Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Tabungan : Pengertian, Manfaat, Jenis-jenis dan Syarat Menabung

3 min read

pengertian tabungan

Bisniskuy.com – Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan pengertian tabungan, bukan. Anda akan terpikirkan tentang simpanan, menabung, dan tentu saja uang.

Hampir semua orang memiliki tabungan, baik yang disimpan di rumah maupun yang disimpan di bank atau tempat penyimpanan lainnya.

Meski demikian, ternyata tidak sedikit orang yang belum mengetahui pengertian tabungan, sehingga tidak sedikit pula orang yang belum memiliki tabungan.

Atau masih menyimpan uang dengan cara yang asal-asalan. Berikut akan dijelaskan definisi dari tabungan.

Apa Itu Tabungan?

Pengertian tabungan secara umum yaitu suatu media dalam menyimpan uang yang paling umum dikenal oleh masyarakat.

Tempat yang umum digunakan sebagai tempat penyimpanan uang tabungan yaitu Bank, karena Bank dipercaya sebagai tempat penyimpanan uang yang keamanannya sudah terjamin.

Melalui fasilitas yang ditawarkan oleh suatu Bank, Anda tidak perlu merasa khawatir akan keamanan uang Anda. Sebab, tabungan yang ada di Bank dilindungi oleh Lembaga Penjamin Simpan atau yang biasa disebut LPS.

Berikut adalah tujuan dari tabungan:

  1. Sarana untuk menyimpan uang dari hasil pendapatan untuk digunakan memenuhi kebutuhan uang di masa mendatang.
  2. Sarana untuk melakukan transaksi, baik individu maupun kelompok.

Manfaat Memiliki Tabungan

Bank merupakan media penyimpanan uang yang aman dan terpercaya, memiliki tabungan sudah pasti banyak manfaat yang akan didapatkan, berikut beberapa manfaat apabila Anda memiliki tabungan.

  1. Uang yang disimpan terjamin keamanannya.
  2. Tabungan tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang.
  3. Adanya informasi jumlah tabungan yang tersimpan di Bank.
  4. Terhindar dari penggunaan uang yang tidak penting.
  5. Sebagai sarana transaksi baik unuk individu maupun kelompok.

Baca juga : Begini Syarat Buka Rekening Seluruh Bank di Indonesia

Jenis-jenis Tabungan di Bank

Ada beberapa jenis tabungan di bank yang masing-masing memiliki fungsi berbeda sesuai dengan tujuanya. Berikut uraian lengkapnya:

  • Tabungan Konvensional

Tabungan konvensional merupakan salah satu tabungan yang hampir dimiliki oleh kebanyakan orang. Tabungan konvensional biasanya dijadikan sebagai pilihan utama, apabila seorang nasabah ingin memiliki jenis tabungan lainnya.

Nasabah jenis tabungan konvensional akan mendapatkan berbagai fasilitas di antaranya seperti buku tabungan, kartu debit, layanan e-banking, atau bisa juga mobile banking.

Tabungan jenis ini juga memiliki suku bunga yang rendah, berkisar antara 0% hingga 2% saja. Jenis tabungan ini memiliki suku bunga yang rendah karena memang tujuannya hanya digunakan untuk menyimpan uang.

  • Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka sangat dianjurkan bagi Anda yang hanya ingin menyimpan uang untuk tujuan tertentu. Misalnya, untuk membeli sesuatu atau untuk digunakan liburan.

Namun, bunga yang dihasilkan akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan konvensional, suku bunga tersebut berkisar antara 3-7%. Sehingga, nilai uang dari tabungan Anda tersebut akan lebih terjaga.

Uang yang disimpan dalam jenis tabungan berjangka baru bisa diambil pada jadwal yang telah disepakati saja, dan tidak bisa diambil sebelum jadwal tersebut. Apabila Anda melanggar hal tersebut, maka Anda akan dikenakan penalti.

  • Tabungan Anak

Tabungan anak memang ditujukan bagi anak-anak agar mereka terbiasa untuk menabung sejak usia dini.

Fasilitas yang ditawarkan oleh jenis tabungan ini sama seperti jenis tabungan konvensional. Nasabah akan mendapatkan fasilias berupa buku tabungan dan/atau kartu debit. Akan tetapi, pada umumnya tidak disediakan fasilitas seperti SMS banking atau internet banking.

Tabungan jenis ini memiliki jumlah setoran yang rendah, hanya berkisar puluhan ribu saja. Sedangkan untuk setoran selanjutnya bisa dimulai dari Rp5.000.

  • Tabungan Mata Uang Asing

Tabungan jenis ini biasanya juga disbeut dengan tabungan valuta asing (valas), dan menggunakan mata uang asing untuk ditabung, seperti mata uang dollar atau mata uang lainnya.

Anda juga bisa menabung dengan uang rupiah, namun akan dikonversi menjadi mata uang asing oleh pihak Bank. Nasabah jenis tabungan ini akan mendapatkan fasilitas berupa buku tabungan, kartu debit, dan akses internet banking.

Anda bisa melakukan setoran awal sekitar US$100. Namun, tabungan ini akan memberikan keuntungan yang lebih besar daripada rupiah.

  • Tabungan Haji

Sama halnya seperti tabungan berjangka, seorang nasabah harus menyetorkan sejumlah uang dalam jagka waktu tertentu. Apabila telah mencapai angka yang ditentukan untuk biaya pemberangkatan haji, maka uang tabungan Anda akan dicairkan.

Anda bisa mendaftarkan diri di bank atau lembaga tertentu agar bisa memiliki tabungan haji. Namun, pada umumnya bisa dilakukan di bank syariah atau Kementrian Agama.

Syarat yang perlu dipersiapkan juga lebih banyak dibandingkan jenis tabungan yang lainnya. Karena Anda perlu untuk menyertakan dokumen riwayat kesehatan, disamping menyetorkan dokumen identitas diri.

Setoran awal yang berkisar ratusan ribu, namun, lebih banyak uang yang disetorkan tentunya akan membuat tabungan haji akan lebih cepat tercapai.

  • Tabungan Deposito

Tabungan deposito mirip seperti tabungan berjangka, namun lebih ditujukan untuk investasi. Sebab, bunga yang diterapkan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa.  Bunga yang diterapkan berkisar 3-7%.

Mekanisme jenis tabungan deposito yaitu seorang nasabah melakukan setoran satu kali dengan nominal yang cukup besar. Selanjutnya, uang setoran tersebut akan disimpan di Bank dalam jangka waktu tertentu, sesuai yang dipilih oleh nasabah.

Jangka waktu yang ditawarkan yaitu; satu, dua, tiga, enam, atau 1 bulan. Nantinya nasabah akan mendapapatkan setoran pokok tabungan beserta dengan bunganya. Setoran untuk jenis tabungan deposito terbilang cukup besar, setoran tersebut mulai dari Rp8 jutaan.

  • Tabungan Giro

Tabungan giro kerap kali disebut sebagai tabungan bisnis. Karena falisitas yang disediakan memanglah dibutuhkan untuk kebutuhan bisnis. Contohnya seperti melakukan transaksi pengiriman ke beberapa rekening, dan transaksi tersebut bisa menggunakan cek/bilyet.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menabung

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda menabung di sebuah Bank yang Anda percayai.

  • Tanyakan Metode Perhitungan Bunganya

Sebelum Anda menabung, ada baiknya jika Anda tanyakan terlebih dahulu tentang metode perhitungan bunga yang diberlakukan oleh pihak Bank tersebut.

Suku bunga tabungan dapat berubah sewaktu-waktu, maka dari itu, tanyakan terlebih dahulu suka bunga tersebut disebut suku bunga mengambang ataukah floating rate. Beberapa bank menerapkan suku bunga fixed rate, yaitu suku bunga tabungan tetap untuk jangka waktu tertentu.

  • Pilih Tabungan yang Menyediakan Bunga Kompetitif

Pilihlah produk tabungan yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda. Apabila Anda tidak berniat untuk melakukan pengambilan saldo secara rutin, maka pertimbangkan pilihan jenis tabungan berjangka, karena suku bunganya hanya berkisar 3% saja.

  • Pilih Produk Tabungan yang Menyediakan Fasilitas Lengkap

Pilihlah produk tabungan yang menyediakan fasilitas lengkap untuk nasabah. Seperti internet banking atau mobile banking. Ambillah fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Pilih Jenis Tabungan dengan Biaya Administrasi Ringan

Pilihlah jenis tabungan yang biaya administrasinya rendah. Hal ini bertujuan agar saldo tabungan Anda tidak terkuras banyak. Anda bisa memilih jenis tabungan yang bebas dari biaya administrasi.

Dari informasi tersebut semoga anda bisa memahami pengertian tabungan, dan sekaligus bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk memilih jenis tabungan.

0
Admin
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *