Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Prospek Kerja Teknik Industri dan Kisaran Gajinya

3 min read

industri

Teknik industri merupakan salah satu jurusan favorit yang banyak diminati orang Indonesia, sehingga tak heran setiap penerimaan mahasiswa passing grade untuk memasuki jurusan ini begitu tinggi. Teknik industri sendiri merupakan sebuah ilmu yang didalamnya berisi berbagai proses industri baik dari segi manajemennya maupun tekniknya.

Prospek kerja lulusan teknik industri cukup bagus dan menurut sebuah survei yang dilakukan pada lulusan Teknik Industri ITB pada tahun 2017, tercatat dalam 2-3 tahun kerja pertama rata-rata gaji mereka sekitar 10,3 juta rupiah.

Tentu nominal gaji rata-rata yang diatas 10 juta itu tergolong cukup tinggi bagi seorang fresh graduate. Akan tetapi hal itu menjadi wajar karena memang lulusan jurusan ini, apalagi yang berasal dari kampus ternama sangat dibutuhkan di berbagai industri di Indonesia. Banyak perusahaan besar yang menawarkan gaji tinggi bagi para lulusan teknik industri. Menjadikan jurusan ini semakin populer dan banyak diminati ketika terjadi penerimaan mahasiswa baru.

Prospek Kerja Teknik Industri

Prospek kerja yang luas bagi alumni teknik industri menjadi salah satu penyebab mengapa jurusan ini banyak diminati orang. Teknik industri merupakan salah satu jurusan interdisipliner, sehingga di dalam perkuliahannya mencakup berbagai ilmu yang sangat luas. Jurusan ini sangat cocok bagi anda yang ingin mempelajari teknik sekaligus manajemennya. Dengan cakupan ilmu luas yang dimiliki para lulusan teknik Industri, menyebabkan prospek kerja yang bisa dimasukan cukup besar.

Fleksibilitas lulusan jurusan ini, memungkinkannya untuk bekerja di berbagai bidang seperti bisnis, pemerintahan dan nirlaba. Apalagi saat ini perekonomian di negara kita cukup berkembang dengan baik, sehingga banyak industri yang melaju pesat. Dengan kemampuan alumni teknik industri yang menguasai berbagai disiplin ilmu, lapangan kerja pun terbuka sangat lebar. Berikut ini akan saya ringkas beberapa prospek kerja yang bisa dimasuki para lulusan Teknik Industri.

Engineering Manager

engineering merupakan sebuah divisi di perusahaan yang bisa dimasuki oleh alumni jurusan ini. Alumni teknik industri akan bersaing dengan lulusan teknik mesin atau elektro dalam memasuki lowongan kerja di sini. Untuk menjadi seorang Engineering Manager biasanya seseorang harus memiliki pengalaman kerja minimal sekitar 3 tahun terlebih dahulu. Oleh karena itu, pekerjaan ini memang bukan ditujukan untuk sarjana fresh graduate yang baru mencoba mencari kerja. Gaji yang dihasilkan untuk pekerjaan ini memang cukup tinggi, Engineering Manager di Indonesia rata-rata menerima gaji diatas 8 juta rupiah per bulan.

Seorang yang bekerja sebagai Engineering Manager memiliki tugas untuk menyusun sumber daya dan rencana kerja suatu proyek. Dia bertanggung jawab untuk memastikan kelancaran pekerjaan suatu proyek, sehingga memerlukan problem solving skill yang baik. Tentunya cakupan ilmu yang luas para alumni teknik industri menjadi sebuah nilai tambah ketika ingin melamar di pekerjaan ini.

Project Manager

Prospek kerja untuk alumni teknik industri yang satu ini tidak kalah menarik untuk dicoba. Tugas seorang Project manager adalah untuk merencanakan, mengatur dan memerintah di dalam suatu proyek hingga dapat berjalan dengan lancar. Project Manager harus bertanggung jawab agar proyek yang dikomandoinya dapat berjalan tepat waktu, sesuai budget dan memiliki kualitas hasil yang direncanakan.

Selain membutuhkan pengetahuan tentang teknik, seseorang yang bekerja sebagai Project manager harus memiliki kemampuan komunikasi dan memanage orang yang baik. Hal itu dikarenakan biasanya tim yang dikomandoinya juga lebih besar dibandingkan tim di bawah seorang Engineering Manager. Pekerjaannya juga membutuhkan komunikasi yang baik terhadap orang-orang yang berkaitan dengan proyek yang dikomandoinya.

Pekerjaan ini memang cukup berat dilakukan, tetapi itu tentu saja sangat sesuai dengan penghasilan yang dihasilkannya. Rata-rata seorang Project Manager dapat membawa uang sekitar 15 juta rupiah setiap bulannya. Walaupun gajinya menggiurkan, untuk mendapatkan jabatan ini tidaklah mudah. Anda perlu memperlihatkan kepiawaian anda terlebih dahulu di perusahaan anda, barulah nanti jabatan akan naik selangkah demi selangkah untuk menjadi seorang Project Manager.

Quality Control

Tugas dari Quality Control adalah untuk mengecek kualitas produk yang dihasilkan apakah sudah sesuai standar yang ditetapkan atau belum. Contohnya saja dalam pabrik pembuatan helm petugas Quality Control akan mengecek apakah helm tersebut sudah lolos uji ketahanan atau belum. Seorang alumni Teknik Industri dapat masuk untuk melamar di bidang ini, biasanya ia dikenal dengan nama Quality Control Engineer. Untuk gaji yang didapatkan biasanya sekitar 3-5 juta ketika masih menjabat sebagai Quality Control Staff. Sedangkan jika sudah mencapai posisi manager tentu gajinya akan lebih besar lagi dan biasanya 10 juta rupiah keatas tegantung skala perusahaannya.

Analisis Produk

Pekerjaan yang bergerak dalam bidang bisnis dan marketing biasanya diisi oleh sarjana Ekonomi. Walau begitu ternyata ada juga posisi di bidang ini yang menjadi prospek kerja Teknik Industri, yaitu bagian analisis produk. Pekerjaan ini membutuhkan seseorang yang berkemampuan menganalisis sebuah produk dan menginterpretasikannya dengan data di pasaran.

Berdasarkan hasil analisa yang dihasilkannya, perusahaan akan mengembangkan strategi marketing yang tepat untuk produk tersebut. Tugas analisis produk juga melakukan perbandingan antara produk yang dihasilkan perusahaan dengan kompetitor serta tren yang ada di masyarakat. Pekerjaan ini tentunya sangat mempengaruhi keuntungan sebuah perusahaan, jika analisis produknya salah maka kebijakan marketing dan hasil penjualannya tentu akan berjalan dengan tidak baik.

Selain melakukan analisis produk, pekerjaan ini juga melakukan optimalisasi dan manajemen produksi serta pengendalian kualitas produksi secara keseluruhan. Karena tugasnya yang lumayan banyak ini, tak mengherankan apabila pekerjaan ini mendapatkan gaji sekitar 5 juta hingga 11 juta rupiah setiap bulannya.

Health and Safety Officer

Peran seorang Health dan Safety Officer dalam sebuah perusahaan adalah untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja yang dapat timbul di dalam ruang lingkup pekerjaannya. Ia bertugas menerbitkan dokumen yang mengatur keamanan kerja, serta melakukan inspeksi dan investigasi tentang kecelakaan kerja. Secara singkatnya, tugas pekerjaan ini adalah membuat prosedur kerja dan mengawasinya agar tetap aman bagi para pekerjanya. Prospek kerja teknik industri ini memberikan penghasilan yang lumayan, rata-rata sekitar 3 hingga 8 juta rupiah per bulannya.

Pengusaha

Tidak ada salahnya seolah lulusan teknik Industri menjadi seorang pengusaha, bekal ilmu tentang dunia industri, produksi dan tenaga kerja menjadi modal bagusnya. Dengan ilmu lengkap yang dimilikinya, dapat menjadikan seorang sarjana teknik industri memiliki peluang besar menjadi seorang pengusaha sukses. Tentu soal penghasilan perbulan bisa menjadi sangat besar, tergantung seberapa sukses usaha yang dimilikinya.

Insinyur Antariksa

Prospek kerja sarjana teknik industri yang tak kalah menarik lainnya adalah menjadi insinyur antariksa. Tentunya jika anda menginginkan pekerjaan ini, anda harus mempunyai nilai studi semasa kuliah yang sangat bagus sehingga dapat melamar pekerjaan ke perusahaan antariksa di luar negeri. Tugas insinyur antariksa tentunya berhubungan dengan mendesain, membangun dan mengatur berbagai kebutuhan di antariksa seperti pesawat, mesin dan lain sebagainya. Pekerjaan ini selain keren, juga menghasilkan penghasilan yang sangat besar lho. Rata-rata gaji seorang insinyur antariksa di dunia mencapai 110 ribu Dollar Amerika atau sekitar 1,5 milyar rupiah per bulannya.

0
Admin
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *