Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Mengenal Lebih Lanjut Tentang Joint Venture dan Manfaatnya Bagi Bisnis

1 min read

Joint Venture dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Joint venture adalah istilah yang sangat umum digunakan dalam kerjasama bisnis oleh dua perusahaan. Biasanya, joint venture ini menjadi suatu hubungan kerjasama antara perusahaan lokal dan luat negeri. Artikel kali ini akan membahas lebih lanjut tentang joint venture dan manfaatnya bagi bisnis. Simak ulasannya berikut ini!

Pengertian dari Joint Venture

Joint venture merupakan suatu perusahaan yang dibentuk atau didirikan oleh dua atau lebih entitas bisnis untuk membentuk suatu kesepakatan kerjasama bisnis dalam jangka waktu tertentu. Umumnya, perusahaan yang bekerjasam dalam membentuk joint venture ini adalah perusahaan dari lokal dengan perusahaan asing.

Kemudian, jika kita lihat dari sumber UU No. 25 Tahun 2007, menyebutkan bahwa, joint venture adalah bentuk dari penanaman modal asing. Adapun tujuan utama dalam program penanaman modal asing ini yaitu untuk memberikan kekuatan ekonomi yang ditujukan pada perusahaan induk, supaya memperoleh keuntungan bersama.

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Joint Venture

Informasi seperti ini wajib diketahui oleh sejumlah bisnis yang sedang berpikiran untuk meluaskan usaha bisnisnya, dengan cara melakukan kerjasama dengan pihak lain serta mempertimbangkan bisnis dengan cara memakai modal bersama. Cara ini menjadi langkah yang tepat dan cocok bagi sejumlah perusahaan startup yang sedang meluaskan bisnisnnya.

Selain itu, waktu yang tepat untuk melakukan joint venture pada saat suatu perusahaan melakukan kerjasama dengan perusahaan asing dalam hal program penanaman modal. Maka pada saat itu, suatu perusahaan bisa melaukan joint venture. Karena seperti yang sudah disebutkan diawal, saat tersebut menjadi saat yang tepat untuk meluaskan relasi bisnis.

Sebelum kamu memulai untuk joint venture, tentunya perusahaan juga harus memperhatikan beberapa hal yang penting terkait dengan sistem dari joint venture ini. Umumnya, perusahaan yang terlibat dalam joint venture adalah perusahaan yang wajib menyatakan bentuk tujuannya dalam persetujuan dan perjanjian sebelum sebuah kerjasama akan dimulai.

Kemudian, diantara kedua perusahaan, harusnya ada kesepakatan yang disetujui dalam bentuk yang tertulis, yangmana kesepakatan tersebut merincikan tentang kewajiban, rasio pembagian laba serta rugi, kewajiban dan hak kedua perusahaan. Kesepakatan ini penting untuk dilakukan kedua perusahaan yang akan melakukan joint venture.

Manfaat dari Joint Venture

Joint Venture dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Kerjasama antara dua entitas bisnis dengan sistem joint venture dapat mendatangkan keuntungan atau manfaat diantaranya yaitu, untuk menggabungkan sumber daya yang secara otomatis bisa meningkatkan potensi dari keberhasilan usaha. Selain itu juga bermandaat dalam hal sebagai penggabung dua keahlian dan pelengkap kekuatan.

Joint venture adalah program bisnis yang bermanfaat untuk menggabungkan keahlian. Contohnya bisnis teknis, satu perusahaan mungkin akan memiliki keahlian di satu bagian dan perusahaan lain mungkin memiliki keahlian lain yang berbeda dari perusahaan tersebut. Perusahaan A memiliki kelebihan pandai dalam membuat perangkat lunak, sedangkan perusahaan B berbeda.

Perusahaan B memiliki kelebihan pengalaman menciptakan perangkat keras yang diperlukan suatu perusahaan. Kedua kelebihan ini bisa dijadikan sebagai kolaborasi dan pelengkap bagi kedua perusahaan, sehingga bisa meningkatkan daya produktivitas dan mutu kedua belah pihak perusahaan.

Selain itu, joint venture juga bermanfaat bisa menghemat uang bagi kedua peruusahaan. Penghematan uang yang dimaksud yaitu dalam hal biaya untuk promosi atau iklan. Dua perusahaan yang menerapkan program joint venture, akan mempertimbangkan program joint venture ini untuk menghemat iklan, atau mungkin pameran dagang hingga publikasi produk.

Itu tadi ulasan mengenai joint venture yang biasa digunakan bagi suatu perusahaan. Nah, setelah ulasan tersebut, untuk kamu yang akan mempertimbangkan untuk melakukan joint venture demi perkembangan suatu bisnis yang kamu bangun, simak baik-baik informasi diatas, untuk membantumumembangun joint venture. Semoga bisa lebih mantap dalam menjalankan joint venture!

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *