Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Usaha Modal Kecil yang Cocok Di Pedesaan

1 min read

Berada di pedesaan seharusnya tidak menyurutkan anda dalam membuka usaha. Banyak peluang usaha modal kecil yang bisa anda manfaatkan di pedesaan. Bahkan dengan modal sedikit pun anda berpeluang membuka usaha tersebut.

Meskipun di pedesaan, prospek bisnis di daerah tidak bisa dipandang sebelah mata. Kondisi masyarakat pedesaan yang secara akses masih sangat terbatas bisa anda manfaatkan untuk mendulang penghasilan. Misalnya dengan menjadi penyedia sembako atau penyedia bahan bakar seperti bensin eceran dan solar.

Contoh Usaha Modal Kecil Cocok di Pedesaan

Saat ini penduduk di pedesaan juga sudah tak kalah maju dengan para masyarakat perkotaan. Maka dari itu pilihan usahanya semakin banyak variannya. Keuntungan membuka usaha modal kecil di desa salah satunya karena minim persaingan. Selain itu, penduduknya memiliki daya beli yang berdasarkan kebutuhan sehingga proses barang masuk dan terjual menjadi lebih cepat.

Nah, berikut ini ulasan lengkapnya untuk berbagai contoh usaha modal kecil yang cocok di pedesaan.

1. Usaha toko kelontong

Membuka usaha toko kelontong di pedesaan sangat prospektif dari segi keuntungannya. Pasalnya area pedesaan yang jauh dari pusat perbelanjaan membuat banyak yang kesulitan membeli aneka kebutuhan pokok dan sampingan. Selain itu aneka toko franchise di pedesaan pun masih sangat jarang sehingga usaha toko kelontong anda lebih minim persaingan jika dibuka di area pedesaan.

Baca juga: Mengapa Pebisnis Harus Rajin Bangun Pagi? Inilah Alasannya

2. Usaha Kerajinan tangan

Dengan sumber daya alam yang ada di sekitar pedesaan, anda bisa menyulapnya menjadi kerajinan tangan. Misalnya sabut kelapa, bambu, hingga tanah liat yang bisa anda sulap menjadi kerajinan tangan. Industri kreatif ini bisa anda awali dengan modal kecil. jika terus anda kembangkan tidak menutup kemungkinan anda bisa memberdayakan masyarakat sekitar hingga mampu meraih pasar ekspor.

3. Usaha Budidaya sayuran

Kondisi lahan di pedesaan yang masih sangat luas dan subur membuatnya sangat cocok dimanfaatkan untuk budidaya sayuran. Budidaya sayuran bisa diawali dengan modal ratusan ribu lainnya. jika tidak memiliki lahan sendiri, anda bisa bekerjasama dengan pemilik lahan dan menerapkan sistem bagi hasil. Bahkan budidaya sayuran tidak selalu memerlukan lahan luas karena bisa ditanam pada lahan sempit menggunakan teknik-teknik tertentu.

4. Usaha konter pulsa

Meskipun di pedesaan namun pulsa menjadi kebutuhan yang sangat diperlukan. anda bisa menjadi agen pulsa dengan membuka konter. Dengan membuka konter anda juga membantu warga pedesaan mendapatkan pulsa secara lebih mudah. usaha satu ini juga masih minim persaingan di pedesaan. Untuk memulai bisnisnya, anda bisa mengawalinya dengan modal ratusan ribu rupiah sebagai deposit awal.

5. Usaha modal kecil bensin eceran

Karena lokasi SPBU yang cukup jauh banyak warga pedesaan yang kesulitan mendapatkan bahan bakar. Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut sebagai ide usaha. Cobalah jual bensin eceran di depan rumah. Atau jika anda memiliki konter maupun toko kelontong juga bisa sekaligus menyediakan bensin eceran ini. Selain bensin, anda juga bisa menyediakan bahan bakar lain seperti solar hingga gas.

Sekian beberapa uraian mengenai contoh usaha modal kecil yang bisa anda coba buka di pedesaan. Selamat mencoba dan semoga menambah informasi jenis usaha yang akan anda buka.

0
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.