Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

25+ Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Tanpa Modal

7 min read

usaha untuk mahasiswa

Bisniskuy.com – Siapa bilang mahasiswa tidak bisa mempunyai penghasilan tambahan? Di zaman modern seperti sekarang ini, bukan hal yang mustahil bagi seorang mahasiswa untuk mendapatkan uang tambahan. Terdapat begitu banyak peluang usaha untuk mahasiswa yang bisa Anda pilih. Mulai dari pekerjaan sambilan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan Anda hingga pekerjaan yang Anda gemari.

Jika Anda seorang mahasiswa yang tengah bingung mencari pekerjaan sampingan, maka berikut ini adalah rekomendasi usaha sampingan mahasiswa yang bisa Anda pilih. Kiranya dapat memberi Anda pencerahan.

25 Peluang Usaha untuk Mahasiswa

  1. Bimbel private

Peluang usaha bimbel private adalah salah satu jenis usaha yang paling sering dijumpai. Umumnya target bimbel adalah anak-anak yang masih duduk di bangku SD, SMP dan SMA. Misalnya, jika Anda mengambil jurusan Biologi maka Anda bisa mengajar bimbel mata pelajaran sains atau apabila Anda mengambil jurusan bahasa Inggris maka Anda dapat mengajar bimbel private sesuai dengan studi tersebut.

Bimbel private dapat memberikan keuntungan yang beragam bagi Anda. Honor yang Anda peroleh dari hasil bimbel dapat menambah uang saku. Selain itu, Anda juga dapat memperdalam penguasaan materi. Biasanya bimbel private akan panen besar pada waktu menjelang ujian.

  1. Membuka jasa penerjemah

Bagi Anda yang mengambil jurusan bahasa asing, maka membuka jasa penerjemah dapat menjadi pilihan usaha sampingan yang tepat bagi Anda. Modal untuk membuka jasa penerjemah juga tidak terlalu banyak. Anda hanya perlu menyediakan perangkat ketik seperti laptop, ponsel maupun komputer.

Biasanya Anda akan mendapatkan banyak klien dari dalam kampus maupun luar kampus. Jangan lupa untuk mempromosikan usaha Anda baik melalui media cetak seperti pamflet, mading kampus hingga media online.

  1. Membuka jasa pengiriman

Jika Anda adalah mahasiswa yang memiliki hobi berkendara, maka membuka jasa pengiriman dapat menjadi pilihan usaha sampingan yang pas. Anda bisa mengantarkan barang-barang di sekitar kampus dengan bermodalkan motor dan bensin.

Jika Anda mau membuka jasa pengiriman, sebaiknya Anda paham betul wilayah pengiriman. Hal ini tentu dapat mempermudah kinerja Anda. Semakin baik kinerja Anda, maka semakin banyak klien yang akan mempercayai Anda.

  1. Fotografer freelance

Apakah Anda memiliki kamera dan berminat dengan fotografi? Tidak ada salahnya jika Anda memulai usaha sampingan sebagai fotografer freelance. Untuk memulai usaha sampingan ini, Anda bisa bekerja sama dengan wedding organizer sebagai fotografer di acara pernikahan. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan jasa fotografi Anda untuk acara wisuda maupun pertunangan.

Tidak hanya untuk mengambil gambar saja, Anda juga bisa melengkapi jasa fotografer tersebut dengan jasa pengeditan foto, video sekaligus percetakannya..Apakah Anda sudah berminat?

  1. Penulis artikel lepas

Apabila Anda tertarik dengan dunia tulis menulis, maka menjadi penulis artikel lepas dapat menjadi alternatif usaha sampingan yang menarik bagi Anda. Menjadi penulis artikel lepas tidak memerlukan modal yang besar, bahkan nyaris tanpa modal. Yang perlu Anda siapkan ketika menekuni usaha ini adalah laptop atau komputer dan koneksi internet.

Meskipun usaha ini terbilang freelance, akan tetapi Anda juga harus paham betul dengan deadline. Anda perlu senantiasa memahami tema tulisan untuk menciptakan tulisan-tulisan yang baik sehingga bisa mengerjakan tulisan secara on time atau before on time.

  1. Membuka jasa desain grafis

Untuk mahasiswa yang gemar dan memiliki keahlian di bidang desain grafis, ada baiknya untuk membuka usaha sampingan di bidang tersebut. Usaha sampingan ini memerlukan keterampilan dalam mengoperasikan software foto editor seperti photoshop dan corel draw.

Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dari usaha tersebut. Bahkan untuk mendapatkan klien pun tidak sulit. Anda bisa mendapatkan klien dari teman kampus, dosen maupun masyarakat umum di luar kampus. Semua bergantung bagaimana Anda mempromosikan jasa desain grafis tersebut.

  1. Tour guide

Berkuliah di tempat yang banyak memiliki tempat wisata seperti Bali dan Yogyakarta, maka Anda bisa memilih tour guide sebagai bisnis sampingan. Usaha untuk mahasiswa ini sangat direkomendasikan bagi Anda terutama yang menguasai bahasa asing. Sebagai tour guide yang baik, Anda juga perlu menguasai sejarah tempat-tempat wisata yang dikunjungi.

Guna memulai bisnis sampingan tersebut, maka Anda bisa mempromosikan jasa Anda melalui media online. Di samping itu, Anda juga bisa menawarkan jasa kepada pihak tempat wisata agar jika suatu hari ada turis yang datang Anda dapat dihubungi dengan mudah.

  1. Jual kaos

Jual kaos adalah usaha yang cocok untuk mahasiswa berikutnya. Untuk memulai usaha ini Anda perlu memiliki hubungan dengan tempat konveksi maupun tempat sablon. Anda juga harus pintar berpikir kreatif dalam menentukan desain kaos. Buatlah desain kaos yang keren dan kekinian. Karena semakin keren desain kaos Anda, maka semakin banyak pula orang yang tertarik untuk membeli.

Jika berkenan, Anda juga bisa menampung desain dari klien. Jadi, Anda bisa mempersilahkan klien untuk menentukan sendiri desain kaosnya seperti apa dan Anda hanya perlu mencetak serta mendistribusikannya.

  1. Menjadi bagian dari EO

Join dengan Event Organizer atau EO juga dapat menjadi usaha untuk mahasiswa yang pas bagi Anda. Terutama jika Anda memiliki pengalaman tentang tim acara atau event tertentu. Barangkali Anda bisa menjadi MC dalam acara yang handal jika memiliki kemampuan berbicara yang baik.

Selain membutuhkan kecakapan berbicara, untuk menjadi MC Anda juga perlu memiliki pengetahuan tentang trend terkini. Minimal Anda harus mengetahui pemberitaan terbaru atau segala hal yang berhubungan dengan acara yang diselenggarakan. Dengan demikian, Anda tidak akan pernah kehabisan bahan pembicaraan.

  1. Jual beli barang bekas

Jual beli barang bekas adalah salah satu bentuk usaha untuk mahasiswa yang bisa menambah pundi-pundi uang Anda. Sayang sekali bukan jika barang bekas yang masih bisa dimanfaatkan justru terbuang sia-sia. Terutama bagi mantan anak kos yang telah menyelesaikan masa studi dan harus kembali ke kampung halaman. Hal ini dapat menjadi ide bisnis sampingan yang amat menguntungkan bagi Anda.

Anda bisa mulai menjual barang bekas melalui situs marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak bahkan hingga OLX. Jangan lupa pastikan barang bekas yang Anda perjualbelikan masih bisa dimanfaatkan dengan baik.

  1. Ticketing online

Usaha sampingan mahasiswa selanjutnya adalah ticketing online. Usaha ini bisa dikatakan sebagai usaha yang sedang booming mengingat banyaknya permintaan terkait tiket murah. Caranya, Anda dapat mendaftarkan diri di website resmi jual beli tiket baik itu kereta api maupun pesawat. Anda dapat menjual tiket tersebut secara online melalui promosi di sosial media.

Selain itu, Anda juga dapat membuka kantor biro perjalanan kecil-kecilan. Selain menyediakan tiket perjalanan, Anda juga bisa menyediakan layanan lain seperti jual pulsa elektronik, pulsa PDAM dan melayani pembayaran kredit leasing.

  1. Agen pencari kos

Tidak mustahil bagi mahasiswa seperti Anda untuk berbisnis sampingan menjadi agen pencari kos. Khususnya jika Anda sudah memahami wilayah kampus yang dituju. Tentu hal ini bukan masalah bagi Anda. Bila perlu Anda bisa bekerjasama dengan sejumlah pemilik kos di wilayah tersebut.

Hanya berbekal kendaraan bermotor dan ponsel saja, Anda sudah bisa menemukan kos ideal bagi mahasiswa baru yang menggunakan jasa Anda. Pastikan Anda memahami terlebih dahulu kriteria kos yang diinginkan oleh klien Anda.

  1. Jasa pengetikan

Usaha untuk mahasiswa berikutnya yang cukup menguntungkan adalah jasa pengetikan. Hal ini mengingat bahwa tidak semua mahasiswa memiliki laptop. Di samping itu, daripada membayar mahal untuk jasa warnet maka lebih baik untuk melimpahkan tugas pengetikan tersebut kepada Anda.

Biasanya jasa pengetikan yang banyak dicari ialah pengetikan skripsi, tugas, laporan praktikum, makalah dan sebagainya. Di sini Anda hanya perlu mengetik, bukan mengerjakan tugas tersebut. Bila diperlukan, Anda bisa sekaligus mencetakannya.

  1. Install ulang windows dan aplikasi PC

Install ulang windows maupun aplikasi bagi laptop dan PC merupakan salah satu usaha sampingan yang cocok bagi mahasiswa jurusan TI seperti Anda. Bisnis ini bisa dikatakan sebagai bisnis tanpa modal karena hanya memanfaatkan software yang ada di internet. Sasaran utama dari jasa ini adalah para mahasiwa yang malas repot untuk mengintall windows maupun apilikasi di laptop mereka.

  1. Service laptop

Usaha sampingan untuk mahasiswa ini sangat sangat cocok bagi Anda yang memiliki keterampilan memperbaiki peralatan elektronik terutama laptop. Usaha ini sangat potensial mengingat hampir semua mahasiswa memiliki laptop.

Bisnis sambilan ini bisa Anda promosikan kepada teman-teman Anda. Tidak memungkiri bahwa Anda juga dapat membuka bisnis ini di kos.

  1. Jual Ebook

Apabila Anda mahir dalam merangkum materi pembelajaran, tidak ada salahnya untuk memulai kerja sampingan sebagai penjual ebook. Usaha ini dapat menambah uang saku bulanan Anda mengingat bahwa tidak sedikit mahasiswa yang malas mencatat. Rangkuman tersebut tentu akan sangat bermanfaat menjelang ujian tiba.

Setelah Anda berhasil meringkas materi pembelajaran, maka Anda bisa menscan rangkuman Anda dan menjadikannya sebagai buku elektronik atau ebook. Ebook dirasa cukup praktis karena dapat dibuka kapan saja melalui perangkat smartphone maupun PC.

  1. Jual pulsa elektronik

Jual pulsa elektronik bisa menjadi usaha sampingan yang cocok bagi Anda. Selain tidak memerlukan modal banyak, jual pulsa elektronik juga cepat balik modal. Asal Anda memiliki banyak relasi, maka usaha sampingan ini akan berjalan dengan baik. Anda bisa menawarkan pulsa kepada teman sekelas, sekampus, para dosen hingga teman sekos.

Siapa sih yang tidak perlu pulsa? Terlebih lagi saat ini pulsa bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer. Jadi, meskipun dikatakan sebagai usaha sambilan akan tetapi usaha ini bisa mencukupi uang jajan Anda.

  1. Jasa printing

Merasa sayang dengan printer yang jarang terpakai? Tidak ada salahnya jika Anda membuka jasa printing dengan memanfaatkan printer tersebut. Hanya bermodalkan satu printer saja, Anda sudah bisa memperoleh keuntungan. Bisnis sampingan ini dirasa cukup menguntungkan mengingat bahwa mahasiswa kebanyakan memiliki tugas yang harus dicetak menggunakan printer.

Di samping menyediakan printer, Anda juga perlu menyediakan kertas HVS. Biasanya jenis kertas HVS yang sering digunakan untuk mencetak tugas adalah kertas berukuran A4.

  1. Jasa titip

Dengan bermodalkan kendaraan bermotor dan relasi, Anda bisa membuka bisnis jasa titip. Anda bisa melayani klien yang ingin membeli baju namun malas antri karena ramai pembeli. Bisnis ini terbilang menjanjikan khususnya di kota besar seperti Yogyakarta dan Jakarta. Jasa titip akan memberikan keuntungan yang berlimpah bagi Anda.

Anda bisa menawarkan jasa tersebut melalui iklan di mading kampus maupun secara online. Jangan lupa untuk menjalin kerjasama yang baik dengan toko yang dituju.

  1. Jasa pembuatan website

Bagi anak informatika seperti Anda, maka membuat website bukan merupakan permasalahan yang rumit. Jika Anda memiliki kemampuan untuk membuat website, tidak ada salahnya untuk menawarkan jasa pembuatan website. Usaha untuk mahasiswa ini sangat menguntungkan karena ada begitu banyak orang maupun perusahaan yang mencari jasa pembuatan website.

Apalagi lagi jika Anda mampu untuk membuat semacam toko online. Tidak perlu pergi jauh, Anda bisa mengerjakan usaha ini di rumah maupun di kos.

  1. Blogger

Siapa bilang menjadi blogger tidak bisa menghasilkan uang tambahan? Terutama bagi mahasiswa jurusan Teknologi Informasi, maka bisnis sangat cocok bagi Anda. Terdapat begitu banyak cara untuk memonetize blog. Misalnya, pay-per-click, google ads hingga memasang iklan di blog.

Apabila blog Anda memiliki banyak pengunjung, maka sudah bisa dipastikan bahwa Anda akan memperoleh laba. Untuk itu, Anda perlu membuat postingan yang berdaya baca tinggi.

  1. Membuka stand makanan ringan

Bila Anda gemar berjualan, maka membuka stand makanan ringan akan menjadi usaha yang cukup menjanjikan. Anda bisa membuka stand makanan dengan aneka sajian menu kekinian. Misalnya, bakso bakar, sosis telur, takoyaki, mendoan dan sebagainya.

Anda bisa membuka stand di event tertentu maupun di mall-mall. Bila perlu Anda bisa mempromosikan usaha Anda melalui sosial media.

  1. Membuka stand minuman kekinian

Di samping membuka stand makanan ringan, Anda juga bisa membuka stand minuman kekinian. Usaha ini memiliki risiko minim namun tetap memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan. Membuka stand minuman merupakan usaha yang begitu mudah dijalankan. Terlebih lagi, saat ini terdapat sistem franchise yang memudahkan Anda dalam memperoleh bahan baku hingga menarik pembeli.

Seperti halnya stand makanan ringan, Anda bisa membuka stand minuman kekinian di berbagai macam pusat perbelanjaan, event tertentu hingga acara CFD.

  1. Menjalankan bisnis online shop

Anda bisa membuka online shop demi mendapatkan penghasilan tambahan. Pastikan fokus pada jenis barang apa saja yang ingin Anda jual. Misalnya, baju dan perlengkapan perempuan. Anda bisa menawarkan berbagai macam baju kekinian, giwang, gelang, bando dan sebagainya.

Selain melalui facebook, Anda juga bisa membuka toko online di situs marketplace ternama seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee. Yang terpenting dari usaha online shop adalah kepercayaan dari pelanggan yang bisa Anda tampilkan melalui foto testimoni produk.

  1. Ojek online

Ini adalah usaha yang cocok untuk mahasiswa dan sudah banyak dilakukan oleh banyak orang. Alasannya tidak lain adalah karena ojek online memiliki waktu kerja yang fleksibel. Jadi, ketimbang motor Anda menganggur di kos ada baiknya untuk memanfaatkannya sebagai peluang usaha yang menguntungkan.

Terlebih lagi di situs resmi ojek online banyak menawarkan bonus bagi para driver. Hal ini tentu bisa menambah uang saku Anda. Selain motor, yang Anda butuhkan untuk menjalankan usaha ini adalah smartphone dan paket data.

25 alternatif usaha untuk mahasiswa tersebut kiranya dapat Anda pertimbangkan sebagai pilihan. Pilihlah usaha yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan lupa bahwa usaha tersebut sifatnya hanya sampingan untuk menambah uang saku saja. Jangan terlalu fokus dengan usaha tersebut karena tugas utama Anda adalah menyelesaikan masa studi Anda di perguruan tinggi. Selamat mencoba!

Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *