Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Tahapan Penerapan Studi Kelayakan Bisnis untuk Pengembangan Wirausaha

2 min read

Penerapan Studi Kelayakan Bisnis

Sebelum menjalankan bisnis, melakukan riset atau pembelajaran mengenai bisnis yang akan Anda bangun menjadi hal yang penting. Tahapan ini biasa disebut dengan studi kelayakan bisnis. Artikel kali ini akan merangkum tentang tahapan dari kelayakan bisnis yang bisa Anda jalankan. Untuk itu, simak informasi dan etail ulasan mengenai kelayakan bisnis dibawah ini!

Langkah Penerapan Studi Kelayakan Usaha

1. Berinisiatif untuk Menemukan Ide dan Mengembangkan Usaha

Untuk memulai untuk menerapkan kelayakan bisnis, Anda perlu melakukan beberapa tahapan. Tahap yang pertama yaitu, memiliki inisiatif untuk menemukan ide bisnis serta mempunyai tekad untuk mengembangkan bisnis tersebut. Biasanya, inisiatif akan timbul apabila sudah adanya permintaan untuk mengembangkan usaha dengan peluang yang menjanjikan.

Selain sudah adanya inisiatif untuk mengembangkan suatu usaha, Anda juga perlu untuk melakukan proses penelitian dalam usaha Anda tersebut. Terlebih di era digital seperti ini, pesaing dalam usaha semakin ketat, selain itu, pendirian yang gagal selama proses mengembangkan usaha yang mana biasanya tidak disertai dengan penelitian dan persiapan yang sungguh-sungguh.

2. Penelitian terhadap Potensi Pengembangan Bisnis

Jika Anda sudah selesai dalam tahapan menemukan ide bisnis, serta melakukan persiapan terhadap bisnis yang nantinya akan Anda kerjakan, langkah selanjutnya yaitu melakukan penelitian atau riset pasar. Tahapan ini dalam Studi Kelayakan Bisnis bertujuan, Anda bisa mengetahui implikasi dan potensi bisnis tersebut kedepannya.

3. Melakukan Evaluasi suatu Kelayakan Bisnis

Tahapan evaluasi dari suatu kelayakan bisnis ada banyak macamnya. Seperti melakukan evaluasi mengenai aspek teknik, pengelolaan keuangan, manajemen perusahaan, aspek hukum, hingga aspek dari sumber daya yang akan digunakan untuk membangun suatu bisnis tersebut. Jangan sampai ketika Anda akan memulai, Anda belum mempertimbangkan aspek ini.

Setelah Anda selesai melakukan evaluasi terkait dengan beberapa aspek yang sudah disebutkan diatas tadi, Anda kemudian bisa menarik kesimpulan bagaimana suatu kelayakan usaha Anda dengan melihat hasil dari pengkajian aspek keuangan atau dukungan keuangan melalui faktor-faktor produksi suatu bisnis yang Anda inginkan.

4. Tahapan Penentuan

Penerapan Studi Kelayakan Bisnis

Tahapan ini merupakan tahapan yang penting dalam Studi Kelayakan Bisnis. Sebab, setelah Anda sudah memperoleh data dari langkah-langkah sebelumnya, yang sudah disebutkan diatas, Anda kemudian bisa menentukan kelayakan dijalankannya usaha Anda tersebut. Apabila ternyata usaha Anda tidak layak, langkah selanjutnya yaitu penelitian ulang atau pencarian usaha baru.

Dalam tahapan penentuan ini, Anda harus mengambil keputusan penting yang berkaitan dengan usaha Anda. Keputusan tersebut tentunya mungkin akan menimbulkan sejumlah risiko. Oleh sebab itu, Anda juga harus memikirkan bagaimana cara mitigasi atau langkah cepat yang harus Anda lakukan, sehingga risiko yang mungkin akan muncul bisa diminimalisir.

5. Merencanakan Pelaksanaan

Apabila dalam tahapan penentuan, usaha Anda dinilai layak, tahapan selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu perencanaan pelaksanaan. Tahapan perencanaan pelaksanaan bisa dimulai dengan penjadwalan serta persiapan pelaksanaan. Diantaranya yaitu dengan mendapatkan kepercayaan dari sejumlah investor, manajemen, atau masyarakat lainnya.

6. Tahapan Pelaksanaan Usaha Bisnis

Dalam tahap pelaksanaan ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu tahapan dalam pelaksanaan usaha yang ingin Anda bangun, dan tahapan evaluasi mengenai perencanaan dibanding dengn kenyataan. Pada tahap pelaksanaan usaha, tentunya akan muncul risiko atau hambatan, oleh sebab itu perlu adanya revisi terhadap perencanaan awal.

Dalam Studi Kelayakan Bisnis, juga bisa terdapat alternatif yang bisa dievaluasi serta ditentukan inisiatif apakah bisnis yang akan Anda bangun layak untuk diteruskan. Tentunya dengan mempertimbangkan sumber bahan, sumber daya manusia dengan modal yang diperlukan serta modal yang harus dikembalikan hasilnya.

Itu tadi mengenai Studi Kelayakan pada Bisnis yang bisa Anda terapkan untuk kelayakan suatu usaha Anda, yang mana nantinya diharapkan bisnis Anda semakin berkembang. Studi kelayakan usaha di era modern saat ini menjadi strategi yang tepat bagi para pengusaha sebelum mereka menjalankan bisnisnya, apakah nantinya bisnis tersebut layak atau tidak untuk berkembang.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *