Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Mengenal Tugas Sales Executive serta Skill yang Harus Dikuasai

2 min read

Tugas Sales Executive

Dalam suatu perusahaan, umumnya terdapat sales executive, tugas sales executive ini yaitu melakukan promosi penjualan dan membantu perusahaan menjual produk kepada calon pelanggan. Artikel kali ini akan membahas tentang tugas dari sales executive, yang penting untuk membantumu sebelum menjadi sales. Untuk itu, simak ulasannya di bawah ini!

Peran Sales Executive dalam Perusahaan

1. Selalu Berhubungan dengan Pelanggan

Tugas dari sales memang mencakup segala hal yang berhubungan dengan customer atau pelanggan sampai bertugas untuk melakukan riset pasar dan bernegosiasi. Pada dasarnya tugas dari sales executive selalu berhubungan langsung dengan produk yang langsung akan dijual ke konsumen. Selain itu, sales executive juga bertugas memberikan informasi produk dan layanan.

2. Pemenuhan Target Penjualan

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan tugas sales yang sering kita kenal dengan pemenuhan target. Tugas dari sales memang harus bisa dalam setiap bulannya atau dalam setiap tahunnya memenuhi suatu target penjualan bagi suatu produk perusahaanya. Disamping itu, sales juga bertugas untuk harus bisa menjaga hubungan yang baik dengan banyak kliennya.

Menjaga hubungan dengan para klien, tidak hanya untuk klien yang baru saja, akan tetapi hubungan yang baik tersebut juga harus dijaga untuk klien yang lama sekalipun. Dengan menjaga hubungan yang baik pada sejumlah klien, tentunya akan mempermudah sales dalam promosi produknya. Anda tinggal mengontaknya di sosial media dan menawarkan penawaran menarik.

3. Meninjau Kinerja Penjualan

Selanjutnya yaitu, tugas sales executive yang lainnya berurusan dengan peninjauan kinerja penjualan. Meninjau kinerja penjualan menjadi hal yang penting untuk suatu sales. Dengan begitu, sales akan selalu melakukan evaluasi seberapa bagus kinerja yang bisa dilakukan dalam pemenuhan penjualan produk, serta kinerja seperti apa yang harus ditingkatkan lagi hasilnya.

Di masa digital marketing seperti ini, para sales executive juga dituntut oleh sejumlah perusahaan untuk bisa mengelola atau memelihara suatu basis data Consumer Relationship Management atau CRM. Selain itu, sales executive juga memiliki tugas penting lain seperti mempersiapkan sejumlah dokumen invoice, yang mana dokumen tersebut berupa kontrak hingga proposal.

4. Bertugas Menghadiri Pameran Dagang

Tugas Sales Executive

Tugas satu ini memang tak lepas dari sales executive. Untuk Anda yang sedang bekerja di bagian sales executive, bersiaplah untuk bisa menghadiri pameran dagang suatu bisnis. Hal ini sangat penting, karena dengan rutin menghadiri suatu pameran dagang, sales akan banyak menjumpai customer di dalam pameran tersebut. Sehingga sales executive bisa melakukan promosi gratis.

Menghadiri pameran dagang, selain bisa untuk melakukan promosi gratis sehingga mendapatkan banyak customer, selain itu juga bermanfaat bagi sales executive untuk melihat lebih luas lagi tentang beragam produk atau jasa serupa yang bersaing di dalam pasar, untuk itu pengetahuan sales akan semakin bertambah dan juga skill yang dipunya semakin terasah.

5. Punya Sejumlah Skill yang Dibutuhkan Perusahaan

Untuk menjadi seorang sales yang profesional, tentunya diperlukan kinerja yang bagus terkait dengan tugas sales yang sudah dijelaskan di awal tadi. Jika sales mengalami penurunan dalam pekerjaannya, maka dapat mempengaruhi penjualan suatu produk atau proses produksi perusahaan. Lebih dari itu, kinerja sales yang buruk, mempengaruhi omset perusahaan.

Agar hal tersebut tidak terjadi, seorang tim sales perlu adanya sejumlah skill yang harus dikuasai seperti interpersonal skill, pemimpin, menguasai secara mendalam tentang produk yang sedang ditawarkan, hingga kemampuan berhitung, lantaran tugas dari sales executive tidak lepas dari penjualan dan target. Sehingga kemampuan berhitung yang baik sangat dibutuhkan oleh sales.

Itu tadi ulasan mengenai tugas dari sales executive yang bisa menjadikan Anda bahan informasi, jika Anda sedang menyiapkan diri untuk menjadi sales executive. Tugas dari sales sendiri berpengaruh penting terhadap perusahaan, sebab akan mempengaruhi naik turunnya omset produksi serta penjualan suatu perusahaan.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *