25+ Ide Bisnis Unik Untukmu yang Anti Mainstream 2020

9 min read

bisnis unik

Bisniskuy.com – Saat ini peluang bisnis unik begitu banyak dicari oleh orang-orang yang ingin terjun ke dalam dunia bisnis. Penyebabnya tidak lain karena adanya sejumlah orang yang berhasil sukses karena menekuni usaha unik tersebut. Di antaranya Victor Giovan Raihan yang berhasil sukses menekuni usaha unik di bidang minuman yakni Teh Kempot.

Apabila Anda ingin coba menekuni bisnis unik demi mengikuti jejak sukses seorang Victor Giovan Raihan, maka sudah seharusnya untuk menyimak informasi peluang usaha unik berikut. Barangkali bisa memberi Anda pencerahan dalam memulai bisnis.

25+ Peluang Bisnis Unik Perlu Anda Coba

  1. Bisnis food truck

Salah satu peluang usaha unik dan anti mainstream untuk Anda kerjakan ialah food trcuk. Mekanisme bisnis ini terbilang cukup sederhana, efisien serta efektif. Dalam menjalankan bisnis ini, Anda perlu menentukan menu makanan agar sesuai dengan lidah konsumen yang dituju. Ada baiknya untuk menyediakan menu makanan yang lazim digemari banyak kalangan.

Adapun menu makanan yang umum digemari di antaranya aneka snack, es krim maupun makanan cepat saji lainnya. Penting juga bagi Anda untuk berjualan di lokasi yang strategis dan ramai dikunjungi. Jangan lupa untuk rutin melakukan promosi demi menyukseskan bisnis food truck Anda. Lakukanlah promosi dengan memanfaatkan teknologi yang ada baik melalui media cetak, iklan hingga media sosial.

  1. Petugas kebersihan keliling

Seiring perkembangan zaman, semakin banyak orang yang cenderung menginginkan segala hal praktis. Salah satunya perihal kebersihan rumah. Hal ini tentu dapat memberi ide bisnis unik bagi Anda. Usaha tersebut ialah cleaning service harian keliling. Tidak melulu harus memiliki peralatan yang mahal dan banyak, Anda juga bisa menggunakan peralatan minim untuk memulai bisnis ini.

Tawarkan jasa kebersihan Anda kepada pelanggan yang berasal dari kalangan rumah tangga. Biasanya mereka lebih sering membutuhkan jasa tersebut untuk memudahkan pekerjaan rumah tangga mereka. Berikan pelayanan yang maksimal agar pelanggan merasa puas dengan kinerja Anda.

  1. Jasa foto dengan background unik

Bagi Anda yang mahir mengoperasikan perangkat lunak editor foto, maka bisnis jasa foto dengan background unik dapat menjadi ide bisnis yang anti mainstream. Bila perlu Anda bisa membuka studio mini dengan latar belakang yang tidak lazim. Bisnis ini terbilang cukup bagus dilakoni mengingat bahwa saat ini trend foto selfie maupun groupie sedang booming-boomingnya.

Guna membuka usaha ini, Anda perlu sedikit dalam untuk merogoh kocek. Akan tetapi, jangan salah. Usaha ini tentu dapat memberikan keuntungan yang berlipat ganda. Terutama remaja kekinian tentu akan sangat gila berfoto di tempat semacam ini.

  1. Kolam pemancingan

Kolam pemancingan merupakan salah satu ide bisnis unik di desa yang terbilang cukup prospektif. Khususnya bagi warga kota yang penat dengan padatnya rutinitas harian, maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah pergi memancing ke kolam pemancingan di desa. Kolam pemancingan di desa biasanya menyajikan pemandangan yang cantik dan begitu menyegarkan.

Suasana alami kolam pemancingan yang ada di desa tidak hanya mampu membuat Anda semakin rileks. Udara segar yang dihasilkan oleh rimbunnya pepohonan juga sangat menyehatkan bagi pernapasan Anda. Bagi Anda yang tinggal di desa dan ingin membuka kolam pemancingan, jangan lupa untuk melengkapi fasilitas kolam pemancingan khas desa, ya!

  1. Clothing line

Jika Anda begitu tergila-gila dengan dunia fashion tetapi tidak bisa mendesain maupun menjahit pakaian, maka Anda bisa mencoba alternatif peluang usaha unik berikutnya yakni mendirikan clothing line. Sasaran market Anda dalam berbisnis fashion ini tentu saja anak remaja kekinian yang sedang sama gilanya pada dunia fashion. Siapa sih anak muda yang tidak ingin fashionable?

Anda bisa bekerja sama dengan teman-teman Anda untuk mendirikan clothing line. Ajak teman-teman untuk berbisnis fashion khususnya mereka yang pintar mendesain. Desainlah kaos, jaket, hoodie maupun pakaian yang sedang trend saat ini. Untuk inspirasinya Anda bisa mencari di internet. Jadi, kapan Anda akan memulai usaha ini?

  1. Menjadi animator

Apakah Anda berpengalaman di bidang IT? Selain membuka jasa desain grafis, maka Anda bisa mencoba alternatif untuk menjadi animator freelance. Usaha ini sama menjanjikannya apabila Anda membuka jasa desain grafis. Terlebih lagi saat ini perkembangan dunia digital advertising sedang begitu pesat. Bayangkan saja betapa untungnya jika Anda menekuni dunia animasi.

Untuk menjadi seorang animator yang handal, maka Anda perlu mempunyai komputer dengan spesifikasi tinggi. Selain itu, Anda juga membutuhkan perangkat mendesain lainnya seperti pen tablet berkualitas baik. Meskipun modal untuk menjadi animator terbilang tidak sedikit, akan tetapi hal tersebut sebanding dengan keuntungan yang akan dituai nanti.

  1. Produksi es krim kulit pisang

Peluang usaha makanan unik satu ini dapat Anda lakukan demi menarik perhatian sejumlah orang. Terlebih lagi saat ini segala sesuatu yang berbau aneh cenderung digilai oleh banyak orang. Es krim kulit pisang ternyata juga baik untuk tubuh. Hal ini karena kulit pisang mempunyai kandungan vitamin A dan C yang bagus untuk kesehatan.

Cara pembuatan es krim kulit pisang sama halnya dengan pembuatan es krim secara umum. Yang Anda butuhkan adalah kulit pisang, es krim, susu dan cokelat. Selain itu, peralatan yang dibutuhkan di antaranya blender atau mikser, cetakan es krim serta frezer. Usaha ini akan semakin laris apabila Anda mahir mempromosikannya. Gunakan media digital untuk promosi yang lebih efektif.

  1. Desainer casing handphone

Siapa sih yang tidak memiliki handphone? Saat ini hampir semua orang mempunyai handphone, terutama smartphone. Untuk menambah kekecean smartphone tersebut, maka perlu menambahkan casing. Jika Anda mahir dalam mendesain seuatu, maka patut mencoba bisnis sebagai desainer casing handphone.

Tawarkan jasa Anda melalui media daring agar pemasaran produk semakin luas. Dengan demikian, keuntungan Anda tentu akan semakin banyak. Berikan kebebasan kepada pelanggan Anda untuk memilih desain handphone yang mereka mau. Misalnya, dengan foto selfie, foto dengan pasangan atau apapun yang mereka gemari.

  1. Produksi kursi taman dari ban bekas

Taman dan halaman rumah yang indah adalah dambaan setiap orang. Salah satu cara untuk memperindah taman maupun halaman rumah Anda ialah dengan menambahkan kursi taman dari ban bekas. Apabila Anda terampil dalam membuat kerajinan dari bahan tersebut, langsung saja untuk mempromosikan jasa Anda.

Kreasikan ban bekas tersebut menjadi kursi-kursi taman yang menarik. Berikan kesan unik dan anti mainstream agar taman semakin indah dengan keberadaan kursi tersebut. Usahakan kreasi kursi dari ban bekas tersebut aman untuk kesehatan. Jangan sampai justru menjadi sarang nyamuk.

  1. Jual parfum helm

Jika parfum badan terlalu umum untuk dijadikan lahan bisnis, maka Anda perlu coba untuk berjualan parfum helm. Terlebih lagi di musim hujan seperti sekarang ini, tentu motoran dengan menggunakan helm akan lebih mudah bau. Bau apek yang timbul karena helm lembab tentu akan membuat pengendara motor menjadi tidak nyaman. Bahkan bau tersebut bisa menular ke rambut pemakainya.

Memang benar jika mencuci helm dapat menjadi solusi paling tepat. Akan tetapi, hal tersebut tentu memakan waktu lama. Oleh karena itu, parfum helm adalah solusi yang pas. Anda dapat memanfaatkan momen tersebut dengan menjual parfum helm. Pasarkan produk tersebut melalui media digital maupun dengan membuka toko sendiri di rumah.

  1. Jual beli barang antik

Bagi sebagaian orang, barang antik mungkin hanya seonggok barang rongsok saja. Akan tetapi, lain halnya dengan pecinta barang tersebut. Bagi mereka barang antik merupakan mutiara yang tersembunyi. Hal ini karena harga jual barang antik bisa mencapai ratusan hingga milyaran rupiah. Untuk itu tidak ada salahnya apabila Anda mulai berjualan barang antik sebagai salah satu usaha yang anti mainstream.

Dalam berjualan barang antik Anda perlu fokus pada salah satu jenis barang. Misalnya, mobil, motor, perlengkapan musik dan sebagainya. Di samping itu, jangan hanya berjualan barang antik dengan membuka toko di dunia nyata saja. Anda juga perlu membuka toko online. Terlebih lagi saat ini pangsa pasar online shop cukup menjanjikan.

  1. Laundry sepatu

Jika laundry baju adalah jenis usaha yang umum, maka Anda bisa coba alternatif laundry sepatu. Peluang usaha unik satu ini bisa menjadi peluang emas karena masih trend dan belum banyak memiliki pesaing. Sebelum melakoni bisnis ini Anda perlu memiliki keahlian terlebih dahulu untuk membersihkan sepatu dengan baik. Pahami material pembuat sepatu agar Anda bisa maksimal dalam membersihkannya.

Jangan lupa untuk gunakan mesin pengering yang sesuai dengan material sepatu. Mesin pengering yang tepat tentu akan mempercepat dan memaksimalkan pengeringan sepatu pelanggan Anda. Untuk persoalan keuntungan jangan salah kira. Laundry sepatu bisa meraup keuntungan yang cukup menggiurkan. Seperti halnya keuntungan bisnis laundry sepatu yang dituai oleh Tirta Mandiri Hundhi.

  1. Jasa editing video

Dengan memiliki kemampuan editing video, Anda tentu bisa menjadikannya sebagai salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi saat ini begitu banyak orang yang membutuhkan jasa tersebut baik untuk berbagai macam keperluan seperti video akad nikah, resepsi pernikahan, momen kelahiran, momen kelulusan dan sebagainya.

Tidak ada salahnya jika Anda memulai usaha editing video saat ini juga. Mengingat kebutuhan akan jasa tersebut saat ini tengah padat-padatnya, maka keuntungan yang dapat Anda peroleh juga bisa beberapa kali lipat. Muat iklan jasa editing video Anda melalui laman sosial media, blog pribadi maupun platform penawaran kerja freelance.

  1. Membuka kebun buah

Membuka kebun buah adalah salah satu ide usaha unik di desa berikutnya yang bisa patut Anda coba. Anda bisa merealisasikan ide usaha unik ini melalui cara kerjasama dengan petani buah lainnya yang ada di desa. Khususnya jika Anda tinggal di daerah yang memiliki curah hujan cukup, maka ide usaha ini dapat memberikan prospek yang menjanjikan.

Target utama dari usaha ini ada warga kota. Biasanya warga kota akan merasa senang dan takjub karena bisa memetik buah di kebun secara langsung. Hal tersebut merupakan salah satu kesempatan langka yang perlu di coba oleh mereka. Adapun jenis buah yang bisa Anda tanam dalam kebun buah tersebut di antaranya apel, jeruk, mangga, strawberry, pir, semangka, melon dan aneka buah tropis lainnya.

  1. Produksi kue custom

Peluang usaha unik berikutnya yang bisa Anda coba ialah produksi kue custom. Sesuai dengan namanya, bisnis ini memerlukan kemampuan serta keahlian Anda untuk mendekorasi kue sedemikian rupa. Tidak hanya memproduksi saja, akan tetapi Anda bisa mendesain kue sesuai dengan permintaan pelanggan. Paling sering Anda akan diminta untuk mendesain tampilan kue ulang tahun.

Di samping kue ulang tahun, Anda juga bisa memperoleh pelanggan yang ingin mendesain kue pernikahan, kue hari kasih sayang maupun momen spesial lainnya. Nah, jika Anda memiliki keahlian di bidang pastry serta mendekorasinya, maka bisa coba untuk merealisasikan usaha ini. Manfaatkan promosi melalui media digital sebagai mode marketing yang ampuh.

  1. Bisnis pupuk dalam kemasan

Ide usaha yang terbilang unik selanjutnya adalah bisnis pupuk dalam kemasan. Khususnya di wilayah pedesaan, kotoran hewan akan sangat mudah dijumpai. Hal tersebut dikarenakan banyak warga desa yang memelihara hewan ternak seperti sapi, kerbau, ayam, bebek dan sebagainya.

Maka dari itu, daripada kotoran tersebut hanya menjadi sampah maka tidak ada salahnya jika Anda mengolahnya sebagai pupuk dalam kemasan. Jadi, kotoran hewan tersebut harus difermentasikan terlebih dahulu dan dikemas sedemikian rupa sebelum dijual. Bisnis terbilang cukup prospektif khususnya bagi target market masyarakat kota.

  1. Jasa pembuatan popup

Tidak sedikit orang yang ingin memberikan hadiah berbeda bagi orang terkasih. Salah satunya adalah popup. Hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan terutama bagi Anda yang gemar mendesain dan menggambar sesuatu. Usaha ini patut Anda jajal karena modal yang diperlukan juga tidak banyak.

Anda bisa mulai membuka usaha ini dengan mode pemesanan terlebih dahulu sebelum membuat. Awali dengan promosi di sosial media dengan cara mengunggah portofolio popup Anda, Cantumkan nomor ponsel yang dapat dihubungi agar calon pelanggan Anda bisa segera menghubungi.

  1. Produksi keripik buah

Produksi keripik buah adalah salah satu usaha makanan unik yang bisa Anda coba. Terutama jika Anda mahir mengkreasikan aneka keripik buah sebagai camilan kekinian yang cocok dalam segala kondisi. Usaha ini terbilang cukup menjanjikan karena masih jarang ditemui jenis usaha serupa. Kebanyakan keripik yang diproduksi biasanya seperti keripik bayam, keripik usus, keripik singkong dan sebagainya.

Tentu Anda cukup asing dengan istilah keripik anggur, keripik mangga atau keripik melon, bukan? Maka dari itu, Anda bisa segera merealisasikan produksi keripik buah sekarang juga. Apalagi jika Anda tinggal di daerah yang banyak dijumpai aneka kebun buah sebagai bahan dasar pembuatan keripik tersebut. Sayang sekali apabila peluang tersebut tidak Anda manfaatkan dengan baik.

  1. Jasa video produser

Keahlian dalam bidang pembuatan video merupakan salah satu hal yang bisa dijadikan sebagai bisnis menguntungkan. Terlebih lagi saat ini kebutuhan akan konten video terbilang cukup luar biasa jumlahnya. Jadi, jika Anda mahir dalam membuat serta melakukan editing video maka bisa mengawali bisnis Anda dengan menjadi seorang video produser.

Adapun contoh video produser di antaranya vloger, mitra youtube, drone video graper, iklan video online, dokumenter, animator dan sebagainya. Anda dapat menawarkan jasa yang dimiliki kepada berbagai situs project video yang dapat dijumpai dengan mudah. Di samping itu, Anda juga bisa menawarkan jasa tersebut melalui iklan digital.

  1. Jual audio dan backsound

Peluang usaha unik berikutnya yang perlu Anda coba ialah jual audio dan backsound. Terutama jika Anda mahir dan hobi dalam bermusik. Sesuai dengan namanya, bisnis akan memungkinkan Anda untuk membuat beraneka macam backsound maupun musik intro yang kemudian bisa dijual secara online.

Sasaran utama dari bisnis ini adalah para pembuat ilkan. Tidak jarang para youtuber juga memerlukan jasa tersebut. Khususnya jike mereka malas dengan copyright. Jadi, mereka lebih membutuhkan jasa pembuat audio dan backsound dari Anda.

  1. Produksi produk daur ulang

Bagi Anda yang mahir dalam berkreasi, maka produksi produk daur ulang dapat menjadi opsi usaha yang cukup menjanjikan. Anda bisa memanfaatkan berbagai macam barang bekas dan sampah untuk dijadikan sebagai barang bagus yang bisa dimanfaatkan oleh banyak kalangan. Misalnya, dompet, tas belanja, bunga plastik dan lainnya.

Selain dapat memberikan keuntungan yang cukup banyak, produksi produk daur ulang juga dapat menyelamatkan lingkungan dari pemcemaran. Jadi, di samping memperoleh banyak uang dari hasil penjualan produk daur ulang tersebut maka Anda juga akan mendukung program pemanfaatan barang bekas.

  1. Jasa perawatan lansia

Jasa perawatan lansia dinilai mempunyai prospek yang baik dengan jumlah pesaing yang cukup sedikit. Khususnya bagi generasi milennial dan post milennial, maka usaha ini masih belum banyak digeluti. Tidak seperti di negara Hongkong yang dapat dengan mudah dijumpai usaha serupa, di Indonesia nampaknya usaha tersebut masih cukup sedikit direalisasikan.

Oleh sebab itu, Anda perlu coba untuk mendirikan jasa perawatan lansia. Terlebih lagi jika Anda memiliki cukup modal, maka Anda bisa membuka yayasan perawat lansia dengan merekrut sejumlah orang untuk bekerja bersama Anda. Pasti keuntungan yang dapat Anda peroleh akan begitu luar biasa.

  1. Produksi dan jual kuliner jadul

Bagi Anda yang gemar bergelut dalam dunia kuliner dan ingin mewujudkan impian untuk berbisnis makanan, maka salah satu opsi yang pas adalah memproduksi dan berjualan kuliner jadul. Ini adalah salah satu ide bisnis yang anti mainstream. Terlebih lagi saat ini terdapat begitu banyak penjual yang menjajakan makanan kekinian. Tentu Anda akan memiliki pesaing yang sedikit.

Anda bisa memproduksi aneka makanan jadul seperti mi lidi, aneka kacang-kacangan, rambut nenek, gulali dan sebagainya. Usaha ini terbilang cukup potensial karena mampu mengingatkan kembali pada masa kecil pelanggan Anda. Tidak heran jika bisnis ini diprediksi akan begitu laku di pasaran.

  1. Produksi kosmetik ramah lingkungan

Sesuai dengan namanya, bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam dunia kecantikan maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan alami guna dijadikan sebagai bahan kosmetik yang ramah lingkungan. Kosmetik yang ramah lingkungan berarti bebas dari adanya bahan kimia sintesis yang bisa membahayakan tubuh.

Untuk mempromosikan kosmetik ramah lingkungan ini, maka Anda perlu bekerja sama dengan pihak BPOM. Setidaknya kosmetik Anda akan aman digunakan jika memiliki label BPOM. Jangan lupa untuk memasang harga jual yang tidak kalah ramah demi menarik minat pembeli, ya!

  1. Produksi tempura buah

Jika tempura udang atau daging merupakan salah satu varian makanan yang umum dijumpai, maka tempura buah tentu dapat memberikan nuansa tersendiri bagi pecinta kuliner seperti Anda. Produksi tempura buah dapat menjadi salah satu ide bisnis unik yang bisa Anda coba. Terutama bila Anda mempunyai kemampuan dalam dunia kuliner.

Tempura buah merupakan salah satu varian kuliner yang dibuat. Untuk membuat penganan ini, maka Anda bisa menggorengnya dengan teknik deep frying. Bila perlu Anda bisa menambahkan es krim dalam sajian tempura tersebut. Dijamin rasanya akan menjadi luar biasa.

25 peluang ide bisnis unik tersebut kiranya dapat bermanfaat bagi Anda, khususnya yang sedang bingung menentukan pilihan peluang bisnis yang tidak umum. Jika Anda ingin menjadi pebisnis yang sukses, maka cobalah untuk berpikir out of the box. Salah satunya adalah dengan meluncurkan konsep bisnis yang benar-benar unik. Jadi, tunggu apa lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *