Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Yuk Simak 5 Tips Memilih Saham Untuk Jangka Panjang Bagi Para Investor Pemula

1 min read

Tips Memilih Saham Untuk Jangka Panjang Bagi Para Investor Pemula

Memilih saham untuk jangka panjang perlu dilakukan dengan hati – hati oleh para investor pemula. Terlebih dalam melakukan investasi dalam saham bersifat fluktuatif. Tidak bisa memprediksikan dengan pasti bursa saham kedepannya akan seperti apa dan bagaimana. Hal yang tepat adalah menganalisis saham hingga mencari rekomendasi yang tepat. Berikut simak lebih lengkapnya di bawah ini.

5 Tips Memilih Saham Yang Cocok Untuk Jangka Panjang

Mengetahui Pembagian Dividen Oleh Perusahaan

Hal pertama yang wajib untuk anda ketahui adalah pembagian dividen oleh perusahaan. Perusahan tersebut rutin atau tidak melakukan informasi pembagian dividennya. Semakin sering emiten memberikan pembagian dividen maka para investor akan semakin diuntungkan. Oleh sebab itu perlu untuk mengawasi hal ini. Penting juga untuk mengetahui sistem pembagian dividen teratur atau tidaknya.

Perusahaan yang memiliki jangka waktu pembagian dividen yang baik dan teratur, dimana sistem yang dilakukannya juga lebih bagus serta layak maka cocok untuk dipilih sebagai saham jangka panjang. Tidak hanya mengenai dividen oleh perusahaan, besaran dari dividen yieldnya juga perlu diamati dengan baik. Apabila dividen yield tinggi maka investor akan sangat diuntungkan.

Keadaan Bisnis Di Masa Mendatang

Tips memilih saham untuk jangka panjang bagi investor pemula selanjutnya adalah mengetahui keadaan perusahaan di masa mendatang. Hal ini bisa menjadi gambaran bagi anda apakah perusahaan tersebut memiliki fundamental yang kuat atau tidak. Sehingga anda mengetahui bisnis tersebut akan berjalan dalam jangka panjang dan menguntungkan atau sebaliknya.

Anda bisa menganalisis suatu perusahaan memiliki fundamental yang kuat atau tidak dengan mengetahui track record dari perusahaan tersebut. Salah satu contohnya adalah bagaimana perusahaan dapat mengatasi atau memiliki solusi dalam menyelesaikan permasalahan. Mereka yang kompeten akan melakukan pengelolaan keuangan yang tepat dan baik.

Mengawasi Laba Bersih Perusahaan

Tips Memilih Saham Untuk Jangka Panjang Bagi Para Investor Pemula

Selanjutnya, tips dalam memilih saham jangka panjang adalah dengan melihat perkembangan keuangan perusahaan. Dengan menganalisis hal ini anda bisa mengetahui uang yang anda investasikan kepada perusahaan tersebut akan berkembang atau tidak. Hal ini perlu diketahui karena berhubungan dengan dividen. Semakin meningkat dividen maka akan meningkat laba bersihnya.

Uji Kelayakan Saham

Mengawasi laba bersih atau laporan keuangan dari perusahaan dapat membuat anda mengetahui perusahaan tersebut layak atau tidak dijadikan tempat investasi saham untuk jangka panjang. Apabila pengelolaan keuangannya teratur dan baik maka dapat dipastikan bahwa perusahaan tersebut dapat menjadi pilihanmu sebagai tempat berinvestasi.

Analisis pengelolaan keuangan ini digunakan sebagai uji kelayakan saham dan perhitungan dividen di masa mendatang. Anda bisa menganalisis lebih akurat berapa keuntungan yang akan didapatkan dalam 5 tahun terakhir. Tak hanya itu anda juga melihat bagaimana perusahaan ini memiliki konsistensi dan fundamental yang kuat. Karena hal tersebut indikator paling kuat untuk diperhatikan.

Update Referensi Terkait Saham

Hal selanjutnya yang wajib untuk diperhatikan adalah mengawasi informasi mengenai saham. Lebih baik apabila anda melakukan update referensi saham mana yang dipandang baik dan tentunya mempertimbangkan saham tersebut dengan melihat poin – poin yang telah disebutkan sebelumnya. Anda bisa memanfaatkan informasi saham untuk jangka panjang melalui IDX atau BEI.

Itulah beberapa informasi mengenai saham yang bagus untuk jangka panjang. Sehingga anda bisa lebih tepat memilihnya dengan melakukan tips – tips yang disebutkan diatas. Investasi memang salah satu hal yang baik untuk menata keuangan di masa depan. Namun akan lebih baik apabila anda juga memiliki tabungan mandiri dan juga asuransi diri.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.