Jenis Rayap dan Cara Mengendalikan Rayap Agar Tidak Menyerang

1 min read

rayap

Rayap seringkali dianggap sebagai hama pengganggu di dalam kehidupan manusia. Hal ini tidak terlepas dari kesukaan rayap yang suka sekali memakan kayu. Rayap seringkali memakan kayu perabot, bangunan rumah, dan lain kayu-kayu lainnya. Tentu saja jika tidak dikendalikan akan berakibat fatal bagi keamanan keluarga yang di dalam rumah tersebut.

Rayap sendiri adalah golongan serangga Isoptera yang masih berkerabat dengan semut. Rayap juga merupakan serangga yang punya sifat sosial tinggi, ya sangat mirip dengan semut.

Seperti halnya semut, rayap juga memiliki banyak jenis. Ada rayap yang memiliki sayap. Tetapi, rayap yang hidup dalam koloni, biasanya tidak memiliki sayap tersebut. Rayap seringkali berkembang pesat pada saat musim hujan, kemudian keluar pada malam hari mengikuti sumber cahaya. Rayap jenis ini, kita kenal dengan nama laron.

Meskipun rayap seringkali merugikan manusia, tetapi kehadirannya tidak selalu merugikan. Jika kita lihat dari sisi pandang yang lain, rayap berperan penting dalam mendaur ulang kayu yang membusuk dan menjaga keseimbangan alam.

Jenis-jenis Rayap

Seperti yang sudah disebutkan di awal, rayap memiliki banyak jenis. Berikut ini adalah beberapa jenis rayap jika diklasifikasikan dari tempat tinggalnya.

Rayap pohon

Rayap pohon adalah jenis rayap yang hanya memakan pohon yang masih hidup. Rayap jenis ini tidak tinggal di dalam tanah.

Rayap kayu lembab

Rayap jenis ini juga tidak tinggal di dalam tanah. Rayap ini hanya memakan kayu yang sudah mati.

Rayap kayu kering

Rayap jenis ini juga tinggal di dalam kayu, tetapi kayunya adalah kayu yang kering. Bisa jadi Anda sering menemukan rayap jenis ini. Jika di kursi kayu rumah ada butiran-butiran kecil warna coklat, maka itu adalah tanda kayu nya sedang diserang oleh rayap jenis ini. Rayap kayu kering ini juga tidak tinggal di dalam tanah.

Rayap subteran

Rayap jenis ini umumnya hidup di dalam tanah. Rayap ini juga memiliki kemampuan tinggal di dalam kayu. Jika kayu tersebut bersifat lembab, maka rayap subteran bisa tinggal di dalamnya.

Rayap tanah

Rayap jenis ini adalah rayap yang paling sering menyerang bangunan kayu. Rayap ini tinggal di dalam tanah dekat dengan bangunan yang sedang dia serang. Rayap tanah memiliki enzim yg dikeluarkan dari mulutnya berfungsi untuk menembus tembok atau lantai.

Cara Mengendalikan Rayap

Jika tempat tinggal Anda seringkali diserang oleh rayap, mungkin sudah saatnya Anda memikirkan bagaimana cara mengendalikan rayap.

  1. Menghindari bahan-bahan kayu yang ditaruh di sekitar rumah.
  2. Jangan menaruh kayu-kayu di sekitar rumah, apalagi menempelkannya ke tembok rumah.
    Hal ini karena bisa jadi rayap bersarang di kayu tersebut dan berpindah ke dalam rumah.
  3. Jangan menaruh kayu di atas tanah secara langsung.
    Jika Anda memiliki tumpukan kayu yang masih digunakan, jangan sekali-kali menaruhnya di atas tanah secara langsung karena rayap dapat memakan kayu tersebut dari bawah tanah. Ketika tersadar, mungkin sudah terlambat karena kayu tersebut tidak dapat dipakai lagi
  4. Gunakan kayu yang awet untuk bahan bangunan.
    Disarankan menggunakan kayu yang awet seperti misalnya kayu jati untuk bahan bangunan. Selain itu perlu juga diberikan pengawet agar kayu tidak mudah rusak dan di serang rayap.
  5. Jika ternyata bangunan telah diserang rayap. Pastikan gunakan cara pengendalian yang ramah lingkungan. Jika ternyata serangannya sudah parah, mungkin Anda memerlukan bantuan dari pihak yang ahli dalam mengendalikan rayap.

Salah satu perusahaan yang cocok untuk melakukan tugas pengendalian rayap ini adalah Fumida. Fumida merupakan perusahaan pengendalian hama yang menyediakan jasa anti rayap. Anda bisa mengontak mereka untuk membantu melakukan pengendalian rayap.

Demikian ulasan singkat tentang cara mengendalikan rayap. Semoga bermanfaat.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *