Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Mengapa Pebisnis Harus Rajin Bangun Pagi? Inilah Alasannya

2 min read

pebisnis harus bangun pagi

Ingatkah kita saat dulu masih kecil orang tua kita seringkali mengingatkan kita untuk rajin bangun pagi. Saat kita bangun kesiangan mereka akan membangunkan kita dan berkata bahwa kalau kita bangun siang maka rezeki kita akan pergi karena dipatok ayam. Saat itu mungkin kita akan segera bangun meskipun kita tidak paham apa maksudnya. Yang jelas bapak ibu kita akan marah kalau kita tidak bangun.

Saat kita beranjak dewasa, kita mungkin mulai melupakan nasehat tersebut. Entah kita tidak percaya atau mungkin lupa bahwa agama pun mengajarkan kita untuk tidak tidur lagi setelah sholat subuh. Jika kamu termasuk salah satu yang masih malas bangun pagi, mungkin itulah alasan kenapa bisnis mu tidak kunjung sukses.

Alasan Kenapa Pebisnis Harus Bangun Pagi

Apakah benar jika kita bangun siang maka rezeki kita akan dipatok ayam dan hilang? Bisa jadi benar, coba kita pikirkan, jika seekor ayam bangun kesiangan, maka dia tidak akan mendapat makanan karena makanan tersebut sudah dimakan oleh ayam yang lain.

Baca juga: Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Paling Menguntungkan

Di artikel ini kita akan membahas mengenai benar atau tidaknya nasehat tersebut. Tetapi kami akan membahas alasan kenapa pebisnis harus bangun pagi.

1. Suasana Pagi Masih Tenang

Pagi hari adalah waktu dimana suasananya masih tenang, belum ramai, karena kebanyakan orang masih terlelap tidur. Saat pagi inilah kesempatan kita untuk start lebih awal dibanding mereka-mereka yang masih tertidur lelap.

Selain itu, pagi hari adalah waktu dimana pikiran kita masih fresh. Apalagi jika pada malam harinya kita tidak bergadang dan waktu tidur kita sudah cukup. Dengan pikiran yang fresh, kita bisa berpikir lebih jernih. Ide-ide brilian bisa muncul dengan pikiran yang fresh.

Lain cerita jika semalaman kita bergadang, paginya pun bangun kesiangan. Jangankan memunculkan ide, untuk berpikir saja kepala kita masih pusing karena kurang tidur. Alhasil kita tidak bisa bekerja dan merencanakan bisnis dengan baik.

2. Waktu Mudah Dikabulkannya Doa

Pagi hari, lebih tepatnya di sepertiga malam terakhir adalah waktu dimana doa mudah untuk dikabulkan. Bagi kalian yang beragama Islam, waktu ini adalah waktu yang paling tepat untuk melaksanakan sholat tahajud. Setelah melaksanakan sholat, jangan lupa untuk berdoa meminta petunjuk, solusi dari masalah yang kita hadapi, atau bahkan rencana yang baik untuk bisnis yang akan kita lakukan.

Dalam perjuangan kita mencapai sesuatu, kita diajarkan untuk berusaha dengan keras, berdoa, dan tawakal. Berusaha tanpa berdoa tidaklah lengkap, oleh karena itu kita harus mencari waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa.

Setelah berusaha dan berdoa, maka kita harus tawakal. Tawakal adalah kondisi dimana kita menyerahkan sepenuhnya kepada Allah. Kita harus yakin bahwa Allah akan memberikan yang terbaik atas apa yang inginkan.

3. Semakin Pagi Kita Bangun, Semakin Banyak Waktu Produktif

Dengan bangun pagi, kita akan lebih punya banyak waktu untuk melakukan aktifitas kita. Jika kamu adalah pelajar/mahasiswa, maka waktu pagi hari bisa kita manfaatkan untuk belajar membaca materi pelajaran. Ilmu yang kita baca akan lebih mudah kita serap.

Jika kamu adalah seorang pekerja kantoran, dengan bangun lebih pagi berarti lebih banyak waktu untuk mempersiapkan pekerjaan. Jika jarak rumah dan kantor cukup jauh, maka kamu tidak akan terlambat dalam hadir ke tempat kerja. Tentu saja ini menjadi apresiasi yang positif dari atasan mu.

Jika kamu adalah seorang pebisnis, kamu bisa mempersiapkan bisnismu dengan lebih matang. Misalnya, kamu berbisnis jualan sayuran atau buah-buahan, maka kamu bisa mengambil stok lebih pagi, lebih murah tentunya.

Bayangkan jika kamu adalah seorang penjual di pasar, tetapi bangun mu siang, pasti penjualan juga akan menurun dengan drastis. Intinya, di pagi hari kamu akan memiliki waktu produktif yang lebih lama. Kamu dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan aktivitas kita.

4. Sebagai Salah Satu Cara Menjaga Kesehatan

Bangun pagi adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Tentunya jika pada malam hari kita tidak begadang dan tidur dengan cukup. Kebutuhan tidur orang dewasa adalah sekitar 7-8 jam sehari. Waktu malam hari adalah waktu dimana organ kita beristirahat memulihkan tenaga dan membuang racun di dalam tubuh.

Setelah tidur kita cukup, maka kita bisa bangun dengan kondisi yang fit. Oleh karena itu, tugas kita adalah memaintain kondisi dimana kita bisa tidur dengan cukup, tetapi kita juga bisa tetap bangun lebih pagi.

Lalu apa kaitannya dengan bisnis? Tidak mungkin kita bisa berbisnis jika kesehatan kita terganggu bukan? Ingatlah bahwa kesehatan adalah rezeki yang paling mahal yang diberikan Allah untuk kita. Dengan begitu kita bisa bersyukur dan berusaha secara smart untuk mencapai usaha kita.

0
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

One Reply to “Mengapa Pebisnis Harus Rajin Bangun Pagi? Inilah Alasannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *