Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Tak Usah Khawatir Lagi, Begini Cara Bermain Saham Pemula yang Bisa Anda Lakukan

1 min read

Cara Bermain Saham Pemula

Sebagai pemula yang telah mempelajari seputar saham, tidak lengkap rasanya jika anda belum mengetahui terkait dengan cara bermain saham pemula. Dimana cara ini bisa anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Penasaran? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Simak Cara Tepat Bermain Saham Untuk Para Pemula

Pemilihan Sekuritas

Sebagai calon investor, anda juga harus memahami terkait perusahaan sekuritas. Dimana perusahaan ini telah mendapatkan izin usaha dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan untuk bisa melakukan kegiatan usaha. Di antara lain Penjamin Emisi Efek, Perantara Pedagang Keuangan, atau beberapa kegiatan lainnya yang tentu sesuai dengan ketentuan dari Pengawas Pasar Modal.

Bermain saham bisa dilakukan juga untuk anda yang memiliki modal kecil. Pada perusahaan sekuritas, anda perlu membuka rekening terlebih dahulu. Pada rekening tersebut anda nantinya akan menyetorkan uang dan bisa menggunakan uang tersebut untuk membeli saham yang anda inginkan.

Pemanfaatan Aplikasi Trading

Dengan menggunakan handphone pintar atau smartphone, anda bisa dimudahkan juga untuk mengetahui cara bermain saham pemula dengan menggunakan aplikasi trading yang bisa diunduh secara gratis pada PlayStore ataupun AppStore. Mudahnya fasilitas ini bisa membuat anda melakukan online trading kapanpun serta dimanapun selama memiliki jaringan internet.

Adanya aplikasi trading ini biasanya sudah disediakan oleh perusahaan sekuritas dimana tempat anda membuka rekening untuk melakukan investasi saham. Perlu diingat bahwa anda harus memastikan kembali jika perusahaan sekuritas yang dipilih sudah menyediakan layanan aplikasi online trading untuk para calon investor.

Pilihlah Perusahaan Publik yang Tepat

Cara Bermain Saham Pemula

Untuk melakukan investasi saham, jangan terlewat untuk menggunakan perusahaan publik yang memang sudah terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Dengan mengunjungi laman website BEI, anda bisa tahu mengenai perusahaan mana sajakah yang telah membuka sahamnya kepada publik.

Perusahaan seperti BUMN juga memiliki reputasi yang baik serta memiliki resiko yang rendah untuk mengalami penurunan di kemudian hari. Dalam upaya mendapat keuntungan dari cara bermain saham pemula, ada baiknya untuk menghindari perusahaan memiliki nilai naik turun. Sebab pada saham seperti itu bisa mudah dimanipulasi oleh beberapa investor dengan modal yang besar.

Memantau Pergerakan Ekonomi

Tidak kalah pentingnya dengan cara bermain saham sebelumnya, anda juga perlu memantau pergerakan ekonomi yang berada di dalam negeri maupun berada di luar negeri. Apabila anda sudah mengetahui situasi pasar saham, maka anda bisa dengan cermat untuk memprediksikan pergerakan saham yang telah anda miliki.

Jika pada kondisi pasar sedang normal, anda bisa memulai untuk berinvestasi saham baru. Sebaliknya apabila kondisi pasar sedang memburuk, maka anda bisa untuk menahan diri agar tidak membeli ataupun menjual saham. Paham dengan sentimen juga penting dilakukan untuk anda para investor, yang mana sentimen pasar bisa menjadi faktor naik dan turunnya saham.

Beli Saham Ketika Harga Turun

Banyak ditemui dari investor pemula yang menganut paham bahwa ketika harga saham sedang turun, maka di waktu itulah investor harus menghindari untuk membeli saham. Namun sebenarnya pemahaman yang seperti itu tidak sepenuhnya salah, dan tidak sepenuhnya juga benar.

Sebab, terdapat banyak kasus dimana pada saat membeli ketika harga saham sedang turun, dan kemudian harga kembali normal atau tinggi maka anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Tetapi, disarankan untuk tidak mengaplikasikan metode ini pada setiap harga saham yang sedang turun. Oleh karena itu bijaklah dalam menggunakan cara bermain saham pemula.

Demikian beberapa cara bermain saham yang bisa anda praktekkan guna mendapatkan untung yang optimal dan sesuai dengan keinginan anda. Beberapa tips di atas tentu bertujuan untuk membantu anda para investor pemula untuk memiliki pengalaman investasi saham yang untung serta rendah resiko.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.