Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Mudah dan Lengkap, Berikut Cara Membuat Katalog Produk di Word

1 min read

Cara Membuat Katalog Produk di Word

Sebuah bisnis tidak dapat dipisahkan dari katalog. Katalog produk menjadi salah satu cara untuk memasarkan produk dengan mudah dan membuat konsumen lebih nyaman dalam mengenali produk. Namun, beberapa pelaku usaha mengalami kesulitan saat membuat katalog karena terkendala kemampuan desain. Oleh karena itu, simak cara membuat katalog produk di word dengan mudah.

Cara Membuat Katalog di Word Lengkap dan Mudah

1. Mengumpulkan Semua Bahan

Dengan adanya katalog, pelaku usaha tidak perlu panjang lebar menjelaskan produk apa saja yang mereka punya, cukup dengan menunjukkan katalog produknya. Kalatog yang baik adalah yang memuat secara lengkap informasi produk. Dalam hal ini, anda harus menyiapkan bahan-bahan untuk membuat katalog, seperti daftar produk, foto masing-masing produk, review, dan testimoni.

2. Pilih Ukuran dan Jumlah Halaman Katalog

Setelah semua bahan siap digunakan, anda perlu memilih ukuran katalog yang sesuai dengan produk anda. Di dalam Word, anda bisa memilih ukuran kertas yang akan anda gunakan. Tentukan juga jumlah halaman yang tepat karena katalog anda perlu cukup panjang untuk menjelaskan informasi produk secara lengkap, tetapi juga harus singkat agar konsumen tidak bosan membaca.

3. Memasukkan Konten Katalog di Word

Cara membuat katalog produk di Word bisa memanfaatkan template yang disediakan secara online. Anda bisa men-download template tersebut ketika membuka file baru. Setelah memilih New pada tombol Office, akan muncul pop up dan klik pada kolom pencarian Search Microsoft Office Online for a Template. Anda bisa memasukkan kata kunci Catalog, lau tekan Enter.

Nanti akan muncul beberapa template yang bisa anda download. Anda bisa memilih bentuk mana yang anda sukai. Setelah ter-download, anda bisa mengeditnya sesuka hati dengan bahan-bahan yang sudah ada. Selain menggunakan template ini, anda juga bisa mendesain sendiri menggunakan Shape yang tersedia. Anda juga bisa memanfaatkan Tabel untuk menuliskan deskripsi produk anda.

4. Mengatur Konten dengan Baik

Cara Membuat Katalog Produk di Word

Ketika mulai memasukkan konten ke dalam template atau desain buatan sendiri, anda harus memperhatikan konten apa saja yang muncul di setiap halaman. Cara membuat katalog produk yang baik bisa anda lakukan dengan memasukkan produk-produk yang sejenis atau saling berkaitan di halaman yang sama.

Hal ini akan memudahkan konsumen untuk memilih dan mengenali produk anda. Agar katalog yang anda buat semakin efektif, anda bisa menambahkan halaman pengantar pada bagian depan. Halaman pengantar ini berisi informasi garansi, pengembalian produk, atau artikel yang menunjang produk anda, sehingga konsumen akan tertarik untuk membeli produk anda.

5. Membuat Sampul yang Bagus

Sampul katalog anda adalah view yang dilihat pertama kali oleh konsumen. Sampul yang anda buat akan sangat berpengaruh pada kesan pertama seorang konsumen terhadap produk-produk yang anda tawarkan. Tampilan sampul yang tidak menarik akan membuat konsumen enggan untuk membuka lebih jauh. Cara membuat katalog produk selanjutnya adalah tampilan sampul yang menarik.

Anda bisa menggunakan template sampul yang sudah disediakan oleh Microsoft Word. Jika menggunakan template katalog yang anda download, di dalamnya sudah terdapat sampul katalog yang bisa anda edit sesuai kebutuhan. Pastikan anda juga menuliskan alamat dan nomor telepon bisnis anda agar mudah untuk dihubungi.

Demikian beberapa cara untuk membuat katalog di Word yang bisa anda lakukan sendiri. Tentunya, hasil yang diberikan tidak sebagus jika dibuat menggunakan aplikasi desain seperti Adobe Photoshop atau CorelDraw, namun jika anda kreatif dalam mengkreasikan ide, katalog produk hasil Word juga tidak akan kalah baiknya.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *