Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Tips Meraup Untung Dari Usaha Grosir Sembako

1 min read

Sembako merupakan kebutuhan paling banyak dicari sampai kapanpun. Maka dari itu membuka toko penyedia sembako menjadi ide menarik untuk dicoba agar meraup untung. Jika secara retail profit yang dihasilkan masih sangat sedikit, anda bisa mencoba membuka usaha grosir sembako untuk meraup keuntungan lebih besar dengan proses perputaran modal yang cukup cepat. Menjual secara grosir memang lebih cepat menguntungkan dibandingkan secara retail. Meskipun modal yang dilontarkan cukup besar di awal, namun sebanding dengan profit yang didapatkan.

Meskipun menguntungkan, banyak pula usaha grosir sembako yang akhirnya gulung tikar. Hal ini disebabkan oleh faktor kurang pandainya dalam bertahan dari persaingan. Persaingan untuk usaha satu ini memang sangat tinggi mengingat permintaan pasarnya sangat tinggi. Selain itu kurangnya strategi jitu dalam memasarkan produk juga menjadi penyebab mengapa usaha tersebut justru berujung gulung tikar.

Meraup Untung dari Usaha Grosir Sembako

Bagi anda yang ingin mencoba berbisnis usaha grosir sembako, berikut ini ulasan selengkapnya untuk beberapa tips meraup untung dari usaha grosir sembako.

1. Survey harga

Jika hendak membuka usaha grosir sembako, hendaknya anda melakukan survey harga terlebih dulu. Meskipun hanya selisih 100 rupiah saja sangat berpengaruh pada minat konsumen dalam membeli karena sistem pembeliannya dalam jumlah grosir. Anda mesti tahu harga grosir barang di pasaran terlebih dulu sehingga anda bisa menjual barang sembako anda dengan harga bersaing. Jika barang yang anda jual harganya sama dengan pesaing, maka berikan layanan yang baik agar konsumen lebih tertarik membeli kepada anda.

2. Pertimbangkan jenis barang dalam menentukan harga

Harga jual suatu barang tidak bisa dipukul rata. Misalnya harga barang dalam jumlah kardusan tidak dapat disamakan profitnya dengan barang satuan. Maka anda mesti menentukan rumus dalam menentukan harga. Jika barang ingin cepat laku, ambil keuntungan sebesar 10%. Sedangkan barang yang laku dalam waktu lama bisa anda tetapkan keuntungannya sebesar 20-25%. Cara tersebut efektif agar barang yang anda jual tidak terkesan mahal.

3. Cari distributor langsung

Mencari distributor langsung akan memberikan harga jual sembako menjadi lebih terjangkau namun keuntungan yang anda dapatkan lebih besar. harga distributor langsung tanpa perantara lebih murah jika dibandingkan tangan kedua. Semakin murah barang yang anda dapatkan, maka semakin mudah dalam menentukan profit. Anda juga bisa menjual barang titipan dari pengusaha lain jika modal yang anda miliki masih sangat terbatas.

4. Menjual barang yang banyak dicari konsumen

Jual barang yang banyak peminatnya. Semakin banyak yang mencari maka semakin besar pula laba yang anda peroleh. Misalnya anda bisa menyediakan beras, telur, garam, gula yang notabene menjadi barang paling banyak dicari. Selain itu fokus pada pelayanan yang ramah agar konsumen betah berbelanja di tempat anda berkali-kali. Jika memungkinkan, anda bisa menyediakan jasa pengantaran barang belanjaan dalam jumlah tertentu.

Itu dia beberapa tips meraup untung dari usaha grosir sembako. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.