Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Rekomendasi 5 Pilihan Reksadana Syariah Terbaik Untuk Calon Investor

1 min read

Rekomendasi Reksadana Syariah Terbaik

Reksadana kerap kali dijadikan sebagai tempat investasi sekarang ini. Namun sayangnya, karena masih sering dianggap kurang jelas akan status kehalalannya, maka banyak umat Muslim masih berpikir ulang sebelum menggunakan Reksadana. Untungnya sekarang sudah ada Reksadana Syariah yang mengusung prinsip Islam. Tertarik? Simak pilihan Reksadana syariah terbaik berikut ini.

Pilihan Reksadana Syariah Untuk Melakukan Investasi

1.Reksadana Syariah Mandiri

Pilihan pertama datang dari bank yang sudah terkenal di Indonesia, yaitu Reksadana Syariah Mandiri. Dimana Reksadana ini memberikan tingkat likuiditas yang cukup tinggi. Sehingga dana investasi akan mudah dicairkan kapan saja. Dalam produk Reksadana Syariah Mandiri juga memberikan tingkatan pendapatan investasi yang menarik pada instrumen yang sesuai dengan prinsip modal syariah.

Produk Reksadana ini adalah jenis Reksadana pasar uang yang didenominasi oleh Rupiah. Ada sebesar 100 persen dana yang dikelola akan masuk dalam instrumen pasar uang. Pada minimum pembeliannya berkisar nominal 100 ribu. Tidak ketinggalan juga dengan minimal penjualan dari Reksadana syariah terbaik ini berkisar 10 ribu.

2.MNC Dana Syariah

Produk Reksadana ini telah dirilis pada bulan Juni tahun 2006 silam. Yang mana produk Reksadana tersebut dikelola oleh PT MNC Asset Management serta PT Bank Negara Indonesia atau Persero. Produk satu ini cukup diperhitungkan juga dikarenakan memiliki potensi imbal hasil yang relatif baik dan stabil.

Tercatat bahwa MNC Dana Syariah telah berhasil mencetak imbal hasil sampai dengan kisaran 4,53 persen hanya dalam satu tahun. Serta tercatat pula sekitar 19,82 persen dalam kurun waktu 3 tahun. Apabila ingin melakukan investasi dengan prinsip syariah, MNC Dana Syariah bisa anda jadikan pilihan karena bebas dari unsur riba.

3.Reksadana Syariah BNI

Rekomendasi Reksadana Syariah Terbaik

Reksadana Syariah terbaik berikutnya adalah BNI – AM Saham Syariah Musahamah yang dikeluarkan oleh Reksadana BNI Syariah. Tujuan dari Reksadana ini yaitu untuk memperoleh pertambahan nilai investasi secara optimal. Dengan cara memasukkan uang ke instrumen efek syariah yang memiliki sifat ekuitas.

Potensi dari imbal hasil ataupun tingkatan resiko dari produk Reksadana syariah ini terbilang tinggi. Dengan jangka periode investasi di Reksadana Syariah BNI untuk jangka panjang dengan jenis Reksadana saham. Pada minimum pembeliannya, yaitu berkisar 100 ribu dengan denominasi rupiah.

4.Reksadana CIMB Niaga

Reksadana saham syariah dari CIMB Niaga memiliki tujuan untuk dapat memaksimalkan profit atau keuntungan dalam jangka waktu yang panjang dengan cara mengalokasikan saham. Serta tidak ketinggalan pula untuk instrumen jangka pendeknya sesuai dengan hukum Syariah yang berlaku.

Sedangkan untuk waktu investasi disarankan untuk dilakukan jangka panjang. Yang mana menggunakan investasi awal minimum berkisar 100 ribu dan juga untuk penambahan investasi minimum pada nominal kisaran 100 ribu. Untuk melakukan penjualan kembali atau melakukan pencairan, minimum 75 ribu.

5.Bahana Likuid Syariah

Bahana Likuid Syariah juga termasuk dalam rekomendasi Reksadana syariah terbaik yang bisa anda jadikan pilihan investasi. Produk ini diluncurkan oleh PT Bahana TCW Investment Management. Tepatnya pada bulan Januari 2015 silam. Imbal hasil yang diberikan oleh Reksadana syariah ini terbilang cukup tinggi, yakni mencapai 5,87 persen di tahun 2019 lalu.

Dana yang diperlukan untuk membeli Reksadana syariah dari Bahana tidaklah terlalu mahal. Yakni anda cukup merogoh kantong mulai dari kisaran 100 ribu saja. Bahana Likuid Syariah juga telah menanamkan deposito di beberapa Bank terkemuka. Diantaranya seperti Bank Sinarmas Syariah, Bank Syariah Bukopin, serta Bank Muamalat.

Itulah 5 Reksadana yang mengusung prinsip syariah dan pasti telah mengantongi unsur kehalalan yang aman digunakan oleh anda para calon investor. Disarankan juga untuk anda melakukan pemilihan Reksadana syariah yang memang sesuai dengan nominal dana yang menurut anda terjangkau.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.