Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Kenali Keuntungan Dan Kerugian Reksadana Sebelum Menjadi Investor Sukses

2 min read

Kenali Keuntungan Dan Kerugian Reksadana

Reksadana bukanlah hal baru lagi saat ini. Karena terkenal sebagai cara untuk investasi, maka banyak orang yang menggunakan Reksadana sebagai cara melakukan investasi yang hasilnya dapat dirasakan kemudian hari. Bagi anda yang masih pemula, pahami terlebih dahulu keuntungan dan kerugian Reksadana yang bisa anda jadikan pertimbangan. Penasaran? Simak ulasannya berikut.

Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Investasi Reksadana

Biasanya ketika orang hendak melakukan investasi, orang akan berpikir dua kali karena beranggapan bahwa modal yang akan dikeluarkan dalam rangka investasi cukup besar. Namun hal ini berbeda dengan investasi menggunakan Reksadana yang bisa dilakukan dari modal yang paling kecil sekalipun yaitu kisaran harga awal hanya 10 ribu.

Selain modal yang dikeluarkan terbilang kecil, anda juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya. yang mana investasi Reksadana langsung dikelola oleh manajer investasi. Hal ini akan berguna bagi anda yang kurang mahir dalam melakukan investasi, khususnya pada anda yang selalu disibukkan dengan pekerjaan sehari hari.

Sebagai upaya memahami keuntungan dan kerugian Reksadana, adanya manajer investasi akan menjadi keuntungan untuk anda. Pasalnya manajer investasi pada Reksadana memiliki berbagai peran. Mulai dari menganalisis tren pasar, hingga membantu anda dalam pencairan dana. Perlu diingat juga bahwa anda harus memilih dengan tepat manajer investasi yang akan anda ajak kerjasama.

Keuntungan selanjutnya yang bisa didapatkan yaitu Reksadana termasuk dalam jenis investasi yang minim resiko. Mengapa? Hal ini dikarenakan dalam investasi Reksadana resiko tersebut diverifikasi ataupun disebarkan pada banyak instrumen. Jika salah satu instrumen mengalami penurunan, maka masih ada harapan untuk instrumen lainnya yang lebih stabil.

Keuntungan selanjutnya yaitu anda bisa melakukan transaksi secara online, yang cukup hanya dilakukan melalui website. Sebagai upaya untuk mempermudah para investor, platform online yang disediakan ini juga bisa membuat biaya transaksi menjadi lebih murah, serta investor dapat melakukan monitoring dengan cara yang mudah.

Berbicara terkait dengan keuntungan dan kerugian Reksadana, anda juga harus paham terkait kerugian yang bisa saja terjadi ketika menggunakan Reksadana sebagai media investasi. Diantaranya yaitu Nilai Aktiva Bersih atau NAB bisa saja mengalami penurunan yang cukup drastis.

Kenali Keuntungan Dan Kerugian Reksadana

NAB bisa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yang akan berimbas pada pasar modal. Contohnya saja dalam keadaan ekonomi negara yang tidak stabil. Begitu juga halnya dengan kondisi politik yang sedang terjadi. Apabila kondisi ini berlangsung terus menerus, maka berpengaruh pada investasi Reksadana. Jika gagal memenuhi NAB yang ditetapkan OJK, maka Reksadana bisa dibubarkan.

Pencairan yang lebih lama juga bisa menjadi kerugian dalam penggunaan Reksadana. Untuk sebagian investasi bisa dicairkan dalam waktu yang cukup singkat, misalkan saja pada investasi emas. Namun hal ini berbeda dengan investasi Reksadana. Yang mana anda harus bersabar karena waktu pencairan membutuhkan kisaran 3 hingga 4 hari kerja.

Membahas keuntungan dan kerugian Reksadana, patut diketahui bahwa adanya kerugian atau risiko wanprestasi bisa terjadi dalam melakukan investasi Reksadana. Risiko wanprestasi adalah kondisi Reksadana tidak dapat diambil ketika manajer investasi mengalami kegagalan dalam hal mempersiapkan dana dalam penjualan unit dalam Reksadana.

Kerugian berikutnya yang bisa anda rasakan adalah adanya biaya investasi dalam transaksi jual beli. Disini, investor haru membayar biaya terkait investasi Reksadana. Biaya ini juga berakibat pada return yang diterima oleh investor. Sebab hasil dari investasi Reksadana akan dikurangi untuk membayar biaya.

Biaya dalam investasi Reksadana tidak hanya mengenai fee atau gaji untuk manajer investasi. Tetapi juga untuk biaya penyimpanan atau disebut dengan kustodian, operasional serta marketing Reksadana. Layanan platform online yang disediakan oleh Reksadana bisa menjadi solusi agar tingkat biaya dapat dikurangi secara signifikan.

Demikian beberapa keuntungan dan juga kerugian jika anda memiliki Reksadana sebagai cara investasi. Diharapkan dengan memahami beberapa ulasan tersebut, anda bisa bisa dengan mudah memahami keuntungan serta kerugian yang bisa saja anda rasakan ketika berinvestasi dengan Reksadana.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.