50+ Peluang Usaha Sampingan Karyawan dan Mahasiswa

14 min read

peluang usaha sampingan

Bisniskuy.com – Sebagian orang yang bekerja tentu pernah memiliki keinginan untuk mempunyai usaha sampingan lainnya. Salah satu tujuannya tidak lain adalah untuk menambah penghasilan. Hal ini dikarenakan banyaknya kebutuhan yang harus dibayarkan. Jika Anda tertarik untuk merealisasikan usaha sampingan tersebut, maka berikut ini adalah daftar peluang usaha sampingan yang bisa dijadikan rekomendasi.

50 Peluang Usaha Sampingan Karyawan dan Mahasiswa

  1. Berjualan pulsa elektronik

Bagi Anda pekerja kantoran yang super sibuk tetapi ingin memiliki penghasilan tambahan dengan bekerja sampingan, maka berjualan pulsa adalah alternatif usaha sampingan yang pas bagi Anda. Usaha ini terbilang cukup praktis karena Anda tidak perlu stand by di tempat untuk melayani pembelian pulsa pelanggan.

Bahkan selama masih bekerja di kantor pun, Anda masih bisa melayani pembelian pulsa pelanggan. Modal dari usaha sampingan satu ini juga tidak besar. Bahkan, Anda bisa memulai usaha ini dengan modal hanya 100 ribu rupiah saja. Agar penghasilan Anda semakin bertambah, maka Anda bisa melayani pembelian token listrik juga.

  1. Membuka jasa laundry kiloan

Usaha laundry kiloan adalah salah satu alternatif usaha sampingan yang bisa memberikan keuntungan lumayan bagi Anda. Hal yang paling penting untuk Anda cermati dalam merintis usaha laundry kiloan adalah melihat pangsa pasar. Usaha ini akan laris manis apabila Anda tinggal di lingkungan perumahan, kos, sekolah, kampus bahkan perkantoran.

Dengan modal relatif kecil yaitu 7,5 juta rupiah saja, maka Anda sudah bisa memulai usaha ini. Uang tersebut dipergunakan untuk membeli mesin cuci serta perlengkapan laundry lainnya. Jika perlu Anda bisa merekrut karyawan untum menjalankan bisnis Anda.

  1. Jasa cuci motor

Di musim penghujan seperti sekarang ini, tentu banyak orang yang membutuhkan jasa cuci motor. Jalanan yang becek dan berair serta alasan malas untuk mencuci membuat Anda bisa kebanjiran orderan dengan membuka usaha jasa cuci motor ini.

Selain bisa menjalankan usaha ini sendiri, Anda juga dapat merekrut beberapa karyawan. Yang utama dari jasa ini adalah kebersihan dan kecepatan dalam pelayanan pelanggan. Jika pelayanan Anda optimal, tentu Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan. Jangan lupa untuk memberikan tarif jasa yang kompetitif, ya!

  1. Jasa desain grafis

Banyak orang yang membutuhkan desain logo bagi keperluan bisnis, desain interior rumah, desain kartu nama dan desain grafis lainnya. Maka dari itu, jika Anda memiliki keterampilan mengoperasikan software foto editor seperti photoshop dan corel draw, tidak ada salahnya untuk menjadikan jasa desain grafis sebagai peluang usaha sampingan yang menguntungkan.

Terlebih lagi untuk menjalani usaha ini, Anda tidak memerlukan modal yang besar. Yang terpenting adalah Anda memiliki skill untuk menggunakan software pendesain.

  1. Membuka les private

Les private adalah salah satu peluang usaha sampingan tanpa modal. Anda dapat memberikan les private sesuai dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki. Misalnya, Anda memiliki latar belakang pendidikan seni musik. Maka Anda bisa memberikan les private gitar, biola, saxophone dan aneka peralatan musik lainnya.

Hal tersebut juga berlaku jika Anda mempunyai latar belakang pendidikan sains, sosial maupun bahasa. Anda hanya perlu mempromosikan jasa Anda melalui orang terdekat, pamflet maupun akun sosial media. Jangan lupa untuk mencantumkan nomor telepon yang mudah dihubungi, ya!

  1. Membuka jasa penjahitan pakaian

Bagi Anda yang memiliki keterampilan dalam bidang jahit-menjahit, tidak ada salahnya untuk membuka jasa penjahitan pakaian sebagai bisnis sampingan. Jika Anda terlalu sibuk dengan urusan kantor, maka Anda bisa menerima pesanan pada akhir pekan maupun selepas bekerja.

Asalkan Anda mempunyai mesin jahit, maka Anda bisa langsung membuka jasa tersebut. Biasanya Anda akan kebanjiran orderan menjelang hari masuk sekolah maupun hari raya keagamaan.

  1. Penerjemah lepas

Sayang rasanya jika Anda tidak memanfaatkan keterampilan berbahasa asing yang dimiliki. Salah satunya adalah dengan menjadikannya sebagai usaha sampingan berupa penerjemah lepas. Misalnya, jika Anda memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik maka Anda bisa menjadi penerjemah lepas bahasa inggris.

Anda bisa mulai menyiarkan jasa tersebut melalui rekanan, sosial media maupun dengan situs pencari kerja freelance. Berikan tarif yang kompetitif sebagai permulaan jasa Anda.

  1. Penulis artikel lepas

Di zaman serba digital seperti ini, terdapat begitu banyak peluang usaha sampingan yang bisa Anda kerjakan. Salah satunya adalah menjadi penulis artikel lepas. Anda bisa bekerjasama dengan pemain adsense atau menulis di berbagai platform kepenulisan tertentu. Misalnya, Babenews, IDN Times, Kompas, UC News dan lainnya.

Di samping itu, Anda bisa menawarkan jasa kepenulisan artikel melalui sosial media maupun situs OLX. Jangan salah, usaha sampingan ini bisa memberikan penghasilan hingga hingga 50 ribu rupiah per artikel. Bergantung dengan kriteria artikel yang diinginkan.

  1. Membuka jasa pengetikan

Peluang usaha sambilan yang dapat dengan mudah dikerjakan adalah membuka jasa pengetikan. Khususnya jika Anda tinggal di lingkungan sekolah dan kampus maka usaha ini dapat memberikan pendapatan lumayan.

Untuk langkah awal dalam membuka usaha ini, Anda perlu menyiapkan satu unit komputer dan printer. Jika bisnis tersebut sudah cukup ramai, maka Anda dapat menambah komputer serta mempekerjakan sejumlah karyawan. Selain itu, Anda dapat melengkapi usaha tersebut dengan berbagai macam jasa tambahan seperti jasa edit foto, jasa desain kartu undangan maupun jasa pembuatan id card.

  1. Makelar properti

Properti adalah salah satu peluang usaha yang tidak pernah ada matinya layaknya usaha kuliner. Mengingat bahwa properti juga bisa dijadikan sebagai investasi yang cukup menggiurkan. Apabila Anda merupakan pekerja sibuk kantoran namun ingin memiliki usaha sampingan, maka menjadi makelar properti merupakan opsi yang baik.

Terutama bagi Anda yang tinggal di daerah perumahan dan apartemen baru, maka hal tersebut bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Anda bisa menawarkan jasa Anda melalui iklan koran, pamflet maupun dari orang sekitar Anda.

  1. Menerima pesanan kue kering

Jika Anda pandai membuat kue kering, maka usaha sampingan membuat kue kering dapat menjadi alternatif penambah penghasilan. Anda bisa menerima pesanan kue kering melalui promosi yang telah dilakukan baik secara offline maupun online. Kemudian, Anda dapat mengerjakan pesanan tersebut selepas pulang kantor atau weekend tiba.

Kue kering memiliki daya tahan yang relatif lebih lama dibanding kue basah. Maka dari itu, usaha pembuatan kering dinilai lebih minim risiko. Selain itu, Anda tidak memerlukan banyak modal untuk membuat kue kering. Bahan-bahannya pun dapat dengan mudah Anda temukan di toko kue maupun pasar terdekat. Misalnya. Kue mawar, nastar, brownies panggang, kastangel dan lainnya.

  1. Marketing umroh

Menjadi marketing umroh bukan merupakan hal sulit untuk dilakukan. Bahkan sudah begitu banyak orang yang mendulang untung dari usaha satu ini. Terlebih lagi pengeluaran pertama untuk memulai usaha ini relatif kecil. Kunci sukses dari menjalani usaha marketing umroh ini adalah pandai bekerjasama dengan agen umroh.

Lantas, hal yang mesti Anda lakukan dalam menjadi marketing umroh ialah dengan mempromosikan produk travel umroh ke berbagai instansi. Selain itu, Anda bisa mempromosikan paket umroh tersebut kepada ibu-ibu pengajian.

  1. Jasa titip

Jasa titip beli adalah salah satu jenis usaha yang sedang naik daun. Sesuai dengan namanya, dalam melakoni usaha jasa titip ini maka Anda hanya perlu membelikan barang-barang pesanan pelanggan. Kemudian, barang tersebut akan dikirimkan lagi ke pelanggan dengan ongkos kirim dan jasa.

Jasa titip bisa dikatakan sebagai peluang usaha sampingan tanpa modal. Akan tetapi, untuk persoalan keuntungan juga tidak main-main. Anda bisa memulai usaha ini dengan menawarkan jasa tersebut melalui sosial media maupun aplikasi berbasis chatting seperti line, whatsapp dan telegram.

  1. Jual barang bekas

Bisnis jual beli barang bekas saat ini begitu banyak diminati. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mulai menjalani bisnis ini sebagai peluag usaha sambilan. Tidak hanya barang pre owned saja, akan tetapi Anda juga bisa menjual barang baru yang diharapkan cepat terjual.

Dalam melakoni usaha ini, Anda mesti pandai untuk menaruh harga yang sesuai mengingat barang yang Anda jual adalah barang bekas. Taruhlah harga yang lebih murah dibanding harga barang yang masih baru. Selain itu, Anda bisa membuka kios barang bekas tersebut di lokasi yang tepat atau sekiranya mudah dijangkau oleh pembeli.

  1. Membuka katering online

Jika Anda mahir memasak dan ingin menemukan peluang usaha terkait masak-memasak, maka Anda bisa membuka katering online. Usaha ini akan menyiasati bagi orang-orang yang tidak sempat menyiapkan makan siang untuk keluarga maupun menu santapan pada acara tertentu.

Terlebih lagi, saat ini permintaan terhadap katering harian sudah cukup padat. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika mencoba bisnis sampingan online ini. Anda bisa membuka jasa katering online dengan memanfaatkan situs marketplace. Dengan demikian, Anda bisa memperoleh keuntungan hingga 30%.

  1. Blogger

Apakah Anda gemar blogging? Tidak ada salahnya untuk coba melakoni usaha sampingan menjadi blogger. Menjadi blogger tentu akan menjadi hobi sekaligus pekerjaan yang menyenangkan. Adapun kunci sukses dalam melakoni usaha ini tidak lain adalah dengan menaikkan traffic pengunjung. Jika blog Anda bagus dan ramai pengunjung, maka Anda bisa memonetizenya demi memperoleh uang.

Buatlah konten blog yang sesuai dengan passion Anda atau segala hal yang tengan hitz. Dengan demikian, Anda akan menghasilkan konten berkualitas. Semakin berkualitas blog Anda, tentu akan semakin banyak yang menyukainya.

  1. Youtuber

Anda juga bisa menjadi sukses layaknya Bayu Skak, Baim Wong atau Nessie Judge ketika menjadi seorang youtuber. Terlebih lagi jika Anda sudah memiliki begitu banyak subscriber dan viewers. Tidak melulu harus mengisi konten youtube Anda dengan segala sesuatu yang mahal seperti jalan-jalan ke luar kota maupun revies produk brand kecantikan ternama.

Alih-alih demikian, Anda bisa membuat konten seputar kehidupan sehari-hari. Misalnya, membuat konten tentang tutorial memasak, membuat kue, membuat kerajinan tangan hingga mendesain interior rumah minimalis. Anda harus pintar-pintar dalam menemukan tema konten agar menarik perhatian banyak viewers.

  1. Membuka toko online atau olshop

Di zaman internet ini, lumrah rasanya jika banyak masyarakat yang mulai bertransaksi secara online. Oleh sebab itu, peluang usaha membuka toko online atau olshop semakin menarik untuk Anda coba. Anda dapat menjual berbagai macam produk secara online seperti pakaian, obat herbal, tas, kaos, kerajinan tangan dan sebagainya.

Bagi Anda yang masih awam dengan toko online, maka Anda bisa bekerja dengan sistem dropship atau reseller. Anda akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang diberikan oleh suplier dengan harga yang diberikan kepada konsumen.

  1. Jasa service laptop

Belakangan ini laptop sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia modern. Layaknya barang elektronik lainnya, laptop juga bisa mengalami kendala. Jika Anda mempunyai kemampuan untuk mereparasi perangkat tersebut, maka membuka jasa service laptop adalah pilihan peluang usaha sampingan yang tepat bagi Anda.

Pangsa pasar reparasi laptop terbilang masih sangat besar. Tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang masih berstatus pemula untuk bisa meraup keuntungan tinggi dari usaha ini. Jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi klien agar mereka senantiasa percaya pada kualitas jasa Anda.

  1. Jasa service barang elektronik

Tahukah Anda bahwa prospek jasa service barang dan perlengkapan elektronik di Indonesia masih sangat tinggi. Khususnya bagi barang elektronik keperluan rumah tangga. Tidak mungkin jika alat-alat tersebut langsung dibuang begitu saja jika mengalami kendala. Selain karena harga baru yang cukup mahal, pilihan mereparasi peralatan elektronik tersebut relatif lebih murah.

Terutama jika Anda mahir dalam dunia elektronik dan perbaikannya, maka hal ini bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Tidak masalah jika Anda masih berstatus sebagai karyawan kantoran. Jasa service barang elektronik bisa Anda lakukan selepas pulang bekerja maupun pada saat libur.

  1. Usaha dropship

Usaha dropship adalah bisnis online dimana penjual tidak mempunyai stok barang. Bisnis ini tentu bisa menjadi salah satu kegiatan sampingan Anda, terutama bagi yang tidak memiliki cukup modal. Untuk menjadi dropshipper, yang perlu Anda lakukan adalah mempromosikan barang melalui sosial media, blog pribadi hingga toko online di situs ecommerce.

Jika konsumen hendak membeli, maka Anda hanaya perlu menyampaikan kepada supplier guna mengirimkan produk yang hendak dibeli tersebut. Adapun persoalan keuntungan yang diperoleh merupakan selisih harga jual dari suplier ke Anda dengan harga beli konsumen.

  1. Menjadi reseller

Sedikit berbeda dengan bisnis dropship, menjadi reseller berarti Anda tidak memiliki stok barang akan tetapi ingin mendapatkan barang tersebut. Sistem pekerjaan ini juga menjalin hubungan baik dengan pihak suplier. Usaha ini dapat Anda jalankan secara online maupun offline.

Bagi Anda yang gemar berkomunikasi dengan banyak orang atau mempunyai jaringan luas, maka usaha sampingan ini perlu Anda lakukan. Terlebih lagi di zaman serba canggih seperti sekarang ini, semua hal dapat Anda lakukan dengan mudah dan praktis.

  1. Makelar tanah

Sama halnya dengan bisnis makelar properti, menjadi makelar tanah juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha sampingan karyawan yang cukup menguntungkan. Pekerjaan ini menuntut Anda untuk menjembatani komunikasi dan transaksi antara kedua belah pihak yang akan membeli maupun menjual tanah.

Dengan menjadi makelar tanah, maka Anda akan memperoleh keuntungan yang besar. Bahkan kisaran keuntungan dari pekerjaan ini bisa mencapai jutaan rupiah. Selain itu, bisnis ini juga Anda mulai baik dengan modal besar, kecil bahkan tanpa modal.

  1. Jual baju bekas

Jual baju bekas adalah salah satu jenis usaha sampingan yang bisa Anda lakukan. Jangan anggap remeh usaha ini, karena tidak semua orang ingin membeli baju baru. Dengan menjual baju bekas, Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga berkali-kali lipat. Yang penting dari menjual baju bekas adalah dengan mengutamakan kualitas baju terebut.

Pastikan Anda menyediakan berbagai macam pilihan baju bekas seperti parka, jeans, sweater, topi, jaket, flannel hingga long sleves. Anda dapat memasarkan baju bekas tersebut secara online maupun ofllien. Jangan lupa untuk senantiasa ulet dan tekun dalam melakoni bisnis ini, ya!

  1. Budidaya ikan hias

Ikan hias dapat dijadikan sebagai komponen untuk mempercantik interior maupun eksterior hunian. Aneka warna-warni yang dimiliki ikan hias tentu akan memberikan kecantikan tersendiri bagi hunian. Melihat manfaat tersebut, tentu Anda bisa memperoleh peluang usaha sampingan. Anda bisa memulai usaha budidaya ikan hias sebagai penambah pundi-pundi uang.

Jangan menganggap sepele usaha ini. Anda bisa mendapatkan keuntungan luar biasa dari usaha budidaya ini. Untuk menjalani usaha ini Anda hanya perlu fokus kepada jenis ikan yang sedang trend di pasaran. Carilah jenis ikan hias yang cukup mahal untuk dibudidayakan. Misalnya, ikan guppy, ikan mas koi, ikan arwana dan sebagainya.

  1. Membuka jasa fotokopi dan percetakan

Apakah Anda tinggal di daerah kampus, sekolah atau perkantoran? Maka tidak ada salahnya untuk membuka jasa fotokopi dan percetakan. Usaha ini terbilang cukup menguntungkan mengingat bahwa tidak sedikit orang yang memerlukan penggandaan maupun percetakan dokumen.

Jika Anda terlalu sibuk dengan status kepegawaian di suatu perkantoran, maka Anda bisa merekrut pegawai untuk mengelola usaha sampingan tersebut. Usaha ini perlu segera direalisasikan sebab keuntungan akan senantiasa membanjiri kantung Anda.

  1. Ojek online

Peluang usaha sampingan karyawan satu ini sudah begitu banyak dilakoni. Anda bisa bekerja sebagai driver ojek online selepas bekerja di kantor. Anda juga bisa mendapatkan bonus jika berhasil mendapatkan sejumlah poin yang telah ditentukan.

Ojek online adalah salah satu usaha sampingan yang cukup menguntungkan. Hal ini dikarenakan tidak sedikit orang menginginkan sesuatu yang praktis. Selain mengantar penumpang, Anda juga bisa menerima orderan pemesanan makanan maupun pengantaran paket. Yang harus Anda siapkan untuk memulai usaha ini hanyalah motor, smartphone dan paket data.

  1. Menjual frozen food

Rekomendasi usaha sampingan lain yang bisa Anda lakukan ialah menjual frozen food. Peluang usaha frozen food terbilang cukup menguntungkan karena terdapat begitu banyak orang yang menggemari jenis makanan ini. Selain praktis, makanan ini juga bisa dijadikan camilan khususnya di musim penghujan seperti ini.

Anda bisa menjual berbagai jenis frozen food seperti nugget, bakso maupun sosis. Selain itu, untuk melengkapi toko frozen food tersebut Anda juga bisa menjual produk ayam kemasan. Misalnya, sayap, paha, ceker dan kepala ayam.

  1. Jual snack kiloan

Tinggal di lingkungan yang ramai tentu bisa menciptakan beragam ide bisnis. Salah satunya adalah dengan menjual snack kiloan. Anda bisa membuka kios snack kiloan di rumah dengan menyajikan berbagai macam pilihan snack seperti keripik singkong, astor, kerupuk jengkol, kue sus, kuping gajah, kerupuk seblak dan aneka snack kekinian lainnya.

Prospek peluang usaha sampingan ini cukup menjanjikan mengingat hampir semua orang gemar ngemil. Termasuk Anda, bukan?

  1. Jual jajanan pasar

Jajanan pasar adalah bentuk makanan ringan yang begitu banyak digemari oleh berbagai kalangan. Mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa sekalipun semua menyukai jajanan pasar. Siapa juga yang bisa menolak kelezatan dadar gulung, serabi, molen, klepon, kue lapis dan sebagainya?

Anda bisa memulai usaha berjualan jajanan pasar dari rumah. Selain itu, Anda bisa menitipkannya kepada pedagang lain di pasar maupun tukang sayur keliling. Anda juga dapat menitipkannya ke kantin-kantin sekolah yang Anda jumpai.

  1. MC freelance

Jika Anda mahir berbicara dan selalu memiliki banyak ide, maka Anda bisa memulai usaha sampingan sebagai MC freelance. Anda bisa bergabung dengan tim event organizer untuk mengawali usaha tersebut. Biasanya Anda akan diajak untuk menjadi MC di acara pernikahan, pameran maupun acara lainnya.

Yang terpenting untuk menjadi seorang MC ialah pengetahuan yang luas akan isu terkini. Anda juga harus cepat belajar serta tanggap terhadap tema acara yang akan Anda pandu. Semakin baik Anda berbicara di depan umum, maka semakin banyak pula orang yang ketagihan untuk menggunakan jasa Anda.

  1. Membuka warung kebutuhan harian

Usaha sampingan berupa warung kebutuhan harian sangat cocok bagi Anda yang tinggal di lingkungan ramai seperti perkantoran, perumahan, terminal maupun sekolahan. Anda bisa menyulap ruangan depan rumah guna membuat etalase warung. Kemudian, Anda mengisinya dengan berbagai macam kebutuhan harian.

Selain itu, Anda juga bisa melengkapi etalase warung dengan berbagai macam perlengkapan alat tulis kantor. Misalnya, pena, pensil, spidol, penghapus dan sebagainya. Tidak perlu terlalu banyak mengambil keuntungan dari satu buah produk. Yang terpenting adalah mendapatkan banyak pembeli.

  1. Berjualan makanan diet

Ini adalah salah satu jenis usaha sampingan yang cukup anti mainstream. Akan tetapi, peluang usaha sambilan ini memiliki potensi yang cukup menggiurkan. Terutama dengan sasaran target perempuan yang ingin kurus tapi masih ingin makan.

Konsumen makanan diet memang tidak sulit untuk didapatkan serta tidak terbatas dari segi usia. Tidak heran jika usaha ini mempunyai potensi yang cukup baik. Terlebih lagi, memulai usaha ini juga tidak memerlukan modal yang cukup banyak. Bahkan, bahan-bahan untuk membuat makanan diet dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran.

  1. Membuat souvenir pernikahan

Peluang usaha sampingan yang dapat Anda lakukan berikutnya adalah membuat souvenir pernikahan. Peluang usaha ini terbilang cukup menjanjikan. Terlebih lagi jika jasa pembuatan souvenir pernikahan Anda sudah terkenal di pasaran. Maka bersiap-siap saja untuk kebanjiran order, ya!

Usaha ini memerlukan keterampilan Anda untuk berkreasi agar membuat souvenir yang unik dan menarik. Untuk memulai usaha ini, Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. Anda bisa memfoto hasil souvenir Anda dan menguploadnya di laman sosial media.

  1. Berjualan gorengan

Gorengan adalah makanan sejuta umat. Makanan ini begitu banyak digemari oleh masyarakat luas. Contohnya, sandwich goreng, pisang cokelat, singkong goreng keju, mendoan, tahu goreng, tahu pong, ubi goreng dan sebagainya.

Anda bisa menjual beraneka macam gorengan di tempat yang ramai seperti pinggir jalan, pasar, depan supermarket dan lainnya. Jangan lupa untuk menonjolkan cita rasa dari gorengan mengingat bahwa Anda akan mendapatkan banyak saingan apabila berjualan makanan renyah ini.

  1. Membuka pertamini

Bagi Anda yang tinggal di desa dan jauh dari SPBU, maka opsi usaha sampingan ini terbilang cukup menguntungkan. Orang-orang tentu akan memilih untuk beli bensin di tempat Anda dibanding dengan jauh-jauh pergi ke SPBU.

Yang terpenting dari membuka usaha pertamini adalah menyeragamkan harga bahan bakar tersebut dengan harga yang ditawarkan oleh pihak SPBU. Maka dari itu, sebelum memulai usaha pertamini ada baiknya bagi Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak SPBU.

  1. Menyewakan kos

Menyewakan kos adalah usaha yang cukup menguntungkan bagi Anda yang tinggal di lingkungan ramai. Selain dapat menjadi peluang usaha sambilan yang menguntungkan, menyewakan kos juga tidak banyak menguras waktu Anda.

Dengan menyewakan kos, maka Anda akan mendapatkan pendapatan pasif tetap baik dalam kisaran bulan maupun tahunan. Bergantung Anda menawarkan deadline sewa kos apakah itu kos harian, bulanan atau tahunan.

  1. Menjadi agen tiket

Usaha sampingan ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan karena memilki sitem kerja yang praktis. Terlebih lagi modal yang perlu Anda keluarkan untuk menjalani usaha ini terbilang cukup kecil. Yang Anda perlukan hanya peralatan laptop atau komputer, ponsel dan koneksi internet. Selain tidak memakan banyak waktu, Anda bisa mengerjakan pekerjaan ini dimana saja.

Anda bisa menawarkan tiket penerbangan maupun tiket kereta api kepada teman-teman sekantor atau lingkungan sekitar tempat Anda tinggal. Selain mendapatkan uang, dengan menjadi agen tiket Anda juga bisa memperoleh banyak tiket promo.

  1. Fotografer

Bagi yang mempunyai kemampuan memotret, maka menjadi fotografer dapat menjadi usaha sampingan yang cukup menguntungkan. Anda bisa menjadi fotografer di acara pernikahan, pertunangan, wisuda, event dan berbagai acara lainnya. Terutama acara pernikahan yang biasa diselenggarakan pada akhir pekan. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi karyawan kantoran seperti Anda.

Anda bisa menawarkan jasa Anda kepada teman-teman, lingkungan tetangga hingga laman sosial media. Anda juga dapat mempromosikan jasa tersebut melalui situs pencari kerja freelance.

  1. Rental kamera

Jika Anda memiliki kamera lebih dari satu, maka Anda bisa memulai usaha sampingan dengan membuka rental kamera. Usaha ini dirasa cukup potensial terutama bagi Anda yang tinggal di lingkungan kampus. Kamera tentu akan amat dibutuhkan sebagai media penunjang pembelajaran.

Anda bisa mendapatkan keuntungan setidaknya 100 ribu per hari hanya dengan menyewakan kamera. Jika usaha Anda semakin bagus, maka Anda bisa menambah unit kamera guna mengembangkan usaha tersebut.

  1. Agen asuransi

Menjadi agen asuransi dapat Anda pertimbangkan sebagai usaha sampingan. Selain tidak menyita waktu pekerjaan utama Anda, menjadi agen asuransi juga merupakan usaha yang mudah dilakukan. Anda bisa mendapatkan klien dari teman-teman, lingkungan tempat tinggal maupun orang asing.

Anda bisa mulai bekerja selepas pulang kantor, saat libur atau weekend tiba. Biasanya pekerjaan ini akan memerlukan sistem mobile.

  1. Berjualan makanan kekinian

Referensi usaha sampingan lainnya yang bisa Anda kerjakan ialah membuka stand makanan kekinian. Anda bisa menjual berbagai macam makanan kekinian seperti sosis bakar, bakso bakar, takoyaki, cilor dan sebagainya. Tergantung jenis makanan apa yang Anda kuasai cara pembuatannya.

Anda bisa membuka stand makanan ringan di CFD, halaman supermarket, mall maupun pada acara tertentu. Jika mau, Anda bisa berjualan makanan kekinian dengan konsep franchise.

  1. Berjualan minuman kekinian

Rekomendasi peluang usaha sampingan lainnya adalah berjualan minuman kekinian. Anda bisa menjual aneka minuman yang sedang trend saat ini seperti teh Thailand, bubble tea, aneka kopi dan sebagainya. Anda bisa memulai usaha ini dengan membuka stand minuman tersebut pada acara tertentu, halaman depan supermarket, mall hingga CFD.

Jika Anda memiliki modal yang tidak cukup banyak, maka Anda bisa berjualan dengan memanfaatkan sistem franchise. Selain lebih murah, Anda juga tidak perlu merisaukan bahan baku. Semua telah tersedia dalam sistem franchise.

  1. Jual foto online

Usaha sampingan lainnya yang bisa Anda lakukan jika memiliki kemampuan fotografi adalah menjual foto secara online. Pasti akan ada orang yang mau membayar foto Anda asalkan foto tersebut nampak bagus dan berkarakter.

Terdapat begitu banyak situs jual beli foto digital yang melayani transaksi jual beli foto online. Misalnya, istockphoto.com dan shutterstock.com. Adapun untuk transaksi global, maka Anda perlu membuat akun Paypal untuk memudahkan transaksi tersebut.

  1. Bisnis aksesoris khusus perempuan

Dunia perempuan memang identik dengan pernak-pernik cantik. Bagi Anda yang kreatif dalam membuat sesuatu menarik, tidak ada salahnya untuk memulai usaha sampingan dengan berbisnis aksesoris khusus perempuan. Anda bisa membuat beberapa aksesoris yang biasa dipakai seperti anting, gelang, cincin, bross, pin, bando, ikat rambut dan sebagainya.

Untuk memasarkan aksesoris tersebut, Anda bisa menguploadnya melalui foto yang di psoting pada laman sosial media seperti instagram dan facebook. Anda juga dapat memanfaatkan media chat untuk mengiklankan produk Anda. Terakhir, Anda bisa menitipkan aksesoris tersebut apda pedagang di pasar.

  1. Produksi susu kedelai

Jika Anda ingin memulai usaha sampingan dalam bidang kuliner, maka produksi susu kedelai patut Anda pertimbangkan. Produksi susu kedelai terbilang cukup mudah dan tidak memerlukan banyak modal uang. Usaha sampingan ini juga memiliki peluang besar karena susu kedelai bisa dikonsumsi oleh berbagai kalangan.

Anda bisa memvariasikan susu kedelai dalam berbagai pilihan rasa seperti cokelat, melon dan strawberry. Lalu, untuk pemasarannya Anda bisa menitipkannya pada warung terdekat, kantin sekolah maupun penjual sayur keliling.

  1. Produksi bolu

Siapa tidak mengenal bolu? Semua orang mengenal dan menyukai makanan lembut yang mengenyangkan ini. Jika Anda mahir membuat bolu, maka hal tersebut bisa menjadi peluang usaha sampingan yang cukup menjanjikan. Anda bisa menerima pesanan bolu selepas bekerja, hari libur maupun akhir pekan.

Selain menonjolkan cita rasa, Anda juga perlu mahir dalam membuat variasi rasa dan tampilan. Anda bisa menambahkan aneka topping pada bolu tersebut berupa keju, kacang, cokelat, messes dan sebagainya. Menariknya lagi, bolu memiliki pangsa pasar yang cukup luas mengingat bahwa semua kalangan menggemari makanan enak satu ini.

  1. Berjualan parfum helm dan sepatu

Berjualan parfum helm dan sepatu nampaknya akan menciptakan peluang usaha sambilan yang tidak kalah menguntungkan. Hal ini dikarenakan belum banyaknya penjual parfum tersebut. Berbeda halnya dengan penjual parfum laundry pakaian yang serupa jamur di musim penghujan.

Anda bisa menciptakan komposisi parfum helm dan sepatu dengan kombinasi bahan anti bakteri dan parfum. Jadi, selain dapat membuat helm dan sepatu Anda wangi parfum tersebut juga bisa membunuh bakteri yang menjadi penyebab bau.

  1. Jasa percetakan media promosi kantor

Jika Anda memiliki kemampuan untuk mendesain dan mencetak berbagai macam media promosi kantor, maka hal tersebut bisa menghasilkan pundi-pundi uang bagi Anda. Anda bisa melayani jasa percetakan media promosi kantor seperti mug, tumbler, id card, topi, block note dan sebagainya.

Kunci utama dari usaha sampingan ini adalah kemampuan mengoperasikan software edit foto seperti corel draw dan photoshop. Untuk promosinya, Anda bisa mengiklankan jasa tersebut melalui website, akun sosial media hingga iklan koran.

  1. Berjualan kopi kemasan

Jika membuka kafe adalah hal yang cukup umum, maka Anda bisa berjualan kopi kemasan sebagai penambah penghasilan. Anda bisa mendapatkan banyak kopi yang berasal dari berbagai daerah nusantara. Misalnya, kopi Lampung, kopi Madiun, kopi Temanggung, kopi Aceh dan sebagainya. Dalam hal ini, Anda harus pandai dalam menjalin kerjasama dengan suplier kopi.

Setelah mendapatkan berbagai macam jenis kopi, maka Anda bisa memulai usaha Anda dengan mempromosikannya secara online. Hal ini demi memiliki jangkauan calon pembeli yang cukup luas. Anda juga dapat mempromosikannya dengan para penikmat kopi lainnya yang berada di lingkungan Anda.

50 pilihan peluang usaha sampingan untuk karyawan maupun mahasiswa tersebut kiranya dapat memberikan Anda titik terang. Terutama jika Anda tengah bingung untuk menentukan usaha sampingan mana yang paling pas dikerjakan. Kiranya bisa bermanfaat untuk Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *