Tahapan Cara Membeli Reksadana dengan Mudah

1 min read

Tahapan Cara Membeli Reksadana dengan Mudah

Jika anda memiliki keinginan untuk melakukan investasi dengan reksadana, pastikan anda harus memahami tahapan dan cara membeli reksadana yang benar dan tepat sesuai aturan. Hal ini bertujuan agar anda terhindar dari kesalahpahaman ataupun munculnya kerugian yang tidak sengaja terjadi. Berikut adalah penjelasan terkait dengan cara anda membeli reksadana.

Tahapan yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Reksadana

Pilihlah Platform Reksadana Saham yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Pada masa teknologi yang semakin berkembang seperti sekarang, akan terdapat berbagai pilihan platform reksadana. Platform offline hingga platform yang berbasis online, adalah dua pilihan yang bisa anda pertimbangkan sebelum membeli reksadana sesuai dengan yang anda inginkan.

Jika masih pemula, anda disarankan untuk mulai investasi reksadana pada platform online. Pada platform online ini, akan menjual reksadana dari berbagai manajer investasi. Jika memilih online, maka pilihan yang ditampilkan nantinya akan lebih bervariasi. Contoh dari platform online yaitu seperti Ipot Indopremier, Bareksa, dan platform-platform online lainnya.

Daftar Terlebih Dahulu Menjadi Investor di Platform Reksadana

Setelah anda menentukan akan memilih platform offline atau online, selanjutnya cara membeli reksadana yang harus anda lakukan adalah mendaftar sebagai investor. Jika memilih platform online, maka anda tidak perlu datang ke kantor reksadana. Anda cukup melakukan proses pendaftaran ditempat dimana anda berada, asalkan anda memiliki kuota internet cukup.

Cara ini cukup mudah dikarenakan anda hanya perlu mengisi formulir online. Dalam mengisi identitas, perhatikan dengan seksama kesesuaian data pribadi yang akan anda isi. Tidak hanya itu, anda juga harus memperhatikan tata cara mengikuti alur pendaftaran sebagai investor. Ikutilah proses ini dengan cara yang runtut dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Lakukanlah Deposit Dana

Langkah selanjutnya, deposit dana pada jumlah tertentu pada rekening yang sudah terdaftar. Jika deposit sudah dilakukan dan masuk rekening, segera lakukan investasi. Pilih reksadana saham yang akan diinvestasikan lalu sesuaikan tujuan keuangan anda. Ini bertujuan meminimalisir kerugian akibat salah pemilihan jenis reksadana.

Tahapan cara membeli reksadana selanjutnya, lakukan deposit dana, selanjutnya anda memilih reksadana saham. Jika anda sudah terdaftar pada platform reksadana saham sebagai investor, serta sudah melakukan deposit dana sesuai dengan besaran dana yang dikehendaki, maka anda dapat langsung memilih reksadana saham yang sudah anda pilih sebelumnnya.

Beberapa kriteria yang dapat anda pilih yaitu, memilih reksadana saham yang terbaik terhitung selama periode tertentu dan juga mempertimbangkan beberapa pilihan reksadana saham berdasar pada return tertinggi. Selain itu, anda juga bisa memilih berdasarkan pada kriteria jumlah dana yang dikelola.

Tahapan yang selanjutnya yaitu anda bisa melakukan pembelian dengan platform online dimana tempat anda mendaftarkan diri pertama kali. Biasanya anda akan ditampilkan berbagai macam pilihan reksadana saham yang bisa anda beli. Dengan menekan tombol “buy” maka anda sudah memilih saham yang akan anda beli.

Langkah terakhir cara membeli reksadana, anda diminta mengisi dan melengkapi formulir yang diberikan. Hal-hal yang termasuk didalamnya yaitu mengisi berapa besar dana yang anda ingin investasikan. Setelah itu, anda klik tombol “confirm”. Tombol ini yang menandakan kesediaan anda membeli reksadana. Proses pembuatan membutuhkan waktu 2 hingga 3 hari.

Proses pembuatan reksadana memang mudah dan sederhana. Namun anda diharuskan untuk memperhatikan dengan detail tata cara pembuatan agar tidak keliru. Setelah semua tahapan selesai dilakukan, maka anda diharuskan untuk menunggu terlebih dahulu proses pembuatan reksadana.

0
Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *