Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Investasi Reksadana atau Emas, Inilah Perbedaannya

1 min read

Reksadana atau Emas

Berbagai macam cara bisa dilakukan untuk menambah pemasukan di luar gaji pokok kerja anda setiap bulannya. Salah satu cara yang saat ini banyak dipilih yaitu dengan melakukan investasi. Dari berbagai macam jenis investasi yang ada, investasi reksadana atau emas sudah banyak dijadikan sebagai pilihan. 

Hal ini disebabkan karena investasi reksadana atau investasi emas dinilai sebagai jenis investasi yang aman. Tak hanya itu saja, jenis investasi ini juga dinilai memiliki risiko kerugian yang lebih kecil daripada investasi jenis lainnya.

Perbedaan Antara Reksadana atau Emas

Sebagian besar mereka banyak yang menanyakan, investasi reksadana atau emas yang dinilai lebih menguntungkan. Untuk mengetahui hal tersebut, maka kita perlu tahu apa saja karakteristik dari setiap investasi tersebut.

Hal ini disebabkan karena adanya beberapa perbedaan antara emas dan reksadana. Setiap orang juga memiliki kecocokan yang berbeda terhadap setiap jenis investasi tersebut.

Investasi Reksadana

Perlu anda ketahui, investasi reksadana bisa dikatakan sebagai jenis investasi yang masih baru. Jadi, tak heran jika banyak orang yang belum mengenal dan juga memahami akan jenis investasi ini.

Munculnya investasi reksadana tersebut awal mulanya ketika bursa saham mulai menjamur dan juga pasar modal yang menawarkan beranekaragam jenis investasi di dalamnya.

Melakukan investasi di reksadana yaitu kita memakai uang untuk membeli unit reksadana yang telah dijual oleh MI atau Manajer Investasi.

Dalam hal ini, Manajer Investasi adalah pihak yang akan mengelola uang kita dengan cara menginvestasikan uang tersebut pada berbagai instrumen investasi. Diantaranya seperti saham, obligasi, serta deposito.

Tujuan dari investasi reksadana ini diantaranya untuk meningkatkan nilai uang yang kita investasikan di masa yang akan datang.

Investasi Emas

Emas memang sudah dinilai sebagai jenis investasi yang gampang dan juga menguntungkan. Hal ini disebabkan karena pada saat anda membutuhkan uang dengan segera, maka emas mudah dibeli dan juga dijual kembali.

Jika anda menginginkan jenis investasi yang mudah dan menjanjikan, maka investasi emas dapat menjadi solusi yang paling tepat untuk anda semuanya. Akan tetapi, sebelum anda memutuskan untuk melakukan investasi ini, anda harus mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu.

1. Hindari Emas Perhiasan Untuk Investasi

Sebaiknya anda tidak membeli emas perhiasan untuk investasi. Sebab, nantinya akan ada berbagai biaya tambahan lain yang harus anda keluarkan. Tak hanya harga emasnya sendiri, anda masih perlu mengeluarkan biaya desain, pembuatan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan demikian, uang yang anda keluarkan pun dapat menjadi lebih besar dari semulanya. Nah, jika anda benar-benar punya niat untuk berinvestasi, sebaiknya anda membeli emas murni atau emas batangan. Yang mana mempunyai kadar murni hingga mencapai 99, 99%.

2. Pertimbangkan Tempat Penyimpanan

Sebelum memutuskan untuk investasi emas, sebaiknya anda juga harus memikirkan tempat penyimpanan yang paling tepat untuk emas anda. Jika jumlah emasnya banyak, maka jangan disimpan di rumah karena banyak resikonya.

Maka dari itu, sebaiknya anda menyimpannya pada fasilitas safety box. Untuk fasilitas tersebut ternyata sudah disediakan oleh bank. Jadi, anda tidak perlu bingung lagi. Mungkin anda hanya perlu membayarkan uang untuk jasa penitipan.

3. Mengetahui Pergerakan Harga Emas

Selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah mampu menganalisis pergerakan harga emas. Hal ini penting sekali anda ketahui sebelum memutuskan untuk melakukan investasi emas.

Dengan berbagai macam penjelasan tentang investasi reksadana dan investasi emas ini, tentunya anda tidak perlu bingung lagi menentukan harus melakukan investasi reksadana atau emas. Sebab, setiap jenis investasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Admin
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *