Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

5 Jenis Usaha Kecil Menguntungkan & Menjanjikan

1 min read

Usaha Kecil Menguntungkan & Menjanjikan

Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak sektor ekonomi yang mengalami penurunan pendapatan, bahkan beberapa tempat harus menutup usahanya. Semua orang dituntut untuk bertahan dengan segala keadaan agar roda perekonomian tetap berjalan, salah satunya dengan usaha kecil menguntungkan. Walaupun dengan modal kecil, namun usaha ini menjanjikan income yang tinggi.

Jenis-Jenis Usaha dengan Modal Kecil dan Untung yang Menjanjikan

1. Franchise

Franchise adalah salah satu usaha dengan modal kecil yang bisa dicoba. Waralaba atau franchise sudah banyak dikenal para wirausaha. Konsep bisnis franchise saling menguntungkan antara pemilik dan pembeli usaha ini. Pembeli usaha dapat berbisnis dengan modal kecil dan pemilik usaha mendapatkan beberapa persen laba penghasilan dari pembeli.

Para pembeli franchise cukup memilih tempat yang strategis untuk berbisnis karena alat penunjang franchise sudah disiapkan oleh pemilik bisnis. Bentuk dari usaha ini sangat beragam, ada camilan, minuman kekinian, laundry, kosmetik, bahan bakar, dan lain-lain. Para calon pembeli tinggal memilih jenis bisnis apa yang cocok untuk mereka.

Pemilik usaha kecil menguntungkan ini biasanya juga akan membimbing para pembeli franchise untuk menjual suatu produk hingga mahir. Budget yang perlu disiapkan untuk membeli franchise juga berbeda-beda, tergantung bisnis apa yang ingin dibeli. Modalnya kisaran anatar Rp 1 juta hingga lebih dari Rp 10 juta.

2. Bisnis Pre-Order

Para pelaku jualan online biasanya menerapkan bisnis jenis ini. Sistem bisnin ini sangat diminati oleh para pebisnis pemula karena tidak memerlukan modal yang besar. Kunci utama menjalankan bisnis ini adalah keahlian pemilik bisnis untuk menjaga kepercayaan konsumen. Sebab, sistem pre-order mengharuskan konsumen untuk menunggu hingga barang yang dipesan ready.

Selain itu, pemilik usaha juga harus memastikan produk yang akan diterima konsumen memiliki kualitas yang baik. Jika usaha kecil menguntungkan ini dilakukan dengan trik yang tepat, seperti jadwal pre-order yang bertepatan dengan tanggal gajian dan produk yang ditawarkan cocok dengan target pasar, maka bisnis pre-order akan memberikan keuntungan yang menjanjikan.

3. Reseller atau Dropshipper Toko Online

Usaha Kecil Menguntungkan & Menjanjikan

Sudah banyak supplier dan distributor produk yang membuka kesempatan untuk siapa saja yang mau menjadi reseller dan dropshipper. Usaha ini cocok untuk para pelajar, mahasiswa, atau orang-orang yang tidak ingin repot menyetok barang banyak dan berbisnis dengan modal kecil.

Bagi yang berminat dengan bisnis ini, harus mengetahui perbedaan reseller dan dropshipper. Reseller biasanya turut menyetok produk dari distributor, kemudian memasarkannya dengan harga tertentu yang sudah disesuaikan. Dropshipper tidak perlu menyetok barang, melainkan cukup menjual kembali produk dari distributor secara online.

4. Pelayanan Jasa

Usaha kecil menguntungkan yang bisa dicoba selanjutnya adalah pelayanan jasa. Penyedia layanan jasa ini biasanya memiliki keahlian khusu yang bisa dijual, contohnya translator, desain, penulis, dan lain-lain. Kelebihan dari usaha layanan jasa ini adalah fleksibel, baik dari segi waktu maupun tempat. Namun, diperlukan srategi promosi dengan testimoni yang baik untuk dapat kepercayaan calon konsumen.

5. Bisnis Sewa

Usaha sewa-menywa barang atau alat memiliki peluang untuk mendapatkan untung yang menjanjikan. Modal yang dibutuhkan juga bervariasi, tergantung dengan jens alat atau barang yang disewakan. Harga sewa pun juga berbeda-beda. Pemasaran bisnin ini juga terbilag mudah karena dapat memanfaatkan teknologi digial, seperti media sosial atau platform online lainnya.

Beberapa jenis usaha dengan modal kecil di atas dapat dicoba oleh para pebisnis pemula yang ingin meminimalisir kerugian di awal. Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan strategi yang tepat, bisnis-bisnis tersebut dapat menjanjikan keuntungan yang berlipat meskipun modal yang dikeluarkan sangat minim.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *