Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Tips Penting Menjaga Kesehatan Janin di Dalam Kandungan

2 min read

USG 2D

Kehamilan adalah sesuatu yang sangat dinantikan apalagi bagi pasangan yang baru saja menikah. Jika mom sudah diberikan kehamilan, maka mom perlu untuk menjaga kandungan mom agar selalu segat selama masa kehamilan.

Masa-masa awal kehamilan adalah masa yang penting untuk diperhatikan. Ada banyak resiko yang harus diketahui oleh mom. Resiko tersebut bisa berupa berakibat sampai keguguran jika mom tidak berhati-hati menjaga masa awal kehamilan tersebut.

Mom tidak perlu cemas secara berlebihan, ada cara dan tips untuk menjaga bayi dalam kandungan supaya tetap sehat sampai melahirkan nantinya.

Cara Menjaga Kesehatan Janin di Masa Kehamilan

Artikel ini akan memberikan beberapa tips penting menjaga kesehatan janin di dalam kandungan. Simak tips-tips berikut ini:

Perhatikan Asupan Makanan Mom

Ini adalah cara paling sederhana untuk menjaga kesehatan bayi di dalam kandungan. Dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi, kesehatan janin juga akan semakin terjaga.

Kalau sebelum hamil mom suka jajan kopi, micin, dan makanan tidak sehat lainnya, maka saat hamil mom harus menghindari makanan seperti itu. Hindari juga rokok dan asap rokok serta minuman beralkohol di masa kehamilan. Hal ini dilakukan agar menurunkan resiko janin yang lahir prematur, cacat ataupun keguguran.

Di masa kehamilan, mom akan merasakan mual-mual. Akibatnya, nafsu makan seringkali menjadi turun karena tiap makan mom ingin muntah. Meskipun demikian, mom harus tetap makan, carilah menu makanan yang sehat tetapi tetap dapat dimakan oleh mom.

Jangan sampai karena asupan makanan yang kurang, berat badan menjadi turun dan bisa membahayakan janin.

Menjaga Kondisi Emosional

Saat hamil, mom akan merasakan berbagai macam emosi yang sering berubah-ubah. Emosi tersebut diantaranya seperti gembira, semangat, lelah, cemas, sebal, dan juga marah.

Saat hamil, bisa jadi mom akan menjadi sebal dengan ayah tanpa alasan yang jelas. Ya mirip-mirip ketika mom menstruasi. Kondisi seperti ini harus mom sadari dan komunikasikan dengan ayah.

Ayah harus sadar bahwa mom itu sedang hamil dan emosinya suka tidak terkendali. Jadi, sering-sering sabar ya buat ayah ketika nanti mom menjadi aneh emosinya.

Untuk mom sendiri, perubahan suasana hati yang makin sering ini harus dinikmati ya. Jangan dijadikan beban karena hamil adalah suatu anugrah yang diberikan Tuhan. Mom harus bersabar menjalaninya.

Hindari Melakukan Aktifitas Berat

Saat hamil, mom jangan melakukan aktifitas berat ya. Apalagi kalau hamil nya mom adalah hamil muda. Tidak jarang para mom merasakan anemia dari ringan, sedang, bahkan sampai berat.

Melakukan aktifitas yang berat dikhawatirkan akan menyebabkan kelelahan dan berakibat fatal bagi janin yang sedang dikandung. Mintalah bantuan ayah ketika mom ingin membutuhkan sesuatu. Ayah juga harus perhatian ya, saat mom hamil ayah memang akan lebih capek. Jadi harus bersabar dengan mom hihi.

Rutin Konsultasi ke Dokter dan Lakukan USG 2D

Hal yang juga tidak kalah penting adalah melakukan konsultasi ke dokter. Dengan melakukan pemeriksaan ke dokter, mom dapat berkonsultasi tentang keluhan selama masa kehamilan. Dokter akan memberikan tips-tips yang bisa mom ikuti dalam masa hamil ini. Bahkan dokter juga akan merekomendasikan obat atau suplemen untuk menjaga kesehatan janin.

Hal lain yang baik untuk dilakukan adalah dengan melakukan USG 2D. USG ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan janin. USG 2D ini dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan melalui perut atau melalui USG transvaginal. Salah satu tempat yang dapat melakukan USG 2G adalah di klinik Kehamilan Sehat. Biaya USG 2D di klinik Kehamilan Sehat berkisar antara 215 ribu sampai 365 ribu rupiah.

Lalu apa saja sih manfaat yang akan mom dapatkan ketika melakukan USG 2D? Paling tidak, ada 3 manfaat yang akan mom dapatkan ketika melakukan USG 2D.

Manfaat yang pertama adalah mom dapat melihat organ tubuh janin. Memang di awal masa kehamilan biasanya belum terlihat jelas, bahkan mungkin yang bisa paham hanya dokter saja hehe. Tetapi siapa yang tidak penasaran dengan buah hati yang di kandungnya?

Dengan USG 2D dokter dapat memantau perkembangan kepala, otak, denyut jantung, ginjal, dan organ dalam lainnya.

Manfaat yang kedua adalah untuk memperkirakan apakah janin mendapatkan nutrisi yang cukup. Hal ini bisa diketahui dengan melihat ukuran janin dan berat nya yang dapat diketahui saat melakukan USG.

Manfaat yang ketiga adalah mom dapat mengetahui HPL dari bayi yang dikandung. Ya, HPL adalah hari perkiraan lahir, hari yang pasti mom dan ayah tunggu-tunggu.

Saat berkonsultasi dengan dokter, mom tidak boleh ragu untuk bertanya kepada dokter tentang perkembangan janin ya. Manfaat momen konsultasi ini sebaik mungkin. Dokter yang baik akan menjelaskan kepada ayah dan mom tentang apa yang harus dilakukan di masa kehamilan ini.

0
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *