Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Mengenal Lebih Jauh Badan Usaha Firma

1 min read

Badan Usaha Firma

Di dalam dunia bisnis terdapat banyak jenis usaha, salah satunya firma. Usaha adalah sebuah aktivitas yang berhubungan dengan ekonomi untuk mendapatkan keuntungan. Untuk mengenal lebih jauh tentang dunia bisnis, kali ini akan dibahas tentang firma, mulai dari pengertian, sifat, jenis-jenisnya, hingga kelebihan dan kekurangan firma. Berikut penjelasannya.

Apa Itu Firma?

1. Pengertian dan Sifat Firma

Firma merupakan suatu perserikatan dagang yang melibatkan beberapa perusahaan untuk mengembangkan usaha dua orang atau lebih dengan nama usaha bersama. Semua anggota di dalam firma memiliki tanggung jawab yang sama, termasuk dana pengembangan, keuntungan, dan kerugian. Firma memiliki umur yang terbatas dan dapat digunakan untuk usaha kecil maupun skala besar.

Semua anggota firma berhak untuk mendapatkan laba dari persekutuan firma. Jika terdapat anggota yang meninggal atau mengundurkan diri, maka akan melakukan pembubaran persekutuan firma. Masing-masing anggota firma memiliki kepentingan sendiri dengan tanggung jawab investasi yang tidak terbatas. Investasi tersebut tidak dapat dimiliki secara terpisah.

2. Ciri-Ciri Firma

Sebelum masuk ke pembahasan kelebihan dan kekurangan firma, lebih dahulu akan dibahas tentang ciri-ciri firma. Setiap kegiatan yang ada di dalam firma akan mencantumkan pemakaian nama bersama dan memiliki anggota yang selalu aktif mengelola perusahaan. Di dalam perjanjian firma ada badan hukum noratis yang menyaksikan.

Setiap resiko yang ada di dalam usaha akan ditanggung dengan tanggung jawab yang tidak terbatas dan posisi pimpinan dapat diambil alih oleh setiap anggota. Terapat perjanjian dengan pihak lain yang dilakukan oleh anggota persekutuan firma dengan jangka keanggotaan yang tidak terbatas waktu atau seumur hidup.

Firma biasanya akan lebih mudah untuk mendapatkan kredit usaha, namun firma juga dapat dibubarkan oleh salah satu anggota. Hal ini merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan firma. Beberapa jenis firma adalah firma dagang, firma non dagang, firma umum, dan firma terbatas.

3. Jenis-Jenis Firma

Badan Usaha Firma

Firma dagang dibentuk untuk menjalankan usaha di industri perdagangan dengan tujuan utama membeli atau menjual barang, contohnya Nike, Diadora, dan Crocs. Firma non dagang bertujuan untuk menjual produk jasa melalui usaha di industri jasa. Contoh dari firma ini adalah Firma Hukum, Firma Akuntansi, dan Konsultasi Bisnis.

Kemudian, ada firma umum yang bertanggung jawab atas berjalannya operasioal perusahaan berupa kewajiban hutang piutang. Yang terakhir adalah firma terbatas yang memiliki kekuasaan terbatas atas perusahaan. Setelah menganal apa itu firma beserta ciri-ciri dan jenisnya, selanjutnya akan dibahas apa saja kelebihan dan kekurangan firma.

4. Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan firma yang pertama adalah sistem pengelolaan yang lebih profesional karena terdapat pembagian tugas yang jelas untuk setiap struktur organisasi. Kedua, pemimpin dipilih berdasarkan keahlian dan kemampuan, bahkan ada beberapa firma yang dipimpin oleh lebih dari satu orang.

Kelebihan yang ketiga terdapat akta notaris yang mempermudah firma untuk mendapatkan pinjaman modal dan keuntungannya dibagi berdasarkan modal awal setoran. Firma juga memiliki beberapa kekurangan yang cukup penuh resiko. Tanggung jawab anggota tidak hanya pada modal, namun juga harta pribadi.

Ketika firma mengalami kebangkrutan, maka aset pribadi anggota akan digunakan sebagai jaminan kerugian yang dialami perusahaan. Selanjutnya, jika salah satu anggota firma rugi, maka semua anggota akan ikut menanggungnya. Kekayaan pribadi dan aset perusahaan tidak memiliki pemisah, sehingga juga sering terdapat perselisihan antar anggota karena pembagian untung yang tidak adil.

Beberapa penjelasan tentang firma di atas dapat dijadikan sebagai pertimbangan sebelum memutuskan untuk mendirikan atau bergabung dengan firma. Meskipun memiliki keuntungan yang menjanjikan, namun juga terdapat kerugian yang perlu untuk dipertimbangkan.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *