Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Investasi Saham Menjadi Mudah Dengan 4 Poin Tepat Belajar Saham Untuk Pemula

1 min read

Poin Tepat Belajar Saham Untuk Pemula

Segala sesuatu yang dimulai dengan belajar pasti akan terasa lebih mudah. Sama halnya juga dengan investasi saham. Mungkin bagi anda yang masih pemula merasa investasi saham cukup menyulitkan, namun nyatanya tidak sulit apalagi didasari dengan belajar. Jika anda mulai tertarik, simak 4 poin yang bisa anda lakukan dalam belajar saham untuk pemula.

Belajar Saham Dengan Tepat Melalui 4 Poin Penting

Tentukan Tujuan Investasi Saham

Bagi anda yang baru akan memulai belajar investasi saham, meskipun masih pemula tapi jangan sampai anda tidak memiliki tujuan ketika akan memulai investasi saham. Sangat perlu bagi anda untuk mengenali terlebih dahulu terkait dengan tujuan untuk memulai investasi saham. Hal ini sangat berguna agar bisa membantu anda ketika benar benar sudah akan memulai investasi.

Terlebih dahulu untuk bisa kenali tipe investor saham seperti apakah diri anda. Apakah tipe investor yang melakukan investasi untuk diri sendiri, atau investor saham yang kedepannya ingin ada seseorang yang dapat membantu anda mengelola proses investasi. Tentu anda juga harus mempertimbangkan kedua tipe tersebut sebelum memulai belajar saham untuk pemula.

Pasalnya kedua tipe diatas sangatlah berbeda, jadi anda benar benar harus memutuskannya dengan matang. Selanjutnya, ketika anda sudah menemukan tujuan maka anda bisa memulai investasi saham serta memiliki arah yang sudah jelas dan tepat. Pelajari pula terkait perusahaan seperti sekuritas ataupun broker yang bisa anda gunakan dalam berinvestasi saham.

Mempelajari Akun Investasi

Jika anda sudah memutuskan untuk melakukan investasi saham, anda juga perlu membutuhkan akun investasi yang memiliki fungsi untuk melakukan proses jual beli saham yang akan anda lakukan kedepannya. Yang mana pada saat ini juga sudah banyak ditemui perusahaan sekuritas ataupun broker yang telah menyediakan akun investasi untuk para investor.

Sekuritas adalah perusahaan yang sudah mendapatkan izin usaha dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan agar bisa melakukan kegiatan usaha sebagai Perantara Pedagang Efek, dan lain lain. Sedangkan broker adalah mereka yang melakukan eksekusi perdagangan yang mengatasnamakan orang lain atau investor.

Anggaran Investasi yang Sesuai

 Poin Tepat Belajar Saham Untuk Pemula

Dalam upaya belajar saham untuk pemula, jangan ketinggalan pula untuk anda menentukan anggaran investasi yang akan digunakan. Umumnya, bagi pemula yang baru belajar saham akan muncul pertanyaan. Diantaranya yaitu berapa banyak uang yang harus dibayarkan, serta berapa banyak uang yang harus diinvestasikan dalam investasi saham.

Perlu diketahui bahwa hingga sekarang ini anda tidak dituntut untuk mengeluarkan modal investasi yang sangat besar. Karena modal investasi ini akan tergantung pada berapa harga saham yang akan dipatok oleh perusahaan sekuritas ataupun perusahaan broker. Dengan modal yang ditawarkan mulai dari 100 ribu, anda pun sudah bisa memulai investasi.

Mulai Lakukan Investasi

Melakukan investasi saham memang membutuhkan strategi ataupun pendekatan yang terlihat cukup rumit, apalagi jika anda masih terbilang orang awam dan belum banyak tahu menahu seputar investasi. Meskipun begitu, anda bisa belajar saham untuk pemula secara perlahan lahan seiring dengan berjalannya waktu.

Jika anda sudah memutuskan untuk melakukan investasi saham untuk diri sendiri atau investasi saham individu, maka anda disarankan untuk belajar lebih dalam terkait dengan strategi saham. Serta anda juga perlu mempelajari mengenai analisis pasar secara berkala. Karena pasar saham sering mengalami naik turun harga komoditas, anda harus pintar menanamkan uang pada perusahaan yang terjamin.

Demikian beberapa poin penting yang bisa anda perhatikan dan juga praktekkan apabila akan memulai investasi saham. Perlu diingat kembali untuk mempertimbangkan secara matang semua keputusan yang akan anda buat. Karena anda juga harus mengetahui kelebihan serta kekurangan yang bisa saja anda hadapi kemudian hari.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.