Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Pentingnya memilih desain kemasan produk yang tepat untuk jualan anda

2 min read

desain kemasan produk

Tidak dapat dipungkiri bahwa desain kemasan sangat mempengaruhi persepsi orang terhadap suatu produk. Saya sendiri misalnya, ketika berjalan-jalan di suatu toko sebut saja Ind*maret, kemudian melihat-lihat segala jenis makanan atau jajanan yang dijual di sana, maka hal yang pasti pertama kali saya lihat adalah kemasannya.

Ketika melihat ada kemasan yang unik dan menarik, maka otomatis mata akan tertuju kepada produk tersebut untuk kemudian mencari tahu lebih jauh makanan apa sih itu?

Ini adalah contoh sederhana bagaimana desain kemasan produk sangat berpengaruh pada minat orang terhadap produk yang kita jual. Oleh karena itu, sebagai penjual atau pemilik produk, sudah seharusnya memperhatikan bagaimana produk kita dikemas agar hasil penjualannya pun memuaskan.

Tujuan Kemasan Produk

Sebelum membahas lebih jauh mengenai desain kemasan produk ini, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa tujuan dari kemasan produk itu sendiri.

Melindungi Produk

Tujuan yang pertama dari kemasan itu sendiri sudah pasti untuk melindungi produk. Perlindungan yang diberikan adalah perlindungan dari kondisi eksternal, seperti panas matahari, suhu debu, dan lain sebagainya. Kemasan akan melindungi produk kita dari proses saat setelah selesai diproduksi, saat didistribusikan, dijual dan akhirnya sampai ke tangan konsumen.

Membuat produk semakin terlihat menarik

Seperti yang dijelaskan di awal artikel ini, kemasan yang bagus akan lebih mudah menarik perhatian calon konsumen. Dengan desain yang menarik, orang akan tertarik untuk melihat lebih jauh produk kita.

Dengan kemasan yang unik dan cantik, bahkan bisa jadi orang akan suka dan mengupload di sosial media. Jika sampai seperti ini, tentu akan menjadi promosi gratis bagi pemilik produk. Memang, untuk bisa sampai seperti itu, membutuhkan inovasi yang lebih dibandingkan desain kemasan yang biasa-biasa saja.

Memudahkan Penyimpanan

Tujuan adanya kemasan juga adalah untuk mempermudah penyimpanan suatu produk. Biasanya, saat didistribusikan ke distributor atau penjual, produk akan dikemas dalam bentuk kardus-kardus berisi sekian banyak produk. Dengan penghitungan yang tepat, produk yang bisa dikemas dengan baik juga akan lebih efektif. Keefektifan ini juga tentunya ada penghitungan tersendiri untuk cost yang akan digunakan, sehingga harus ditekan seminimal mungkin tetapi tidak mengurangi esensinya.

Tips Membuat Desain Kemasan Produk

Melihat pentingnya desain kemasan, bagi produk kita, maka sudah saatnya kita memberikan perhatian lebih tentang bagaimana kita mendesain kemasan produk untuk kita terapkan.

Saat ini, untuk mendesain kemasan sudah bisa dilakukan secara online. Desain kemasan online akan mempermudah kita karena bisa melakukan ini darimanapun dan kapan pun. Berikut ini adalah beberapa tips membuat desain kemasan produk online.

Mencari Contoh Desain

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari referensi desain lain untuk memperkaya inspirasi kita terhadap desain yang akan kita buat. Mencari contoh desain bisa kita lakukan dengan cara mencari di google tentang contoh desain kemasan. Atau, kita juga bisa melihat sosial media tentang bagaimana produk yang sejenis dengan milik kita dikemas.

Membuat Desain yang Unik

Setelah mendapatkan referensi kemasan tentang produk lain yang sejenis dengan milik kita, maka selanjutnya kita harus membuat desain yang unik dari yang sudah ada. Dalam hal ini, kita harus menerapkan konsep “sedikit berbeda lebih baik”. Hal ini kita lakukan agar kemasan yang kita buat berbeda, bersifat unik, sehingga orang akan lebih tertarik melihat produk kita ketimbang produk orang lain.

Pilih Produsen Kemasan yang Tepat

Hal terakhir yang juga harus menjadi perhatian adalah bagaimana kita memilih produsen kemasan untuk merealisasikan desain produk kemasan yang kita buat. Memilih produsen juga harus diperhatikan, pastikan kamu memilih produsen yang memang profesional dalam memproduksi kemasan. Selain itu, perlu juga memperhatikan lokasi atau mekanisme pengiriman yang dapat dilakukan oleh produsen kemasan tersebut.

Demikian informasi singkat tentang pentingnya memilih desan kemasan produk yang tepat. Semoga bermanfaat.

0
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.