Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Manfaat Membaca pada Anak yang Perlu Diketahui

2 min read

manfaat membaca

Adanya pepatah yang menyebutkan bahwa “buku adalah jendela dunia”, dapat menjadi motivasi bagi kita untuk memperoleh wawasan yang seluas-luasnya hanya dengan membaca buku. Dengan membaca, selain dapat menjadi hobi yang positif, juga dapat memberikan segudang manfaat baik untuk kecerdasan hingga pada hubungan sosial terhadap orang lain.

Seperti yang kita ketahui, banyak orang yang sukses berawal dari hobi membaca. Oleh karena itu, sangat baik jika hobi membaca kita tanamkan sejak dini pada anak. Banyak manfaat membaca yang dapat diperoleh anak hingga mereka dewasa nantinya.

Manfaat Membaca Untuk Anak

Sebelum anak bisa membaca sendiri, anda dapat membacakan beragam jenis buku cerita atau dongeng untuk si buah hati. Kebiasaan membaca untuk anak tidak hanya dapat menghibur si kecil, akan tetapi juga mempunyai beragam manfaat yang sangat penting untuk anak. Tidak ada waktu terlalu dini dalam membacakan buku untuk buah hati.

Bahkan, membaca buku dapat anda mulai sejak anak masih bayi baru lahir atau berada dalam kandungan. Semakin cepat serta sering anda membaca buku untuk buah hati, maka manfaat yang anda peroleh pun semakin cepat dan banyak didapat. Selain bermanfaat langsung pada buah hati juga dapat memberikan manfaat kepada anda sebagai orang tua.

Manfaat Tanamkan Gemar Membaca pada Anak 

Mengingat banyaknya manfaat yang diperoleh dengan membaca bagi anak-anak, maka sebaiknya anak gemar membaca sejak dini. Makin sering membaca, pengetahuan pun akan semakin kaya. Mengingat pada masa anak-anak terdapat fase emas perkembangan, maka sebaiknya aktivitas membaca menjadi salah satu cara menstimulasi otak anak.

Berikut ini beberapa manfaat membaca bagi anak, antara lain:

Menstimulasi Perkembangan Otak Anak

Tumbuh kembang otak paling pesat adalah saat anak berusia 0 – 2 tahun. Masa ini masih masuk dalam 1000 hari pertama kehidupan anak. Selain itu, hingga usia 5 tahun, anak memiliki kemampuan belajar yang cukup pesat dibandingkan dengan usia di atas 5 tahun.

Dengan membaca dapat memberikan banyak manfaat dalam perkembangan otak anak. Karena dengan kegiatan membaca dapat menstimulasi hubungan antara sel saraf yang terdapat dalam otak dalam menghantarkan informasi.

Perkembangan Mental

Anak yang memiliki kegemaran membaca sejak dini dapat tumbuh menjadi anak yang lebih percaya diri serta mandiri. Kebiasaan membaca juga dapat dikaitkan dengan adanya rasa disiplin tinggi serta kemampuan dalam memecahkan masalah. Selain itu, dengan hobi membaca dapat melatih anak untuk lebih tenang. Membaca juga dapat mengatasi rasa bosan yang melanda pada anak.

Unggul Dalam Akademik

Pada umumnya, anaknya yang gemar membaca akan lebih unggul dalam bidang akademik. Ketika anak tersebut telah terbiasa membaca dari kecil, maka hingga dewasa anak terbiasa untuk membaca, baik dalam keseharian ataupun untuk kepentingan akademik. Dengan kata lain, membaca dapat menjadi kunci sukses dalam hal akademik pada anak.

Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Dengan memiliki hobi membaca, terbukti dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Selama membaca, anak akan lebih fokus pada bacaan yang dibaca. Dengan demikian, konsentrasi anak akan semakin meningkat ketika membaca. Selain itu, dengan membaca, dapat meningkatkan daya ingat anak. Hal ini akan berpengaruh hingga usia dewasa nantinya.

Selain beberapa macam manfaat membaca untuk anak di atas, manfaat lain yang dapat diperoleh dengan gemar membaca adalah dapat meningkatkan kemampuan berfikir, bahasa, serta kreativitas pada anak. Anak juga dapat lebih mudah dalam mengenal konsep yang berhubungan dengan segala hal yang ada di sekelilingnya.

Mengikuti Gerakan Indonesia Cinta Membaca

Gerakan membaca harus digalakkan sejak usia dini. Dengan terbiasa membaca sejak kecil, maka anak-anak akan terlatih untuk selalu membaca di kehidupan mereka.

Salah satu foundation yang sedang mengadakan event Indonesia Cinta Membaca adalah Tanoto Foundation. Anda bisa membaca gerakan membaca yang sedang digaungkan oleh foundation tersebut pada link di atas.

Selamat membaca!

Admin
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *