15 Tips Bisnis Ala Drama Itaewon Class yang Bisa Anda Terapkan

3 min read

tips bisnis ala itaewon class

Bisniskuy.com – Bisnis telah menjadi salah satu kegiatan ekonomi yang banyak diminati saat ini. Banyak orang yang masih takut memulai sebuah bisnis, karena takut mengalami kegagalan. Bagi Anda yang merasakan hal tersebut, bisa menerapkan tips bisnis ala drama Itaewon Class.

Serial drama asal Korea Selatan ini menarik banyak perhatian publik, terutama penggemar K-Pop. Namun, serial drama ini mengajarkan hal penting, yaitu memulai bisnis atau usaha sendiri. Berikut ini adalah beberapa tips bisnis yang bisa Anda terapkan dari drama Itaewon Class:

Tips Bisnis Ala Drama Itaewon Class

  1. Menentukan Target dan Bekerja Keras

Park Saeroyi merupakan mantan narapidana lulusan SMP. Setelah keluar dari penjara, ia manargetkan dalam waktu tujuh tahun ke depan akan memiliki usaha restoran sendiri. Kemudian, ia menjadi seorang nelayan dan pekerja serabutan sembari mengumpulkan modal untuk membuka bisnis restoran.

Sebenarnya, Park Saeroyi memiliki tabungan kematian sang ayah, namun ia memilih untuk mengumpulkan uang sendiri. Dana tabungan kematian ayahnya dialokasikan untuk berinvestasi.

  1. Menyajikan Cita Rasa yang Khas

Cita rasa makanan yang khas dari sebuah usaha restoran, akan membuat banyak orang tertarik untuk datang kembali. Hal itu terlihat dari ramainya restoran saat open house saja, namun setelah berjalan malah sepi pengunjung.

  1. Memperluas Koneksi

Jika Anda sudah mulai menjalankan sebuah usaha, maka hal yang harus dilakukan adalah mengembangkan usaha tersebut. Terdapat banyak cara untuk merealisasikan hal tersebut, salah satunya adalah mempeluas koneksi bisnis untuk menjadikan usaha Anda menjadi sistem franchise.

  1. Memiliki Strategi Bisnis

Film ini mengajarkan Anda bahwa hanya bekerja keras saja tidak cukup jika tidak ada strategi. Anda bisa mengetahui strategi bertemu para investor, waktu menarik saham hingga waktu memulai menanam saham.

  1. Investasi untuk Jangka Panjang

Investasi saham seringkali disebut dalam serial drama Itaewon Class. Sebab, Park Saeroyi menginvestasikan dana tabungan kematian ayahnya untuk membeli saham perusahaan saat harganya sedang jatuh dan mempertahankannya hingga 8 tahun.

Saat itu, nilai saham milik Park Saeroyi mencapai sekitar 1,9 milyar Won. Kemudian, ia menjadi salah satu pemegang saham terbesar di perusahaan tersebut.

  1. Mencapai Kebebasan Finansial

Salah karakter yang tidak boleh dilewatkan adalah Oh Soo Ah yang diperankan oleh Kwon Nara. Saat duduk di bangku kuliah, Soo Ah mendapatkan beasiswa dari sebuah perusahaan. Setelah lulus, ia bekerja di perusahaan tersebut.

Setelah bertahun-tahun lamanya bekerja di perusahaan milik musuh seseorang yang ia sukai, akhirnya Soo Ah menjabat sebagai Manajer di divisi Strategic. Setelah itu, ia memutuskan untuk keluar dari perusahaan itu.

Sebelum berhenti bekerja, ia sudah memiliki rumah, mobil, dan modal untuk merintis usaha. Anda bisa belajar hal tersebut dari Oh Soo Ah. Sebab, ia memiliki dana darurat dan tabungan saat mengundurkan diri dari perusahaan tempatnya bekerja.

  1. Belajar dari Pengalaman Orang Lain

Saat menjalani sebuah bisnis, tentunya Anda harus memiliki referensi atau panutan agar dapat belajar dari pengalaman orang lain. Selain itu, Anda juga bisa memperbaiki kesalahan yang terjadi. Dengan begitu, Anda bisa belajar langsung dari ahli di bidangnya.

Sama seperti Saeroyi yang belajar dari musuhnya yang bernama Prsedir Jang. Penggemar serial drama Itaewon Class tentunya tidak asing lagi dengan musuh Saeroyi yang satu ini. Prsedir Jang menjadi alasan terbesar Saeroyi untuk balas dendam.

Akhirnya, Saeroyi mencari dan membaca biografi Prsedir Jang dan mencari kelemahannya. Kemudian, ia juga mencari sesuatu yang bisa ditiru olehnya saat membangun sebuah usaha restoran. Sehingga, Saeroyi bisa mengalahkan musuhnya dengan cara elegan.

  1. Investasi Sumber Daya Manusia (SDM)

Saeroyi memperkerjakan Ma Hyun Hyi di restorannya. Ia merupakan teman sekaligus mantan buruh kapal. Ma Hyun Hyi diberikan kepercayaan oleh Saeroyi untuk menjadi koki di restoran tersebut. Namun, ia tidak punya keahlian memasak dan hampir dipecat oleh manajer restoran bernama Jo Yi Seo.

Akhirnya, Saeroyi memutuskan untuk tidak memecat Ma Hyun Hyi. Ia malah memberikan gaji dua kali lipat agar Ma Hyun Hyi bekerja lebih baik dan maksimal. Akhirnya, Ma Hyun Hyi memenangkan kompetisi memasak tingkat nasional. Setelah itu, para investor tertarik untuk menyuntikkan dana restoran.

  1. Memanusiakan Manusia

Serial drama Itaewon Class menjelaskan bagaimana cara mengatur SDM dan usaha. Episode terakhir drama ini menceritakan bagian saat rapat pemegang saham. Saeroyi menjelaskan, bahwa bisnis bukan hanya sekadar uang saja, tetapi juga orang-orangnya.

Bisnis yang sukses diawali dari orang-orang yang bekerja keras. Hal yang membuat mereka bisa bekerja secara produktif adalah diperlakukan seperti keluarga sendiri dan dihargai.

  1. Jangan Cepat Menyerah

Semua orang pastinya memiliki impian masing-masing dalam hidupnya. Anda mungkin seringkali menghadapi berbagai rintangan saat ingin mencapai tujuan. Jika Anda memiliki niat dan tekad yang kuat, maka impian yang diinginkan akan segera tercapai.

Sama seperti yang dilakukan oleh Saeroyi saat menghadapi berbagai rintangan. Ia berhasil merintis bisnisnya sendiri setelah bekerja keras selama bertahun-tahun.

  1. Peran Food Influencer

Saat bertemu dengan Jo Yi Seo, karakter perempuan ini sangat multi talenta. Berdasarkan diagnosa psikolog, ia adalah seorang sociopath. Artinya, tipe karakter tersebut tidak mudah goyah saat tertekan, namun semakin termotivasi dan tertantang saat melakukan sesuatu.

Ia merupakan food influencer yang berperan penting dalam perkembangan usaha restoran milik Saeroyi. Bagian ini mengajarkan Anda betapa pentingnya marketing yang dilakukan melalui media sosial. Tidak hanya menggunakan jasa badut saja, tetapi juga menyebarkan brosur.

  1. Menentukan Prioritas

Tips bisnis ala Itaewon Class yang satu ini juga harus Anda terapkan. Tidak hanya pengetahuan soal bisnis saja, tetapi Anda juga perlu menentukan prioritas untuk seluruh jenis pekerjaan. Prioritas itu dimaksudkan agar Anda bisa fokus terhadap tujuan, seperti yang dilakukan oleh Saeroyi saat fokus mencapai tujuannya.

  1. Memiliki Alasan Berbisnis

Apa pun yang Anda lakukan, tentunya harus ada alasan yang kuat dibalik hal tersebut. Sama seperti alasan Saeroyi yang tidak ingin meminta maaf, karena beralasan ingin terus berusaha mengembangkan usaha restorannya.

  1. Menyuguhkan Makanan Berkualitas

Cara penyuguhan makanan sangat penting dipelajari saat merintis usaha kuliner. Selain soal rasa, makanan juga harus terlihat bagus dan berkualitas saat difoto. Tidak hanya penampilannya saja yang dinilai, tetapi cara menyajikan makanan atau etika saat disuguhkan kepada pelanggan juga harus diterapkan oleh siapa pun.

  1. Dekorasi Tempat yang Menjadi Ciri Khas

Dekorasi restoran juga harus memiliki ciri khas yang berbeda. Anda tidak perlu mengumpulkan budget yang banyak untuk membeli perlengkapannya. Dalam serial drama ini, Anda diberitahu bagaimana cara mendekor tempat secara menarik tanpa mengeluarkan banyak uang.

Jo Yi Seo mendekor restoran dengan cara mengecat kursi, membuat gantungan lampu dari botol Soju hingga membuat background dengan menggunakan proyektor.

Beberapa tips bisnis ala Itaewon Class di atas bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin merintis usaha restoran. Tentunya, terdapat banyak hal yang harus disesuaikan dalam kehidupan saat ini. Pada dasarnya, bisnis mengajarkan Anda untuk terus bertahan meskipun banyak rintangan yang menghadang.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *