Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

30+ Usaha Bidang Kesehatan Dari Klinik Sampai Startup

7 min read

usaha bidang kesehatan

Bisniskuy.com – Bidang kesehatan adalah salah satu bidang yang terpenting dalam hidup manusia. Hal ini karena bidang kesehatan menyangkut dengan nyawa seseorang. Namun, tidak semua orang bisa berkecimpung di dunia kesehatan. Hanya orang-orang yang telah menempuh pendidikan dan memiliki izin saja yang berhak menjalankan usaha bidang kesehatan.

Ide Peluang Usaha Bidang Kesehatan

Ada banyak konsep usaha bidang kesehatan yang bisa Anda jalankan. Namun Anda harus tetap memperhatikan kesehatan pasien atau konsumen Anda selagi bisnis tetap berjalan. Berikut adalah beberapa ide bisnis di bidang kesehatan.

  1. Membuka Klinik Praktik

Jika Anda mempunyai izin praktik dokter, tentu hal ini merupakan usaha bidang kesehatan yang paling lazim. Meskipun Anda sudah memiliki pekerjaan tetap di rumah sakit, Anda masih bisa membuka praktik dengan jam operasional yang menyesuaikan dengan pekerjaan Anda.

Membuka klinik praktik bisa dilakukan dengan bantuan beberapa orang mulai dari apoteker, tenaga administrasi, dan perawat. Anda bisa memilih daerah yang strategis untuk penanganan pertama penyakit-penyakit yang tidak terlalu berat, misalnya di dekat kampus atau di tengah perkampungan.

  1. Membuka Apotek

Untuk Anda yang memiliki izin apoteker, membuka apotek adalah contoh usaha di bidang farmasi yang paling sering dilakukan. Anda bisa menyediakan berbagai jenis obat mulai dari obat generik hingga obat-obatan khusus yang memerlukan resep dokter.

Selain menyediakan obat-obatan, Anda juga bisa menyediakan berbagai perlengkapan kesehatan yang sering dibutuhkan. Sebagai contoh adalah susu kesehatan, vitamin, masker, hingga perlengkapan bayi. Produk yang dijual bisa Anda sesuaikan dengan kondisi demografis lingkungan sekitar apotek Anda.

  1. Penyedia Jasa Konsultasi Kesehatan

Menjalankan bisnis tidak harus terlihat dalam bentuk fisik. Saat ini teknologi semakin berkembang sehingga Anda bisa memanfaatkan teknologi ini untuk menjadi konsultan kesehatan. Beberapa orang terkadang tidak memiliki waktu untuk pergi ke dokter atau membeli obat di apotek.

Hal ini bisa menjadi peluang bisnis dengan menyediakan jasa konsultasi. Jasa ini tidak harus berupa diagnosis penyakit karena proses diagnosis harus dilakukan secara langsung. Akan tetapi, Anda bisa menyediakan informasi mengenai cara menjaga kesehatan dan obat herbal yang bisa dikonsumsi tanpa efek samping.

  1. Penyedia Jasa Keperawatan

Salah satu usaha di bidang keperawatan adalah sebagai penyedia jasa keperawatan. Beberapa keluarga yang memiliki lansia terkadang tidak memiliki waktu untuk merawat orang lanjut usia. Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk berbisnis karena Anda dapat menawarkan jasa keperawatan orang lanjut usia seperti memandikan, menyuapi, hingga memberikan obat.

Bisnis ini tidak hanya terbatas pada orang lanjut usia, tetapi juga bisa diterapkan pada pasien yang menjalani rawat jalan. Orang yang telah menjalani operasi bedah biasanya diperbolehkan pulang ketika sudah stabil. Akan tetapi, luka terbuka pasien tetap harus dibersihkan secara rutin dan biasanya hal seperti ini dapat dilakukan oleh perawat diluar jam kerja di rumah sakit.

  1. Penyedia Alat Kesehatan

Jika Anda tidak memiliki dasar ilmu kedokteran, jenis bisnis ini adalah bisnis yang cocok. Anda bisa merekrut seseorang dengan dasar ilmu kesehatan untuk membantu Anda. Sebagai penyedia alat kesehatan, Anda bisa menjual berbagai alat seperti kursi roda, pispot, stetoskop, dan termometer.

Untuk mengembangkan bisnis, Anda dapat menjalin kerja sama dengan beberapa rumah sakit atau klinik sebagai penyedia alat kesehatan. Akan tetapi, hal tersebut tentu bisa dilakukan ketika bisnis Anda sudah berkembang dan stabil.

  1. Penyedia Jasa Katering Sehat

Jasa katering sehat juga bisa dilakukan jika Anda tidak memiliki latar belakang pendidikan kesehatan. Saat ini, orang-orang tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan makanan sehat, hingga terkadang mereka mengonsumsi makanan yang sembarangan. Sebagai penyedia katering, Anda bisa menyediakan makanan sehat bagi para pekerja kantoran sebagai makan siang.

Selain itu, Anda juga bisa menyediakan paket katering harian untuk orang-orang yang sedang menjalani  diet. Anda harus memperhatikan nutrisi dari makanan karena setiap konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Sebagai contoh orang yang sedang menurunkan berat badan tentu membutuhkan nutrisi yang berbeda dengan orang yang sedang program penggemukan badan.

  1. Penyedia Makanan Rumah Sakit

Jika Anda memiliki latar belakang pendidikan bidang kesehatan terutama Ilmu Gizi, Anda bisa membuat bisnis penyedia makanan rumah sakit. Menu makanan ini tidak bisa dibuat secara sembarangan karena nutrisi dan cara pengolahan harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman.

Sebagai lulusan ilmu gizi, maka Anda sudah memiliki pengalaman yang cukup untuk menjadi penyedia makanan rumah sakit. Anda bisa menyediakan makanan baik untuk pasien maupun tenaga medis yang bekerja.

  1. Konsultan Gizi

Kalau Anda tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan makanan rumah sakit, Anda bisa menyediakan jasa konsultasi gizi. Beberapa orang tidak memiliki pengalaman maupun pengetahuan untuk menyiapkan makanan untuk kebutuhan khusus. Sebagai contoh adalah seseorang yang baru saja menjalani operasi besar tidak dapat mengonsumsi makanan tertentu.

Anda bisa menjadi konsultan dengan memberikan informasi terkait jenis makanan yang harus dihindari hingga menu makanan yang bisa dimasak sehari-hari. Anda bisa memberikan informasi saja atau menjadi penyedia bahan makanan yang sehat.

  1. Menjadi Influencer Kesehatan

Saat ini sudah banyak media sosial yang tersedia dan dapat dimanfaatkan untuk berbisnis. Jika Anda memiliki lingkaran sosial yang cukup luas, Anda bisa menjadi influencer kesehatan. Berbagai media sosial bisa digunakan seperti YouTube, Instagram, hingga Twitter.

Topik yang diangkat juga bisa sangat luas, seperti makanan sehat, pola hidup sehat, hingga memberikan pernyataan terkait berita bohong yang beredar luas. Menjadi influencer bisa mendapatkan keuntungan berupa lingkungan sosial yang bertambah luas hingga menerima endorse.

  1. Penyedia Bahan Makanan Organik

Salah satu konsep gaya hidup sehat adalah makanan yang sehat. Saat ini, sudah banyak orang yang sadar pentingnya mengonsumsi produk organik. Jika Anda memiliki modal yang cukup banyak untuk membeli lahan, maka Anda bisa menjadi penyedia produk pertanian organik.

Produk-produk ini cukup banyak macamnya mulai dari beras organik, sayuran organik, buah organik, hingga daging organik. Namun jika Anda tidak memiliki lahan yang luas, maka Anda bisa menjadi reseller untuk produk organik dengan cara menjual kembali produk yang Anda dapatkan.

  1. Membuka Klinik Kecantikan

Untuk Anda yang memiliki latar belakang ilmu kedokteran khususnya spesialis kulit dan kelamin, Anda bisa membuat klinik kecantikan yang menyediakan jasa konsultasi kulit dan berbagai produk kecantikan. Untuk pemilihan lokasi, klinik kecantikan bisa dibangun di berbagai tempat dengan kemudahan akses yang menjadi pertimbangan.

  1. Penulis Kesehatan

Ide bisnis kesehatan selanjutnya adalah menjadi penulis. Anda bisa menggunakan berbagai platform media untuk menerbitkan tulisan Anda. Bisnis ini tergolong bisnis yang cukup sederhana karena Anda bisa menulis di waktu senggang dan relatif mudah dilakukan. Topik yang ditulis juga bisa Anda sesuaikan dengan topik yang sedang hangat diperbincangkan saat ini.

  1. Membuat Produk Kecantikan Organik

Produk kecantikan organik saat ini juga cukup berkembang. Banyak produk yang bisa dihasilkan dari usaha ini seperti masker wajah, sabun cuci muka, lulur, sampo dengan bahan organik, hingga vitamin.

Akan tetapi membuat usaha ini juga tidak mudah. Anda setidaknya memerlukan tes kualitas produk Anda terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa produk yang Anda hasilkan aman untuk digunakan dan prosesnya telah terstandarisasi.

  1. Penyedia Jasa Cek Kesehatan

Jasa cek kesehatan adalah salah satu usaha jasa di bidang kesehatan yang cukup menguntungkan. Anda bisa menyediakan jasa cek kesehatan meliputi cek gula darah, kolesterol, asam urat, dan tekanan darah.

Agar bisnis Anda semakin berkembang, Anda bisa menerapkan sistem jemput bola. Dengan sistem ini, maka Anda tidak perlu menyewa tempat untuk melakukan cek kesehatan sederhana dan bisa langsung mendatangi konsumen. Hal ini juga menguntungkan konsumen karena mereka tidak perlu mengeluarkan banyak waktu untuk cek.

  1. Penyedia Obat-obatan Herbal

Obat-obatan herbal masih digemari hingga saat ini. Jika Anda memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup terkait obat herbal yang aman dikonsumsi, maka bisnis ini adalah bisnis yang cocok. Anda bisa menyediakan obat herbal yang sudah terbukti aman dan Anda juga bisa menambah sertifikasi untuk semakin meyakinkan konsumen.

  1. Mendirikan Startup Kesehatan

Startup saat ini sangat digemari dan berkembang dengan pesat. Anda juga bisa memulai usaha yang sama dengan mengusung tema kesehatan. Ada banyak hal yang bisa dieksplor dalam startup kesehatan mulai dari jasa konsultasi 24 jam dengan dokter maupun ahli gizi, jasa pengantaran obat, informasi terkait kesehatan, dan berbagai hal lain yang bisa dikembangkan.

Dalam mendirikan start-up, Anda harus memperhatikan banyak hal termasuk modal yang digunakan. Untuk memulai startup, Anda bisa mencari investor untuk menyuntikkan dana dalam proyek yang akan Anda kembangkan. Semakin prospek bisnis Anda, maka modal yang didapat juga akan semakin mudah.

  1. Mendirikan Juice Bar

Berwirausaha juice bar bisa jadi salah satu potensi bisnis bidang kesehatan. Anda bisa mengombinasikannya dengan berbagai snack sehat lainnya seperti sandwich, salad buah, atau salad sayur. Agar usaha Anda lebih menarik, Anda bisa menyajikannya dalam porsi yang sehat seperti porsi gula yang tidak terlalu banyak dan menggunakan bahan organik.

  1. Pembuatan Alat Kesehatan

Jika Anda memiliki modal yang cukup banyak, maka salah satu usaha bidang kesehatan ini bisa Anda coba. Membuat alat kesehatan harus memenuhi standar yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, Anda memerlukan pengetahuan yang cukup mengenai peralatan kesehatan yang lazim digunakan.

  1. Penyedia Kacamata

Mendirikan optik juga bisa jadi peluang usaha. Kacamata adalah kebutuhan yang cukup penting bagi orang yang membutuhkan. Anda bisa menyediakan jasa cek kesehatan mata sekaligus kacamata dalam satu tempat yang sama. Jenis kacamata juga bisa disesuaikan seperti kacamata baca, kacamata sehari-hari, hingga kacamata gaya.

  1. Penyedia Kotak P3K

Kotak P3K adalah benda sederhana yang terkadang terlewatkan. Kotak ini berisi berbagai perlengkapan untuk pertolongan pertama. Anda bisa menyediakan paket kotak P3K yang lengkap sehingga konsumen Anda tidak perlu kerepotan membeli obat secara terpisah. Dengan demikian, kotak P3K yang digunakan juga sudah lengkap.

  1. Penyedia Makanan Vegetarian

Vegetarian merupakan salah satu gaya hidup yang sudah lama berkembang. Namun masih jarang ditemui restoran yang menyediakan makanan vegetarian dengan rasa yang enak. Jika Anda memiliki minat di bidang kuliner, maka bisnis ini bisa jadi alternatif. Agar bisnis ini dapat berkembang, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu tentang menu vegan yang menarik dan enak.

  1. Pengolahan Limbah Medis

Limbah medis merupakan limbah dengan penanganan yang khusus. Oleh karena itu, usaha ini masih jarang dilakukan. Kalau Anda memiliki pengetahuan tentang hal ini, maka Anda juga bisa memulainya. Bisnis Anda selain bisa mendatangkan keuntungan, juga dapat berdampak positif bagi lingkungan karena limbah medis sudah terolah menjadi aman dan tidak berbahaya.

  1. Membuka Lab Medis

Lab medis pada dasarnya adalah bisnis yang menyediakan tempat tes untuk berbagai organ tubuh. Sebagai contoh adalah cek kolesterol, rontgen, cek darah, cek urin, hingga medical check up lengkap. Bisnis ini cukup menguntungkan karena permintaannya yang tinggi. Sebagai contoh adalah dalam rekrutmen kerja, tentu diperlukan medical check up dan biasanya dilakukan di lab medis.

  1. Memulai Bisnis Pembersihan

Bisnis pembersihan adalah salah satu usaha bidang kesehatan yang masih jarang diminati. Hal tersebut karena masih banyak orang yang awam dengan usaha pembersihan. Untuk memulai bisnis ini, pastikan Anda mengetahui beberapa dasar untuk pembersihan tempat berdasarkan polutan yang mengotori. Hal itu berguna untuk menentukan metode dan bahan yang digunakan.

  1. Membuka klinik dokter hewan

Bisnis bidang kesehatan tidak hanya untuk kesehatan manusia, tetapi juga kesehatan hewan peliharaan. Jika Anda memiliki izin praktik dokter hewan, maka membuka klinik dokter hewan bisa jadi alternatif bisnis selain praktik di rumah sakit hewan. Jadwal praktik juga bisa Anda sesuaikan dengan jadwal praktik yang lain.

  1. Membuka Pet Shop

Jika Anda mempunyai hobi memelihara hewan peliharaan dan ingin berbisnis, maka membuka pet shop juga bisa jadi salah satu alternatif. Pet shop menyediakan berbagai produk mulai dari makanan, alat perawatan, kandang, hingga jasa memandikan hewan. Anda bisa bekerja sama dengan dokter hewan untuk membuka praktik yang bergabung dengan pet shop.

  1. Mendirikan Organisasi Non-Profit

Organisasi non-profit memang tidak berorientasi pada bisnis dan lebih kepada pengembangan masyarakat. Anda bisa menjadikan hal ini sebagai alternatif pekerjaan di samping pekerjaan formal. Banyak konsep organisasi non-profit yang bisa dikembangkan, mulai dari pemanfaatan tanaman obat keluarga, pelatihan tanggap bencana bagi warga yang rentan, hingga pengolahan sampah.

  1. Memulai Bisnis Terapi

Ide bisnis bidang kesehatan lainnya adalah terapi. Bisnis ini cocok bagi Anda yang sudah berpengalaman dan memiliki sertifikat sebagai terapis. Banyak orang yang memerlukan jasa terapi terutama yang mengalami kelainan khusus sedangkan jumlah terapis tidak terlalu banyak. Hal ini menjadikan bisnis terapi menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan.

  1. Membuka Klinik Anak

Jika Anda seorang dokter terutama spesialis anak, maka membuka klinik anak menjadi salah satu potensi usaha. Terkadang anak-anak merasa tidak nyaman berada di rumah sakit, sehingga klinik anak menjadi salah satu cara untuk memeriksakan anak. Anda bisa mendekorasi klinik menjadi menyenangkan dan ramah bagi anak sehingga anak merasa betah saat diperiksa.

  1. Membuka Toko Pertanian Organik

Jika Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk bercocok tanam, maka Anda bisa berkontribusi dengan menyediakan bahan-bahan pertanian organik seperti pestisida dan pupuk organik. Hal ini cukup krusial dalam pertanian organik sehingga petani dapat tetap menghasilkan produk organik tanpa kesusahan mencari pupuk dan pestisida alami yang ramah lingkungan dan sehat.

Ada banyak peluang usaha bidang kesehatan yang dapat dilakukan. Anda bisa sesuaikan dengan minat dan latar belakang pendidikan yang Anda miliki. Menjalankan bisnis juga bukan hal yang mudah, sehingga Anda harus mempersiapkan mental dan ambisi untuk tetap mempertahankan bisnis meskipun dalam keadaan yang kurang menguntungkan.

Admin
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

One Reply to “30+ Usaha Bidang Kesehatan Dari Klinik Sampai Startup”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *