Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

4 Tips Memulai Bisnis Mobil Bekas Dengan Mudah

2 min read

bisnis mobil bekas

Bisniskuy.com – Bisnis mobil bekas menghasilkan keuntungan dengan menjual mobil bekas. Tetapi sangat penting untuk kalian mempelajari cara memulai bisnis jenis ini. Banyak yang harus kalian pelajari seperti, riset pasar, lokasi, teknik pemasaran dan lain sebagainya. berikut ini tips bisnis berjualan mobil bekas.

4 Tips Bisnis Jual Mobil Bekas

1. Lakukan Riset Pasar

Sebelum kalian memulai bisnis jual mobil bekas, kalian perlu tahu apa yang ada di kondisi pasar saat ini. Kalian harus terlebih dahulu belajar tentang konsumen di area tersebut. Mobil seperti apa yang mereka sukai? Harga pasaran mobil bekas di area tersebut? Apakah masih ada peluang bisnis disana?

Maka kalian perlu tahu kompetisinya. Apakah ada penjual mobil bekas lain di daerah tersebut?

2. Pilih lokasi

Selama penelitian kalian, kalian harus membidik lokasi untuk mobil yang kalian jual. Idealnya, mereka harus mudah diakses dengan lalu lintas kendaraan yang cukup untuk menarik pelanggan.

Mulailah dengan menemukan daerah strategis untuk area juaan yang kalian inginkan, kemudian fokus kembali pada fasilitas tempat yang kalian sewa. Seperti tempat parkir yang cukup luas, pinggir jalan dan lain sebagainya.

3. Mengenal Merek Kendaraan

Meskipun banyak dealer mobil tidak secara khusus terkait dengan produsen mobil, kalian tidak harus mengikuti usaha atau bisnis orang lain.

Kalian dapat menjual hanya satu merek atau jenis kendaraan tertentu atau fokus pada titik harga tertentu. Contohnya kalian menjual merek toyota saya, atau kalian hanya menjual mobil berjenis pickup saja, bisa juga kalian menjual dengan target menengah keatas atau menengah kebawah.

Ini akan membantu kalian memasarkan secara efektif kepada audiens target kalian. Saat bisnis kalian berkembang, kalian bisa melebarkan pasar dengan menjual merek, jenis atau titik harga baru.

4. Daftarkan Bisnis Kalian

Untuk memulai bisnis ini secara resmi, contohnya kalian memerlukan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Langkah untuk Mendirikan Usaha Perdagangan Mobil

Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan (“UU Perdagangan”) menyatakan bahwa perdagangan adalah tatanan kegiatan yang terkait dengan transaksi barang dan/atau jasa di dalam negeri dan melampaui batas wilayah negara dengan tujuan pengalihan hak atas barang dan/atau jasa untuk memperoleh imbalan atau kompensasi.

Perdagangan mobil bekas jika kita melihat pada Lampiran Kategori G Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 95 Tahun 2015 Tentang Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (“Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia 2017”), terdapat dua kode KBLI yang berkaitan, yaitu:

  • Kode KBLI 45102, Perdagangan Besar Mobil Bekas

Kelompok ini mencakup usaha perdagangan besar mobil bekas, termasuk mobil khusus (seperti ambulans, karavan, mikrobus, pemadam kebakaran, dan sebagainya), lori, trailer, semi-trailer dan berbagai kendaraan pengangkut bermotor lainnya.

  • Kode KBLI 45104, Perdagangan Eceran Mobil Bekas

Kelompok ini mencakup usaha penjualan eceran mobil bekas, termasuk mobil khusus (seperti ambulans, karavan, mikrobus, pemadam kebakaran, dan sebagainya), lori, trailer, semi-trailer dan berbagai kendaraan pengangkut bermotor lainnya.

Untuk menjalankan kegiatan perdagangan mobil bekas, maka pelaku usaha yang melakukan kegiatan usaha perdagangan wajib memiliki perizinan di bidang perdagangan yang diberikan oleh Menteri Perdagangan.

Mencari Supplier

Ketika memulai bisnis mobil bekas, kalian tidak bisa menjalankan bisnis ini tanpa adanya pemasok kendaraan bekas. Jadi kalian harus mencari supplier sendiri, untuk mencari mobil bekas kalian bisa mendaftar pada lelang di daerah kalian sehingga kalian dapat menemukan kendaraan dengan harga murah. Atau kalian bisa mencari sumber mobil bekas dari media sosial.

Pasarkan Secara Online

Saat ini, para pembeli mobil melakukan berbagai riset melalui internet sebelum membeli mobil. Ini berarti bahwa kalian perlu memiliki informasi yang cukup tentang bisnis dan produk yang kalian tawarkan pada platform online yang relevan. Penting untuk memiliki akun media sosial, akun pada e-commerce jual beli, dan aku seperti platform-platform ulasan seperti google.

Sediakan Layanan Service

Mobil bekas cenderung membutuhkan lebih banyak perbaikan dan layanan daripada model yang lebih baru. Jadi, kalian memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan ekstra yang signifikan dengan menawarkan service kendaraan. Ini mungkin salah satu opsi yang harus kalian buat setelah menghasilkan uang. Untuk melakukan ini, kalian akan memerlukan garasi, beberapa peralatan, dan mekanik yang terampil. Kemudian, kalian dapat menawarkan spesial atau insentif untuk membiarkan pembeli mobil memasuki pusat layanan kalian di bengkel mobil lain.

Sumber : https://mohsai.com/seva-mobil-bekas-berkualitas/

Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *