Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Selain Konflik Antar Karyawan, Berikut 3 Contoh Masalah Perusahaan Dan Solusinya

1 min read

Selain Konflik Antar Karyawan, Berikut 3 Contoh Masalah Perusahaan Dan Solusinya

Selain Konflik Antar Karyawan, Berikut 3 Contoh Masalah Perusahaan Dan Solusinya
Proses interaksi dan juga komunikasi sudah pasti selalu terjadi dalam dunia kerja, baik itu dilakukan dengan atasan maupun bersama dengan rekan kerja lainnya. Hal inilah yang terkadang menimbulkan beberapa masalah yang kerap kali terjadi. Berikut contoh masalah perusahaan dan solusinya yang bisa diterapkan ketika menghadapi permasalahan.

Contoh Permasalahan Yang Terjadi Pada Perusahaan Beserta Solusinya


1.Konflik Antar Departemen

Dimisalkan saja pada divisi pemasaran sedang menunggu feedback yang berasal dari staf penjualan seputar apa yang diminta oleh klien. Sementara itu, pada pihak staf penjualan masih sibuk dan tidak segera memasukkan feedback dengan tepat waktu. Adanya konflik ini membuat divisi pemasaran terhambat melakukan laporan.
Yang mana jika proses pembuatan laporan terhambat, maka menimbulkan masalah dengan divisi keuangan. Apakah konflik ini terdengar sudah familiar? Jika iya, memang konflik ini kerap terjadi antar divisi perusahaan serta sangat erat kaitannya dengan kepemimpinan dalam divisi tersebut.
Adapun solusi dari permasalah tersebut yakni memastikan bahwa peran serta tanggung jawab karyawan bisa diklasifikasikan dengan jelas sebelum memulai pekerjaan. Cara ini dilakukan agar semua orang mengetahui apa yang diharapkan dari mereka serta hal seperti apa yang harus dilakukan untuk dapat memenuhi harapan.

2.Gaya Bekerja

Contoh masalah perusahaan dan solusinya yang sering kali terjadi dapat pula muncul pada gaya bekerja. Yang mana untuk beberapa orang lebih suka melakukan pekerjaan secara berkelompok, sementara karyawan yang lainnya senang dengan melakukan pekerjaan sendiri agar hasilnya lebih memuaskan.
Disamping itu, ada juga orang yang menganggap dirinya tidak memerlukan adanya arahan ekstra untuk dapat menyelesaikan tugas. Namun beberapa orang lainnya menyukai adanya arahan eksternal pada setiap langkah yang hendak diambil. Adanya perbedaan gaya bekerja seperti itulah yang terkadang membuat individu tidak mendapatkan keharmonisan di dalam tim.
Agar bisa mencegah terjadi konflik tersebut, maka bisa dengan memahami dan juga menghormati setiap gaya kerja setiap anggota tim. Dimana perlakuan seperti ini sangat penting dilakukan guna membentuk kerja tim yang lebih sukses. Adanya keterbukaan serta melakukan kompromi anggota tim juga bisa diterapkan meskipun gaya bekerja setiap individu berbeda.

3.Brainstorming Ide

Ada pula contoh masalah perusahaan dan solusinya yang kerap terjadi yakni obrolan debat singkat dalam sesi brainstorming yang diakibatkan dari perbedaan ide. Konflik ini juga bisa didapatkan dari debat antar anggota tim. Sebenarnya hal ini wajar terjadi, sebab perdebatan bisa memberi kesempatan bagus untuk menciptakan ide baru menjadi lebih baik dibandingkan dari sebelumnya.
Adapun solusi jika terjadinya debat brainstorming antar anggota adalah dengan cara membangun kepercayaan dan juga rasa hormat. Dengan begitu, maka brainstorming atau diskusi tetap bisa dilakukan dengan meminimalisir potensi ataupun beberapa dampak negatif yang tidak menutup kemungkinan terjadi pada setiap karyawan dan produktivitas perusahaan.
Melahirkan budaya yang terbuka dengan komunikasi secara efektif, menjadikan karyawan menjadi lebih cerdas secara emosional untuk dapat memahami pemicu terjadinya emosional yang ada dalam diri mereka. Disamping itu, menghargai perasaan orang lain juga menjadi kunci terjalinnya brainstorming ataupun menyelesaikan beberapa contoh masalah perusahaan dan solusinya.
Demikian beberapa masalah dalam perusahaan beserta solusinya yang kerap terjadi. Meskipun terjadinya konflik wajar untuk ditemui, namun ada baiknya untuk melakukan pencegahan agar konflik tidak semakin runyam dan malah berpengaruh pada kondisi pekerjaan di kantor. Berpikiran terbuka dan sikap saling menghargai merupakan kunci penting yang bisa diterapkan.

0
Avatar
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *