Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Strategi Marketing Efektif untuk Bisnis UKM yang Minim Modal

2 min read

Bisnis UKM atau Usaha Kecil Menengah tergolong usaha yang masih terbatas dari segi modal. Strategi marketing harus dilakukan agar pemasaran tetap bisa dilakukan secara optimal. Strategi ini harus efektif dan efisien agar mendapatkan hasil yang maksimal untuk UKM tersebut.

Karena minim modal, tentu saja anda mesti melakukan strategi khusus agar marketing tetap efisien tanpa banyaknya biaya. Banyak sekali strategi marketing yang efektif untuk bisnis UKM. Strategi tersebut kebanyakan tidak memerlukan budget besar secara khusus, tetapi dari segi hasil tergolong memuaskan.

Marketing untuk bisnis UKM sendiri bisa dilakukan dalam dua cara, yakni secara online dan offline. Keduanya haruslah seimbang agar setiap prospek mampu dimaksimalkan. Banyak cara untuk menerapkan strategi tersebut. Mulai dari menggunakan sistem marketing mandiri hingga meminta bantuan pihak lain melalui testimoni, review, dsb.

Berbagai Strategi Marketing Efisien Bisnis UKM

Pada artikel kali ini, bisniskuy.com akan membahas tentang strategi marketing. Berikut ini adalah berbagai macam strategi marketing yang efisien untuk bisnis UKM yang bisa anda coba.

1. Gunakan Media Sosial

Jika bisnis anda tidak terdapat di internet khususnya di sosial media, maka jangan harap bisnis anda akan laku. Begitulah kira-kira ungkapan yang seringkali disebutkan ketika membahas promosi penjualan.

Saat ini media sosial tidak hanya bermanfaat sebagai sarana komunikasi. Namun juga menjadi media branding yang sangat efektif. Hal tersebut membuat laman satu ini cocok sebagai sarana untuk pemasaran bisnis anda. Selain gratis, pengguna media sosial pun sangat banyak sehingga pangsa pasarnya lebih luas.

Anda bisa menggunakan fitur promosi gratis yang tersedia. Fitur ini seringkali bukanlah sesuatu yang wah. Fitur posting yang standar dimiliki di sosmed harus anda manfaatkan untuk promosi bisnis.

Setelah anda rutin melakukan promosi tersebut, barulah mencoba fitur ads yang saat ini sudah banyak terdapat di sosial media seperti Facebook, Instagram, dan juga Tiktok.

2. Menjadi Sponsor Acara

Memang strategi satu ini memerlukan modal. Namun efek yang didapatkan cukup besar. Oleh karena itu, cara ini hanya dilakukan setelah anda memiliki branding yang sudah terkenal.

Jika acara tersebut berpotensi sukses, anda bisa mengajukan ide sponsorsip untuk acara tersebut. Selain anda bisa melakukan pemasaran secara mudah, produk dan usaha anda pun akan dikenal lebih luas. Bahkan anda bisa berjualan atau memperkenalkan produk sekaligus secara langsung dalam acara tersebut.

Biaya yang anda keluarkan karena menjadi sponsor sebuah acara, akan tergantikan oleh profit dari jualan produk di acara tersebut. Tentu saja cara ini memiliki strategi khusus agar profit yang dikeluarkan lebih banyak daripada biaya sponsorship tersebut.

3. Strategi Closing dengan Cara Review produk

Review produk terbilang sangat membantu sebagai upaya promosi secara halus. Banyak konsumen yang akhirnya tertarik setelah membaca review produk. Anda bisa meminta review berupa postingan testimoni atau artikel dari konsumen ketika telah membeli produk anda.

Untuk anda yang bermodal minim, maka review produk bisa anda buat sendiri. Buatlah sebanyak mungkin review produk untuk kemudian anda posting ke blog atau website kawan anda.

Jika anda memiliki modal yang besar, maka anda bisa meminta secara khusus review dari selebgram atau influencer agar produk anda makin dikenal luas. Dengan memanfaatkan influencer, maka bisnis anda akan menjangkau khalayak ramai lebih banyak.

4. Mengikuti Ajang Kontes UKM

Mengikuti kontes UKM bermanfaat agar produk dan bisnis anda makin dikenal. Jika anda rajin ikut serta di berbagai kontes, pengalaman dalam bisnis pun bertambah. Ilmu dalam memajukan usaha dan tahu bagaimana kondisi pasar juga akan anda dapatkan. Mengikuti kontes UKM juga bisa menjadi sarana pembelajaran dalam mengembangkan bisnis. Jika berhasil di tahap final maka kredibilitas UKM pun akan naik.

Tidak jarang kontes UKM juga memiliki hadiah yang bisa anda nikmati sebagi motivasi untuk lebih berkembang lagi.

5. Membuat Kuis dengan Giveaway

Membuat kuis adalah teknik marketing berantai secara halus, apalagi jika diikuti dengan Giveaway. Biasanya kuis tersebut diadakan di media sosial. Peserta wajib membagikan gambar tertentu dan follow laman anda sebagai persyaratan kuis.

Biasanya selepas kuis diadakan, anda akan mendapatkan lebih banyak followers sehingga potensi pemasarannya lebih luas. Cara ini memang banyak dilakukan oleh Youtuber ternama. Mereka memiliki modal yang besar, sehingga mampu memberikan hadiah yang sangat menarik.

Jika anda tidak memiliki modal yang cukup, tidak perlu memberikan hadiah yang mahal-mahal. Pilihlah hadiah yang terjangkau tetapi menarik, misalnya saldo ovo, ataupun pulsa.

Demikian beberapa strategi marketing yang bisa dijalankan oleh pelaku bisnis UKM agar pemasarannya lebih mudah dan membuahkan hasil optimal. Semoga dengan mengikuti tips ini, closing mu semakin banyak dan sukses. Semoga bermanfaat.

0
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *