Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Tips Meningkatkan Produktifitas di Masa Pandemi yang Harus Kamu Coba

1 min read

meningkatkan produktifitas

Masa pandemi membuat kita menjadi lebih berhati-hati dan menjaga kebersihan. Ini dilakukan untuk melindungi diri kita dan keluarga beserta untuk memutus rantai virus COVID-19. Salah satu hal yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan membuat kebijakan agar karyawan bisa bekerja dari rumah (WFH).

Bekerja dari rumah berarti akan memperkecil kemungkinan para karyawan untuk berkumpul secara masif di suatu tempat atau ruangan tertentu. Hal ini dapat membantu agar virus COVID-19 tidak mudah menyebar. Tetapi, hal ini juga menimbulkan permasalahan baru. Bekerja dari rumah akan membuat produktifitas karyawan menurun.

Meningkatkan Produktifitas di Masa Pandemi

Meningkatkan produktifitas adalah hal yang penting agar target pekerjaan tetap tercapai. Namun, kurangnya pengawasan akan membuat produktifitas menjadi rendah. Jika kamu adalah karyawan yang merasa kurang produktif saat pandemi, maka tips dari kami seharusnya bisa mendongkrak produktifitas mu.

Untuk meningkatkan produktifitas ada beberapa hal yang harus dilakukan. Beberapa di antaranya adalah berikut ini:

Disiplin Terhadap Waktu Kerja

Disiplin adalah kunci utama untuk tetap produktif di masa pandemi. Saat melakukan Work from Home (WFH) kamu memang tidak dikejar-kejar waktu seperti saat WFO. Kamu tidak dituntut untuk hadir di kantor dan melakukan presensi pada jam tertentu.

Meskipun tetap ada presensi, dan pasti kamu tetap bisa melakukannya tepat waktu, tetapi kesiapan kamu dalam melaksanakan pekerjaan adalah hal yang berbeda.

Jika saat WFO kamu pasti sudah rapi, maka saat WFH bisa jadi kamu malas untuk mandi dan bersiap-siap. Hal ini lah yang secara tidak langsung membuat kamu tidak produktif

Misalnya kamu absen/presensi pada jam 7 pagi, maka usahakan pada jam tersebut kamu juga sudah mandi dan siap untuk bekerja.

Mengatur Lokasi Kerja di Rumah

Lokasi kerja menjadi faktor yang penting untuk meningkatkan produktifitas. Oleh karena itu kamu harus pandai mengatur lokasi kerja di rumah saat melakuka Work from Home (WFH).

Jika kamu memiliki meja khusus kerja, maka buatlah senyaman mungkin. Misalnya dengan merapikan buku-buku yang berantakan.

Semisal kamu tidak punya meja khusus, maka kamu dapat mencari lokasi-lokasi yang sekiranya tetap nyaman untuk melakukan pekerjaan.

Mengaktifkan Smartphone – Standby Chat Whatsapp

Meskipun kamu berada di rumah, tetapi kamu tidak boleh lupa bahwa status kamu adalah sedang WFH. Artinya kamu tetap harus standby dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh atasan kepada mu.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah dengan tetap mengaktifkan smartphone atau HP kamu. Hal ini dilakukan agar jika sewaktu-waktu atasan menelepon kamu dalam kondisi yang siap untuk menerima telepon tersebut.

Tentunya kesigapan kamu dalam menerima respon akan menjadi nilai tersendiri dari atasan terhadap kinerja kamu ketika WFH.

Jangan Lupa Istirahat

Jika kamu memiliki pekerjaan yang sangat padat dan menumpuk, maka jangan lupa istirahat. Istirahat dilakukan agar pikiran dan badan kamu menjadi lebih fresh sehingga dapat melanjutkan pekerjaan dengan lebih baik.

Kamu mungkin bisa mencari celah untuk melakukan istirahat dengan mudah ketika WFH. Bukan untuk malas-malasan, melainkan untuk rehat sejenak agar kamu bisa lebih produktif ke depannya.

Menjaga Kondisi Tubuh

Berusahalah untuk tetap menjaga kondisi dan imunitas tubuhmu. Jangan lupa untuk sarapan di pagi hari. Jangan sampai pekerjaan yang banyak membuatmu malas untuk sarapan.

Jika perlu, minumlah vitamin tambahan untuk menambah imun. Atau, kamu dapat rutin mengkonsumsi buah yang tentunya lebih alami dan baik untuk kesehatan.

Nah, itu tadi beberapa tips yang dapat kami berikan untuk meningkatkan produktifitas kerja di masa pandemi. Semoga dengan menerapkan tips tersebut kamu dapat lebih produktif lagi dalam bekerja.

Admin
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *