Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

30+ Ide Bisnis Bidang Fashion yang Selalu Trend dan Laku

7 min read

bisnis bidang fashion

Bisniskuy.com – Tidak sedikit orang yang menjadikan fashion sebagai pilihan bisnis untuk memperoleh keuntungan. Hal tersebut dikarenakan tingginya minat masyarakat dalam berbelanja busana. Meskipun busana bukan merupakan kebutuhan primer namun fashion menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat. Oleh karena itu, tidak heran jika sejak dahulu bisnis bidang fashion selalu berkembang pesat.

Menggeluti bisnis di bidang fashion memang menjanjikan karena produk ini akan selalu ddibutuhkan oleh masyarakat luas. Banyaknya masyarakat yang membutuhkan produk ini maka sangat mudah untuk menemukan pasar dalam menjalankan bisnis ini. Bahkan perkembangan bisnis fashion di Indonesia selalu mengalami kemajuan seiring berkembangnya tekonologi yang memudahkan kegiatan berbisnis.

30 Bisnis Bidang Fashion yang Bisa Dijadikan Referensi

Ada banyak sekali ide usaha dalam bidang fashion yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk memulai bisnis. Banyaknya bisnis bidang fashion yang telah ada membuat Anda harus selektif dalam menentukan pilihan bisnis dengan mempertimbangkan berbagai hal. Berikut ada 30 inspirasi bisnis fashion yang bisa Anda jadikan pilihan untuk memperoleh keuntungan.

  1. Membuka Distro

Distro merupakan salah satu jenis usaha di bidang fashion yang bergerak dalam pembuatan pakaian beserta aksesorisnya dalam jumlah yang tidak banyak. Sehingga produk yang dibuatnya tidak akan ditemukan atau dijual pada tempat lain. Pada fashion distro ini sasarannya ialah anak muda karena produk yang dibuat selalu mengikuti trend dan style terbaru.

Usaha membuka toko distro memiliki cara yang sangat unik dalam pemasarannya yakni membutuhkan komunitas anak muda. Ketika Anda ingin membuka toko distro maka Anda harus mengetahui gaya atau trend fashion yang sedang digemari anak muda. Usaha membuka toko distro ini dapat memperoleh keuntungan yang besar karena banyaknya anak muda yang minat.

  1. Menjual Pakaian Muslim

Mayoritas masyarakat yang ada di Indonesia ialah muslim. Hal ini menyebabkan peluang bisnis pakaian muslim sangat besar. Perlu Anda ketahui bahwa jumlah umat muslim yang ada di Indonesia hampir 90% totalnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jumlah kebutuhan pakaian muslim di Indonesia sangat banyak.

Apalagi ditambah trend pakaian muslim seiring berjalannya waktu selalu mengalami perkembangan. Pakaian muslim yang dikenakan terlihat lebih modis bahkan banyak video tutorial yang dapat membantu untuk bisa mengikuti trend pakaian muslim yang semakin modern. Oleh karena itu usaha fashion hijab akan sangat menjanjikan dan menguntungkan.

  1. Membuka Toko Pakaian Khusus Sport

Demi menjaga kesehatan banyak orang yang berbondong-bondong untuk melakukan kegiatan olahraga. Untuk melakukan aktifitas olahraga tidak sedikit orang yang memilih untuk menggunakan pakaian yang nyaman agar kegiatan olahraga semakinn lancar. Oleh karena itu banyak industry yang mengeluarkan produk busana khusus untuk olahraga.

Hampir semua orang memilih menggunakan pakaian khusus sport saat melakukan olahraga. Sehingga jika Anda membuka bisnis pakaian khusus sport akan sangat menguntungkan karena banyaknya peminat.

Terutama bagi mereka yang atlet atau kegiatan sehari-harinya sering berlatih olahraga. Keuntungan yang didapatkan lumayan besar karena harga pakaian olahraga tidak murah. Alhasil, pundi-pundi akan semakin bertambah.

  1. Membuka Toko Pakaian Khusus Anak

Trend dan style fashion yang selalu berkembang tidak hanya pada busana orang dewasa saja, namun juga pada anak-anak. Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya sekalipun itu hanya busana.

Pakaian khusus anak tentunya akan sangat berbeda dengan pakaian dewasa. Sehingga dengan membuka toko pakaian khusus anak akan memudahkan orang dalam memilih.

  1. Membuka Toko Pakaian Khusus Bayi

Bisnis bidang fashion juga dapat ditujukan untuk bayi dan justru memiliki yang besar. Pakaian yang dikenakan bayi tentunya akan sangat berbeda dengan pakaian lain. Biasanya masyarakat memilih pakaian bayi dengan bahan yang lembut agar dapat memberi kenyamanan pada bayi. Sehingga dengan membuka toko pakaian khusus bayi akan memudahkan orang dalam memilih.

Bisnis ini dapat menguntungkan karena biasanya orang akan membeli pakaian bayi tidak dalam jumlah satuan, tapi lusinan. Ada banyak sekali produk yang bisa Anda jual untuk keperluan bayi seperti pakaian dengan berbagai ukuran sesuai usia, celana, jaket, baju tidur, dan lainnya. Tidak dipungkiri lagi jika usaha fashion bayi sangat menjanjikan.

  1. Membuka Toko Pakaian Khusus Wanita

Mungkin Anda akan bertanya mengapa membuka toko pakaian khusus wanita menjadi rekomendasi bisnis bidang fashion. Perlengkapan fashion wanita sangat banya sekali mulai dari model baju yang berbeda, sepatu, tas, dan aksesoris lainnya.

Hampir setiap wanita selalu selektif dalam memilih pakaian sehingga dengan bisnis pakaian wanita akan lebih memiliki daya tarik bagi banyaknya kaum wanita.

  1. Membuka Toko Pakaian Khusus Pria

Sama seperti bisnis pakaian khusus wanita, membuka toko pakaian khusus pria akan menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum pria. Pasalnya toko pakaian khusus pria akan lebih memfokuskan pemilihan trend untuk pria yang bagus. Sehingga banyak pria yang akan lebih memilih untuk membeli pakaian di toko pakaian khusus pria. Hal ini menjadi usaha yang sangat menjanjikan.

  1. Membuka Toko Kaos Distro

Jika sebelumnya telah dibahas mengenai bisnis distro yang mana pembuatan model pakaian dalam jumlah yang tidak banyak. Bisnis distro yang difokuskan untuk kaos akan menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa orang. Pasalnya sejak dahulu kaos merupakan trend yang tidak kenal zaman dan banyak digemari oleh masyarakat karena modelnya yang simpel.

  1. Casual Fashion

Bisnis yang satu ini sangat menjanjikan karena erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Dikarenakan banyak orang berkeinginan memiliki fashion yang beraneka ragam, maka Anda harus menambah karya.

Bisnis ini sangat menyenangkan karena Anda bisa berkarya dengan bebas seperti memadukan style. Dengan hasil yang baik maka usaha Anda akan semakin terkenal.

  1. Menjual Pakaian dengan Cara Online

Dengan adanya perkembangan teknologi membuat Anda akan lebih mudah dalam melakukan kegiatan bisnis. Online shop menjadi salah satu solusi bisnis yang paling menjanjikan dan menguntungkan. Anda dapat menjual berbagai jenis pakaian atau fashion sesuai trend tanpa harus mencari tempat yang strategis.

  1. Fashion Designer

Bagi Anda yang gemar dan memiliki keahlian di dunia fashion, usaha yang satu ini sangat cocok. Pasalnya tidak banyak orang yang memiliki kemampuan untuk mendesign fashion sehingga usaha ini akan sangat menjanjikan. Untuk memperoleh kemampuan di bidang fashion Anda tidak perlu sekolah tinggi karena Anda bisa mempelajari dalam beberapa waktu.

Pekerjaan sebagai fashion designer pada saat ini sangat banyak dicari mengingat bahwa style fashion merupakan kebutuhan penting. Perlu Anda ketahui bhawa keuntungan yang didapatkan dari seorang fashion designer ini tidak sedikit. Selain itu, karya yang Anda buat bisa dijadikan bisnis dalam jangka waktu lama.

  1. Fashion Blogger

Jika Anda tidak mempunyai modal untuk memulai bisnis bidang fashion menjadi fashion blogger bisa menjadi solusi. Menghasilkan uang dari internet memang sangat menyenangkan dan mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu menjadi fashion blogger akan sangat cocok kamu jadikan usaha jika kamu memiliki kemampuan menganalisa dan mengobservasi trend.

  1. Bisnis Majalah Fashion

Majalah fashion merupakan majalah yang di dalamnya fokus membahas style fashion dengan trend terkini. Usaha ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki kamampuan menulis bagus dan paham akan dunia fashion. Dengan menerbitkan majalah fashion Anda dapat menjaga penggemar fashion untuk selalu mengikuti update terbaru dari industry fashion.

  1. Membuat Pakaian dengan Brand Sendiri

Mungkin Anda akan berpikir bahwa membuat pakaian dengan brand sendiri akan sulit karena tidak memiliki latar belakang fashion atau yang lainnya. Namun Anda tidak salah untuk mencoba hal ini dan jika berhasil Anda akan mendapat keuntungan yang besar. Agar berhasil ketahuilah keinginan fashion dari masyarakat dan buat seunik mungkin agar banyak yang tertarik.

  1. Dunia Modelling dan Peragaan Busana

Bisnis ini merupakan salah satu bisnis bidang fashion saat Anda menjadi perantara bagi orang yang memiliki bakat untuk menjadi model dengan pihak production. Kepala agen dan model akan menyepakati sebuah komisi yang nantinya menjadi pendapatan yang akan Anda terima. Anda harus memiliki kemampuan dalam memilih orang yang memiliki bakat menjadi model fashion.

  1. Eskpor dan Impor Produk Fashion

Cobalah untuk memulai mengekspor atau mengimpor produk fashion jika Anda memiliki pengetahuan tentang bisnis ekspor impor. Usaha ini memang membutuhkan modal yang cukup besar namun keuntungan yang didapatkan juga sebanding. Usaha ini dapat menjanjikan karena banyaknya orang mancanegara yang menginginkan produk lokal atau sebaliknya.

  1. Jasa Konsultan Fashion

Banyak perusahaan yang bergerak di bidang fashion membutuhkan jasa konsultan agar produk yang dihasilkan dapat memuaskan konsumen. Perlu kamu ketahui bahwa seorang jasa konsultan fashion akan menerima upah yang besar. Selain perusahaan, penggemar fashion pun juga akan sangat membutuhkan jasa konsultan fashion agar memiliki penampilan yang menarik.

  1. Jasa Fotografi Fashion

Proses pemasaran sebuah produk di bidang fashion, perusahaan akan membuat iklan yang akan ditujukan kepada semua masyarakat.

Pembuatan iklan tersebut membutuhkan jasa fotografer agar hasil foto produknya bagus. Dengan begitu produk fashion yang ditawarkan akan menarik konsumen untuk membelinya. Jasa fotografi fashion memiliki peluang dan keuntungan yang besar.

  1. Usaha Menjahit

Sebagian orang tidak puas jika membeli pakaian dari toko karena ukuran yang kurang pas maupun model yang tidak disukai. Sehingga mereka akan sangat membutuhkan jasa penjahit untuk membuat pakaian sesuai seleranya. Selain itu, beberapa orang yang bekerja di suatu instansi yang berseragam akan cenderung untuk memilih menjahitkan bajunya.

  1. Usaha Menjahit Perseorangan (Modiste)

Usaha bisnis menjahit perseorangan dibagi menjadi tiga kategori dan salah satunya ialah modiste. Modiste merupakan profesi menjahit dimana hanya menjahit busana khusus wanita sesuai keinginan pelanggan.

Bagi Anda yang memiliki kemampuan menjahit dan lebih paham akan fashion wanita maka usaha ini akan sangat cocok untuk Anda.

  1. Usaha Menjahit Perseorangan (Tailor)

Kategori usaha bisnis menjahit perseorangan yang kedua adalah tailor. Jika modiste merupakan penjahit khusus wanita maka tailor adalah penjahit khusus busana pria. Usaha ini akan sangat cocok untuk Anda yang memiliki kemampuan menjahit dan paham akan busana pria. Pria akan cenderung memilih tailor dalam menjahitkan bajunya karena penjahit ini memang dikhususkan untuk pria.

  1. Usaha Menjahit Perseorangan (Houte Couture)

Houte Couture merupakan usaha menjahit perseorangan yang lebih mengutamakan detail potongan yang agar lebih bagus. Biasanya usaha ini digunakan untuk bahan kain yang memiliki kualitas tinggi. Tak heran jika usaha ini memberikan keuntungan yang besar karena memang upah untuk penjahit terbilang tinggi.

  1. Usaha Atelier

Atelier merupakan usaha menjahit pakaian namun tidak perseorangan artinya usaha ini akan menerima jahitan pakaian dalam jumlah banyak. Atelier ini seperti gabungan antara modiste dan tailor. Sehingga jika Anda memiliki modal yang banyak usaha ini patut Anda coba karena keuntungan yang didapatkan pun besar.

  1. Membuka Butik

Butik merupakan toko pakaian yang di dalamnya menjual pakaian berkualitas tinggi. Sebagian orang gemar memilih untuk membeli busana di butik karena lebih kualitasnya yang bagus.

Meskipun harga pakaian di butik mahal, namun Anda tak perlu khawatir jika pakaian yang Anda jual tidak laku. Faktanya banyak orang yang lebih suka membeli busana di butik sekalipun harganya mahal.

  1. Membuka Konveksi

Konveksi merupakan salah satu bisnis di bidang fashion yang memproduksi busana siap pakai dalam jumlah banyak. Usaha ini lebih memfokuskan agar dapat memproduksi pakaian yang dapat segera dipakai dalam jumlah banyak. Meskipun membutuhkan modal yang tidak sedikit, namun keuntungan yang diperoleh dari usaha ini juga besar.

  1. Membuka Kursus Busana

Pendidikan atau kursus busana dapat dijadikan sebuah usaha untuk memperoleh keuntungan. Jika Anda memiliki keahlian mengenai busana cobalah untuk membuka bisnis ini.

Banyaknya bisnis bidang fashion yang ada membuat banyak orang tertarik untuk mendirikan suatu bisnis pada bidang fashion. Namun mereka membutuhkan pendidikan atau kursus mengenai fashion terlebih dahulu.

  1. Membuka Usaha Sablon

Kaos merupakan pakaian yang banyak digemari oleh masyarakat. Oleh karena itu membuka usaha sablon merupakan sebuah bisnis yang memiliki peluang besar. Banyak sekali konsumen yang membutuhkan jasa sablon kaos seperti untuk seragam, distro, maupun individu.

  1. Reseller Produk Fashion

Membeli produk fashion kemudian menjual kembali dengan harga lebih tinggi merupakan cara kerja dari reseller. Banyaknya minat fashion oleh masyarakat membuat mereka membutuhkan reseller untuk memperoleh pakaian yang diinginkan. Oleh karena itu usaha menjadi reseller akan sangat menjanjikan dan memberi keuntungan yang relatif besar.

  1. Drop Shipper Produk Fashion

Cara kerja drop shipper berbeda dengan reseller, jika reseller harus membeli produk terlebih dahulu maka usaha yang satu ini tidak. Anda hanya perlu melakukan pemasaran produk atau menawarkan produk ke konsumen. Setelah ada yang ingin order baru Anda harus membeli produk tersebut kemudian menjual kepada konsumen dengan harga yang lebih tinggi.

  1. Membuka Toko Pakaian Khusus Jeans/Denim

Pakaian dengan jenis jeans atau denim dari dahulu hingga saat ini masih menjadi kesukaan banyak orang. Style yang semakin modern membuat pakaian jeans atau denim semakin banyak peminatnya. Cobalah untuk membuka toko pakaian khusus jeans atau denim karena bisnis ini memiliki peluang yang cukup menjanjikan.

Dari sekian banyaknya bisnis bidang fashion yang telah dibahas tersebut, Anda tetap harus memilih dengan mempertimbangkan berbagai hal yang mempengaruhinya. Bisnis di bidang fashion menjadi pilihan banyak orang untuk memulai bisnisnya karena usahanya yang cukup menjanjikan. Mengingat bahwa fashion merupakan hal yang penting untuk kehidupan sehari-hari.

Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *