Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

3 Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana Untuk UKM

3 min read

cara membuat laporan keuangan sederhana

Bisniskuy.com – Salah satu bentuk laporan yang paling umum dibuat yaitu laporan keuangan. Namun tidak sedikit kasus penolakan laporan karena isinya tidak sesuai. Untuk menghindarinya, Anda perlu mengetahui  cara membuat laporan keuangan sederhana.

Laporan merupakan dokumen penting yang dibuat perorangan atau sebuah lembaga dan ditujukan untuk pihak tertentu. Terutama bagi Anda yang bekerja di lingkungan UKM UMKM ada beberapa format laporan keuangan yang harus dipahami.

Di Indonesia sendiri terdapat standar laporan keuangan yang langsung dibentuk oleh Dewan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dan disebut Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil menengah (SAK EMKM).

Cakupan Laporan Keuangan untuk UKM UMKM

Pada dasarnya laporan keuangan dibuat berdasarkan asumsi dasar akrual dan kelangsungan usaha. Yang terpenting laporan lengkap, relevan, komprehensif dan mudah dipahami.

Laporan keuangan UMKM bila disederhanakan terdiri dari tiga bagian. Masing – masing memiliki peran dan saling mendukung keabsahan laporan keuangan yang dibuat. Ketiganya meliputi:

  • Laporan arus kas perusahaan
  • Laporan laba rugi
  • Catatan atas laporan keuangan (CALK)

Laporan arus kas biasanya dibuat berkelanjutan dan bisa dilihat atau dilaporkan kapanpun. Sementara laporan laba rugi biasa dibuat per periode dan dilaporkan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Catatan atas laporan keuangan pada UMKM bersifat opsional. Namun, banyak perusahaan tetap membuat catatan tersebut agar seluruh laporan keuangan terbilang valid.

Laporan dibuat oleh akuntan yang bekerja dibawah naungan entitas atau instansi terkait. Namun tidak menutup kemungkinan laporan ini dibuat oleh pihak lain sesuai protokol pada entitas tersebut.

Nantinya laporan ini akan menjadi bahan kajian berbagai pertimbangan yang akan dilakukan kedepannya oleh pihak terkait.

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana beserta Contoh Formatnya

Kehadiran laporan keuangan sangatlah penting dalam suatu perusahaan. Tidak terkecuali pada unit usaha kecil menengah. Laporan keuangan yang stabil dapat mengindikasikan kestabilan usaha tersebut.

Untuk mempermudah pihak pembuat, berikut cara membuat laporan keuangan sederhana beserta formatnya.

Laporan Arus Kas

Laporan ini berisi ringkasan aset bisnis secara berkelanjutan tertentu tergantung perusahaan. Segala bentuk pemasukan dan pengeluaran berupa debit dan kredit tertulis di dalamnya.

Termasuk utang piutang hingga saldo awal. Kedepannya laporan ini digunakan sebagai gambaran umum langkah bisnis kedepannya. Berikut tuntunan pembuatannya :

  • Kumpulkan setiap bukti transaksi, pengerjaan dilakukan setiap hari.
  • Pisahkan pemasukan, pengeluaran dan utang berurutan berdasarkan tanggalnya.
  • Buat format arus kas sederhana dan masukan data yang ada.

Contoh format laporan arus kas sederhana :

UMKM WARUNG UNTUNG MAKMUR

Laporan Arus Kas Periode Juli th.2030

Tanggal Keterangan Debit Kredit Saldo
1 / 7 / 2030 Saldo kas awal Rp 7.000.000 Rp. 7.000.000
3 / 7 / 2030 Penjualan bakwan Rp 15.000.000 Rp 22.000.000
7 / 7 / 2030 Restock bahan Rp 1.200.000 Rp 20.800.000
12 / 7 / 2030 Pemasukan Warung Rp 1.000.000 Rp 21.800.000
21 / 7/ 2030 Tagihan listrik Rp 250.000 Rp 21.550.000
24 / 7 / 2030 Biaya bersih – bersih Rp 200.000 Rp 21.350.000

Jadi, TOTAL KAS UMKM PERCAYA UNTUNG MAKMUR adalah Rp 21.350.000,-

Laporan laba rugi

Laporan ini merinci laba dan rugi perusahaan. Termasuk beban pajak bila dibutuhkan. Dibuat per periode, laporan ini ditujukan pada tim manajemen keuangan.

Selanjutnya laporan laba rugi dijadikan acuan untuk melihat berbagai rasio dalam bisnis. Walaupun sederhana, diperlukan pemahaman akan cara pembuatannya. Berikut hal utama yang harus disiapkan:

  • Kumpulkan berkas total setiap pendapatan, pengeluaran dan pengeluaran pasti.
  • Pastikan data yang terkumpul merupakan data satu periode yang sama.
  • Satukan setiap data dalam satu file namun diberi jarak pemisah.

Contoh format laporan laba rugi per satu periode :

UMKM WARUNG UNTUNG MAKMUR

(Warung Lesehan Dengan Suasana Restoran Bintang Lima)

Laporan Laba Rugi Periode  Juli 2030

PENDAPATAN
Penjualan Nasi Goreng Rp 3.000.000
Penjualan Pecel Lele Rp 4.000.000
Penjualan Mie Instan Rp 6.000.000
Total Pendapatan Rp 13.000.000
PENGELUARAN
Bayar Live Music Rp 500.000
Laba Kotor (Pendapatan – Pengeluaran) Rp 12.500.000
PENGELUARAN PASTI
Biaya Restock Bahan Rp 1.500.000
Gaji Karyawan Rp 4.000.000
Lain – lain Rp 200.000
Laba Bersih (Laba Kotor – Pengeluaran Pasti) Rp 6.800.000

Catatan atas laporan keuangan (CALK)

Terakhir pembuatan CALK. Isinya mencakup beberapa hal seperti pernyataan bahwa laporan disusun sebenar benarnya, ringkasan seluruh kebijakan akuntansi dan informasi tambahan yang menjelaskan transaksi penting guna lebih memahami laporan keuangan. Laporan ini lebih berupa dokumen penunjang atas laporan inti.

Langkah pembuatan catatan atas laporan keuangan (CALK) :

  • Siapkan dokumen pendukung seperti laporan arus kas dan laporan laba rugi untuk crosscheck.
  • Siapkan format CALK
  • Buat pernyataan sesuai dengan laporan yang telah dibuat.

Contoh format catatan atas laporan keuangan (CALK) sederhana :

UMKM WARUNG UNTUNG MAKMUR
Catatan Atas Laporan Keuangan
Periode Akhir Tahun 2030
UMUMEntitas ini didirikan di kota Klaten berdasarkan akta Nomor 27 per tanggal 31 Desember 2030 yang dibuat dihadapan Cristiano Pamungkas, S.H., notaris di Yogyakarta dan mendapatkan persetujuan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia No.08 2030 tanggal 30 November 2030. Bergerak dalam bidang usaha panganan ringan, entitas berpusat di kota Klaten. Entitas ini telah memenuhi kriteria sebagai UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) sesuai UU Nomor 20 Tahun 2008. Entitas Beralamat di Jl. Berdua Bersama Kamu, Klaten, Jawa Tengah.

RINGKASAN KEBIJAKAN PADA LAPORAN AKUNTANSI

– Pernyataan Awal Kepatuhan
Laporan keuangan ini disusun berdasarkan aturan dari IAI terkait aturan laporan akuntansi keuangan untuk UKM yang berlaku di Indonesia.

– Dasar Penyusunan
Penyusunan laporan ini di dasari oleh kewajiban laporan pada pihak terkait dengan bahan pertimbangan seluruh riwayat keuangan. Laporan dibuat sederhana demi mempermudah pemahaman pembacanya. Dalam laporan keuangan ini mata uang yang digunakan adalah rupiah.

– Piutang usaha
Piutang usaha bisa dilihat sebenar – benarnya sebagaimana tersaji pada laporan arus kas. Setiap hutang telah dibayar lunas pada sebelum jatuh tempo.

– Persediaan
Biaya persediaan alokasi bahan baku meliputi biaya angkut dan pembelian secara keseluruhan.

– Aset Tetap
Aset dihitung lewat metode garis lurus tanpa pengurangan nilai residu. Perhitungan dilakukan dan disetujui oleh pemilik utama aset. Aset ini didapatkan dan dimiliki pihak entitas sebagaimana tertulis dan dilindungi secara hukum.

– Pendapatan dan Beban
Pendapatan entitas diketahui lewat penerbitan laporan keuangan yang memuat data keseluruhan masuk keluarnya barang (transaksi optimal kepada pelanggan). Sedangkan beban dilihat bersamaan dan diakui saat terjadi.

– Pajak Penghasilan
Alokasi untuk pajak penghasilan disesuaikan mengikuti ketentuan mengenai perpajakan yang diberlakukan instansi terkait di Indonesia.

Dokumen pendukung ini sangatlah diperlukan dalam berjalannya suatu bisnis. Maka dari itu cara membuat laporan keuangan sederhana tidak kalah penting untuk dipahami.

Walaupun sederhana, bentuk laporan keuangan bisa mewakili arus keuangan yang terjadi dalam suatu UMKM. Anda pun mudah untuk lebih memahami arus keuangan bisnis tanpa perlu bantuan luar.

Admin
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *