rela mengeluarkan uang.

Berbagai produk kecantikan yang dapat Anda jual di antaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Setting spray,
  • Concealer,
  • Eye shadow,
  • Pensil alis,
  • Cream pelembab wajah kering,
  • Cream siang dan malam,
  • Cream anti aging,
  • Cream bekas jerawat,
  • BB cream,
  • Serum vitamin c,
  • Moisturizer,
  • Milk cleanser,
  • Liquid eyeliner,
  • Eyeliner pensil,
  • Mascara,
  • Highlighter,
  • Blush on,
  • Micellar water,
  • Toner,
  • Aneka lipstik, dan sebagainya.
  1. Memilih Sebagai Dropshipper/ Reseller Produk-Produk Kecantikan

Dropshipper dapat dilakukan tanpa modal jika Anda ingin memulai bisnis. Selain itu reseller bisa juga Anda pilih di dalam bisnis bidang kecantikan apabila modal yang dimiliki terbatas. Dua cara ini bisa Anda coba untuk membuka usaha. Produk kecantik banyak yang dijual di pasaran, meskipun begitu Anda perlu mempertimbangkan produk apa yang hendak dijual dan banyak dicari oleh pembeli.

Produk-produk kecantikan yang menjadi best seller secara online dalam bisnis bidang kecantikan di antaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Kosmetik yang Herbal

Banyak orang yang meyakini bahwa produk-produk yang berasal dari herbal aman untuk digunakan. Produk herbal biasanya dibuat dari bahan-bahan alami di sekitar kita. Produk jenis ini tidak ada efek samping untuk pemakaian jangka panjang, sehingga banyak orang yang beralih ke produk bisnis bidang kecantikan berupa kosmetik herbal dibandingkan dengan yang banyak bahan kimianya.

Ketika menjual produk ini, jangan sampai Anda memilih produk yang palsu/ tidak original. Hal itu bisa membahayakan orang yang memakai dan Anda pun akan memperoleh hukuman karena menjual produk palsu. Jangan lupa bahwa konsumen juga berhak atas keaslian barang yang diterima. Jika pembeli tahu barang yang diterima palsu, Anda bisa dilaporkan kepada pihak yang berwajib.

Maka berhati-hatilah juga di dalam memilih untuk dijadikan agen. Anda bisa menjual kosmetik herbal di antaranya mulai dari lipstik, cream wajah, toner, pasta gigi, dll. Berbagai produk herbal yang Anda jual bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebelum menjual produk, Anda sebaiknya disarankan untuk  melakukan riset di beberapa marketplace untuk mengetahui produk yang banyak dicari.

  • Penurun BB (Berat Badan)

Dewasa ini, berbagai iklan atau artis yang tampil di televisi memilih para talent yang mempunyai badan langsing seperti artis Korea atau body layaknya gitar spanyol. Orang-orang tersebut dipilih yang berat badanya rata-rata ideal. Mereka melakukan doktrin secara masal bahwa body idaman dan disukai pria adalah seperti yang ditampilkan di televisi.

Hal tersebut membuat orang yang overweight (berat badannya berlebih) dan gemuk merasa tidak nyaman dan membuatnya mencari produk untuk solusi menurunkan berat badannya. Bahkan banyak di pasaran yang menjual produk penurun berat badan mulai dari yang diminum hingga dioleskan seperti lotion, namun hanya dioleskan ke bagian tubuh yang banyak lemaknya.

Bisnis bidang kecantikan dapat dijadikan pilihan. Anda dapat memilih produk yang sesuai dengan target pemasaran. Jika produk penurun berat badan tidak untuk remaja, maka Anda disarankan untuk tidak menjualnya ke remaja. Bahan yang terkandung di dalam produk pelangsing disesuaikan usia dan berat badan orang yang memakai. Sebaiknya sebelum membeli produk konsultasi dengan seller.

  • Menjual Obat atau Anti Jerawat

Tidak hanya masalah berat badan, banyak orang yang menginginkan wajah mereka mulus seperti bayi. Semua orang mendambakan memiliki wajah menjadi mulus. Orang-orang yang selalu memperhatikan penampilannya akan mudah terganggu dengan apapun yang muncul di wajah mereka, seperti jerawat contohnya. Bisnis obat jerawat pun dapat menjadi peluang usaha.

Obat jerawat tidak hanya dipakai oleh kaum hawa, bahkan kaum adam pun juga banyak yang memakai produk ini. Jangan salah, mulai remaja hingga dewasa banyak yang mencari produk anti jerawat ini. Banyak yang tidak tahan ada jerawat di wajah mereka, tidak sedikit juga yang memencetnya. Oleh karena itu, obat jerawat ini banyak yang membutuhkan.

  • Berbagai Spray Wajah

Berbagai produk spray wajah banyak sekali peminatnya pada saat ini. produk ini semakin populer karena banyak digunakan beberapa artis Korea di serial drama atau iklan-ilkan. Produk ini pun semakin banyak dicari oleh pembeli. Manfaat yang ditawarkan mula dari untuk melembabkan hingga spray anti aging yang baik untuk perawatan kulit para konsumen.

Banyak juga yang menilai bahwa produk spray wajah lebih praktis dan efektif digunakan di keseharian. Terlebih lagi, biasanya di dalam satu produk ada berbagai manfaat yang didapatkan, sehingga membuat banyak orang berbondong-bondong ingin membeli produk spray ini. Harganya bisa terjangkau ada juga yang perlu merogoh kocek lebih dalam untuk manfaat yang lebih bagus.

  1. Menjadi Seorang MUA (Make Up Artist)

Menjadi seorang make up artist profesional banyak diminati pada saat ini. Bahkan bisnis ini juga banyak dicari orang untuk keperluan acara tertentu hingga acara penting seperti pernikahan. Hasil yang didapatkan konsumen akan sesuai dengan harga yang ditawarkan. Semakin mahal harganya, maka hasil riasan yang didapatkan akan manglingi (membuat orang lain tidak mengenal yang dirias).

Produk yang dipakai oleh para MUA juga berbagai macam, hal itu akan disesuaikan dengan standar. Look make up yang sedang menjadi trend saat ini adalah barbie look. Banyak orang yang menginginkan untuk dirias seperti barbie yang sangat cantik dan bulu mata yang lentik. Anda bisa mencoba profesi MUA profesional dengan mengikuti berbagai kursus agar meningkatkan skill merias.

Jasa rias wajah untuk berbagai event ini bisa Anda coba tidak hanya di kota-kota besar, bahkan di desa pun kini juga banyak yang membutuhkan jasa ini. Prospek untuk bisnis bidang kecantikan ini lumayan menjanjikan jika ditekuni dengan baik. Membranding MUA hasil Anda perlu untuk selalu ditingkatkan. Semakin banyak yang mengenal jasa MUA Anda, maka akan semakin dikenal orang.

  1. Membuka Sebuah Toko Kosmetik

Mempunyai sebuah toko kosmetik, berarti produk-produk yang disediakan juga pastinya lebih lengkap daripada yang hanya menjual produk kecantikan. Membuka sebuah toko biasanya terdapat berbagai brand yang ditawarkan, tidak hanya menggunakan satu brand saja. Lebih komplit produk-produk yang dijual, maka tokonya lebih baik.

Apabila Anda mempunyai modal yang banyak, Anda bisa mencoba membuka toko kosmetik langsung di mall-mall atau pusat perbelanjaan untuk memperoleh banyak pengunjung. Di tempat-tempat besar termasuk tempat yang mudah dijangkau ketika hendak membeli kosmetik. Selain masalah harga, sudah pasti barang yang dijual adalah original sehingga pembeli tidak perlu khawatir.

Toko kosmetik bukan hanya sebuah bisnis kecantikan yang sedang trend. Toko-toko ini juga menjual selain kosmetik, tetapi biasanya juga menjual produk-produk untuk perawatan tubuh seperti shampoo, body wash, lotion, dll. Pelengkap atau penunjang kecantikan bisa ditemukan, seperti bulu mata dan sebagainya. Masker wajah dan lulur juga bisa ditawarkan di toko Anda.

Modal yang cukup besar memang dibutuhkan untuk memulai sebuah bisnis bidang kecantikan untuk membuka sebuah toko. Anda seharusnya memperhitungkan modal untuk membuka bisnis. Jangan lupa juga untuk menghitung perkiraan segala biaya operasional yang dibutuhkan untuk beberapa bulan ke depan setelah toko dibuka.

  1. Membuka Salon Muslimah

Salon ini dibuka dengan target market yaitu khusus hanya untuk muslimah. Bisnis kecantikan satu ini prospeknya cukup menjanjikan. Dibukanya salon khusus muslimah ini dikarenakan semakin banyaknya muslimah mencari tempat tertutup dan eksklusif untuk tempat perawatan mereka. Mempunyai label khusus muslimah berarti sudah sangat jelas pangsa pasar Anda.

Salon muslimah sama halnya dengan salon kecantikan pada umumnya. Perawatan yang ditawarkan pada salon ini pun tidak jauh berbeda. Anda dapat membuat lebih nyaman para pengunjung dengan menambahkan beberapa layanan tambahan seperti welcome drink atau berbagai paket penawaran yang disediakan salon Anda untuk menggaet pelanggan untuk berkunjung kembali untuk perawatan.

  1. Membuka Spa Kecantikan

Membuka bisnis bidang kecantikan satu ini memerlukan dana yang cukup besar untuk modal awal. Modal yang Anda miliki digunakan untuk membeli semua perlengkapan untuk menunjang kegiatan spa kecantikan. Anda memerlukan pembelian stok untuk bahan baku, desain interior dan dekorasi, promosi, training staf, dana membayar sebuah franchise jika memilih sebuah jalur kemitraan.

Spa kecantikan menjadi sebuah trend di masyarakat belakangan ini. Spa kecantikan bisa ditargetkan untuk pasar berbagai kalangan usia. Jaman milenial seperti sekarang membuat banyak lelah akan rutinitas sehari-hari dan akan memilih untuk spa untuk sejenak membuat rileks tubuh. Anda juga perlu melakukan promosi untuk mengenalkan bisnis Anda dan menarik perhatian banyak orang.

  1. Membuka Salon Kecantikan

Salon kecantikan memiliki kesamaan dengan spa dan toko kosmetik, yaitu membutuhkan modal yang jumlahnya tidak sedikit. Target pemasaran Anda akan mempengaruhi besar kecilnya modal yang dibutuhkan. Semakin besar salon kecantikan yang dibuka, maka biaya yang dibutuhkan semakin besar. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan besarnya modal akan sebanding dengan hasil.

Kaum hawa banyak yang memilih salon kecantikan sebagai tempat favorit mereka menghabiskan waktu dan melakukan perawatan dari ujung kaki hingga ujung kepala. Pelayanan lain selain perawatan wajah dan tubuh, salon kecantikan juga mempunyai berbagai macam penawaran layanan untuk para pelanggannya yaitu creambath, hair stylist, MUA, hair cutr, dan sebagainya.

Berbagai pelayanan yang ditawarkan tentunya membutuhkan alat penunjang yang memadai. Tidak hanya perlengkapan dan peralatannya, membuka salon kecantikan berarti pelayanan berbagai hal tentang kecantikan yang dilakukan oleh para profesional. Jika Anda bukan seorang yang ahli di bidang tersebut, Anda bisa merekrut seseorang dengan kualitas yang mumpuni di bidangnya.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Kecantikan

Kelebihannya dari bisnis kecantikan yaitu sebagai berikut.

  1. Selalu dicari banyak orang untuk melakukan berbagai perawatannya.
  2. Mempermudah orang-orang yang hendak melakukan perawatan tanpa repot melakukannya sendiri di rumah.
  3. Keuntungan yang diperoleh dalam bisnis bidang kecantikan termasuk cukup besar.

Selain kelebihan bisnis kecantikan, kekurangannya yaitu sebagai berikut.

  1. Membutuhkan modal yang cukup besar untuk beberapa jenis bisnis kecantikan.
  2. Peralatan untuk kebutuhan salon harganya mahal.
  3. Bisnis yang dijalankan bisa saja menjadi gulung tikar, jika tidak bisa bertahan dengan berbagai persaingan.

Beberapa jenis bisnis bidang kecantikan di atas dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk membuka usaha kecantikan. Selain hal yang sudah dilakukan di atas, Anda juga bisa memilih untuk menyewakan baju adat dan kebaya, rias khusus pengantin, spa khusus untuk ibu dan anak, penata dan pemangkas rambut, perawatan pra dan pasca melahirkan, menjual parfum, dan sebagainya.

Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *