Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Semakin Menjamur, Ikuti 5 Langkah Mudah Cara Daftar Reksadana Saham

1 min read

Cara Daftar Reksadana Saham

Tersedianya berbagai pilihan jenis reksadana seringkali membuat anda bingung untuk memilih jenis produk yang sesuai. Jika anda berencana untuk berinvestasi jangka panjang maka pilihan terbaik adalah melalui investasi saham. Oleh karena itu bagi anda yang tertarik untuk melakukannya, simak 5 cara daftar reksadana saham sebagai berikut.

5 Step Mudah Daftar Reksadana Saham

Pilih Platform Terpercaya

Memilih platform reksadana adalah tahap awal yang dapat anda lakukan. Berbagai platform, terutama platform online kebanyakan sudah menjelaskan berbagai macam produk yang dapat anda pilih melalui situs resmi milik mereka. Olek karena itu anda harus pandai-pandai menyeleksi berbagai platform yang ada. Kulik lebih dalam tentang kredibilitas aplikasi tersebut.

Mendaftar Keanggotaan

Tahap kedua dalam mendaftar reksadana saham adalah dengan masuk menjadi anggota. Setiap platform memiliki ketentuan yang harus anda ikuti. Siapkanlah berbagai berkas terkait dengan identitas diri. Selain itu mantapkan profil investasi anda agar manager investasi dapat membantu anda dalam memilih jenis saham yang sesuai dengan profil dan tingkat resiko anda.

Pada umumnya setiap penyelenggara reksadana memiliki nomor telephone yang dapat dihubungi jika anda mengalami kesulitan dalam proses pendaftaran. Anda tidak perlu ragu untuk menghubungi nomor tersebut. Jangan sampai anda memasukkan identitas diri atau profil investasi dengan tidak tepat karena akan berimbas pada pencairan dana dikemudian hari.

Melakukan Deposit Dana pada Platform Pilihan Anda

Tahap ketiga cara daftar reksadana saham yaitu melakukan proses pendepositan dana. Setelah anda mendafatar, maka anda dapat melakukan deposit dana dengan mentransfer sejumlah uang pada nomor rekening tujuan yang telah diberikan. Nomor rekening tersebut adalah nomor rekening milik anda yang telah terdaftar pada aplikasi reksadana yang anda pilih.

Setelah melakukan transfer selanjutnya jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada akun anda untuk mengetahui apakah dana tersebut sudah masuk atau belum. Baru setelah dana tersebut masuk kedalam akun reksadana anda, anda dapat mulai melakukan investasi dengan memilih saham. Tahapan ini menjadi tahapan paling penting dalam proses investasi saham.

Memilih pilihan reksadana saham

Setelah deposit dana, anda dapat melakukan tahap keempat dalam cara daftar reksadana saham. Proses ini adalah proses kritikal karena pada tahap inilah segala resiko harus anda nilai dan pahami dengan baik. Jatuhkan pilihan anda pada saham yang telah terpercaya sebagai saham terbaik. Selalu cek media masa untuk memperoleh informasi tersebut.

Selanjutnya belilah saham yang memiliki nilai return tertinggi dan lihatlah dana kelola dari saham tersebut. Daftar saham dapat anda lihat pada platform reksadana yang anda pilih. Biasanya mereka akan memberikan daftar saham yang dapat anda pilih beserta dengan data penunjang seperti nilai income dan dana kelolanya.

Membeli Reksadana Saham yang Ada Pada Platform yang Telah Dipilih.
Setelah menentukan pilihan saham, maka tahap terakhir cara daftar reksadana adalah melakukan proses buying. Pada tahap ini artinya anda sudah dapat menentukan saham yang sesuai dengan kriteria dan keinginan anda. Bagaimana cara membelinya? Setiap platform memiliki tampilan yang berbeda walaupun tahapannya sama.

Pada platform investasi saham akan muncul pilihan sell atau buy. Jika anda ingin membeli saham maka pilihlah menu buy yang artinya anda ingin melakuakn pembelian. Setelah itu anda akan diteruskan ke halaman lain terkait dengan info rekening dan jumlah dana. Isilah form itu dengan sebaik mungkin agar tidak terjadi kesalahan.

Demikianlah 5 tahapan yang harus anda lalui untuk melakukan investasi saham pada sebuah platform atau aplikasi penyedia jasa reksadana. Walaupun tampilan web atau aplikasi setiap platform berbeda, namun 5 langkah tersebut adalah langkah yang umum dilakukan. Ikutilah setiap langkah tersebut dengan baik agar anda dapat berinvestasi dengan baik dan aman.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.