Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Prospek Kerja Psikologi dengan Gaji Besar

3 min read

psikologi

Psikologi merupakan sebuah jurusan kuliah yang memberikan prospek kerja yang cukup menjanjikan. Jurusan ini mempelajari tentang pemikiran manusia dan alasan di balik perilaku dan tindakan yang dilakukannya. Dengan mengetahui tentang alur pemikiran manusia tersebut, lulusan jurusan ini jadi lebih mendalami tentang kepribadian seseorang.

Ternyata banyak bidang yang memerlukan seseorang yang mengetahui tentang kepribadian seseorang ini. Contohnya saja setiap perusahaan pasti ada divisi HRD yang tentunya banyak diisi oleh parapsikolog. Tentu peluang lulusan jurusan ini tidak hanya berkutat di sana saja, masih ada banyak peluang lainnya yang memiliki masa depan cemerlang.

Alasan Memilih Jurusan Psikologi

Psikologi merupakan salah satu jurusan paling banyak diminati di Indonesia. Hal itu dapat dibuktikan berjubelnya pendaftar jurusan ini di setiap penerimaan mahasiswa baru yang diadakan. Salah satu penyebabnya adalah karena lapangan pekerjaan yang terbuka cukup lebar dan pilihan jalur karir yang beragam. Mempelajari ilmu psikologi juga lumayan seru, dengan ilmu ini kita jadi bisa mengetahui tentang perilaku dan kepribadian seseorang. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa lulusan psikologi dapat membaca pikiran orang lain.

Daftar Prospek Kerja Lulusan Psikologi

Menjadi sebuah yang wajar apabila anda mencari informasi tentang prospek kerja lulusan psikologi sebelum yakin untuk kuliah di jurusan ini. Masih banyak juga orang yang kurang memahami setelah lulusan dari jurusan ini mau jadi apa saja. Kebanyakan orang masih berpikir bahwa setelah lulus dari jurusan psikologi nantinya ya menjadi psikolog. Padahal sebenarnya peluang kerja lulusan psikologi tentunya tidak hanya itu saja. Berikut ini adalah beberapa daftar prospek kerja lulusan psikologi dengan gaji besar.

Staff HRD

Human Resource Department atau biasa disingkat sebagai HRD, merupakan sebuah departemen yang hampir selalu ada di setiap perusahaan. Oleh sebab itu, peluang untuk menjadi salah satu staff HRD ini begitu besar karena banyaknya jumlah lowongan yang disediakan. Pekerjaan seorang staff HRD ini cukup banyak, karena dituntut untuk mengelola karyawan yang ada agar bisa bekerja secara optimal. Beberapa pekerjaan yang dikerjakan staff HRD diantaranya :

  1. Mengaudit kinerja karyawan dalam perusahaan, misalnya saja mengecek tentang absensi, operasional dan tingkat produktivitas.
  2. Menentukan gaji dan bonus bagi karyawan sesuai dengan kinerja yang diberikannya.
  3. Menyeleksi calon karyawan yang akan ditempatkan di berbagai divisi perusahaan.
  4. Melakukan training terhadap karyawan untuk meningkatkan kompetensi dan kinerjanya.

Karena pekerjaannya yang banyak ini, terkadang divisi HRD ini cukup besar dan bahkan ada banyak perusahaan yang mempunyai tim HRD sendiri di setiap pekerjaan diatas. Pekerjaan menjadi staff HRD ini cukup menjanjikan, apalagi jika anda berhasil masuk ke perusahaan multinasional yang ada di Indonesia. Pada tahun 2020, rata-rata gaji seorang staff HRD di perusahaan multinasional mencapai lebih dari 30 juta rupiah per bulannya.

Konselor

Prospek kerja lain yang bisa dicoba oleh lulusan psikologi adalah menjadi seorang konselor profesional. Biasanya bila anda baru lulus sarjana Psikologi maka pekerjaan yang tersedia adalah menjadi konselor remaja, konselor LSM atau lainnya. Sedangkan untuk menjadi pejabat konselor di sebuah perusahan besar, biasanya membutuhkan pengalaman lebih dari 5 tahun untuk syarat masuknya. Konselor dalam perusahaan berkaitan erat dengan memberikan bimbingan konseling bagi karyawan yang membutuhkan.

Konselor ada juga yang bekerja di rumah sakit, biasanya tugasnya untuk membuat laporan di bawah supervisi psikolog. Biasanya di rumah sakit konselor ini akan menjadi asisten dari seorang psikolog yang sedang menangani gangguan klinis seputar masalah jiwa dan mental. Untuk masalah gaji yang bisa didapatkan seorang konselor sebenarnya cukup besar, konselor lulusan fresh graduate dapat biasanya mendapatkan gaji sekitar 5-10 juta rupiah per bulannya. Sedangkan apabila sudah memiliki jam terbang tinggi, gaji yang didapatkan tentu saja akan meningkat hingga mencapai lebih dari 15 juta rupiah per bulannya.

Guru BK

Seorang lulusan psikologi dapat juga menjadi seorang guru, yaitu sebagai guru Bimbingan Konseling (BK). Prospek kerja untuk menjadi guru BK ini terbuka lebar bagi anda sarjana psikologi. Hal itu dikarenakan setiap sekolah saat ini sudah pasti memiliki lebih dari 1 guru BK di sekolahnya.

Pekerjaan seorang guru BK adalah memberikan tuntunan terhadap permasalahan yang dihadapi para siswa di sekolah. Biasanya permasalahan ini berkaitan erat dengan kenakalan remaja atau tentang kendala belajar. Tak heran guru BK ini menjadi salah satu yang paling ditakuti para siswa yang bandel. Untuk penghasilan yang didapatkan untuk menjadi guru BK ini tergantung dari sekolah tempat ia bekerja, jika menjadi PNS penghasilan perbulannya bisa lebih dari 10 juta rupiah.

Dosen

Menjadi seorang dosen merupakan sebuah pekerjaan yang mulia karena membantu mencerdaskan anak bangsa. Selain itu menjadi dosen juga memiliki penghasilan yang cukup menarik dan stabil untuk masa depan anda. Apabila anda ingin menjadi dosen maka anda harus membuat nilai studi anda mencolok, biasanya bila seperti itu anda akan ditawari untuk menjadi dosen di universitas anda belajar. Apabila tidak bisa seperti itu, anda masih bisa melanjutkan S2 dengan biaya sendiri dan kemudian melamar pekerjaan di universitas yang menyelenggarakan pendidikan psikologi.

Peluang menjadi dosen psikologi ini cukup banyak, khususnya di berbagai kampus swasta di Indonesia. Akan tetapi tentunya lebih bagus apabila kamu bisa menjadi seorang dosen di universitas negeri yang terkenal. Selain penghasilannya lebih besar, status sosial anda akan dinilai lebih bagus oleh masyarakat sekitar lingkungan anda. Untuk masalah penghasilannya, menjadi dosen psikologi di Indonesia biasanya mendapatkan sekitar 7 hingga 15 juta rupiah per bulannya.

Psikolog

Pekerjaan ini bisa dibilang hanya khusus diperuntukan kepada para lulusan Psikologi. Profesi ini tugasnya untuk membantu mengatasi gangguan mental yang terjadi pada manusia. Cara mengobatinya dilakukan dengan mendalami masalah-masalah yang menimpa pasien yang ditanganinya, sehingga setelah dilakukan diskusi panjang akan didapatkan solusi untuk gangguan tersebut.

Ditengah era globalisasi ini, semakin banyak orang yang mengalami gangguan mental akibat kerasnya persaingan yang ada. Salah satu cara untuk menyembuhkan gangguan mental ini adalah dengan menghubungi psikolog. Untuk masalah penghasilannya, gaji seorang psikolog ini cukup bervariasi dan menurut indeed.com di tahun 2020 rata-rata gaji psikolog di Indonesia sekitar 5,3 juta rupiah.

Penulis Buku

Prospek kerja berikutnya yang bisa dilakukan oleh lulusan Psikologi adalah menjadi penulis buku. Saat ini banyak beredar di masyarakat buku tentang ilmu psikologi dan ternyata banyak masyarakat awam menyukai buku bertemakan ini. Oleh sebab itu, lulusan psikologi berpeluang besar untuk menjadi seorang penulis buku yang mendapatkan banyak penjualan.

Membuat buku yang menyampaikan informasi terbaru seputar psikologi bisa menjadi salah satu yang menarik minat banyak orang. Anda bisa menuliskan berbagai permasalahan kejiwaan di masyarakat beserta solusinya di buku anda. Untuk penghasilan yang bisa didapatkan oleh seorang penulis buku tentunya berkaitan erat dengan penjualan buku yang ditulisnya. Apabila buku yang anda tulis laris di pasaran dan menjadi salah satu best seller, penghasilan 1 milyar rupiah sebulan bukan cuman sebuah angan-angan.

0
Admin
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *