Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Belajar Saham? Ketahui Pengertian Saham Menurut Para Ahli Serta Jenis Jenisnya

1 min read

Pengertian Saham Menurut Para Ahli Serta Jenis Jenisnya

Permainan saham bukanlah menjadi hal baru lagi bagi masyarakat. Kini sudah banyak mereka yang mulai memahami serta ikut turun langsung pada dunia saham sebagai bentuk investasi guna mendapatkan keuntungan. Apabila anda termasuk orang yang baru ingin mencoba, berikut pengertian saham menurut para ahli serta jenis jenis saham yang bisa anda pelajari lebih dalam.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Saham

Pengertian saham menurut Sapto ditulis pada buku berjudul Kiat Membangun Aset Kekayaan atau Panduan Investasi Saham. Saham merupakan surat berharga yang mencakup instrumen dimana ada bukti kepemilikan ataupun penyertaan dari individu ataupun dari institusi dalam suatu perusahaan.

Selain itu, ada juga istilah umum dari saham menurut Sapto, yaitu bukti penyertaan modal yang ada dalam suatu kepemilikan saham perusahaan. Dimana pengertian singkat dari Sapto ini bisa membawa anda untuk memahami seputar pengertian saham yang didalamnya ada bukti kepemilikan antar pemilik saham beserta dengan perusahaan atau institusi.

Berbeda dengan Sapto, pengertian saham menurut para ahli termasuk Fahmi yang menuangkannya pada buku Pengantar Pasar Modal. Dimana Fahmi menjelaskan bahwa saham adalah salah satu instrumen pasar modal yang memiliki tingkat peminat paling tinggi oleh para investor.

Tentu hal ini dikarenakan pada saham mampu memberikan tingkat pengembalian yang cukup menarik untuk investor. Adapun bentuk fisik dari saham adalah secarik kertas dimana pada lembaran tersebut dicantumkan dengan jelas terkait nilai nominal saham yang digunakan dilengkapi juga dengan nama perusahaannya.

Selain dari kedua ahli yang sudah dijelaskan, tidak ketinggalan pula seorang ahli selanjutnya yaitu Suad yang menjelaskan pengertian seputar saham pada buku Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan. Dimana pada buku tersebut bertuliskan pengertian saham menurut para ahli adalah lembaran kertas yang menunjukkan hak hak yang didapatkan pemodal.

Pemodal disini memiliki artian orang yang memiliki kertas saham tersebut dan orang yang memperoleh bagian dari prospek ataupun kekayaan dari organisasi yang menerbitkan sekuritas tersebut. Serta dicantumkan juga mengenai berbagai kondisi yang memungkinkan pemodal untuk dapat menjalankan haknya.

Mengetahui Jenis Jenis Saham

Pengertian Saham Menurut Para Ahli Serta Jenis Jenisnya

Setelah mengetahui beberapa pengertian saham, ada baiknya juga untuk memahami beberapa jenis saham. Pertama ada saham biasa, yang memiliki karakteristik yaitu dapat melakukan klaim kepemilikan kepada semua penghasilan dan juga aktiva yang dimiliki oleh perusahaan. Pemilik maupun pemegang saham jenis ini hanya memiliki kewajiban yang cukup terbatas.

Tentu ada keuntungan yang bisa anda dapatkan jika menggunakan jenis saham biasa seperti ini. Apabila terjadi resiko terburuk, misalnya saja perusahaan mengalami bangkrut, maka kerugian maksimum yang ditanggung oleh pemegang saham yaitu sebesar investasi pada saham tersebut.

Jenis saham selanjutnya yang bisa anda pahami setelah mendalami ilmu dasar yang mencakup pengertian saham menurut para ahli, yaitu saham preferen. Dimana jenis saham ini dibentuk dengan adanya gabungan antara obligasi dan juga saham biasa. Tidak sedikit juga investor yang menyukai jenis saham preferen. Sebab saham ini bisa memberikan penghasilan tetap seperti bunga obligasi.

Jika dilihat secara umum, pemegang saham preferen dapat melakukan klaim terkait laba dan juga aktiva sebelumnya. Dividen yang ditawarkan juga bersifat tetap selama ada masa berlaku dari saham yang digunakan itu. Diketahui juga bahwa saham bisa dipertukarkan atau convertible dengan saham biasa. Beberapa hal itulah yang membuat saham preferen terlihat mirip dengan obligasi.

Demikian beberapa pengertian serta jenis saham yang sekiranya dapat membantu anda untuk lebih mendalami seputar dunia saham yang ingin digeluti. Tentu harus adanya pertimbangan yang matang sebelum anda memutuskan untuk memilih saham jenis apa yang ingin anda pilih. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mempelajari lebih dalam mengenai hal hal yang berkenaan dengan saham.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.