Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Tips Mengelola Keuangan untuk Remaja Demi Mempersiapkan Masa Depan

1 min read

tips mendapatkan uang

Mengelola keuangan adalah hal yang susah-susah gampang. Tidak semua orang bisa mengelola keuangan dengan baik. Ada orang yang memiliki pendapatan besar tetapi pengeluarannya selalu lebih besar pasak daripada tiang. Di lain hal, ada orang yang pendapatannya biasa saja, tetapi mampu mengelola keuangannya dengan baik sehingga memiliki tabungan yang cukup.

Artikel berikut ini akan menjelaskan tentang tips mengelola keuangan remaja. Semoga artikel ini bisa memberikan edukasi untuk mempersiapkan masa depannya dengan lebih baik.

Tips Mengelola Keuangan

Tips mengelola keuangan sebenarnya tidak susah, hanya saja kadang kita tidak sadar saja. Bagi kamu yang ingin mengelola keuangan dengan lebih baik, berikut ini adalah tipsnya.

Menyisihkan 10 Persen dari Penghasilan

Setiap kali menerima gaji atau uang saku jika belum bekerja, segera sisihkan uang tersebut minimal 10%. 10% adalah jumlah yang sedikit, tetapi jika kita bisa melakukannya dengan konsisten, tentu hasilnya juga bisa banyak.

Misalnya saja, kamu memiliki gaji sebesar 5 juta tiap bulan, maka 10% dari 5 juta adalah 500 ribu. Dengan menabung 500 ribu tiap bulan, maka setahun akan punya 6 juta rupiah. Jumlah yang tidak sedikit bukan?

Membuat rekening tabungan khusus

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan rekening khusus untuk tabungan. Dari hasil menyisihkan gaji 10% di atas, kamu harus memasukkannya ke dalam rekening tabungan yang khusus.

Tabungan khusus tersebut harus dipastikan agar tidak kamu ambil-ambil ya. 

Membuat list pengeluaran

Selanjutnya, kamu harus tahu apa saja pengeluaran kamu tiap bulannya. Catatlah pendapatan dan pengeluaran kamu. Hal ini dilakukan agar kamu mengetahui, pengeluaran apa yang membuat kamu menjadi boros.

Dengan melihat list pendapatan dan pengeluaran juga akan menambah motivasi kamu untuk menekan pengeluaran sebesar mungkin. Tentunya akan menambah motivasi untuk menabung juga.

Menambah Penghasilan

Menambah penghasilan memang harus dilakukan jika kamu merasa penghasilanmu masih terasa kurang. Ada banyak hal yang bisa kamu usahakan untuk menambah penghasilan, di antaranya adalah bekerja lebih giat agar mendapat promosi, atau mencari pekerjaan lain dengan penghasilan yang lebih tinggi.

Selain itu, kamu juga bisa mulai belajar bisnis agar memiliki penghasilan tambahan. Jika kamu mahir berbisnis nantinya, bisa jadi bisnis berubah menjadi penghasilan utama, dan kamu bisa meninggalkan pekerjaan yang penghasilannya masih kurang memuaskan.

Saat ini juga banyak tersedia edukasi bisnis remaja di internet yang bisa kamu baca dan terapkan untuk menguasai ilmu bisnis.

Mulai belajar investasi

Hal yang tidak kalah penting adalah memulai berinvestasi. Jika kamu belum punya pengalaman, mulailah belajar tentang reksadana.

Reksadana memiliki berbagai macam jenis, salah satunya adalah reksadana pasar uang. Dengan berinvestasi di reksadana pasar uang, kamu tidak perlu khawatir uang akan hilang karena resikonya terbilang sangat minim.

Salah satu tips dalam berinvestasi reksadana adalah dengan menggunakan aplikasi Bibit. Bibit adalah aplikasi yang sedang trending sekarang ini, karena mudah digunakan, dan supportnya juga bagus.

Penulis blog ini juga merupakan investor yang menggunakan Bibit sebagai aplikasi untuk investasi, di Bibit bisa mulai investasi dengan 10 rb rupiah.

Nah, itu tadi adalah tips untuk mengelola keuangan. Semoga tips sederhana ini bisa membantu kamu untuk menabung dan berinvestasi.

Semoga bermanfaat.

0
Admin
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *