Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

18+ Ide Bisnis Pinggir Jalan Banyak Pembelinya 2020

7 min read

ide bisnis pinggir jalan

Bisniskuy.com – Hampir sebagian besar masyarakat, menganggap remeh ide bisnis pinggir jalan dibandingkan bisnis jualan yang dilakukan di Mall-mall, ataupun di beberapa tempat yang eksis akan membawa banyak keuntungan. Sebab, mereka beranggapan jika tempat-tempat berikut memiliki banyak pengunjung. Padahal, dalam kenyataannya tidak semua bisnis yang dilakukan di tempat-tempat tersebut akan memberikan hasil yang berlimpah.

Karena, selain sewa tempat usaha yang mahal, terkadang orang hanya melihat-lihat saja tanpa ada keinginan untuk membeli. Justru, seringkali ide usaha pinggir jalan yang dianggap remeh, nyatanya lebih banyak memberikan keuntungan. Pasalnya, untuk melakukan bisnis di pinggir jalan berikut, Anda lebih bisa meminimalisir modal yang digunakan.

Ide untuk melakukan bisnis pinggir berikut dapat Anda lakukan di beberapa tempat yang strategis. Seperti kampus, kantor, rumah sakit, sekolah, taman kota, dan berbagai tempat lainnya yang diperbolehkan oleh pemerintah sebagai tempat usaha.

Ide Bisnis Pinggir Jalan yang Banyak Pembelinya

Sedangkan ide bisnisnya sendiri, Anda bisa mencoba beberapa hal yang saat ini sedang digemari, seperti membuka bisnis berjualan makanan, aksesoris, menyewakan mainan, hingga menyewakan kendaraan, lengkap dengan promo yang menarik dan lain dari biasanya. Sehingga, masyarakat akan tertarik untuk mencoba bahkan membeli barang yang Anda tawarkan. Untuk informasi lengkapnya tentang ide bisnis, simak ulasan berikut ini!

Bisnis Angkringan

Ide bisnis angkringan kini tidak hanya popular di kota Yogyakarta saja, namun juga sudah banyak ditemukan di berbagai kota besar yang ada di Indonesia. Bahkan, sekarang Anda bisa dengan mudah menemukan angkringan di ruas-ruas jalanan kota yang ramai.

Menu andalan yang biasa ditemukan di angkringan adalah sate telur puyuh, nasi kucing, sate usus, gorengan, dan juga wedang jahe. Di mana berbagai jenis makanan serta minuman tersebut cukup banyak digemari oleh masyarakat, terutama oleh mahasiswa karena harganya yang ramah di kantong.

Dengan membuka ide usaha ini, keuntungan yang bisa Anda dapatkan lebih terjamin. Sebab, beragam makanan dan minuman tersebut banyak dicari, serta tidak begitu membutuhkan banyak modal untuk membuatnya.

Bisnis Warung Makan Pinggir Jalan

Tentunya Anda pernah mengalami kelaparan ketika sedang di jalan, sehingga mengharuskan Anda untuk berhenti dan membeli makanan di warung makan yang terdapat di pinggir jalan. Dari hal tersebut, Anda bisa menyimpulkan jika bisnis warung makan di pinggir jalan cukup menjanjikan. Karena, tidak semua orang yang bepergian selalu membawa bekal dan memilih untuk membeli makanan di warung-warung yang ada di pinggiran jalan.

Terlebih lagi, jika menu-menu yang ditawarkan lebih beragam atau memiliki keunikan tersendiri dibandingkan warung makan lainnya, seperti menawarkan ayam goreng dengan bumbu spesial, hingga minuman yang belum pernah dijual di manapun. Dengan begitu, orang-orang menjadi tertarik untuk membeli makanan dan minuman di usaha warung makan yang Anda dirikan.

Usaha Jual Gorengan

Berbicara tentang usaha jualan pinggir jalan, ide untuk jualan gorengan juga bisa dijadikan pilihan. Sebab, hampir seluruh lapisan masyarakat cukup menyukai gorengan, yang pada umumnya dijual dengan harga murah meriah. Karena itulah, tidak heran apabila banyak orang yang gemar menjadikan gorengan sebagai hidangan atau isian kardus, karena selain murah, jenisnya pun juga banyak.

Beberapa jenis gorengan diantaranya adalah pisang goreng, bakwan, tahu isi, ote-ote, ubi goreng, dan masih banyak lagi. Dari sini Anda bisa menyimpulkan, jika ide bisnis berjualan gorengan ini cukup menguntungkan untuk dicoba, karena dengan modal sedikit Anda bisa memperoleh omzet yang lumayan.

Jualan Jagung Bakar dan Rebus

Ketika suhu udara sedang dingin, memang paling nikmat sambil memakan makanan yang hangat, seperti jagung bakar dan rebus misalnya. Oleh karena itu, tidak heran jika ketika waktu petang tiba hingga malam hari, kerap ditemukan penjual jagung rebus atau bakar yang sedang berjualan di pinggir jalan dan cukup ramai akan pelanggan.

Apabila Anda tertarik untuk memulai bisnis dengan berjualan jagung, Anda bisa mencobanya dengan menambahkan varian rasa yang berbeda. Hal tersebut bertujuan agar orang-orang yang lewat menjadi tertarik untuk membelinya.

Bisnis Cilok dan Cimol

Cilok dan cimol merupakan jajanan khas kota Bandung yang terbuat dari tepung aci dan dijual bersama bumbu yang khas dan lezat. Selain itu, bentuk dari kedua jajanan tersebut juga cukup unik, yaitu berbentuk bulat selayaknya bola, yang mana menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang untuk mencoba jajanan tersebut.

Di samping itu, harga jual cilok dan juga cimol terbilang bersahabat dengan isi yang cukup banyak setiap bungkusnya. Sehingga, tidak mengherankan apabila makanan yang sering disebut sebagai jajanan pinggir jalan tersebut memiliki laris manis dan memiliki banyak penggemar, mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa.

Bisnis Jualan Singkong Keju

Meskipun bisnis berjualan singkong keju cukup jarang ditemukan, bukan berarti jenis makanan yang berbahan dasar singkong tersebut sepi peminat. Pasalnya, jenis makanan dari singkong ini nyatanya memiliki banyak penggemar. Sehingga, Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu peluang usaha dengan hasil yang lumayan menjanjikan.

Sebab, untuk membuka bisnis singkong keju tersebut membutuhkan bahan yang simpel dan cara pembuatan yang terbilang sederhana. Agar lebih menarik, Anda juga bisa menambahkan berbagai varian rasa, seperti singkong keju cokelat, singkong keju pedas, singkong keju kacang, serta berbagai varian lain yang dapat Anda kreasikan sendiri.

Berjualan Kerak Telor

Pada umumnya, makanan kerak telor hanya bisa dijumpai di Jakarta, yang merupakan kota di mana makanan tersebut berasal. Hal tersebut tentunya membuat penggemar kerak telor yang tidak tinggal di Jakarta, tidak bisa menikmati makanan tersebut.

Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan peluang usaha tersebut, yakni dengan berjualan kerak telor di daerah Anda. Sehingga, Anda tidak hanya mengobati rasa kangen atau penasaran masyarakat akan makanan khas Jakarta tersebut. Namun, juga bisa membuka usaha jualan yang berbeda dari biasanya. Agar kerak telor yang Anda jual lebih variatif dan memiliki keunikan tersendiri, Anda bisa memberikan bumbu atau topping tambahan.

Bisnis Martabak Telor dan Martabak Manis

Martabak adalah salah satu jenis makanan yang cukup favorit dan mudah dijumpai di pinggiran jalan. Martabak sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni martabak telor dan martabak manis. Pada umumnya, martabak telor memiliki rasa yang gurih dan terkadang dikonsumsi bersama kuah. Sedangkan martabak manis, sesuai dengan namanya, jenis martabak ini memiliki rasa manis yang cukup khas.

Biasanya martabak jenis ini disajikan dengan isian yang beragam, seperti meses, keju, kacang, selai rasa buah-buahan, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, tidak heran apabila makanan yang satu ini mempunyai banyak peminat. Sehingga tidak jarang orang yang menjadikan jualan martabak sebagai peluang usaha karena menguntungkan.

Bisnis Jualan Bubur Kacang Hijau

Bubur memiliki banyak macam, seperti bubur ayam, bubur beras merah, bubur kacang hijau, dan masih banyak lagi. Namun, dari sekian banyak jenis bubur yang ada, bubur kacang hijau tampaknya lebih digemari. Karena selain menawarkan rasa yang lezat, bubur yang berbahan dasar kacang hijau tersebut memiliki kandungan gizi yang tinggi, sehingga bagus untuk kesehatan.

Karena itulah, banyak orang yang tertarik untuk berjualan bubur kacang hijau. Terlebih lagi, proses pembuatannya juga tidak terlalu sulit. Agar lebih menarik, Anda dapat menambahkan kuah santan, ketan hitam, roti tawar, serta es batu ke dalam bubur kacang hijau. Sehingga, bubur kacang hijau tidak hanya bisa dinikmati ketika udara sedang dingin saja, namun juga ketika udara sedang panas.

Bisnis Roti Bakar

Roti bakar adalah salah satu varian dari roti tawar yang dilumuri dengan mentega lalu dibakar atau dipanggang, kemudian setelah matang akan dilumuri dengan selai sesuai permintaan pelanggan. Beragam rasa selai yang disediakan adalah selai cokelat, kacang, nanas, strawberry, melon, dan varian rasa lainnya.

Selain menyediakan beragam varian rasa yang lezat, harga yang ditawarkan juga tergolong sangat bersahabat. Hal inilah yang membuat roti bakar tidak pernah sepi peminat. Oleh karena itu, bisnis berjualan roti bakar cukup menjanjikan, karena dengan modal sedikit, Anda memiliki banyak potensi untuk meraih keuntungan.

Berjualan Empek-empek Palembang

Seperti namanya, Empek-empek Palembang adalah makanan asal kota Palembang yang cukup terkenal dan digemari oleh masyarakat. Sebab, empek-empek ini menawarkan cita rasa yang begitu khas. Selain itu, harganya pun juga tergolong cukup terjangkau.

Maka dari itu, apabila Anda memiliki keinginan untuk membuka usaha makanan, empek-empek Palembang bisa menjadi salah satu jenis makanan yang perlu dicoba. Karena, selain tidak sepi peminat, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat empek-empek juga tidak begitu mahal.

Berjualan Telur Gulung

Telur gulung atau yang biasa dikenal dengan nama tegul tersebut, merupakan jajanan pinggir jalan yang berbahan dasar telur. Meskipun terlihat sederhana, nyatanya jajanan yang satu ini memiliki banyak penggemar, seperti anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun. Telur gulung sendiri biasanya disajikan dengan saus, mayones, atau bumbu bubuk dengan beragam varian rasa.

Dikarenakan jajanan ini mempunyai banyak peminat, tidak ada salahnya untuk berjualan telur gulung jika Anda ingin membuka usaha berjualan makanan. Pasalnya, proses untuk membuat jajanan tersebut terbilang mudah dan sederhana. Selain itu, modal yang Anda butuhkan tidaklah banyak, namun Anda bisa memperoleh hasil yang berlimpah.

Bisnis Berbagai Macam Es

Selain melakukan ide bisnis pinggir jalan dengan berjualan makanan, bisnis jualan es juga bisa Anda coba. Berbagai jenis es yang bisa Anda pilih sebagai peluang usaha, diantaranya adalah es pisang ijo, es teler, es buah, es campur, dan beberapa jenis es lainnya.

Peluang usaha ini tentu tidak sepi peminat, terlebih lagi ketika cuaca sedang panas yang mana lebih mudah untuk merasa haus. Sehingga, ide usaha dengan berjualan es tersebut dinilai memberikan banyak keuntungan.

Bisnis Kue Tradisional

Saat ini, cukup sulit untuk menikmati beraneka macam kue tradisional. Padahal, kue-kue tradisional tersebut memiliki banyak peminat. Sehingga, tidak mengejutkan jika terkadang Anda menemukan penjual kue tradisional yang dikerumuni oleh banyak pembeli.

Dari situ, Anda bisa mencoba membuka usaha dengan berjualan kue tradisional, seperti kue putu ayu, kue putu bambu, kue cucur, nagasari, dan masih banyak lagi. Usaha kue tradisional berikut dinilai cukup menguntungkan, karena dengan modal tak seberapa, Anda bisa meraih hasil yang menggiurkan.

Bisnis Sate Tahu

Jika sate ayam maupun sate kambing biasanya dimakan sebagai lauk, berbeda dengan sate tahu. Sate yang terbuat dari tahu dan campuran tepung tersebut juga bisa disantap sebagai jajanan. Oleh sebab itu, sate tahu tidak pernah sepi akan pembeli.

Terlebih lagi, selain menawarkan rasa yang lezat, sate tahu juga dijual dengan harga yang murah meriah. Sehingga, anak-anak kecil pun bisa membelinya. Apabila Anda tertarik, Anda bisa menggunakan ide ini untuk membuka usaha. Pasalnya, modal untuk membuat sate tahu tidaklah sebanyak modal ketika membuat sate ayam ataupun kambing.

Bisnis Berjualan Burger dan Kebab

Burger dan kebab adalah makanan asal luar negeri yang sangat dikenal baik oleh masyarakat di Indonesia. Biasanya, burger ataupun kebab kerap ditemukan dijual pada outlet-oultlet makanan terkemuka yang ada di kota. Dikarenakan belum semua daerah di Indonesia tersedia outlet yang menjual burger maupun kebab, maka Anda bisa memanfaatkan situasi tersebut untuk membuka usaha berjualan kebab dan burger, di mana Anda bisa memberikan tambahan varian sesuai kreasi.

Bisnis Berjualan Seblak

Sebagian besar masyarakat Indonesia dikenal menyukai makanan yang berbumbu. Maka dari itu, banyak dijumpai makanan atau jajanan Indonesia yang memiliki cita rasa pedas dan berbumbu, salah satu contohnya adalah seblak yang merupakan makanan asal Bandung.

Ciri khas dari makanan ini adalah cita rasa gurih yang dipadukan dengan rasa pedas berbagai level. Disamping menawarkan pedas dengan beragam level, seblak juga menawarkan berbagai varian yang menarik dan patut dicoba. Seperti seblak sayuran, seblak ceker, seblak mie, seblak macaroni pedas, seblak sosis, seblak goreng jamur, dan beberapa jenis varian lainnya.

Bisnis Jualan Kue Leker

Berbeda dengan jenis kue pada umumnya yang memiliki tekstur empuk, kue leker yang sudah melegenda sejak tahun 90-an tersebut menawarkan tekstur yang renyah. Pada zaman dahulu, kue leker dijual dengan toping berupa gula pasir dan juga potongan pisang berukuran kecil. Namun, dengan seiring perkembangan waktu, kini toping kue leker lebih bervariasi, yakni dengan taburan meses, coklat, dan juga keju.

Untuk menikmati kue yang renyah tersebut tidak begitu sulit, karena banyak pedagang jajanan yang menjual jajanan ini. Dikarenakan jajanan renyah ini memiliki banyak peminat, tidak ada salahnya untuk membuka usaha dengan berjualan kue leker. Untuk lebih menarik minat pembeli, Anda bisa menambahkan toping dengan varian baru.

Meskipun terlihat mudah dan menguntungkan, beragam ide bisnis tadi juga membutuhkan manajemen dan ketekunan yang baik agar memperoleh hasil yang maksimal. Agar bisnis yang Anda jalankan lebih sukses, tentunya ada beberapa hal yang perlu Anda terapkan. Salah satu diantaranya adalah memperhatikan kualitas dari makanan atau minuman yang Anda jual, baik dari segi bahan, pengolahan, maupun pengemasan. Karena, jika kualitasnya terjamin, tentu konsumen tidak akan merasa jera untuk membeli kembali.

Di samping itu, Anda juga harus senantiasa melakukan inovasi pada produk yang Anda tawarkan, agar konsumen tidak mudah merasa bosan. Selain itu, berikan pelayanan yang baik dan sopan kepada konsumen, sehingga konsumen menjadi tertarik untuk membeli dagangan Anda kembali. Nah, itulah beragam ide bisnis pinggir jalan yang tidak memerlukan banyak modal, namun mendatangkan banyak keuntungan. Selamat mencoba!

0
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.