Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

17+ Ide Bisnis Bidang Pertanian yang Menarik Ditekuni

7 min read

ide bisnis bidang pertanian

Bisniskuy.com – Ide Bisnis Bidang Pertanian kini tidak harus memulai dengan modal besar. Ada beberapa usaha bisnis pertanian yang hanya membutuhkan modal kecil. Pertanian pun kini tidak hanya dapat dijalankan di daerah pedesaan saja, tetapi juga dapat dilakukan di kota-kota besar. Inovasi dengan perubahan baru menjadikan bisnis di bidang pertanian semakin maju dan dilirik banyak orang.

Ide Bisnis Bidang Pertanian Menarik untuk ditekuni

  • Tanaman Organik

Salah satu Ide Bisnis Bidang Pertanian yaitu tanaman organik. Semakin majunya peradaban menjadikan gaya hidup masyarakat pun ikut berubah termasuk dalam pemahaman gaya hidup sehat. Selain olahraga, hidup sehat diimbangi dengan bahan pangan yang dikonsumsi. Tanaman organik semakin diminati masyarakat yang membuat omset pasar pun semakin meningkat juga.

Tanaman yang satu ini tentu berbeda dengan sistem pertanian pada umumnya dimana tanaman organik nyaris tidak menggunakan pupuk berbahan kimia. Sehingga produk atau tanaman yang dihasilkan pun jauh lebih sehat dan unggul. Tanaman yang tidak menggunakan peptisida dan pestisida yang mengandung zat kimia tentu lebih sehat dan sesuai dengan gaya hidup masyarakat.

Tanaman Organik memiliki kandungan serat yang tinggi dan banyak zat-zat yang baik untuk tubuh. Selain itu, tanaman organik juga dapat ditanam dengan sistem hidroponik. Sehingga Anda tidak perlu menggunakan media tanah yang luas. Tidak hanya pangsa pasar yang tinggi saja, tetapi juga harga yang ditawarkan pun jauh lebih tinggi dibanding tanaman biasa. Meskipun dalam perawatan dan penanganan tanaman organik cukup sulit.

Kebutuhan akan tanaman organik baik buah dan sayuran tidak hanya mencakup individual saja. Namun perusahaan-perusahaan pangan pun juga membutuhkannya seperti careffore, hypermart dan lain-lain. Meskipun tanaman organik sangat menguntungkan, tetapi hal tersebut sebanding dengan biaya dan tenaga yang dibutuhkan dalam mengelolanya.

  • Bibit Berkualitas

Penyebab gagalnya panen dapat disebabkan oleh bibit tanaman yang tidak bagus atau jelek. Oleh karena itu, bibit berkualitas menjadi modal penting yang harus dipilih untuk memperoleh panen yang bagus dan berkualitas juga. Menyediakan bibit berkualitas bisa menjadi pilihan bisnis bidang pertanian Anda.

Dalam memperdalam bisnis bibit berkualitas, Anda harus memperdalam pengetahuan yang mumpuni dan membutuhkan perjuangan. Metode pembibitan yang tepat akan menghasilkan bibit-bibit yang unggul. Ada beberapa bibit yang bisa dipilih baik bibit tanaman pangan, maupun varietas holtikultura seperti florakultura, fruitkultur, olerikultura, lansekap, biofarmaka dan lain-lain.

Berbisnis pada pembibitan tanaman juga tidak membutuhkan area lahan yang luas. Sehingga sangat cocok digeluti oleh Anda yang memiliki kendala terhadap lahan. Pembibitan tanaman biasanya hanya memerlukan tanah dalam polybag sehingga halaman rumah pun bisa dimanfaatkan sebagai wadah untuk pembibitan. Harga bibit tanaman pun cukup tinggi dengan kebutuhan yang banyak, seperti bibit jati emas, pohon jati, cendana, cengkeh, dan bibit-bibit lainnya.

  • Tanaman Hias

Budidaya tanaman hias masuk ke dalam kategori florikultura yang sangat cocok dikembangkan di negara tropis termasuk Indonesia. Meskipun konsumen tidak sebanyak varietas pangan, namun ini pun tidak kalah menguntungkan. Hal tersebut tentu berkaitan dengan gaya masyarakat modern yang menginginkan tempat tinggal asri dan indah melalui tanaman hias.

Keberadaan tanaman hias tidak hanya konsumen secara perorangan saja, melainkan keberadaannya juga sangat dibutuhkan untuk tata kota, fasilitas umum dan bangunan instansi pemerintahan. Ada banyak jenis tanaman hias yang dapat dibudidayakan seperti melati, mawar, anggrek, bonsai, anyelir, begonia dan lain-lain. Untuk menghasilkan tanaman hias yang indah dipandang tentu membutuhkan ketekunan, keuletan, kesabaran dan waktu yang cukup lama.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memulai berbisnis tanaman hias. Anda harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai tanaman hias. Tidak lupa Anda harus menentukan jenis tanaman hias apa saja yang harus dikembangkan dan menentukan lokasi yang tepat sebagai wadah untuk usaha. Jangan lupa untuk melengkapi dengan sarana prasarana penunjang, pemasaran dan promosi sehingga bisnis Anda di kenal lebih jauh.

  • Menjual Pupuk

Bisnis pupuk tidak kalah menguntungkan, apalagi jika Anda mampu membuat produknya sendiri. Bisnis ini sangat cocok jika daerah atau pasar Anda adalah perkebunan. Perkebunan tentu tidak hanya membeli pupuk 1 kg saja, tetapi mungkin 100 kwintal hingga 1 ton. Selain menjual pupuk, Anda dapat menyisihkan beberapa peralatan lain yang dijual seperti alat semprot, alat penyiram dan sebagainya.

Seperti yang kita ketahui bahwa peningkatan produksi tanaman pangan digenjot pemerintah, seperti kacang tanah, kedelai, jagung, padi dan sebagainya. Kebutuhan pupuk pun akan semakin besar, apalagi ketika musim tanam tiba. Anda harus memperhatikan lingkungan sekitar dalam menjual pupuk. Pupuk yang dijual tidak hanya pupuk kimia saja seperti NPK, tetapi Anda juga harus menjual pupuk lain yaitu pupuk organik dalam bentuk padat maupun cair.

  • Toko Pertanian Online

Jika Anda telah memilih toko pertanian secara fisik atau offline, sebaiknya Anda juga membangun toko pertanian secara online. Toko Pertanian Online akan mencakup atau memiliki pasar yang lebih luas dibanding hanya secara fisik saja.

Dengan membuka toko pertanian secara online pun akan membantu pemasukan yang lebih besar. Karena cakupan pasar semakin luas dan orang di seluruh penjuru Nusantara pun dapat memesan keperluan pertanian di toko Anda.Ada berbagai produk yang dapat Anda jual seperti pupuk subsidi, pupuk nutrisi, pupuk vitamin, peralatan pertanian, perlengkapan pertanian, bibit tanaman dan lain-lain.

  • Distibutor Peralatan Pertanian

Peralatan yang digunakan oleh para petani zaman sekarang dengan zaman dahulu tentu berbeda. Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin maju pun juga membuat peralatan pertanian semakin maju. Misalnya dulu kerbau digunakan untuk membajak sawah, namun kini membajak sawah dilakukan menggunakan traktor.

Anda dapat memilih menjadi distributor atau penyambung antara produsen peralatan pertanian dengan para petani. Ada beberapa peralatan yang digunakan untuk menunjang pertanian seperti traktor, alat pemisah padi dengan jerami, alat penanam bibit, dan alat canggih lainnya. Beragam alat pertanian tersebut dapat Anda jual maupun disewakan yang tentunya akan menguntungkan.

  • Menanam Rempah rempah

Rempah rempah yang ada di Nusantara tidak hanya diminati oleh masyarakat dalam negeri saja. Rempah rempah dari Indonesia juga sangat diminati masyarakat luar negeri. Peluang untuk mendapatkan pembeli pun akan semakin besar juga.

Ada banyak rempah-rempah yang dapat Anda pilih dengan menyesuaikan lahan pertanian. Misalnya bawang merah, bawang putih, jahe, kencur, lengkuas dan masih banyak lagi. Bisnis rempah rempah tidak kalah menguntungkan karena pembelinya pun dari kalangan kecil, menengah hingga kalangan atas.

  • Pengepul Padi

Jika Anda bertempat tinggal di daerah yang banyak tanaman padi, Anda dapat memilih usaha sebagai pengepul padi. Bisnis pertanian yang satu ini memang sudah ada sejak dulu dan keuntungan yang diraih pun cukup besar. Pengepul padi yaitu usaha dimana Anda membeli padi dari para petani, Kemudian padi kering atau yang sudah menjadi beras dijual kepada pabrik penggilingan padi, bulog, atau perusahaan lain yang membutuhkannya dengan harga yang cukup tinggi.

  • Bisnis Hidroponik

Bisnis Hidroponik terus berkembang dari waktu ke waktu. Hidroponik merupakan salah satu ide bisnis pertanian yang hanya membutuhkan modal kecil. Karena sistem hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas untuk memulainya. Anda dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk memulai bisnis hidroponik. Tanaman yang ditanam tidak selalu menggunakan tanah, melainkan menggunakan air. Panen yang dihasilkan pun jauh lebih baik karena bebas dari pestisida.

  • Konsultan dan Ahli Pertanian

Jika Anda sedang menempuh kuliah atau lulusan bidang pertanian, Anda dapat membuka usaha pertanian sebagai konsultan. Pemerintah pun kini memberikan perhatian penuh pada sektor pertanian yang diharapkan mampu menghasilkan panen yang berkualitas dan bermutu tinggi.

Dalam masa perkuliahan tentu Anda memiliki ilmu yang cukup sehingga dapat diaplikasikan dan disalurkan kepada para pengembang tanaman. Para petani akan menjadi lebih kreatif dalam mengelola lahan yang ada dan memperoleh hasil panen yang maksimal.

  • Perkebunan Kopi

Minuman berbasis kopi tidak terlepas dari masyarakat Indonesia. Apalagi dengan semakin banyak varian minuman berbahan kopi yang menjadikan kopi semakin naik daun. Pasar kopi tidak hanya di dalam negeri atau domestik saja, tetapi juga pasar ekspor pun terus mengalami pertumbuhan yang tinggi.

Perkebunan kopi dapat menjadi pilihan bisnis pertanian Anda yang menjanjikan. Perkebunan kopi sangat cocok dibudidayakan di daerah dataran tinggi. Dengan mengelola secara profesional dan menerapkan praktik-praktik terbaik, maka akan menghasilkan kopi yang berkualitas tinggi.

  • Usaha Ekspor Impor Produk Pertanian

Memiliki wawasan dan jaringan yang luar harus Anda manfaatkan sebaik-baiknya. Para petani desa biasanya juga masih kebingungan dalam memasarkan produk pertaniannya ke luar negeri. Padahal pasar luar negeri jauh lebih menjanjikan dibanding pasar domestik. Anda dapat membuka usaha ekspor impor produk pertanian yang akan menguntungkan.

Tidak hanya rempah rempah saja yang laris manis di luar negeri. Tetapi sayuran dan buah-buahan milik Indonesia pun juga diserbu. Kandungan yang ada didalam buah dan sayur sangat dibutuhkan oleh manusia untuk membantu menjaga kesehatan dan menjadikan sebagai pengobatan. Beberapa buah yang berhasil masuk ke pasar ekspor yaitu mangga, manggis, pisang, dan salak.

Kualitas produk pertanian dari Indonesia memiliki kualitas yang baik, terutama pada buah-buahan. Tidak heran jika permintaan buah-buahan dari pasar Eropa sangat tinggi. Nah, ini menjadi peluang besar Anda untuk terjun ke bidang ekspor impor produk pertanian.

  • Usaha Jasa Buruh Pertanian

Selain usaha ekspor impor produk pertanian, Anda dapat membuka peluang usaha jasa buruh pertanian. Usaha yang satu ini sangat menguntungkan untuk Anda yang bertempat tinggal di daerah pedesaan atau daerah yang memiliki lahan pertanian. Seorang pemilik tanah akan kesulitan dalam menggarap lahan mereka, sehingga Anda bisa menawarkan bantuan kepada mereka untuk menyediakan tenaga kuli atau buruh petani.

Tugas Anda ketika memilih usaha di bidang ini adalah mengkoordinir para petani yang bersedia bekerja sama dengan Anda. Sistem dalam usaha jasa buruh pertanian yaitu sistem komisi. Nah, tidak perlu kerja lapangan yang berat tetapi tetap memperoleh penghasilan dari komisi-komisi tersebut.

  • Blogger Niche Pertanian

Indonesia menjadi salah satu konsumen internet terbesar di dunia. Tidak heran jika sekarang ini masyarakat tidak bisa lepas dari internet. Nah, Anda dapat mencoba  bisnis baru di bidang pertanian melalui internet, tepatnya di dunia blog. Anda bisa menulis beberapa artikel di blog yang berhubungan dengan pertanian. Artikel mengenai pertanian pun sangat luas, seperti cara menanam sayuran dengan benar, cara pemupukan yang tepat, cara budidaya buah-buahan, dan lain-lain.

Informasi-informasi tersebut pasti akan dicari oleh banyak orang terutama petani yang terjun ke bidang tersebut. Setelah blog pertanian yang Anda buat banyak dikunjungi orang, maka Anda dapat mengkonversi menjadi uang melalui monetisasi pemasangan iklan. Baik iklan mandiri, iklan produk pertanian, alat pertanian, publisher dan sebagainya.

  • Budidaya Edamame

Edamame atau lebih sering disebut kedelai jepang ini dapat menjadi pilihan bisnis pertanian Anda. Bentuk yang khas dan berwarna hijau ini sangat cocok dikonsumsi sebagai camilan. Edamame ini pun sering dimasak dan dijual di restoran-restoran jepang. Pemasaran kedelai jepang pun tidak begitu sulit karena di Indonesia sendiri telah berdiri restoran-restoran ala jepang.

Edamame tidak hanya memiliki rasa yang lezat saja, tetapi juga memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi. Karena itulah Edamame menjadi incaran banyak orang. Keuntungan dari budidaya Edamame pun cukup besar mencapai jutaan rupiah setiap bulannya.

  • Budidaya Jamur Tiram

Budidaya Jamur Tiram juga bisa ditekuni untuk Anda yang memiliki masalah dengan tidak adanya lahan. Jamur tiram memiliki harga yang cukup stabil dan tinggi di pasar yaitu sekitar Rp. 10.000 perkilo. Meskipun harganya cukup tinggi dan omset yang diperoleh cukup besar, namun dalam membudidayakan jamur tiram pun tidak terlalu sulit.

  • Budidaya Cabai

Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang suka dengan rasa pedas. Tidak heran jika dalam menyantap apapun akan ditemani dengan sambal atau saus pedas. Cabai merupakan salah satu komoditi holtikultura yang paling laris. Tidak heran jika harga cabai pun sering melejit tinggi.  Selain harga cabai yang cukup tinggi, budidaya ini pun cukup menjanjikan karena lahan yang tidak luas pun bisa memanen cabai cukup tinggi.

Tips Menjalankan Bisnis Bidang Pertanian

  • Menentukan Pilihan Bisnis Pertanian

Tips pertama dalam menjalankan bisnis bidang pertanian yaitu menentukan pilihan bidang pertanian terlebih dulu. Pemilihan usaha dengan tepat akan mengantarkan Anda pada sebuah kesuksesan. Anda harus mengenali potensi atau keahlian yang dimiliki terlebih dulu dan menentukan seberapa besar modal yang akan dikeluarkan.

Untuk menentukan jenis usaha seperti apa yang cocok. Anda juga harus mengetahui pasar terlebih dahulu. Bagaimana peluang usaha yang nantinya akan ditekuni apakah  menghasilkan uang yang berlimpah atau tidak. Selain peluang, Anda juga harus bisa melihat masa depan usaha yang nantinya akan dijalani.

  • Menentukan Lokasi Bisnis

Setelah menentukan usaha apa yang akan dijalankan, tips selanjutnya yaitu memperhatikan lokasi bisnis tersebut. Lokasi yang strategis tidak hanya memenangkan pasar penjualannya sebagai pemasarannya saja, tetapi sekaligus sebagai tempat budidaya. Konsumen bisa melihat langsung komoditas yang ditawarkan.

Sebelum memilih tempat bisnis, Anda harus melakukan survey terlebih dulu. Kecocokan antara lahan lahan budidaya dengan komoditas harus diperhatikan. Karena budidaya tidak sekedar meniru budidaya yang dilakukan oleh keberhasilan orang lain saja. Karena belum tentu bisnis pertanian yang dilakukan pada suatu lokasi akan sama berhasilnya dengan yang akan Anda lakukan.

Ada banyak Ide Bisnis Bidang Pertanian menguntungkan yang dapat Anda tekuni. Dalam memilih usaha bidang pertanian harus dipikirkan secara matang. Sehingga Anda siap menghadapi berbagai tantangan ketika menjalankannya.

1
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *